Asuransi Kesehatan Astra Life: Digital, Cashless, Sesuai Tagihan Buat Milenial dari ilovelife.co.id

It wasn’t raining when Noah built the ark.

Howard Huff

Quote ini terselip di antara banyak artikel dan infografis saat saya sedang mencari tahu tentang pilihan asuransi yang mempunyai fitur cashless dan sesuai tagihan yang cocok untuk anak saya.

Sudah lebih dari 6 bulan kami terpisah tempat tinggal karena dia harus menempuh pendidikan di Jawa. Sebagai orang tua, saya tidak khawatir dengan studi dan pergaulannya, tapi lebih kepada amit-amit, kalau sampai sakit bagaimana karena dia tinggal sendiri. Saat masih tinggal bersama saja makan harus selalu di ingatkan. Itu satu hal yang membuat kami orangtuanya, terutama ibunya ini, kepikiran.

Saya berpikir, mempunyai asuransi kesehatan akan baik untuk anak saya. Just in case terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anak saya bisa langsung bawa kartu asuransi cashless ke rumah sakit di Malang sana. Dari sini, perjalanan saya mencari asuransi kesehatan terbaik, dimulai.

Prepare today for tomorrow

Quote di atas bisa diartikan bahwa kita harus mempersiapkan dan menyiapkan segala sesuatu di depan, termasuk di dalamnya adalah dana darurat, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dana pensiun, dana pendidikan, dan kebutuhan finansial lainnya. Utamanya adalah asuransi kesehatan yang berfungsi sebagai proteksi dan sebagai pondasi keuangan.

pyramid of financial needs

Mungkin akan ada orang yang menganggap kita aneh atau terlalu ribet mengurusi hal-hal di masa datang yang belum tentu terjadi, tapi apakah kamu tahu, Nabi Nuh tidak membuat bahteranya pada saat hari hujan.

Bahtera Nabi Nuh di buat di puncak gunung, dikerjakan siang malam, saat keadaan dan cuaca panas terik, tidak ada hujan sama sekali. Saat akhirnya banjir besar datang, hanya sedikit yang selamat, yaitu mereka yang masuk ke dalam bahtera. Dalam artian bebas menurut saya, mereka yang selamat adalah mereka yang sudah mempunyai persiapan.

Dalam hal asuransi kesehatan, penting kita menyiapkan dan mempunyai asuransi. Alasan paling penting mengapa kita harus mempunyai asuransi kesehatan adalah, jika terjadi risiko, sudah ada yang menanggung semua biaya perawatan dan pengobatan. Siapa? Perusahaan asuransi.

Mungkin saat sakit kita bisa meminjam uang dari keluarga. Kira-kira berapa banyak yang bisa dipinjam? 5 juta, 10 juta, 500 juta? Kita tidak bisa memastikan karena keluarga kita yang lain mempunyai kewajiban yang harus mereka tanggung sendiri.

Saat pencari nafkah atau bread winner sakit, keluarga kita harus tetap melanjutkan hidup. Melanjutkan hidup tidak sekedar cukup biaya untuk makan, tapi juga tersedianya biaya pendidikan anak-anak hingga jenjang pendidikan selesai.

Ada banyak kejadian, anak-anak menjadi putus sekolah saat orangtua sakit dan tidak mampu mencari nafkah. Bukankah kita mematikan masa depan keturunan kita sendiri jika hal itu terjadi?

Jika kita mempunyai proteksi, dalam hal ini kita mempunyai asuransi kesehatan, saat terjadi risiko yang tidak diinginkan, kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana membayar biaya obat, biaya dokter, biaya kamar rumah sakit, biaya rawat jalan dan lainnya karena asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection mengganti biaya perawatan sesuai tagihan atau as charged.

Tentang asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection dari Astra Life

Flexi Hospital & Surgical Protection adalah asuransi kesehatan dari Astra Life yang memberikan manfaat penggantian biaya perawatan di Rumah Sakit di Indonesia dan sistem pembayaran cashless.

