Akhirnya, Dapat Klien Enterprise di Upwork

Selama bertahun-tahun menjadi full-time freelance, saya belum pernah mendapat klien Upwork yang ‘Enterprise” alias perusahaan gede.

Ya, klien saya selama ini juga banyak yang perusahaan, bahkan digital agency, tapi tetep beda dong, antara klien non enterprise vs enterprise.

Penampakannya seperti ini nih kalau klien membuka job posting.

klien enterprise
klien non enterprise

Klien enterprise ada icon seperti gedung dan juga tulisan (tag) Enterprise. Sementara klien non enterprise tidak ada icon seperti itu.

Gimana ceritanya bisa dapat klien enterprise?

Ini ajaib sih, karena saya tidak submit proposal Upwork apapun.

Saya mendapat invitation dari klien enterprise ini jam 1 pagi. Jam 1 pagi saya masih melek sih, tapi sayang saya tidak melihat ada notifikasi email atau notifikasi Upwork yang masuk.

Nah, baru pada jam 8 paginya saya cek email. Btw, setiap hari saya selalu cek email sekitar 5 kali sehari. Nah, pas saya cek email pertama kali di pagi hari itu, ada email notifikasi dari Upwork bahwa saya menerima invitation.

Langsung cuss ke Upwork, dan bener, ada invitation.

Tapi, begitu saya klik job postingnya, haduhhh sudah mau menyerah. Proposal yang masuk sudah lebih dari 20 dan si klien sudah hire 6 orang freelancer.

“Siallll………aku telat,” saya ngedumel dalam hati. Sayang banget kan, sudah dapat invitation malah telat lihat notifikasi. Rasanya pengen hehhh…jengkel sendiri.

invitation dari klien enterprise

Harapan seolah lenyap saat sudah ada 6 freelancer yang di hire. Saat menjawab invitation, saya tidak submit proposal atau pitch apapun, saya cuman tulis seperti ini.

Saya hanya sekedar bertanya, karena tahu saya terlambat banget me-reply invitation si klien. Ya, siapa tahu masih butuh orang kan ya….

Sehari, dua hari berlalu. Karena saya gak berharap banyak, saya tidak terlalu pikirin itu invitation. Move on mengerjakan pekerjaan lainnya dan mau bikin topik e-course baru. Emak multitasking di dunia digital memang begini ini pekerjaannya.

Tidak di sangka tidak di nyana, saya mendapat jawaban dari klien.

Dia masih butuh freelancer dan mau online meet untuk interview.

Buat kalian yang masih suka bingung, gimana kalau ada interview online tanya jawab, jabanin aja. Bahasa Inggris patah-patah masih lebih baik daripada tidak bisa sama sekali.

Jadilah, di hari yang ditentukan, saya siap-siap untuk interview dengan calon klien ini.

Untung tidak grogi, untung tidak deg-degan. Juga, saya bisa share screen untuk kasih lihat bagaimana pekerjaan saya sebagai link building specialist.

Saat interview ada 2 pertanyaan dari klien, pertama pertanyaan tentang pengalaman (experience) sebelumnya. Pertanyaan kedua, bisa mulai kapan, bisa berapa hour per minggu? Dari klien butuh antara 30-40 hour per minggu. Untuk amannya, saya pilih 30 hour per minggu deh, nanti kalau sudah mulai jalan kan bisa minta increase weekly limit.

Meskipun hanya dua pertanyaan khusus, tapi sebelum masuk ke 2 pertanyaan tersebut, klien sudah ngobrol ringan tentang perusahaan dia dan bagaimana nanti kira-kira work flow nya.

Semua kontrak dan pembayaran via Upwork, tapi untuk komunikasi akan pakai Slack.

Setelah selesai interview, saya berpikir, seperti interview-interview yang lain, mungkin klien butuh waktu untuk berpikir dan memutuskan apakah jadi meng-hire atau tidak. Jadi, saya selow, gak terlalu kepikiran.

Jeda 5 menit setelah selesai interview, ada notifikasi email.

Ada offering kontrak masuk dari klien enterprise tadi yang barusan selesai interview.

Wow, saya cuman bisa bilang woww.

Ini di luar kebiasaan para klien yang pernah bekerja sama dengan saya sebelumnya. This is so fast!

Senangnya lagi, tidak ada tawar menawar saat interview karena klien bilang $25 per hour masuk ke range budget dia, jadi tidak ada masalah.

Di bawah ini kontrak yang saya terima setelah saya accept offer dari klien.

kontrak upwork

Potongan fee Upwork hanya 8 sekian persen, berbeda dengan potongan fee Upwork yang biasanya 20%, nett nya lebih banyak 🙂

Lalu juga masuk ke talent clouds gara-gara dapat klien enterprise ini. Wow…

Buat kamu yang kerja freelance dan kerja remote, apa nih senjata kamu sehari-hari? Komen dong di kolom komentar 🙂

Baca juga: Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402), Laptop Terbaik untuk Transaksi Saham

online course virtual assistant

Buat kamu yang ingin mempelajari skill baru sebagai virtual assistant, klik image diatas. Step by step dan bite size materi yang mudah dipahami serta berdasarkan pengalaman sendiri sebagai freelance virtual assistant.

Btw, ada satu senjata nih dari Asus, yang cocok banget buat para pekerja remote work, yaitu Asus ExpertBook Flip B3 (B3402).

Fitur Asus ExpertBook B3 Flip yang cocok banget buat freelancer

fitur Asus ExpertBook B3 Flip

Gimana? Keren kan fiturnya.

