Membangkitkan Semangat UKM Indonesia Dengan Aset Digital

#BersamaMasterWeb
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest

Produk Kreasi Coklat Rumahan

Saat masih bekerja sebagai freelancer di PT Meubelindo, satu-satunya teman perempuan saya adalah Terry. Pak Bos sekaligus mentor dan teman-teman yang lain semuanya laki-laki. Oleh sebab itu saya merasa dekat dengan Terry.

Terry pula yang dulu mendorong saya untuk mencoba bekerja sebagai freelance sales di Meubelindo di tahun 2003. Seperti yang saya tuliskan di artikel ini: Cara Mudah Naik Gaji.

Di Meubelindo, Terry bukan sekedar freelancer seperti saya. Bedanya, dia mempunyai perolehan saham di perusahaan, sementara saya adalah the outsider. A sales freelance based on a commission. Gapapa yang penting tetap menghasilkan dolar.

Sebenarnya, kami sudah berkenalan jauh sebelum Meubelindo ada. Kami sempat bekerja bareng di salah satu perusahaan mebel di Semarang dan menempati ruangan yang sama selama kurang lebih 2 tahun. Terry masuk ke perusahaan saat saya hamil 6 bulan. Kok tau? Soalnya saya yang menyeleksi para pelamar, termasuk dia hehe…

Layaknya sesama perempuan, kami dekat dan saling menceritakan hal-hal kecil sehari-hari meski tidak pernah menyinggung hal-hal yang bersifat pribadi sama sekali.

foto-foto-bazar
foto bazar

Satu hari, Terry membawa beberapa coklat yang lucu-lucu bentuknya.

aneka cokelat karakter

Dia bilang, dia akan memulai bisnis coklat. Dan sejak saat itu, dia fokus mengembangkan bisnis coklatnya. Sambil tetap mengurusi kerjaan di Meubelindo juga.

Sedikit demi sedikit dia mulai membeli berbagai macam cetakan coklat, mendesain hang tag, kardus packaging, ikut berbagai pameran, hingga mengurus perijinan PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah Tangga).

Ohya, saya pernah menulis artikel tentang bisnis cokelat Terry di artikel ini: Siapa Bilang Berbisnis Itu Mudah?

Sejak saya memutuskan hengkang dari Meubelindo, kami jadi jarang bertemu. Karena saya memutuskan menjadi karyawan lagi sementara dia menekuni bisnis cokelatnya.

Apalagi setelah saya pindah ke Kalimantan, praktis kami hanya bisa bertukar kabar via WA.

Selain berbisnis cokelat, Terry ternyata menjajal kesibukan baru, menjadi guru yoga. Sementara bisnis cokelatnya lebih banyak dijalankan oleh adiknya.

Meski usaha cokelat ini adalah usaha rumahan, Chocomeal (nama brand ini) tidak malu-malu untuk merambah dunia digital melalui sosial media seperti Instagram dan Facebook.

Meskipun belum bisa dikategorikan sebagai usaha kecil menengah, saya pribadi berpendapat bahwa usaha-usaha rumahan seperti ini adalah benih-benih usaha mikro yang sangat potensial. Perlu dibimbing dan diberikan ruang agar bisa bertumbuh. Misalnya, dengan mengajarkan cara membuat aset-aset digital, seperti website dan forum digital.

Kementerian Koperasi dan UMKM meyatakan bahwa:

Kementerian Koperasi dan UKM RI melaporkan bahwa secara jumlah unit, UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia (2017), sementara usaha besar hanya sebanyak 0,01% atau sekitar 5400 unit. Usaha Mikro menyerap sekitar 107,2 juta tenaga kerja (89,2%), Usaha Kecil 5,7 juta (4,74%), dan Usaha Menengah 3,73 juta (3,11%); sementara Usaha Besar menyerap sekitar 3,58 juta jiwa. Artinya secara gabungan UMKM menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional, sementara Usaha Besar hanya menyerap sekitar 3% dari total tenaga kerja nasional!

Jelas bahwa pelaku usaha di Indonesia, sekitar 99.99% adalah pelaku bisnis UMKM. Tidak heran, pemerintah memberikan perhatian lebih kepada penggerak ekonomi bangsa ini.

Mulai membangun aset-aset digital rasanya menjadi keharusan bagi setiap pelaku bisnis UKM. Agar, selain bisa menjual produknya secara offline, juga berpeluang untuk menghasilkan profit dari transaksi penjualan secara online (digital).

infografis-UMKM-aset-dan-omzet-1

Pemerintah pun tidak jemu untuk membina dan membuat berbagai program yang dirasa perlu dan penting untuk mengembangkan bisnis UMKM secara maksimal. Diantaranya adalah program digital onboarding.