Keunggulan asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection dibanding asuransi lain

Penggantian biaya perawatan lengkap di Indonesia di Rumah Sakit dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan

Berbagai manfaat yang menguntungkan bagi pemilik asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection adalah covering biaya atau semua biaya ditanggung semua oleh asuransi, termasuk di dalamnya

  • biaya pembedahan
  • biaya kunjungan dokter
  • biaya aneka perawatan rumah sakit
  • biaya perawatan sebelum rawat inap
  • biaya perawatan setelah rawat inap
  • biaya perawatan kanker rawat jalan
  • biaya perawatan cuci darah atau dialisa

Premi terjangkau

Untuk anak saya yang masih berusia 18 tahun, perhitungan premi adalah RP. 122.300 per bulan.

Bahkan premi untuk anak saya lebih murah daripada biaya wifi berlangganan yang saya pakai 🙂

kalkulasi hitungan premi asuransi kesehatan untuk anak

Lihat kan, dari kalkulator premi di atas, terjangkau banget premi per bulannya.

Penggantian biaya Fisioterapi termasuk Terapi Okupasi dan Terapi Wicara

Jika tertanggung (pemilik asuransi) memerlukan terapi setelah perawatan di rumah sakit dan ada surat rekomendasi dari dokter, maka biaya terapi termasuk fisioterapi, okupasi dan terapi wicara akan di cover atau ditanggung oleh Astra Life sesuai dengan batas keseluruhan tahunan sesuai polis.

Penggantian biaya Rawat Jalan Darurat

Jika terjadi kecelakaan, rawat jalan darurat dan rawat jalan gigi darurat akan ditanggung maksimal per terjadi kecelakaan dan per perawatan akibat kecelakaan.

Fasilitas Cashless dengan e-card di Rumah Sakit rekanan di Indonesia

Cocok banget nih untuk generasi milenial dan generasi Z seperti anak saya yang sudah terbiasa dengan platform digital.

Selain itu, fasilitas cashless lebih aman buat anak saya karena tidak harus membawa uang tunai saat harus berobat.

Manfaat kamar & akomodasi untuk rawat inap hingga Rp 2 juta per hari

Ada berbagai pilihan kamar dan akomodasi untuk rawat inap, mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 2 juta per hari.

Free Medical Check-Up (“MCU”) setiap 2 tahun, tanpa cek medis

Mengapa Milenial Harus Mempunyai Asuransi Kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection?

Di jaman serba digital dan perkembangan teknologi saat ini, kita bisa mengakses berbagai informasi tentang asuransi, khususnya tentang asuransi kesehatan dengan bebas.

Asuransi kesehatan, selain dibeli dengan uang, juga dibeli dengan kesehatan dan usia. Perlu kamu ketahui, tidak semua aplikasi pengajuan asuransi kesehatan akan diterima. Ada banyak juga yang ditolak.

Alasannya? Sudah ada sakit penyakit di tubuh dan juga usia yang sudah melewati batas maksimal untuk membeli asuransi.

Angka harapan hidup penduduk Indonesia 2017-2021. Sumber Databoks

Apa sih korelasi atau hubungan antara angka harapan hidup, milenial dan asuransi kesehatan?

Milenial perlu tahu bahwa, semakin tinggi angka harapan hidup, semakin menjadi keharusan baginya untuk menyiapkan dana kesehatan. Manusia mengalami puncak kesehatan di usia 30 tahun dan kemudian mengalami penurunan fungsi tubuh dan metabolisme seiring pertambahan usia. Seberapa cepat proses penuaan dan penurunan fungsi, sangat tergantung pada kesehatan, riwayat medis, dan genetika.

