Apakah Guest Posting Memengaruhi SEO ?

Pekerjaan di Upwork sebagai virtual assistant, banyak berhubungan dengan backlink, link building, sponsored post, guest post dan lead prospects.

Judul di atas, apakah guest post artikel memengaruhi SEO? Anggap saja, artikel ini sebagai lanjutan dari artikel tentang Broken Links dan Pengaruhnya Terhadap SEO.

Sebentar saya bercerita sedikit dulu tentang pekerjaan saya di Upwork.

guest posting dan seo

 

Beberapa klien saya adalah digital marketing agency yang menyediakan jasa (service) SEO dan link building buat klien mereka. Beberapa yang lain adalah perusahaan atau company yang ingin membangun (mendapatkan) backlink sebanyak-banyaknya ke website mereka.

Saya mematok harga per 1 link, tidak termasuk penulisan artikel, minimal $25 per 1 link.

Ada klien baru dari Canada yang malah membayar saya $50 per link padahal ndak pakai nego. Mayan toh ya…:)

Mungkin ada yang penasaran mengapa saya pasang rate di angka sekian? Karena pekerjaannya tidak mudah man teman.

Tergantung berapa link yang diinginkan klien, misal 10 link, paling tidak saya harus mempunyai database sebanyak 1000 list prospect. Setelah itu, harus mencari email kontak yang kadang-kadang tidak terpampang nyata di blog atau website. Juga, harus mencari kontak email via aplikasi macam hunter.io kalau di website tidak ada kontak emailnya.

Setelah itu, kirim email ke semua database list, menawarkan apakah mereka mau menerima guest post artikel atau sponsored post.

Kalau website tersebut bisanya menayangkan sponsor post artikel, ya cari tahu rate nya mereka dulu berapa. Kalau perlu, nego harga.

Setelah deal harga, baru kasih info ke klien, eh ini sudah ada nih yang mau pasang sponsor post, harganya sekian, piye?? Mau ato tidak? Kira-kira begitu deh bahasa Indonesianya.

Kalo oke ya maju terus kirim draft artikel, kalo harga gak cocok ya udah leave it behind. Lalu di follow up terus via email sampai artikelnya tayang. Baru bisa ambil gaji 🙂

Banyak kan kerjaannya? Hehe

Bayaran saya yang paling mahal ya masih di angka $50 per link/artikel tayang.

Harga atau rate saya tidak termasuk penulisan artikel, soalnya saya gak bisa nulis artikel berbahasa Inggris. Sedangkan harga sebuah artikel (yang bagus) kalau saya cek di Upwork itu sekitar $30- $70per artikel.

So jadi untuk 1 link, klien saya ini mengeluarkan uang minimal $25+$30 = $55 untuk 1 link. Belum termasuk sponsor fee kalau ada ya, karena banyak blog yang mau jatuhnya ke sponsor post daripada pure guest post.

Seperti saya bilang di atas, mereka mempunyai rate tertentu, kadang ada yang masuk akal, ada yang gila harganya. Pernah ada yang ngasih rate $450 per 1 sponsored post, meskipun artikel dia yang nulis tapi….move forward lah, mahal!

Dari pekerjaan di Upwork ini, saya mengamati, betapa mereka mau mengeluarkan uang yang tidak sedikit, untuk 1 link dari blog/website lain yang mau memberikan link (sebagai gantinya) ke blog mereka atau blog milik klien mereka.

Saya melihat dan mengamati, betapa pentingnya mendapatkan backlink dari website dan blog lain, sampai klien-klien saya ini rela membayar harga yang menurut saya gak murah, hanya untuk mendapatkan backlink. Means, backlink is something worth to pay & build, right?

Tapi perlu di ingat, model sponsor post atau konten berbayar seperti itu, meskipun ada link masuk dari luar menuju ke blog kita, buat Google, lebih oke kalo link yang kita dapat itu link organik, alias tanpa bayar.

Antara rela dan di paksa kan beda juga kan ya ^^ di paksa bw (blog walking) maksudnya…hehe.

Nah di artikel ini, saya mau membahas tentang guest posting atau guest post atau guest blogging.

