Membuat Bolu Panggang Menggunakan Tepung Premix Pondan dan Bread Maker

Halo...

Selamat menunaikan ibadah puasa buat teman-teman muslim sekalian.

Kali ini saya mau share tentang cara membuat roti bolu menggunakan tepung premix Pondan. Tidak menggunakan mikser dan oven, tapi menggunakan bread maker.

Gara-gara terlalu sering nonton chanel online shop di televsi via Indihome, kami jadi tergiur untuk membeli bread maker. Ya, kami karena bukan saya saja yang kepengen tapi juga pak suami. Bisa di katakan, iklan mereka berhasil.

bolu Pondan

Dulu waktu masih tinggal di Semarang, saya sempat punya mikser, merk Miyako. Di pakai beberapa lama kemudian konslet dan tidak bisa di pakai lagi. Rusak. Kemudian beli lagi mikser tangan merk Maspion, kejadiannya kurang lebih sama, rusak dan tidak bisa di pakai.

Ingin sih beli mixer heavy duty macam Bosch atau Kitchen Aid gitu, tapi mikir tempat dan dompet dulu. Minimal harus ada dana 5 juta-an untuk mixer heavy duty, belum beli oven-nya. Oven tangkring sih murah, tapi lebih oke oven listrik karena kita bisa mengontrol panasnya. Meski harus ketar ketir membayangkan tagihan listrik ^^

Karena rumah masih belum jadi dan masih tinggal di toko, suami wanti-wanti jangan sampai beli peralatan yang banyak atau besar dulu karena tidak ada tempatnya.

Bener juga sih, sewaktu pindah kesini, semua mebel, pakaian dan barang-barang lain masih teronggok di Semarang. Belum lagi di sini sudah penuh dengan kotak-kotak sepatu, Tupperware, jaket dll.

Karena sekarang miskin mixer dan oven, sepertinya membeli bread maker menjadi pilihan tepat untuk emak-emak malas seperti saya. Multifungsi karena bisa ngemix adonan sampai fungsi memanggang juga ada.

Saya kemudian membeli bread maker merk Bread Master beberapa bulan lalu. Di pakai sekali dua kali, lalu nongkrong sampai berdebu. Bagaimana lagi beberapa bulan ini kerjaan masih banyak banget, sampai gak ada waktu buat memasak apalagi membuat roti dan kue. Seringnya beli masakan jadi dan lauk untuk kita makan bertiga. Bahkan mencuci juga tidak sempat, meski memakai mesin cuci. Beruntung, suami mau membantu mencuci pakaian ^^

Bread Maker ini saya beli online di Oshop. Waktu dulu saya beli harganya 1.8 juta dan sialnya sekarang turun harga jadi 1.180 juta. Nyesel iya, tapi mau gimana lagi kan sudah terlanjur. Terima saja dengan damai.

Baca juga : Cara Membuat Capcae Enak Bergizi

Minggu-minggu ini, kerjaan sudah tinggal satu dua, bahkan cenderung nganggur. Masih cari-cari kerjaan juga di Upwork sih. Tapi belum dapat lagi hehe.
Waktu yang ada ini bisa banget di manfaatkan buat nonton maraton drakor atau nambahin artikel di blog, atau mencoba resep-resep baru atau cuman gegoleran malas-malasan. Tinggal pilih yang bermanfaat, meskipun akhirnya pilihan jatuh di gegoleran hahaha...

Kami, saya dan suami suka ngopi. Dan menghirup secangkir atau satu mug kopi kurang nikmat tanpa cemilan, kata suami sih. Kalau saya, mau ngopi gak ada cemilan hayuk saja gak ada masalah.

Gara-gara cemilan, setiap hari biasanya dan harus beli cemilan. Bisa kacang-kacangan di Indomart atau biskuit atau snack yang lumayan menguras kantong juga. Sehari bisa habis 20 ribu-30 ribu buat cemilan. apalagi pas waktu libur sekolah seperti ini. Ada anak lanang yang sedang bertumbuh dan ngganggur karena libur sekolah yang maunya ngemil terus.

Beberapa hari kemarin saya  membeli tepung premix Nutricake di Indomart. Setahu saya biasanya Nutrijel untuk mebuat agar-agar atau puding. Ternyata ada tepung remix juga. Barulah bread maker di keluarkan dan di bersihkan lalu di pakai.

Baca juga : Peluang Usaha dari Hobi Memasak

Namanya tepung premix, pasti jadi lah ya rotinya. Kecuali kalau kita mengadon sendiri macam membuat roti tawar atau roti sobek. Kalau yang seperti ini sih, skala keberhasilan 2 : 8
Dari 10 kali membuat roti, 2 kali berhasil, 8 kali gagal haha. Mungkin karena kurang sering di pakai, jadi kurang tau "keinginan" mesinnya seperti apa.

Setelah mencoba Nutricake dan berhasil, jadi ingin mencoba tepung premix lainnya macam Pondan. Dari segi harga, Nutricake lebih murah daripada Pondan. Nutricake seharga 10 ribuan sementara Pondan di harga 20 ribuan.

Saya mencoba Pondan Bolu Panggang Serbaguna. Ada bonus 14 resep bolu di dalam kemasan Pondan ini. Lumayan, bisa buat ganti-ganti rasa ^^
Beberapa resep yang ingin saya coba adalah special tape cake, cheesse cake dan super mocca cake.


kemasan Pondan bolu panggang serbaguna

Untuk membuat Pondan Bolu Panggang ini kita hanya perlu menambahkan 4 butir telur dan 100 gr margarine/butter yang di lelehkan.

Karena telur ayam di kulkas hanya tinggal 3 butir, ya itu saja yang saya pakai. Ada sih telur bebek, tapi eman-emak kalau hanya untuk membuat roti. Mana di Palangkaraya sebutir telur ayam sekarang di harga 1800. lumayan naik karena normalnya di sekitaran 1500-an per butir.

Nah, setelah semua bahan masuk ke dalam bread maker. saya memilih menu no 11 untuk membuat cake atau roti. Waktu yang di butuhkan 1.5 jam dari mulai mengaduk hingga memanggang.

Yahhh meskipun tidak ada tantangan, karena bisa di pastikan pasti roti ini akan berhasil. Tapi worth it karena hasil jadinya yummy. enak banget buat teman ngopi. Dan....habis dalam hitungan jam ^^

Di bawah ini tahapan membuat Bolu Pondan menggunakan bread maker merk Bread Master.

telur dan margarine cair

  • lelehkan 100 gr margarine ----- tunggu hingga dingin
  • pecahkan 4 telur langsung ke dalam bread maker, kocok sebentar menggunakan garpu
  • masukkan tepung Pondan Bolu Panggang Serbaguna
  • pilih menu "cake"
  • tutup Bread Maker supaya bisa bekerja
  • setelah bolu matang, tunggu hingga agak dingin, baru keluarkan dari bread maker
  • potong-potong dan sajikan






Note : bread maker yang saya punya, sesuai petunjuk, semua cairan harus di masukkan terlebih dahulu, baru kemudian tepung dll. Mungkin antara merk satu dan yang lain akan berbeda yaaa.

No comments

Please comment here :