Mengutip dari salah satu artikel WebMD yang berjudul Sudden Health Problems After 50, usia 50 tahun ke atas cenderung mengalami berbagai risiko kesehatan seperti: serangan jantung, stroke, radang pankreas, patah tulang, vertigo, ginjal, dan masih banyak lagi. Jika harapan hidup adalah 73.5 tahun, ada kurang lebih 23.5 tahun yang penuh risiko penyakit. Sedangkan di usia 50 tahun biasanya adalah usia yang tidak produktif alias usia memasuki masa pensiun.

Jika tidak mempunyai asuransi kesehatan sedangkan usia sudah tidak produktif dan risiko berbagai penyakit sudah mengintip di depan pintu, kira-kira apa yang akan terjadi ya?

Saat sakit, kita tidak bisa memproyeksikan berapa banyak dana yang nantinya akan dikeluarkan untuk biaya pengobatan dan perawatan. Adalah hal yang bijak jika kita mengalihkan risiko ketidakpastian kepada perusahaan asuransi.

Kamu generasi milenial? Inilah alasan mengapa generasi milenial perlu mempunyai asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection.

Pekerja mandiri

Entah kamu seorang pemimpin keluarga, atau menghidupi diri sendiri (single), atau seorang istri yang bekerja untuk mendukung keluarga, kamu mempunyai risiko yang sama besar. Risiko kehilangan future income.

Apa itu future income bisa dibaca disini: Freelancer dan Future Income

Mempunyai hutang aktif

Mempunyai hutang berarti kita mempunyai tanggung jawab untuk membayar kembali hutang tersebut. Jika kita sakit, tidak bisa bekerja, apakah tagihan hutang akan berhenti? Tidak. Keluarga kita yang menanggungnya.

Oleh sebab itu, penting buat kamu yang saat ini masih mempunyai tanggungan hutang aktif untuk mempunyai asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical Protection.

Mempunyai asuransi Flexi Hospital & Surgical Protection akan memberikan rasa aman karena jika terjadi risiko, sudah ada asuransi yang akan menanggung semua biaya perawatan dan rumah sakit.

Ingin keluarga tetap bahagia dan stress free

love insurance

Dulu saat masih kecil, kami mempunyai tetangga seorang dosen di salah satu universitas swasta di Semarang. Terpandang, gaji berlebih, hidup bahagia dengan seorang istri dan 3 orang anak.

Satu hari pak dosen tersebut tiba-tiba pingsan, kami tetangganya tidak tahu menahu apa yang terjadi dengan pak dosen hingga istrinya berkabar bahwa pak dosen menderita diabetes.

Saat itu yang saya tahu, pak dosen rajin ke rumah sakit di temani istrinya untuk perawatan. Tahun 1990 an saat itu belum ada BPJS dan belum banyak orang tahu tentang asuransi kesehatan.

Rumah besar tempat pak dosen tinggal bersama keluarganya berakhir dengan berpindah tangan ke orang lain. Ya, aset terjual untuk menutup biaya rumah sakit dan perawatan selama bertahun-tahun.

Akhirnya mereka sekeluarga pindah ke kota asal di Yogyakarta hingga tak berapa lama kemudian saya mendengar pak dosen meninggal dunia.

Jika saat itu sudah ada asuransi kesehatan, apakah pak dosen akan selamat? Saya tidak tahu. Jika saat itu sudah ada Flexi Hospital & Surgical Protection, rumah dan aset tetangga saya ini mungkin tidak perlu sampai dijual untuk menutup biaya perawatan rumah sakit karena biaya rumah sakit sudah ditanggung oleh #AstraLife sehingga #TagihanRSjadiRingan. Itulah pentingnya alasan mengapa kita wajib mempunyai asuransi kesehatan. Mencintai keluarga, mencintai kehidupan #LoveLife  dengan cara mengalihkan risiko.

Biaya kesehatan dan rumah sakit yang tiap tahun meningkat

Biaya dokter spesialis dan rumah sakit tahun ini pasti lebih tinggi dari tahun sebelumnya, atau 5 tahun sebelumnya. Begitu juga dengan biaya rawat jalan, operasi, dan obat-obatan. Sakit itu mahal!