3 Program digital onboarding dari pemerintah untuk UMKM

Pertama, program Kewirausahaan Digital-Digital Talent Scholarship yang menjangkau 22.500 peserta dan dilaksanakan dalam tiga batch.

Kedua, program Scaling-up UMKM/UMi, Petani, dan Nelayan digital yang bertujuan untuk pengembangan dan pendampingan demi keberlangsungan usaha di sector tersebut.

Ketiga, Pelatihan Bahasa Inggris dan pemasaran digital untuk UMKM/UMi dan pegiat desa wisata di berbagai destinasi wisata super prioritas.

Dengan adanya program-program dan pelatihan digital ini, diharapkan UMKM akan bisa semakin berkembang selaras dengan berkembangnya teknologi digital.

UKM dan pentingnya aset digital

Membangun aset-aset digital bagi UMKM yang memasarkan produknya secara online (pemasaran digital), sangatlah penting dan wajib hukumnya.

Tipe dan macam aset digital bagi para pelaku bisnis dan UMKM yang perlu diketahui adalah:

  1. Nama Domain dan Website
  2. Sosial Media
  3. Online Marketplace
  4. Forum Digital
  5. Digital Bisnis Profile

Sekarang ini, orang-orang akan mencari review produk dan jasa melalui Google atau Youtube terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Sebagai pelaku bisnis, kita bisa memanfaatkan tren tersebut. Caranya? Dengan membuat website, mengoptimasi konten, optimasi sosial media, bekerjasama dengan selebgram atau influencer agar produk dan jasa kita bisa dengan mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Kalau ternyata produk atau jasa kita tidak muncul saat orang-orang mencari jawaban di mesin pencari, bukankah hal ini merupakan suatu kerugian bagi bisnis kita?

Secara tidak langsung, kita sudah kehilangan kesempatan dan momentum peluang untuk di temukan oleh para calon konsumen. Tidak ditemukan oleh calon konsumen berarti hilangnya peluang transaksi penjualan. Inilah manfaat dan kegunaan aset digital.

New normal (era adaptasi baru) dan revolusi industri 4.0 mengajarkan banyak hal

  • Transaksi jual beli secara online lebih aman dari sisi kesehatan karena kita mengurangi kemungkinan terpapar dan tertular virus Covid-19.
  • Dengan dukungan ecommerce dan toko online, konsumen masih bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah.
  • Pentingnya aset digital bagi para pelaku bisnis dan usaha, termasuk UMKM.
  • Biaya operasional toko online lebih hemat karena tidak harus menyewa tempat usaha dan menggaji banyak karyawan.

Aset digital mempunyai manfaat yaitu membantu membangun kesadaran akan suatu merek atau brand awareness.

Aset digital juga dapat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Saat digunakan secara efektif, aset digital dapat membantu merek atau brand melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam melibatkan konsumen dan mendapatkan keuntungan bisnis dengan menawarkan konten yang dipersonalisasi dan relevan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Salah satu aset digital yang penting dan wajib di punyai oleh pelaku bisnis UKM adalah nama domain dan website. Lebih lengkapnya, nama domain, website, dan hosting.

Khusus untuk UKM yang baru memulai usaha, tidak perlu menggelontorkan banyak dana dan budget untuk mempunyai sebuah website.

Sekarang ini banyak sekali pilihan-pilihan website dan nama domain serta hosting UKMK dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi UMKM pemula, jangan ragu untuk memulai investasi dengan cara beli domain dan hosting di Masterweb.

Berkenalan dengan Masterweb

Master Web Network Indonesia mengabdi selama 18 tahun dan terus berkembang, sebagai perusahaan Webhosting no.1 Indonesia yang memberikan layanan domain murah, domain gratis, hosting murah, menjadikan Master Web Network sebagai penyedia domain murah Indonesia dan web hosting murah Indonesia.

Masterweb juga memberikan layanan pembuatan website siap tayang dengan harga sangat terjangkau, dengan fitur komplit termasuk website builder terbaik untuk memudahkan UMKM terjun ke dunia digital tanpa ribet. Layanan murah, berkualitas dan bersahabat.

Paket lengkap ini bisa membantu UMKM membangun aset digitalnya (website) secara cepat, hanya dalam hitungan menit.

Masterweb merupakan bagian dari Exabytes Indonesia yang mempunyai program layanan unggulan, Web1menit.

Web1menit merupakan salah satu website builder terbaik di Indonesia dengan fitur – fitur beragam yang memudahkan untuk membuat website keren dan kekinian.

