marketplace freelance scam

Update artikel per 14 Juni 2020

Sharing pengalaman lagi boleh ya ? Jangan bosen deh kalo main di mari, pasti update kok informasinya.

Sejak lama saya sudah menjadi member di Freelancer.com.

Tahu kan ya, situs website marketplace freelance  yang jadi perantara antara klien dan freelancer.

Saya sudah ada akun di sana, mungkin ada 5 tahun yang lalu tapi jarang saya akses/buka sampai lupa sudah jadi member di freelancer.com.

Oiya untuk versi indo nya ada di freelancer.co.id

Di Freelancer.com ternyata ada banyak banget job yang di display. Iseng-iseng (seperti biasa 😛 ) saya memberanikan diri ngebid beberapa proyek di sana.

Nah, ternyata, sebelum bisa ngebid di Freelancer.com, mereka butuh verifikasi data dari freelancer, mulai verifikasi nomor telepon, verifikasi email sampai dengan verifikasi akun rekening. Khusus rekening bisa menggunakan rekening paypal dan kartu kredit.

Saya verifikasi payment menggunakan kartu kredit.

Gara-gara harus meng-input nomor (angka) kartu kredit + ccv (3 angka di belakang kartu kredit) saya pernah tertagih sekitar 400 ribu-an.

Artikel bisa dibaca di sini : Pre Approved Paypal

Biaya 400.000 IDR tersebut adalah biaya member berbayar per bulan di Freelancer.com.

Padahal seingat saya, free trial nya 30 hari kemudian bisa upgrade atau downgrade member.

Nah tau-tau, trial sudah habis, tanpa email pemberitahuan, langsung dari free member di upgrade jadi member berbayar di Freelancer.com

Siapa juga yang ingat coba???

Agak tricky lah menurut saya.

Jelas saya gak terima lah, tau-tau ibarat orang jalan terus di tembak 400 ribuan langsung gitu, kayak preman ihh.

Di Upwork saja, biaya member freelancer plus hanya $15.oo per bulan. Jauh banget toh terpautnya.

Meskipun saya akui saya juga salah sih, ngasih2 ccv dan menautkan rekening paypal ke rekening kartu kredit. Duh Gusti, nyesel + nyesek…

Belum dapat job malah harus keluar duit 400.000-an.

Langsung saya kirim email keberatan (dispute) ke Paypal, telepon ke customer service CIMB Niaga untuk memblokir kartu kredit dan juga saya mengirim email ke customer service-nya Freelancer.com

Pokoknya bagaimana caranya saya gak mau ada tagihan yang harus di bayar karena beberapa alasan : biaya member bulanan yang mahal, saya kurang sreg hunting job di freelancer.com.

Beruntungnya, Paypal berbaik hati mengembalikan dana saya kembali.

Mulai saat itu, saya mulai males deh berurusan dengan Freelancer.com

Udah gak pernah lagi buka-buka situs apalagi hunting job di Freelancer.com

Jadi, kalau ada teman-teman bertanya, mbak kok ini saya di minta bayar dulu software-nya yahh atau kok ini saya di suruh ngerjain proyek belum ada kontraknya. Atau, di suruh bayar dulu uang keamanan atau garansi, gimana ya kak?

Sudahlah, tinggal aja. Itu scam.

Jangan mau di bodoh-bodohi dengan taktik-taktik licik kayak begitu.

Kita ini kan mau dapet duit, kok malah di suruh keluar duit dulu, buat garansi lah, buat software lah. Tinggal saja.

Sisi baiknya, saya jadi termotivasi untuk menemukan marketplace freelance sejenis.

Lalu, saya bertemu dengan Upwork.

Yang lebih penuh dengan kepastian dan rasa nyaman cieee…..

Semua artikel tentang freelancer, bisa kalian baca di sini : Frelancer Stories

Balik lagi ke Freelancer.com, dari sekian banyak bidding yang saya kirim, ada beberapa pemilik job yang ingin berkomunikasi langsung alias interview.

Total saat itu ada 3 dan mereka ingin skype-an dengan saya.

Ndelalah saat itu masih pakai PC lama yang super lemot dan tidak mendukung aplikasi skype.

Jadilah saya harus merelakan semua potensi pekerjaan lepas semua hehehe…

Kemudian ada lagi yang nge-chat, namanya Jane Robert, minta saya mengirimkan CV ke emailnya dia. — [warning, komunikasi via jalur pribadi] —

Saat itu saya seneng bukan maen karena dia tidak pakai skype tapi email…pecah telor pikir saya saat itu ahhahaha (telornya siapa coba ??)