Jika kita membeli asuransi sejak dini, premi yang kita bayarkan tetap, manfaat yang kita dapatkan tetap sesuai polis dan tidak ada pengaruh naiknya biaya kesehatan dan rumah sakit. Kita membayar manfaat dan benefit di awal tapi kita tetap untung sepanjang polis berlaku.

Kapan waktu yang tepat membeli asuransi kesehatan?

Now! Sekarang!

Waktu yang tepat untuk membeli asuransi kesehatan  Flexi Hospital & Surgical #AstraLife adalah sekarang. Akan lebih baik jika kita membeli asuransi kesehatan di saat usia kita masih muda, agar premi lebih terjangkau. Bandingkan deh perhitungan premi anak saya dan saya sendiri. Semakin usia kita bertambah, hitungan premi yang harus kita bayarkan akan semakin besar. Dengan premi terjangkau, kita mendapatkan benefit, manfaat maksimal dan #TagihanRSjadiRingan.

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan?

Sebelum membeli asuransi kesehatan, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan. Mengapa? Karena kita membayar premi bukan sebulan dua bulan saja tapi kita membayar premi dalam jangka panjang hingga puluhan tahun.

Beberapa pertimbangan penting antara lain:

Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Beli asuransi sesuai dengan manfaat

Ada banyak pilihan plan dan pilihan manfaat. Pilih yang benar-benar sesuai dengan kondisi kesehatan dan keuangan kita. Jangan sampai membeli asuransi yang ternyata tidak mengcover apa yang kita butuhkan.

Tata cara dan proses klaim

Mudah mengurus klaim menjadi salah satu tolok ukur bagi kita untuk memilih perusahaan asuransi. Proses klaim di Astra Life sangat mudah, isi formulir klaim yang bisa didapatkan dengan menghubungi Astra Life atau download dari website www.astralife.co.id dan kirimkan ke kantor pusat berserta dokumen-dokumen lain sesuai ketentuan, maksimum 30 hari sejak tanggal Tertanggung selesai menjalani perawatan.

Jaringan rekanan rumah sakit

Semakin banyak rekanan rumah sakit, kita sebagai peserta asuransi akan dimudahkan untuk memilih rumah sakit terdekat di tempat tinggal kita. Jangan khawatir memilih Astra Life, karena ada banyak sekali pilihan rumah sakit rekanan.

daftar rekanan rumah sakit Astra Life

Masuk ke website ilovelife.co.id dan kamu bisa mengunduh semua daftar list rumah sakit rekanan.

Pembayaran cashless

“Kartu sakti” adalah sebutan untuk kartu asuransi dengan sistem pembayaran cashless. Tertanggung tidak harus membayar tagihan rumah sakit dengan uang tunai saat akan rawat inap karena dengan kartu sakti dari, tertanggung tinggal menyerahkan kartu sakti tersebut ke pihak administrasi rumah sakit.

Tidak ada lagi drama kekurangan uang tunai saat membayar biaya tagihan rumah sakit.

Sistem pembayaran cashless seperti ini sangat cocok untuk para milenial yang sehari-hari melek digital.

Free medical check-up

Medical check-up membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika ada perusahaan asuransi yang menawarkan free medical check-up seperti apa yang ditawarkan Astra Life, segera ambil kesempatan tersebut.

Bisa menghitung kalkulasi biaya secara online sebelum membeli produk asuransi

Meskipun agen asuransi akan memberikan perhitungan ilustrasi, akan lebih nyaman jika kita bisa menghitung perkiraan biaya asuransi secara mandiri.

Kunjungi ilovelife.co.id dan langsung coba kalkulator premi dan ketahui berbagai manfaat yang didapat dari Flexi Hospital & Surgical Protection.