Apa saja kelebihan Web1menit?

  • Terdapat berbagai pilihan desain tema yang menarik.
  • Mudah digunakan, hanya drag and drop saja.
  • Dapat memodifikasi header dan footer yang sederhana namun profesional sehingga cocok untuk segala jenis bisnis termasuk bisnis UMKM.
  • Mobile responsive sehingga tetap tampil compact bila di akses menggunakan tablet maupun smartphone.
  • Desain template dibuat dengan teknologi terbaru CSS3 dan HTML5.
  • Terdapat fitur keamanan yang melindungi website dari serangan Malware.
  • Dengan tema yang ringan membuat load website menjadi lebih cepat.
  • Membantu situs website untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google.
  • Free trial selama 14 hari.

Jarang ada perusahaan domain dan hosting di Indonesia yang memberikan fitur free trial seperti ini.

Karena gratis free trial 14 hari, tidak ada salahnya loh mencoba fitur layanan ini.

Saya juga sudah mencoba free trial Web1menit. Penasaran gak, dengan website yang saya buat tampilannya seperti apa?

paket dan harga web1menit dari masterweb

Membangun website profesional dengan harga terjangkau dan cukup 1 menit saja tanpa ribet

Dulu banget di tahun 2000-2005, membuat website membutuhkan dana yang tidak sedikit alias mahal. Bahkan hingga jutaan. Itu yang saya tahu saat Meubelindo membuat website.

Sudah harganya mahal, konsumen tidak diberikan akses secara langsung ke aset digital miliknya sendiri. Juga, kita harus menunggu berbulan-bulan hingga website tersebut bisa launching dan publish.

Di rentang tahun tersebut, banyak sekali perusahaan dan UMKM yang mundur teratur saat kita bertanya apakah mereka mempunyai website. Saat itu, mempunyai website belum di anggap terlalu penting karena mereka bisa menerbitkan katalog cetak yang berisi produk-produk mereka. Mengapa juga harus mempunyai website kalau sudah ada katalog?

Hampir 20 tahun kemudian, di tahun 2020 ini, membuat website tidak harus merogoh kocek terlalu dalam. Tidak perlu menunggu berbulan-bulan, cukup 1 menit dan website yang kita buat sudah bisa tayang. Keren kan? Pastinya, karena ada fitur dan layanan Web1menit dari Masterweb.

Konsumen memiliki akses penuh untuk bisa mengisi konten dan mendesain website sesuai dengan keinginannya sendiri. Tidak harus menjadi lulusan sarjana informatika agar bisa mengoperasikan dan membuat Web1menit.

Ubah inspirasi menjadi website

Selain pekerjaan utama saya sebagai freelance virtual assistant dan link building specialist di freelance service marketplace Upwork, saya juga senang menulis konten di blog. Sampai saat ini saya mengelola 3 blog.

Hampir keteteran waktu karena saya mengerjakan semuanya sendirian. Mulai dari mengulik template tema, memasang page builder dan mengisi konten. Semuanya saya pelajari secara otodidak.

Selain hal-hal yang berhubungan dengan komputer di atas, saya juga hobi bermain dengan tepung, mikser dan oven, alias baking haha…banyak banget ya hobinya….

Saya cukup terampil loh membuat bolu, cup cake, donat, hingga roti manis. Berbagai macam resep roti sudah pernah saya coba. Dari youtube, buku resep jadul, internet hingga membeli buku-buku resep dari Instagram influencer.

mengubah inspirasi menjadi website

Pernah terpikir untuk membuka usaha roti secara online. Tapi urung saya lanjutkan karena keterbatasan waktu dan tenaga. Meskipun demikian, saya sudah mempunyai gambaran tentang bagaimana nanti tampilan website dan konten seandainya saya membuat website untuk toko roti online ini.

Dengan adanya layanan program Web1menit dari Masterweb, saya bisa dengan mudah menuangkan ide, gambaran dan mengubah inspirasi saya menjadi website.

Ini penampakan website roti online saya, BoluRasa yang menggunakan layanan Web1menit. Bisa dilihat di alamat link URL Bolurasa atau tangkapan layar di bawah ini:

Bolurasa Web1menit

Tampilan di atas adalah tampilan sebelum saya mengganti elemen seperti foto serta konten ya.

Setelah di kustomisasi, tampilan Bolurasa menjadi seperti ini:

Web1menit Bolurasa

Bagaimana? Menarik kan? Bagus banget tampilan websitenya.

Saya mengganti beberapa elemen foto, warna palet, logo, menu dan sedikit konten.