Karena perbedaan waktu, Jane baru membalas email saya keesokan harinya, saya di suruh memilih nih mau pilih pekerjaan apa, personal assistant, administration dll. Menyenangkan ya …:)

Ini screenshot emailnya :

reply email from employer Freelancer.com
reply email setelah kirim CV

Di tambah lagi, untuk men-set up mini office karena saya akan di hire (kata dia), nanti dari perusahaannya, dia akan transfer sejumlah dana untuk pembelian komputer, printer, software dll.— [warning, dana] —

Untuk per jamnya rate saya di hargai USD 20.oo masa training dan USD 38.oo setelah training selesai. — [warning, rate tidak masuk akal, gak pake nawar] —-

Ini rate yang terhitung tinggi untuk freelancer pemula nih. Saya tahu tentang average rate setelah beberapa lama kerja di Upwork.

Waktu di freelancer.com itu saya ga ngeh tentang rate per jam ini. Taunya seneng banget gitu per jam di hargai puluhan dolar.

Berapa tuh kalau di rupiahkan kan ya….

Kalau di bandingkan dengan sekarang ini setelah saya kerja jadi freelancer di Upwork, rate per jam $20-$38 itu rate untuk kelas freelancer intermediate dan expert.

Berarti, memang si penipu ini sengaja menipu dengan iming-iming bayaran per jam yang tinggi, yang kalau di pikir sekarang jadinya malah gak masuk akal sama sekali.

Lha wong saya kerja di Upwork saja bayaran tertinggi masih $10 per jam.

Banyak malah yang pasang rate di $3-$5 per jam, buat yang pemula.

Back to Jane, ada semacam tes tertulis juga, tapi yang mengirim dari divisi HRD, namanya Patrick. Singkat kata singkat cerita, tes tertulis juga sudah lulus.

Kemudian saya di tanya oleh si Patrick, kapan bisa mulai kerja ? Bisa hari ini ? Tanyanya via email.

Dia juga menginformasikan bahwa para freelancer bekerja dengan software A, software B dan masih banyak lagi. Apakah saya sudah terbiasa menggunakan software tersebut ? Beberapa sih (batin saya).

Karena hari itu saya akan mulai bekerja, saya teringat perkataan Jane bahwa semua fasilitas kerja akan di danai oleh perusahaan.

Kemudian saya tanya ke Patrick, sebelumnya Jane bilang kalau untuk set up kantor mini akan ada peralatan yang harus di beli dan dananya dari perusahaan kata saya sesuai yang Jane bilang.

Setelah saya bertanya itu, selama kira-kira 3 jam si Patrick baru menjawab dan begini jawabannya :

reply email from patrick albert
email dari patrick

Bahwa ada seseorang yang “nilep” uang dari perusahaan yang di kirimkan untuk membeli equipment sehingga berurusan dengan pihak yang berwajib dan interpol. — [warning, nakut-nakutin freelancer secara psikologis]—

Karena sering menghadapi masalah seperti ini, perusahaan tidak akan mengirimkan dana apapun kepada freelancer saat masa training dan sebelum freelancer mempunyai 3 software dasar yang akan di gunakan semasa training.

Dari emailnya, sekilas saya merasa bahwa si Patrick ini sengaja nyerempet dan seolah-olah “mungkin” saya akan nilep juga gitu. Lihat deh bagaimana kalimatnya tersusun rapi, kata “perempuan”  “freelancer” dan “interpol“.

Baca juga : Kerja Freelance Itu Apa Sih

Setelah menerima email tersebut saya kembali meng-email Jane untuk cross check bagaimana sih dan harus bagaimana sih ini. Kok mbulet.

Saat itu suami saya sempat bilang, “Itu kayaknya nipu deh.”

Sementara saya masih mau ngejabanin sampai di mana mereka maunya dan apa sih sebenarnya mau mereka….the power of emak-emak.

Jadilah saya buka google hangout dan sudah ada invitation masuk dari Jane, kemudian chit chat lah saya dengannya.– [warning, komunikasi jalur pribadi lagi]—

chat google hangout

Yang kemudian secara garis besar, saya di haruskan purchase atau membeli 3 basic sotfware sebelum bisa memulai masa training. –[warning, harus beli produk sebelum kerja]—

Software tersebut harus di beli di vendor yang sudah dia tunjuk untuk menghindari kemungkinan software tersebut tidak original.

Saya bilang, lho katanya perusahaan yang akan menyediakan semua equipment kok saya di suruh membeli software ?

Kemudian jawabannya persis seperti email dari Patrick bahwa ada banyak freelancer yang nilep dana tersebut dan perusahaan rugi dan bla..bla…bla

Wah beneran ini scam.

Lho kok tahu, iya karena saat saya bilang bahwa saya tidak punya uang sebesar $ 380.oo untuk beli software tersebut (saya emang gak mau beli enak aja..)

Anehnya Jane bilang akan bernegosiasi dengan vendor-nya supaya harganya bisa turun nah…..lohhh.

Kasarnya begini, udah deh kamu ada uang berapa gampang ntar, kita bisa turun harga kok…. kira-kira begitu.