Sebagai blogger, dulu banget, ada yang menawari saya artikel guest post  dia mengirimkan email ke saya, menawarkan apakah saya mau di buatkan artikel dengan topik apapun yang saya mau. Yang penting artikel itu di tayangkan di blog ini dan saya kasih link ke blog dia.

Dengan sinis saya berpikir (waktu itu), ehh enak aja ini orang, yang lain pada mau bayar kalo artikelnya di tayangkan di sini….dia enak-enakan nulis artikel doang minta di publish.

Saat itu saya tolak proposal dia mentah-mentah (keplak aku gapapa).

Padahal, guest posting artikel itu tidak hanya bermanfaat untuk yang “minta” link. Yang punya blog juga ada manfaatnya loh, jangan salah.

By the way, saya sudah menulis 2 artikel guest post loh, link ada di bawah ini, mampir ya :

5 Kiat Sukses Menjadi Freelancer

Aplikasi Planning Konten Tanpa Repot

Sebelum jauh kemana-mana, mari kita lihat dulu apa itu arti dari guest posting.

Pengertian guest posting

Guest posting adalah metode yang digunakan, dimana kamu menulis sebuah artikel untuk satu website dan sebagai gantinya, kamu mendapatkan link dari website tersebut. Link bisa menuju ke homepage blog atau ke salah satu artikelmu.

Mengapa harus menulis artikel guest post untuk blog orang lain ?

1. Authority = pengaruh

Dengan menulis artikel guest post, kamu bisa menunjukkan keahlianmu di bidang dan niche tertentu. Contoh : blogging, keuangan, parenting, dll.

Setelah artikel guest post -mu tayang, pemilik blog akan mengetahui bahwa kamu adalah seseorang yang bisa mereka percaya untuk berbagi artikel dan informasi. Dengan menulis tentang hal-hal yang kamu ahli (spesialis) di kategori tertentu, kamu membangun kredibilitas dan pembaca akan meilhatmu sebagai tempat mereka bisa bertanya.  Pembaca juga akan lebih mengingat kamu saat mereka membutuhkan jasa/servis/produk yang kamu sediakan.

2. Branding

Kamu bisa membangun branding melalui guest posting untuk meningkatkan publikasi, tentunya secara gratis.

Cari dan temukan blog-blog yang populer dan relevan dengan niche/kategori/bisnismu dan ajukan penawaran untuk guest post.

Melalui artikel guest post yang sudah tayang, tentunya akan ada pengunjung atau pembaca baru yang membaca artikel dan melihat tentang bisnismu. Tentunya, sangat bermanfaat untuk mengenalkan brand atau blogmu ke semua audiens baru.

3. Google authorship

Dengan guest post, kamu akan memperoleh Google Authorship. Google akan mengetahui siapa kamu dan apa bisnismu melalui tulisan-tulisan guest post yang telah tayang.

Google Authorship dapat meningkatkan rangking blogmu di mesin pencari.

4. Meningkatkan keahlian menulis

Guest blogging adalah cara yang paling tepat untuk menuangkan berbagai ide yang kamu punya.

Saat artikel guest post-mu tayang di sebuah website atau blog, kamu mulai bisa membangun portfolio melalui artikel-artikel tersebut. Semakin banyak menulis, semakin banyak pengalaman dan keahlian yang akan kamu dapat. Yes or no ?

Melalui komen-komen yang di buat oleh para pembaca blog di artikel guest post, akan memberikan banyak ide baru yang bisa kamu tulis, mungkin tentang jasa yang bisa kamu berikan. Konsultasi online, coaching, webinar ?

5. Prospek baru

Pengunjung blog yang membaca artikel guest post yang kamu tulis, bisa berubah dari pembaca menjadi prospek klien/customer. Saat kamu menulis guest post dan di tayangkan di blog milik orang lain, kamu sedang membuat jaringan-jaringan prospek klien baru.

Pengunjung yang membaca artikel guest post-mu akan melihat skill dan keahlian yang kamu punya. Mungkin mereka akan menghubungimu dan bertanya tentang jasa danbisnis yang kamu punya.

Mungkin tidak akan menghubungi sdalam waktu dekat tapi dengan membaca artikelmu, mereka mempunyai pandangan positif tentang apa yang kamu tulis dan jasa yang kamu sediakan.