Cara mendaftar dan membuat website dengan Web1Menit

Pertama: Registrasi di Masterweb.com

Kedua: Konfirmasi email

Ketiga: Masuk ke laman https://www.masterweb.com/website-1-menit/

laman website1menit
laman website1menit

Keempat: Isikan atau pilih nama website sekalian pilih template blog.

Kelima: Your site is ready, pilih manage my website untuk masuk ke wp admin.

your site is ready

Keenam: Sesuaikan tema, konten, warna palet dan tipografi.

Ketujuh: Selamat, website Anda sudah tayang.

Jangan lupa, setelah masa free trial habis, akun bisa di upgrade ke paket starter, online easy atau online plus agar website bisa tetap mengudara.

Setelah mencoba sendiri menggunakan Web1menit, di bawah ini ulasan saya:

  1. Platform yang digunakan Web1menit ini adalah platform WordPress. Jadi, pengguna harus mempunyai kemampuan dasar menggunakan WordPress.
  2. Ada berbagai macam template pilihan yang tersedia. Semisal tidak atau kurang cocok dengan pilihan template, kita bisa mengupload template sendiri. Jangan khawatir.
  3. Mempunyai kemampuan untuk menggunakan Elementor akan lebih oke banget karena template Web1menit ini menggunakan page builder Elementor selain website page builder buatan sendiri.
  4. Apabila masa free trial 14 hari sudah selesai, saya merekomendasikan paket Online Easy (IDR 89.000 per bulan) karena di paket ini kita sudah mendapat domain gratis. Jadi tidak perlu membeli domain secara terpisah.
  5. Customer service yang cepat tanggap dan memberikan solusi terbaik menjadi salah satu hal yang patut diacungi jempol.

Yuk, para pelaku bisnis UKM jangan ragu untuk membuat website sendiri. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi digital sekarang ini, membuat website hanya butuh 1 menit saja dan tidak pakai lama 🙂

Semoga UMKM Indonesia akan semakin bersemangat dan maju, go online, go digital dan tidak ragu untuk menambah aset digital terutama website demi kemajuan bisnisnya.

Referensi:

John Coon. 2019. “What is a digital asset?”, https://www.lucidpress.com/blog/what-is-digital-asset, di akses pada 26 Desember 2020.

MasterWeb, https://www.masterweb.com/, di akses pada 26 Desember 2020.

2020. “Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia”, http://tanatidungkab.go.id/pustaka-3100-Gerakan-Nasional-Bangga-Buatan-Indonesia-jpg-, di akses pada 26 Desember 2020.

Ferdinandus Setu. SIARAN PERS NO. 84/HM/KOMINFO/07/2020. 16 Juli 2020. “Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #KitaBelaKitaBeli”, https://kominfo.go.id/content/detail/27898/siaran-pers-no-84hmkominfo072020-tentang-peluncuran-gerakan-nasional-bangga-buatan-indonesia-kitabelakitabeli/0/siaran_pers, di akses pada 26 Desember 2020.

Subscribe to our Newsletter

Dapatkan tips menarik tentang kerja freelance dan kerja remote.

Share this post with your friends

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email
Share on whatsapp
Share on telegram

This Post Has 33 Comments

  1. Yasinta Astuti

    Kalau mau naik kelas, tentu harus melakukan usaha – usaha yang lain juga agar maksimal. Ini web1menit keren banget ya buat yang butuh website ga pake lama karena biasanya butuh waktu lumayan lama bikin web

    1. Indri

      Iyes mba, tinggal plak plek udah jadi nih.

  2. Usaha mikro, kecil dan menengah adalah tulang punggung ekonomi bangsa. Kini terpuruk parah dan semoga lekas bisa bangkit kembali.

  3. Sayyidah Inayah

    Jadi minat membuat bisnis rumahan.. BTW jika modal masih seumprit dan gak ada waktu untuk keliling untun kerjasama dengan toko sekitar untuk kerjasama. Bisa gak ya jika sudah ada produk langsung saya jual produk rumahan saya secara online ya bun?

    1. Indri

      Bisa mbak, malah sekarang banyak ibu-ibu rumah tangga jualan online lo.

    2. Sekarang kan memang jamannya online to mBak e, tapi juga dihitung dulu biaya ongkir dan lain sebagainya.

  4. Iim Rohimah

    Sekarang tuh usaha memang harus punya digitalnya. Ketika bisnis rumahan saya hanya masih pake media sosial insragram, sepertinya perlu juga punya websitenya. Orang yang mencari lewat google jadi bisa tahu.