Di tambah lagi dengan kata-kata bahwa setelah masa training selesai uang tersebut akan di refund bersamaan dengan gaji. –[warning, janji-janji palsu uang akan di refund]—-

Artikel menarik : Cara Withdraw/Menarik Saldo Upwork

Kemudian membuat saya berpikir, kalau beneran dia bener gak niat nipu nih, mending dia kasih kasbon ke saya kemudian baru potong gaji, iya gak.

Saat saya ngeyel dan bilang bahwa saya tidak punya uang, Jane bilang bahwa saya harus cari uang dari sumber mana saja untuk membeli software tersebut. Gila to…

Nahhhh saat itu saya juga bilang, saya ini mau kerja untuk dapat uang bukan malah harus mengeluarkan uang dan dia masih pandai merayu tuh, berkilah bahwa setelah masa training selesai, uang untuk pembelian software tersebut akan di bayarkan kembali ke saya oleh perusahaan.

Akhirnya dengan tegas saya berkata bahwa ini jelas SCAM alias penipuan.

Tapi dia dengan gigih masih mengatakan bahwa ini tidak terlihat seperti apa yang saya pikirkan, ini bukan penipuan dan bla..bla..bla…

Capek juga ya ngeladenin penipu-penipu macam ini, ngabisin data internet pulak.

Saya berkata kepada suami saya, emang mau nipu orangnya.

Dan suami saya tanya, lha kok tahu ? Ya tahu lah dari skema dan model-model omongan mereka berdua (Jane & Patrick) isyaratnya sudah jelas banget kok.

So, untuk teman-teman, be aware ya, hati-hati apabila ngebid di Freelancer.com

Saya juga baru ngeh kemudian bahwa ternyata bukan hanya di situs ini, di Freelancer.com, model-model penipuan seperti ini akan selalu ada dan dengan cara yang berbeda. Sekali lagi hati-hati.

Tips membedakan job beneran atau scam :

1. Saluran komunikasi

Kalau klien meminta alamat email, no WA atau skype pokoknya jalur komunikasi pribadi, jangan pernah di kasih.

Mengapa ? Karena lebih aman kalau kita berkomunikasi via marketplace tempat kita bidding dan bertemu klien. Istilahnya, ada pagar dan pembatas yang membuat kita “lebih aman.”

Di Upwork pun juga saya menyarankan hal yang sama.

Meskipun ada beberapa klien saya yang kemudian berkomunikasi via Skype untuk lebih memudahkan chatting dan task, tapi selalu semua komunikasi dan kontrak di buka dan di awali di Upwork.

Karena resiko penipuan bisa terjadi saat kita berada di luar situs resmi marketplace tersebut. Resiko di tanggung penumpang.

2. Cek data dan latar belakang klien

Cari dan pilih calon klien yang sudah mempunyai rating seperti di bawah itu ya ada bintang-bintangnya. Itu berarti si calon klien sudah beberapa kali membuka job dan sukses.

Verifikasi juga harus di perhatikan ya, karena calon klien yang sudah terverifikasi berarti data-data akun dan pembayaran sudah ada dan valid di database marketplace.

Artikel menarik : Kelebihan Jadi Member Berbayar Upwork

Kalau di Upwork, contohnya seperti ini :

verified client

Kalau perlu, Googling nama perusahaan atau contact personnya. Apakah ada review atau artikel yang bisa kamu baca tentang klien ini.

3. Uang

Tidak ada yang tabu saat membicarakan masalah rate, harga dan uang antara freelancer dan klien.

Malah, semuanya harus clear dan jelas di depan daripada menimbulkan masalah di belakang setelah kontrak turun.

Yang ga boleh di bicarakan adalah kalau klien meminta uang dari kita (freelancer) untuk pembelian software atau untuk garansi atau untuk biaya keamanan atau apalah.

Di marketplace freelance seperti freelancer.com dan Upwork, seharusnya klien-lah yang harus menaruh uang duluan di Escrow (semacam titip uang gitu) sebelum kontrak di buka. Karena dia yang beli, kita yang jual jasa/servis. Jangan kebalik.

Kalau ada yang minta dana atau uang ini itu, report langsung saja ke marketplace-nya. Tinggalkan dan jangan nengok2 lagi. Cari yang baru.

4. Negara asal klien

Saya bukannya rasis, pilih-pilih asal negara klien.

Tapi demi kewarasan otak juga dan ini berdasarkan pengalaman nyata.

Jangan ngebid dan terima kontrak dari negara-negara seperti India, Pakistan, Bangladesh. 3 besar yang harus kamu hindari.

Saya pribadi, selain menghindari klien dari 3 negara tersebut, ada lagi tambahan dari Cina dan Israel.

Filipina dan Thailand terkadang ada yang bener karena kebanyakan mereka buka agensi dan bukan perorangan.

Saya cuman gak mau pusing aja dengan tipikal klien yang pelit, cerewet dan terakhirnya minta refund.

Jadi ada 5 klien yang gak bakal saya bidding job-nya. Sebagus atau semahal apapun bayarannya.

