TIPS & CARA MENENTUKAN RATE UPWORK

Buat teman-teman freelancer pemula yang masih bingung bagaimana cara menentukan rate Upwork, baca artikel ini sampai selesai yaa…

Baca juga Tips Gajian Dollar dari Upwork supaya ada insight tentang freelance dan Upwork.

Sebelum menentukan rate Upwork, kamu harus tahu dulu niche skill yang kamu punya sekarang ini.

Saat sudah masuk ke Upwork dan saatnya untuk mengisi profile overview, kamu juga harus memasukkan rate per jam atau hourly rate. Memangnya harus ya Kak? Iya harus dan wajib memasukkan rate Upwork.

Dibawah ini contoh hourly rate profile saya. Jjadi nanti hourly rate kamu juga akan muncul di profile seperti ini.

hourly rate upwork

Kamu juga bisa melihat tutorial atau bagaimana cara menentukan rate Upwork dari video dibawah ini. Subscribe juga ya!

video cara menentukan rate upwork sesuai skill

Apa yang harus dilakukan untuk menentukan rate Upwork?

Hal yang wajib dilakukan sebelum menentukan rate adalah melakukan research terlebih dahulu. Research apa? Research tentang berapa freelancer yang memiliki skill yang sama dengan kamu dan berapa rate mereka. Bisa mulai dari freelance asal Indonesia dulu. Catat atau buat list, baru kemudian world wide freelance yang memiliki skill sama.

Kalau kamu masih baru di Upwork, ada baiknya memilih sesama freelance yang kurang lebih juga masih baru untuk membandingkan rate. Bagaimana caranya? Bisa dilihat dari total earning freelancer tersebut. Pilih freelance yang total earningnya masih di bawah USD 1K. Lihat video diatas ya untuk tahu bagaimana caranya.

Setelah buat list, hitung rata-rata atau average harga dari rate para freelancer tersebut. Kamu bisa set up hourly rate Upwork kamu more or less di rate average tersebut.

Mengapa penting menentukan rate Upwork?

Client point of view

Client bisa melihat secara langsung straight forward rate Upwork kita melalui profile. Pastinya, rate menjadi salah satu pertimbangan client untuk “membaca” dan menentukan apakah freelancer ini cocok untuk projectnya atau tidak, rate sesuai dengan budget client atau tidak.

Jangan sampai kamu terlalu overprice, artinya mematok rate yang terlalu tinggi tapi tidak sesuai dengan portfolio, skill dan bahkan kemampuan bahasa Inggris yang masih ala kadarnya.

Jangan juga kamu mematok harga underprice atau terlalu rendah karena bisa jadi, client akan meragukan kemampuanmu berdasarkan rate yang rendah tersebut.

Upgrade rate

Menentukan rate Upwork di awal sangat penting karena bisa menjadi pondasi untuk menaikkan rate kita selanjutnya. Kalau rate Upwork yang kita tetapkan terlalu rendah, akan butuh waktu lebih lama untuk bisa menaikkan rate selanjutnya.

Kita bisa melihat history rate dari work history, terutama yang hourly contract. Ini fotonya kurang mewakili karena saya lebih prefer pilih fixed contract daripada yang hourly contract. Hanya untuk menunjukkan bahwa kita bisa melihat di work history bagaimana progress rate Upwork kita.

work history upwork

Upwork point of view

Semakin tinggi rate Upwork kita, fee yang didapat oleh Upwork akan semakin besar. Bisa jadi, rate yang rendah menjadi salah satu alasan registrasi kamu ditolak Upwork. We talk about business ya.

Rendah diri

Jangan sampai kita tidak percaya diri dengan rate Upwork yang kita tulis sendiri.

Kalau kamu memang menguasai bidang dan skill kamu, punya experience yang cukup, referensi client dan portfolio yang mendukung, berarti kamu memang pantas untuk menghargai dirimu sekian.

Tidak jarang, ada banyak freelance yang merasa tidak pantas mematok harga sekian dolar per jam hanya karena mereka berasal dari Indonesia.

Begitu masuk ke Upwork, hapus pemikiran bahwa kita bekerja dengan gaji UMR ya. Fee freelance dan rate Upwork tidak bergantung dari negara mana kamu berasal.

Yang perlu kamu ingat dan tanamkan di mindset, skill yang kamu tawarkan memang pantas dihargai sekian.

Mengapa harus pede begitu ya Kak? Iya, kan sebelumnya kamu sudah research harga rate di Upwork.

Misal ada client yang bilang, (in english) “Wah kamu dari Indonesia kok matok harga mahal banget sih……?”

Kamu boleh tabok client ini dengan hasil research kamu dan bilang kalau kita ini bekerja via platform global. UMR enggak laku di Upwork. Done.

Bisa gak research rate di luar Upwowk?

Bisa asal tahu caranya.

Sini aku bocorin caranya.

Kamu harus join group-group di FB tapi yang luar ya bukan lokal. Pastikan group tersebut memang wadah yang sesuai dengan skill kamu.

Misal skill virtual assistant, gabung dan join di FB group tentang virtual assistant. Ada banyak banget di FB.

Untuk skill lain, pastinya ada juga, silahkan searching sendiri.

Akan ada banyak informasi tentang harga, objection, bagaimana memulai job freelance dan lainnya. Stay di group tersebut hingga mendapatkan informasi yang cukup. Siapa tahu bisa dapat job juga via group tersebut seperti pengalaman saya.

Semoga bisa membantu kamu yang masih bingung bagaimana menentukan rate upwork di awal ya.

Boleh komen di kolom komentar kalau ada yang mau ditanyakan atau ada yang kurang jelas tentang rate Upwork.

Jangan lupa untuk subscribe channel saya untuk mendapatkan notifikasi video terbaru tentang freelance dan Upwork.

About the author

Indriyas W
Link Building Specialist, VA dan Blogger. Earning USD 10K+ di Upwork.
Dari kota Semarang ke Kota Palangkaraya. Hobi menulis, baking, baca novel dan jadi mommy cats.
Hubungi Indri via sosial media di bawah ini.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0.00