Begini step by stepnya:

  1. Pilih gender
  2. Isi usia
  3. Pilih harga kamar rawat inap. Pilihan harga mulai dari Rp300.000 – Rp600.000 – Rp1.000.000 – Rp1.500.000- Rp2.000.000
  4. Pilih plafon atau limit tahunan. Pilihan limit tahunan mulai dari Rp50.000.000, Rp150.000.000, Rp200.000.000, Rp250.000.000, Rp300.000.000, Rp200.000.000.
  5. Lalu klik tombol (button) “Hitung premi.”
step by step cara menggunakan kalkulator premi Astra Life

Perlu diketahui, untuk harga kamar rawat inap (kamar & akomodasi) yang ditanggung oleh Astra Life ketika menjalani rawat inap adalah Maksimal 150 hari per 1 Tahun Polis.

perhitungan premi saya (ibu)

Ini berarti bahwa, jika 1 tahun polis kita di rawat inap di rumah sakit selama 200 hari, maka yang ditanggung oleh Astra Life hanya 150 hari saja. Sisanya, 50 hari kita harus membiayai secara mandiri.

Supaya lebih jelas tentang manfaat, premi, dan pilihan plan Flexi Hospital & Surgical Protection, silakan simak video singkat di bawah ini.

Last but not least

Asuransi kesehatan, selain dibeli dengan uang, juga dibeli dengan kesehatan dan usia. Perlu kamu ketahui, tidak semua aplikasi pengajuan asuransi kesehatan akan diterima. Ada banyak juga yang ditolak.

Alasannya? Sudah ada sakit penyakit di tubuh dan juga usia yang sudah melewati batas maksimal untuk membeli asuransi.

Jadi buat kamu para milenial, saat ini adalah saat yang paling tepat buat kamu untuk membeli asuransi kesehatan Flexi Hospital & Surgical dari Astra Life. Jangan tunda lagi!

Komparasi Premi Beda Usia

komparasi perbandingan premi beda gender, usia dan limit tahunan

Saya sangat terbantu sekali dengan adanya kalkulator premi di  ilovelife.co.id ? Saya mencoba menghitung premi seluruh keluarga tanpa harus menghubungi agen asuransi. Terkadang, ada rasa enggak enak ya kalau sudah berhubungan dengan agen asuransi tapi ternyata kita tidak jadi ambil asuransi karena masalah premi atau benefit dan pertanggungan.

Dengan menggunakan kalkulator premi ini, saya merasa lebih nyaman karena bisa menghitung sendiri dan membandingkan sendiri mana manfaat asuransi terbaik yang bisa saya dapatkan.

Coba kalkulator premi dari Astra Life sekarang dan dapatkan informasi premi serta manfaat dari Flexi Hospital & Surgical Protection di  ilovelife.co.id 

Untuk mendapatkan informasi terkini tentang berbagai produk asuransi dari Astra Life, silakan follow akun Instagram Astra Life di @ilovelife.co.id dan @astralifeid.

Saya berharap informasi ini bermanfaat buat kalian.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Happy STUDENTS

Students testimonials

Amalia Prameswari

Peserta workshop

Saya suka cara mengajar Mba Indri. Selalu mau mendengarkan setiap pertanyaan dari partisipan, dan selalu memberikan jawaban yang terbaik berdasarkan pengalaman beliau selama ini.

Gusti Ayu Putu

Peserta workshop

Workshop yang luar biasa, banyak hal baru yang saya pelajari dan sangat membantu saya dalam mencari side hustle terutama melalui Upwork, terimakasih banyak!

Fitriani Neti

Peserta workshop

Bu Indri sangat baik dalam menyampaikan materi, sangat baik dan tepat dalam menjawab semua pertanyaan.

Cooperation

Be our partners

Kami membuka kesempatan dan kerjasama bagi para brand atau perusahaan yang ingin bekerja sama dengan Indri Ariadna.

Learn how to be a virtual assistant

Download eBook 150+ Virtual Assistant's Offering Services.

Pelajari tentang skills yang sudah ada dan kembangkan.