    1. Indri

      Bener banget mbak Iim, kalau mau buat blog nanti bisa saya bantu 🙂

  5. Mei Daema

    banyak sisi baik yang bisa kita ambil dari pandemi ini, salahs atunya adalah berkembangnya digital ke berbagai kalangan, termasuk untuk bidang usaha UMKM. dengan adanya digital membantu sekali para pengusaha kecil lebih berkembang

    1. Indri

      Betul, setuju sekali sama Mei

  6. estelita zainal

    Saya baru tau kalau Mbak Indri jago bikin kue dan roti, abis biasanya ngutak-atik blog melulu. Cukup menarik tuh paket online easy dari Webmaster buat yang baru mulai bisnis. Kepingin juga bisa bikin website sendiri. Semoga bisa terlaksana dalam waktu dekat.

    1. Indri

      iya nih mbak aku suka banget baking hehe
      kalau mau buat blog bisa loh aku bantu 🙂

  7. Hastin Pratiwi

    Zaman dulu mau bikin website memang mahal ya. Kalau bukan usaha besar gak berani pakai website bagus kayak punya Mbak Indri di video tadi. Syukurlah sekarang sudah ada Web1Menit dari Master Web. Semoga teman-teman UMKM terbantu dengan adanya free trial 14 hari ini.

    1. Indri

      iyes mba, dulu bikin website bisa puluhan juta, sekarang tinggal klak klik doang jadi deh

  8. Fenni Bungsu

    Untuk pelaku usaha seperti UMKM memang perlu memanfaatkan teknologi yang tengah berkembang saat ini seperti Web1menit ini, karena dapat menunjang usaha lebih efisien dan mudah

    1. Indri

      bener banget mba Fenni, mudah banget digunakan.

  9. Arif R (ardintoro.com)

    Di Era digital sekarang, UMKM yg berbasis online sangat menjanjikan di tambah Covid-19 entah berapa lama hilangnya.

    Tapi memulai bisnis benar-benar punya tekat, berani mengambil resoko.

    Saya pun sudah mulai Mbak tapi masih kecil-kecilan hehe, yg penting semangat.

    1. Indri

      Setuju mas Arif, kecil dulu ndak papa yang penting konsisten ya.

  10. Yustrini

    Cokelatnya lucu nih mbak. Asyik ya kalo bisa menekuni hobi jadi bisnis. Mba Indri ternyata pandai bikin roti bisa banget mba kalo dibikin bisnis.

    Duh kalo pake web1menit ini aku blm paham haha karena ga pake wordpress. Padahal udah nyoba trialnya gak bisa. Memang harus pandai wordpress dulu ya. Huhu

    1. Indri

      iya nih mba, gak tahu kenapa suka banget bikin roti-rotian apalagi keluarga pada suka. web1menit memang berbasis WordPress, harus paham dulu basicnya 🙂

  11. Lailia

    Wawww keren sekali Mbak, semuanya belajar otodidak ya.
    Saya seorang petani jadi terpikir tuk buat website semacam ini juga. Mksh mbak inspirasinya

    1. Indri

      sekarang pertanian pun menuju digitalisasi mba, mudah banget kok membuat website

  12. Andina

    Selalu salut dengan pengusaha mikro tuh, apalagi kalau pelan2 sukses.

    Aku tuh pengen juga ikutan lomba ini, ga kepegang huhu

    1. Indri

      ini juga berurutan lombanya, berasa lari marathon deh, capek haha

  13. Nah lumayan nih kak buat terobosan bagi para pebisnispemula ☺. Makasih akak, infonya sangat menarik. Semoga bisa dipraktekkan dengan mudah oleh para pemula, termasuk seperti saya.

    1. Indri

      Iya aset digital penting banget bahkan untuk UMKM pemula, tetep semangat mba 🙂

  14. Deta

    UMKM go digital, keren banget ini. Ngebantu pelaku ekonomi kreatif memasarkan produknya. Thanks mbak, tulisannya informatif banget.

  15. Nadya Mulia

    Makasih kak artikelnya bagus dan sangat informatif, and btw saya suka sekali dengan design blognya nyaman banget dilihat ehehhe,,semnagat terus mbak ngeblognya

    1. Indri

      Thanks Nadya, seneng banget kalau ada yang suka dengan desain blogku haha

  16. Ella Fitria

    sepakat banget sih mbak kalau usaha rumahan merupakan benih-benih usaha mikro yang sangat potensial. Pandemi ini memang banyak mengajarkan kita untuk memaksimalkan teknologi ya, apapun serba digital. termasuk UMKM yang saat ini kembali bermunculan 🙂
    btw, praktis juga ya mendaftar dan membuat Website dengan Web1Menit

    1. Indri

      Hooh, gak pakai lama dah jadi deh website nya

Tinggalkan Balasan