Pilih klien dari Eropa, Australia dan USA. Lebih aman.

5. Rate

Jangan senang dulu kalau ada yang menawarkan bayaran atau rate yang tinggi per jam. Lebih tinggi dari rate profile kamu. Itu tandanya dia gak peduli yang penting kamu bisa masuk perangkap.

Klien yang beneran dan bukan berniat nipu, pasti dia sudah ada pengalaman bekerjasama dengan banyak freelancer sebelumnya (jangan lupa cek dan tracking latar belakang klien) dan mestinya tahu apakah rate yang kita ajukan terlalu murah atau terlalu mahal.

Pro tip

Belajar dari kesalahan dan pengalaman orang lain, akan lebih murah daripada belajar menanggung kesalahan sendiri.

So, jangan lupa buat selalu balik kesini, siapa tahu ada artikel lain yang belum kamu baca tentang freelancer.

OK, sip…makasih buat yang sudah berkunjung.

Silahkan share artikel ini atau tweet atau pin (Pinterest) bila kamu mendapatkan manfaat dari sini.

Mau download ebook gratis?

Silakan download ebook Tips Gajian Dolar dari Upwork dengan cara mengisi form di bawah ini.

Indri

Freelance Virtual Assistant & Link Builder Specialist

This Post Has 108 Comments

  1. Kezia

    Hai kak Thankyou for sharing this! Jujur pas aku baca ini aku lagi ketik nomor kartuku ke website freelancer itu buat verify payment. Tapi habis baca ini jadi mikir dua kali, karena aku baru banget mulai untuk coba freelancer, masih meraba-raba dan nekat. Once again thank you kak udah sharing pengalaman ini!!

    1. Indri

      Hai Kezia, jangan pegang2 kartu kredit dulu. Kalau bisa hindari pengeluaran atau duit di awal.

  2. wira

    nyarisss saya kena di situs freelancer… kita nyari kerjaan buat menghasilkan uang,, malah disuruh deposit USD 40 buat garansi keamanan,,, iming-imingnya ntar dibayar USD 5 per halaman (re-typing doc) sebanyak 4235 halaman…karena ga yakin lah saya browsing cari informasi dan berakhir di laman mbak Indri… terimakasih informasinya mbak

    chat nya sperti ini :

    15 NOV 2020 · 11:34 PM
    User Avatar
    AskDataTech
    Freelancer work

    Kindly read the details and let us know want to work.

    Large number of books are converted into Ebooks regularly.This is a typing project and requires 1-2 hours of work per day

    Typing Works of reputed publication houses. Before proceed we must want to clear you. If you Are fresher then For some safety and work assurance purpose You have to deposit a security fund for this work. If you still want to work with us.

    Total Number Of Pages- 4235
    Rate Per Page- 5 USD

    Deadline- Here You don’t have to worry about deadline as It’s a Long Term Project we need 30 Pages on every 5 Days.

    Payment Cycle- We will Pay You On Every 30 Page in your Bank Account.

    Security Deposit 40 USD It will be refund to you when you complete our first 30 Pages, We will Just take a Review of your Work and refund You.

    If you go by Through Freelancer, so Indian have GSTN id number and International have ITIN number.

    after submission your first assignment next assignment will be given after checking your accuracy and it will take almost 1 day.

    Accuracy- 90%

    Here is a running list of financial help available to businesses impacted by COVID-19.

    THANKS
    Website https://www.askdatatech.com/

    parahhhh.. parah… kasian nama perusahaan yang dicatut

    1. Indri

      Memang di freelancer.com skema penipuannya sering menggunakan security fund. Freelancer disuruh kirim duit duluan. Untung gak kena ya mas, mayan kan.

  3. Tony

    Mau sharing juga nih…saya seorang presentation designer, beberapa bulan ini rajin masuk ke situs-situs freelancer., dari mulai freelancer, fiverr, designhill, fastwork, dan baru-baru ini join upwork…biarpun baru beberapa bulan menjalani, sepertinya hawa-hawa pengalaman mbak Indri bakal saya alami juga nih,….hehe, di Fiverr sdh mulai banyak order, di designhill malah sudah menang kontes, tp di freelancer sampe skrg masih nihil….wkwkwk…
    Menurut saya ada beberapa hal yang memang nyebelin di freelancer, ini beberapa contoh pengalaman saya :
    1. Ikutan kontes powerpoint hadiahnya 900 USD (semangat doong ikutannya, pokoknya saya kerahkan semua kemampuan saya waktu itu…), ..Begitu desain saya selesai, pas saya niat ngupload file-nya, gak taunya kontesnya udh tutup dan udh dipilih pemenangnya (padahal setau saya di contest post-nya seharusnya baru ditutup 2 hari lagi). Kok bisa begitu ya, menurut saya ini konyol dan tidak menghargai pengorbanan orang….Plus satu lagi, pemenang kontesnya designer yang satu negara sama contes holder, dengan file yg diupload cuma desain halaman depan presentasinya doang dan ‘jelek’ pula…saya jadi mikir yg nggak-nggak mengenai kontes itu…
    2. Semalam kejadian yang sama dengan nomor 1 terulang lagi, setelah begadang 2 malam menyelesaikan sebuah desain presentasi 21 halaman, pas subuh-subuh mau upload, gak taunya pemenangnya udah dipilih. (padahal pas malemnya di cek, deadlinenya masih 4 hari lagi)…sakit banget dongs…
    3. Serobot-serobotan antar sesama freelancer-nya gak asik…gak manner sama sekali menurut saya…apalagi yang asalnya dari salah satu negara yg sampe skrg dominan banget di freelancer…hehehe
    4. Pengalaman Mbak Indri tentang kartu kredit, klo saya sih pake cvv debit card Jenius aja….jadi aman, soalnya saldonya lebih sering kosong daripada ngisinya..hahaha