Buat kamu yang suka mengerjakan job freelance di co-working space atau kafe-kafe yang instagramable, Asus ExpertBook B3 Flip ini cocok banget buat kamu tenteng.

Tidak sekedar cakep tampilannya, duhh mupeng banget lihat flipnya, tapi spesifikasi software dan hardware nya juga oke punya.

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru ini sudah pasti membuat kerja laptop jadi lebih maksimal.

Punya lebih dari satu klien? Gak masalah kalau pengerjaannya menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip. Dijamin sat set selesai 🙂

Key points ASUS ExpertBook B3 Flip yang wajib jadi pertimbangan

Asus ExpertBook Flip B3 Key Points

Semoga bermanfaat, semangat terus dikejar dollar 🙂

33 thoughts on “Akhirnya, Dapat Klien Enterprise di Upwork”

  1. Ingin gajian dollar, tapi inggris nya lemah banget. Tapi Asus B3 ini memang diperuntukkan untuk semua kalangan. Semangat Mbak Indri ngejar dolarnya. Semoga bisa nular ke saya

    Reply
  2. Keren banget nih baca pengalaman kerja Mba Indri. Aku masih ga mudeng itu spec pekerjaan yang tercantum tadi mba. selain nulis artikel, trus apalagi itu mba detail pekerjaannya?
    Bakalan makin semangat kerjanya ya mba kalau menggunakan laptop kece seperti ASUS ExpertBook Flip ini. Dibawa kemana-mana oke banget. Misal ada klien yang butuh ketemu secara offline, kita bisa presentasi juga menggunakan laptop kece ini

    Reply
  3. Mantap banget kerjaan kak Indri.
    Kaya yang aku terpukau banget. Hubungan dengan klien ini kudu dijaga banget yaa.. Selain jangan sampai salah menggunakan bahasa yang kurang tepat, bisa jadi SOP pekerjaan pun kudu tepat.
    Agar tek-tokan pekerjaan semakin lancar, harus didukung oleh gadget yang mumpuni seperti Asus ExpertBook Flip B3 (B3402).

    Reply
  4. Alhamdulillah selamat ya atas pencapaiannya. Memang untuk kinerja yang maksimal kita harus didukung dengan support sistem yang kompatibel juga. Seperti Asus ini

    Reply
  5. Mbak Indri always keren, daku selalu geleng-geleng, soale daku ndak paham di beberapa kosakata teknologi canggih ini. Anyways, daku sepakat kalau ASUS itu always terbaik, memberikan fitur yang oke banget. Pengalaman daku pakai laptop ASUS, alhamdulillah awet dan nyaman.

    Reply
  6. Cakep amat sih ASUS B3 ini, speknya gahar, fiturnya mantul. Buat aku yang seneng nongki buat ngejar deadline di coworking space cocok dong bawa Asus ExpertBook B3 Flip. Jadi ikutan semangat mau dong dikejar dollar WOW!

    Reply
    • Khusus enterprise mba 8% mungkin karena klien enterprise ada perjanjian tersendiri dengan upwork, kurang tau juga aku. Biasanya klien enterprise gini spent nya gede amount nya.

      Reply
  7. seliweran di sana sini lagi bahas tentang laptop asus yang lagi viral, tapi emang keren banget sih fiturnya. laptop asusku yang jadul jadi ingin dibelikan adik baru nih hehehe mupeng banget sama laptop asus

    Reply
  8. Nah laptop ini memang cocok banget buat professional yang butuh kerja dengan koneksi internet kapan saja. Mupeng juga pengen punya hehe.

    Duh hebat lho mbak tanpa ngajuin dapat job, kliennya oke pula.

    Semoga selalu lancar pekerjaannya. Aamiin.

    Reply
  9. Artikel ini menarik sekali, sebab menjadi kabar gembira bahwa akan segera mendapatkan dollar yang banyak,hahaha. Selamat yang Mbak Indiri, karena sudah mendapatkan client gede kayak gini….. 🙂

    Saya sempat hitung – hitung loh pendapatannya…….., 🙂

    Setelah saya hitung – hitung penghasilannya, mmm….. saya mau dong ikutan kerja kayak gini, hahaha…..

    Tapi, interviewnya itu loh, pakai tatap muka yah ? saya bakal kikuk nih kalau diajak ngobrol pakai bahasa Inggris ,hahah. Apalagi kudu pakai tatap muka . 🙂

    Selamat yah Mbak atas pencapaianya. 🙂

    Percikannya jangan lupa loh yah, hahaha. Bercanda. 🙂

    Ohy, ada satu pertanyaan. Apa ajah sih, yang harus Mbak Indri kerjakan di job gede ini ?

    Reply

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Happy STUDENTS

Students testimonials

Amalia Prameswari

Peserta workshop

Saya suka cara mengajar Mba Indri. Selalu mau mendengarkan setiap pertanyaan dari partisipan, dan selalu memberikan jawaban yang terbaik berdasarkan pengalaman beliau selama ini.

Gusti Ayu Putu

Peserta workshop

Workshop yang luar biasa, banyak hal baru yang saya pelajari dan sangat membantu saya dalam mencari side hustle terutama melalui Upwork, terimakasih banyak!

Fitriani Neti

Peserta workshop

Bu Indri sangat baik dalam menyampaikan materi, sangat baik dan tepat dalam menjawab semua pertanyaan.

Cooperation

Be our partners

Kami membuka kesempatan dan kerjasama bagi para brand atau perusahaan yang ingin bekerja sama dengan Indri Ariadna.

Learn how to be a virtual assistant

Download eBook 150+ Virtual Assistant's Offering Services.

Pelajari tentang skills yang sudah ada dan kembangkan.