    Saran saya sih sama kayak Mbak Indri, Upwork memang yang sistemnya paling rapi dalam menjaga para freelancer maupun usernya (Ada review juga yang bilang klo Upwork memang situs terbaik buat freelancer sejauh ini), fiverr lumayan oke juga, Designhill juga keren (khusus buat designer yang seneng kontes).
    Klo Freelancer sih memang yang paling besar usernya Susah dapet jobnya juga, karena kita harus bersaing dengan user lain yang katanya jumlahnya sampe 30 jt orang ….

    1. Indri

      Wahh kayaknya presentation designer berat juga ya kompetitornya. Menurut saya, yang kontes desain, mungkin, kong kalikong tuh antara yang posting lomba dan pemenangnnya. Mungkin sih ya, karena kok dari penuturan mas Tony, S&K nya di tabrak sendiri. Kan aneh..
      Menurut saya, Upwork juga yang paling aman sih untuk saat ini.

  4. ibnu ramdani

    wah saya baru ajh join freelancer trs cari2 akhirnya dpt yang retype JPG to Doc, awalnya saya tergiur karna bayarannya tinggi dan dia sudah email saya jga. tapi pas saya respon dia ngasih form yang isinya disuruh bayar uang keamanan dlu dan dikirim lewat website skrill. disitu saya curiga deh cari2 nma perusahaan dan alamatnya, ternyata ngga ada. lalu saya cari2 tentang penipuan di freelancer, dan nemu artikel ini. sangat membantu kak hehe, ternyata yg email saya itu Scam. terimakasih tips nya, saya terselamatkan.

    1. Indri

      Iya, memang harus berhati-hati kalau berhubungan dengan “klien” luar. Bukannya untung malah buntung. Senang sekali artikel saya bisa bermanfaat.

  5. Amiril

    Kalo saya gak pernah verifikasi akun yang free trial itu kak, saya member freelancer tapi saya mainnya di kontes 7 hari yang lalu saya menang yang hadiahnya lumayan gede, iya pinter2 kita aja kak dalam verifikasi data bank,CC, dll.

    1. Indri

      Iya memang, dulu masih awam + bodo banget, pengin cepet2 dapat job dan duit dollar hehe..

  6. lutfi

    mba baru saja menyelamatkan saya dari kebodohan yang dapat menyebabkan saya di omeli istri habis2an…thank you so much for this article

    1. Indri

      wahh, senang artikelnya bisa bermanfaat. apalagi terhindar dari omelan istri wkwk

  7. Ria

    Artikel yang sangat bermanfaat, sangat membantu, mencerahkan para newbie!!! Terima kasih untuk kesediaan waktu dan tenaga untuk sharing informasi dan pengalaman Kak Indri. Sukses selalu Kak Indri ^0^

    1. Indri

      Terimakasih Ria, sukses selalu yaa

  8. Nury nurhadi

    Malem mbak.. Mau tanya tips daftar upwork.. Kok saya dua kali daftar di tolak terus ya? Mohon koreksi dan tips nya

    1. Indri

      Kalau koreksi susah ya, karena saya gak tahu mau mengoreksi apa yang mana 🙂
      Kalau tips, biasanya penggunaan grammar bahasa Inggris masih kurang, portfolio kurang dan spesialisasi skill.

  9. Erlinda

    mbak gimana caranya bikin kontrak doi freelancer.com yang baik dan gimana kita bisa tahu kalo org yg di ajak kontrak itu bisa menepati apa yg di kontrak kan?

    1. Indri

      Biasanya kalau kita join di freelance marketplace semacam Upwork atau freelancer.com, sudah ada template kontraknya. Yang membuat dari kliennya, tinggal freelancer setuju atau tidak. Bagaimana kita tahu dia klien yang menepati kontrak? Lihat saja dari track record dari ulasan/feedback/rating dari feelancer yg pernah bekerja sama dengan dia.

  10. syaiful budiman

    oke makasih banyak atas sarannya, memang saya ragu juga sih. makasih sekali lagi 🙂

  11. syaiful budiman

    Sore mba, saya mau nanya seputar freelancer. Saya ambil job writer dari freelancer kemudian ada balesan via chat di freelancer sendiri dengan rincian kerjanya dan harga yang saya setujui, (saya sudah fix) tapi setelah itu dia minta email untuk mengirim kerjaanya, singkat cerita saya ambil pekerjaan nya untuk mengetik 400 halaman selama 7 hari dengan persetujuan di bayar 50% setelah pengiriman 200 halaman pertama untuk 3 hari. nah apakah untuk kasus ini bisa disebut aman mba ? soalnya semuanya via gmail ? nantinya malah setelah pengerjaanya saya selama 3 hari, ga dibayar lagi atau mungkin minta bayaran lagi?

    (saya freelancer pemula dan ini job pertama saya, jasdi saya tidak tahu sistem kerjanya di freelancer)

    1. Indriyas

      Ini maksudnya dapat job dari freelancer.com? atau situs freelancer yang lain?
      Menurut saya, yang namanya DP (down payment) itu bayarnya di muka sebelum kerjaan mulai. Kalau sudah harus ngirim 200 halaman baru bayar DP, itu namanya bukan lagi DP.
      Kalau dapat job-nya di situs freelance tertentu, misal upwork atau freelancer.com memang paling aman, ya pakai fasilitas yg di sediakan oleh freelance marketplace tersebut. Karena misalkan terjadi apa-apa (sengketa) di kemudian hari kita punya bukti2 valid yang mendukung. Kalau di kerjain sendiri di luar, kalau nanti ada masalah, itu sudah jadi tanggung jawab pribadi. Apalagi tidak ada kontrak yang mengikat dan tidak ada dana yang di setor(DP) di rekening bersama.
      Saya kurang paham, ini aman atau tidak. Yang bisa saya bilang sih, kamu sudah mengambil jalur yang salah.

    2. Tony

      Izin sumbang saran ya, Setau saya sih hampir semua situs freelance tidak menyarankan penyerahan pekerjaan via email atau kontak personal, bahkan biasanya dilarang ya…karena untuk pencairan fee-nya pun harus ada penyerahan file/dokumen pekerjaan via sistem bukan?

      1. Indri

        Betul sekali om. Memang yang terindikasi scam, sukanya main belakang. Padahal seringkali yang rugi ya si freelancer itu sendiri.

  12. Anna

    Bersyukur banget nemu artikel iniii, makasih banyak mbaa
    aku hampir ketipu 50 USD dengan embel2 700 USD, eh taunya akunnya ditutup dan malah komunikasi lewat email, deg-degan banget ini.. untung dana yg ditransfer lewat neteller gagal, kalo berhasil transfer kesana kayanya nangis 7 hari 7 malem aku mbaa huhuhu

    1. Indriyas

      Halo mba Anna, aku ikutan bersyukur. Semoga dapat job yang beneran dan berkah ya…jangan patah semangat!

  13. Miftah

    siap, mba.. berarti klo gak direspon lagi, akan berlalu begitu saja ya..
    nah setelah itu ada lagi yang email sepertinya typenya sama..haha

    baiklah, sy akan migrasi ke rekomendasi mba.. BTW akun kita di freelancer bisa di tutupkah?

    1. indriariadna

      log out saja mas sudah aman

  14. Miftah

    Nah ini artikel bagus
    sy pertama kali daftar di freelancer.com, eh ada yang masuk chat bahwa ada yang tertarik dengan saya, begini historynya kira-kira.
    1. sy email nama negara (sesuai chat di freelancer)
    2. ada balasan deskripsi/detail/term pekerjaan
    3. sy balas I’am Interested
    4. ada balesan yang isinya harus setor dulu $ buat garansi

    kan saya sudah tau nih, bahwa itu penipu/scam, apa yang harus lakukan?membiarkan email terakhir itu atau langsung balas dengan I’am Not Interested?

    Maaf saya baru coba, jadi miskin pengetahuan..hehe
    Mohon pencerahannya segera

    terimakasih

    1. indriariadna

      kalo masnya gak mau buang2 waktu dengan scammer ya biarin aja mas. di ladenin juga gak ada gunanya toh, malah bikin mangkel.
      jangan hunting job di freelancer.com, cari yang lain macam di upwork.com, fiverr atau 99designs

  15. renren

    saya juga baru daftar ke situs itumasih bingung juga. apa membership hrs bayar? masih bingung juga skema kerjanya gimana

    1. indriariadna

      ada yang free member ada yang berbayar juga

  16. Eko junianto

    Makasih bgt utk artikel ny.
    Saya msih baru menjadi freelancer. Kalau nggak ketemu sama artikel ini, udah lenyap tuh dana sekitar 30an dollar.

    1. indriariadna

      senang bisa membantu mas 😉

  17. asasta

    hai kak, mau tanya-tanya tentang freelancer.com dong. jadi akunku dapet chat dari pemberi kerja kan, trus dapet project, nah gimana caranya tau kalo pemberi kerja udah nge-set milestone payment nya ya? trus mau otentikasikan kartu kok gabisa itu (udah kirim email ke freelancer.cm untuk bantuan tapi nggak ada balasan) harus gimana ya? thanks sebelumnya

    1. indriariadna

      Halo,
      Kalo di Upwork, kalo contract dah turun dan payment settled (client dah taruh uang), ada notifikasi kalo kamu menerima kontrak. Baru deh, kalo kontrak sudah ada baru bisa di kerjain project-nya. Kalo di freelancer.com kurang tau ya karena sudah gak pernah main kesana lagi.

  18. Anisa Willsalj

    Terima kasih, kak. Aku baru beberapa hari kemarin join freelancer.com, terus mulai bidding bidding juga. Ada dua job gitu di chat lewat freelancer sama e-mail pribadi. habis gitu disuruh buka link yg isinya kayak tutorial gitu. terus dikasih link google drive yg menjelaskan jobdesknya kayak gimana. tapi disitu kayak muncul security fee gitu yg kudu dibayar terus nanti setelah selesai akan dikembalikan lagi ke kita. Auto mikir-mikir karena posisinya butuh duit huhu
    Terus yg bikin curiga, di chat box via freelancer itu ybs bilang yg intinya kalo tertarik balas aja by e-mail, jangan balas di chat box itu. Kan jadi takut buat coba-coba.

    Terus kemarin juga nyangkutin PayPall ke freelancer.com yg nyambung ke Credit Card. Setelah lihat ini jadi pingin hapus semua datanya :’) Jadi kek parno gitu wkwk

    Makasih ya kak udah berbagi pengalamannya. Jadi lebih aware sama tawaran yg masuk dan jadi inget-inget tanggal kapan dimulai perpanjangan membership di freelancer.com.

    1. indriariadna

      wahhhh….semoga ga kejadian apa-apa ya. jadi ikut deg-degan

  19. agnes

    mba mau nanya, sy beberapa kali dpt job di freelancer.com tapi, maunya email mereka dulu. nanti ujung2nya dibayar pake bitcoin, itu gmn mba? termasuk scam jg kah? atau ada temen2 yg punya pengalaman yg mirip? makasih..

    1. indriariadna

      kalo saya mending di bayar pakai dolar daripada bitcoin mbak, itu pun kalo memang ada project-nya bener-bener. mungkin ada teman-teman lain yang mau/bisa sharing di persilakan…

  20. tripayana

    hi, saya baru2 ini coba2 cari peruntungan mencari job via online, sebelum take action sy iseng2 cari review dan ketemu tulisan ini. jadi intinya di freelancer atau sejenis nya aman2 saja mencari project, terlebih kita harus teliti juga ya memilih client, jagan asal asalan tergiur bayaran yang besar.
    kalo di upwork ataupun freelancer moderator apakah aktif saat kita komunikasi via situs tersebut?

    1. indriariadna

      halo, di Upwork kalau kita login pasti otomatis aktif untuk komunikasi dan semuanya

  21. Andi

    Hola. Saya andi . Blh kan saya dikirimi e book nya. Trims

    1. indriariadna

      Subscribe dulu via sidebar form

  22. Widyao

    hallo kak, saya baru saja otentikasi kartu kredit di freelancer.com tapi blm berhasil, saya jadi takut nantinya akan dapat tagihan, karena bener mba kayanya terlalu banyak scam di situs tersebut. Saya mau membatalkannya supaya ga dapet tagihan nantinya. kira-kira kaka tau caranya ga ka? 🙁 oiya kalau boleh, tolong share e-book Tips Dapat $$$ dari Upwork’ ya ka, terimakasih sebelumnya :)))

    1. indriariadna

      Kalo otentifikasi belum berhasil berarti belum ada tautan ke kartu kredit. Atau bisa telpon ke bank penerbit kartu kreditnya minta bantuan. Ebook gratis bisa di download setelah subscribe via sidebar form.

  23. Farida

    Mau dong mb untuk e-book nya. Makasih ya

    1. indriariadna

      Bisa subscribe dulu via sidebar form atau pop up nanti otomatis terkirim

  24. Ranu

    Halok kak, mohon sya di share ebook nya.. saya masih newbie tapi tertarik ke dunia freelance.. pengen dapat penghasilan tambahan

    termikasih banyak

    1. indriariadna

      Bisa subscribe dulu via sidebar form atau pop up nanti otomatis terkirim ebook-nya

  25. Galih Anggraeni

    Hallo kaka,

    Terim akasih buat informasinya kak. Aku udah beberapa kali coba ngebid di Freelancer dan rata” pada minta refundable security. Itu berarti bohong ya kak???
    Kak boleh minta ebooknya buat upwork
    Sama kalo kaka mau minta tolong jelasin soal apa itu Upwork? karena saya baru dengar ini
    Ada rekomendasi situs lainnya lagi ngga kaka buat cari sampingan

    Makasih sebelumnya kak

    1. indriariadna

      Ebook bisa di download setelah subscribe, bisa via sidebar form atau pop up di blog saya.
      Refundable security mungkin buat jaga2 saja, sama seperti kalau kita beli baju di toko ternyata gak cocok dan bisa di kembalikan atau di refund uangnya.

    1. indriariadna

      Silahkan subscribe dulu ya, bisa via sidebar form atau pop up form.

  26. Noel

    Membantu sekali kak artikel nya. Boleh enggak kak minta e-book nya.. hehehe 😁

    1. indriariadna

      Ebook bisa di download setelah subscribe, bisa via sidebar form atau pop up form di blog saya ya

  27. Sufia

    Kak indria, saya minta e-booknya yg “tips dapat $$$ dari upwork” boleh ya kak.

    1. indriariadna

      Bisa subscribe dulu ya via sidebar form atau pop up form di blog, nanti e-book otomatis terkirim

  28. Riza Alfian

    kak Indri, saya mau e-book Tips Dapat $$$ dari Upwork
    Terima Kasih kak

    1. indriariadna

      Bisa subscribe dulu ya via sidebar form atau pop up form nanti otomatis terkirim ebook-nya

  29. robinphang

    kak minta e-booknya dong

    1. indriariadna

      Bisa subscribe dulu ya via sidebar form atau pop up form di blog saya, nanti otomatis terkirim ebook-nya

  30. Ahmad

    Hallo kak, saya sedang mencari pekerjaan sampingan nih di upwork, boleh minta e-book nya. Terimakasih kak

  31. Sandi

    saya seorang mahasiswa yang sedang membutuhkan kerja sampingan. mohon untuk minta e-book nya ya mbaa. makasih semoga menjadi amal jariah

    1. indriariadna

      di tunggu ya

  32. Giska

    Hai Kak, aku boleh ebook dan tutorial untuk freelance di ‘upwork yaa kak, tks

    1. indriariadna

      boleh nanti di kirim ya

  33. Mina

    Saya seorang ibu yg sedang cari2 kerja freelance, boleh share e-book Tips Dapat $$$ dari Upwork”.
    Terima kasih kak. Hatur nuhun. Matur sembah nuwun.

    1. indriariadna

      nanti di kirim via email ya

  34. Alfiantamhar

    Mau dong ebooknya kak

  35. hendro hadi

    Mau donk kak e-booknya yg “tips dapat $$$ dari upwork”

    1. Acha

      Mbak Indri, mau dong dikirimin e-booknya.. Terima kasih 😉

      1. indriariadna

        ok, tunggu di email ya

        1. Meidinarahma

          Saya juga mau mba ebooknya, terima kasiiih 🙂

          1. indriariadna

            Bisa subscribe dulu ya via sidebar form atau pop up form, nanti otomatis terkirim

  36. Rudi

    Saya minta dikirimin “Tips Dapat $$$ dari Upwork” donk.. terima kasih

    1. indriariadna

      sudah dikirim via email. cek spam folder just in case

    2. indriariadna

      sudah dikirim via email. cek spam folder just in case

      1. Bah didin

        Mau jg dong kak tips nya di upwork

        1. indriariadna

          bisa subscribe dulu, di sidebar form nanti otomatis ebook terkirim

  37. jaehwan

    Aku jg mau share dong yg baru pertama kali pake freelancer.com . Dan, baru 3 bulan ini udah pakai akun freelancer. Terus baru kemarin dapat tawarab project, cuman disuruh bayar dokumen yg akan aku kerjakan. Bayar $5. Tapi kesannya dia kayak maksa gitu, “punya akun paypal?” Saya jawab gak punya. “Kalau gak punya akun paypal, kamu punya debit card?” Saya jawab punya. Terus habis itu dia kasih link yang mengharuskan saya membeli dokumennya.

    Kejadian gitu, orangnya nipu gak sih? Feelingku bilang yg punya project ini bohong. Masa iya aku dibayar $500 cmn buat mindahin data dri pdf ke word?

    1. indriariadna

      apapun kalo kita keluar uang dulu menurut aku sih scam, hati2.

  38. Trya

    Tulisan yang bermanfaat sekali.. Terima kasih mbak atas informasinya.
    Barusan dpt kiriman email yg ktnya mo send the work detail. Tapi anehnya minta security deposit 30 USD. Akan di refund setelah kerjaan beres.
    Setelah baca tulisan ini langsung klik I am not interested 😊

    1. indriariadna

      sipppp

  39. Septina

    Sy baru saja ikut daftar di situs freelancer sy mendapat tanggapandari ownernya.. sy disuruh mengirim nama lengkapnya, apa sy harus buat cv juga? Boleh minta contoh bentuk cvnya? Sy fulltime mommy, dan ini baru pertama kali coba.