Bahkan jika kamu tidak mencari klien, guest posting bisa membantumu membangun hubungan dengan para pelaku industri yang sama, mungkin juga dengan para influencer.

6. Traffic

Salah satu aspek penting dalam guest posting adalah meningkatkan traffic blogmu.

Saat kamu menulis artikel untuk guest post, pastikan ke pemilik blog bahwa dia akan memberikan kamu link sebagai gantinya. Link ini (backlink) akan bisa meningkatkan traffic blogmu saat pengunjung blog membaca artikel guest post yang kamu tulis.

Semakin meningkatnya traffic berarti semakin banyak orang yang mau tahu tentang bisnis atau jasa atau produk yang kamu sediakan.

cara submit guest post

Meskipun memang butuh waktu dan effort yang cukup berat, demi keberlangsungan blog dan naiknya traffic, tidak ada salahnya menulis guest post.

Berdasarkan pengalaman, ada step by step yang harus dilakukan sebelum menawarkan artikel untuk guest posting.

Yang harus dilakukan untuk guest posting :

1. Buat planner yang berisi calon prospek, yaitu blog-blog yang menerima guest post artikel dari sesama blogger. Contoh planner yang biasa saya buat/pakai seperti ini : Guest Post Planner

Silakan kalau mau di copy + edit ya.

2. Pastikan blog-blog yang masuk ke list-mu adalah blog yang mempunyai niche atau kategori yang sama dengan kategori blogmu.

3. Yang perlu di catat dan harus ada di planner adalah : URL blog, nama pemilik blog, alamat email, submission guidelines (kalau ada), topik yang akan kamu ajukan.

4. Beri catatan khusus untuk subsmission guidelines dengan kriteria tertentu, misal ukuran image, jumlah minimal kata, dll.

5. Sediakan 3-5 topik yang akan kamu ajukan ke pemilik blog supaya bisa dipilih tema atau topik yang paling sesuai.

6. Setelah tema dan topik ditentukan, subsmission guideline sudah ada, segera buat draft artikelnya. Sertakan juga di artikel tersebut, anchor teks yang akan kamu sisipkan link ke blogmu.

7.  Setelah draft selesai, kirimkan ke pemilik blog, tanyakan apakah ada revisi atau tidak.

8. Kalau ada revisi, segera lakukan dan kirim ulang draft artikel.

9. Bila tidak ada revisi, tanyakan ke pemilik blog, kapan artikel bisa di tayangkan. Mungkin, pemilik blog mempunyai jadwal tertentu dan tidak bisa langsung menayangkan artikel guest post. Kita harus menghormati jadwal yang sudah ada ya. Sabar 🙂

10. Setelah artikel guest post tayang, share artikel ke media sosial yang kamu punya.

OOT sebentar, saya sering dapat WA, entah dari agensi atau blogger, yang menanyakan, mbak kira-kira di Palangkaraya ada komunitas blogger tidak ya? Kalau ada, berapa ya kira-kira  jumlahnya?

Helooowwww…sakit hati baca pesan kayak begini. Dia yang kerja di agensi, dia yang di bayar gaji bulanan,  tanpa rikuh pekewuh bertanya hal seperti itu. Terus, buat apa dong ada Google?

Masa iya dia yang di bayar, saya yang harus kerjain kerjaan dia.

Ya bertanya sih boleh-boleh aja, wajar, tapi paling tidak dia sudah pegang data lalu cross check. Lha ini….zonk….

Balik lagi ke topik,  buat teman-teman yang bingung, bagaimana cara mencari blog yang mau menerima guest post artikel, saya biasanya pakai keyword operator via Google.

Buka Google, ketik :

[topik] + guest post

[topik] + artikel guest blog

dll, masih banyak lagi, tergantung tema, topik atau niche blog. Itu cara sederhana mencari peluang guest post karena ada cara lagi yang lebih susah ples agak puyeng. Sementara, pakai cara yang simpel dulu ^^

Kriteria blog untuk guest post

Tidak semua blog atau website mempunyai kriteria yang bagus untuk kita tawarkan guest post. Ada beberapa kriteria sebagai filter yang bisa kamu gunakan :

  • Cek domain authority, semakin tinggi DA semakin bagus
  • Cek traffic bulanan, di kerjaan saya di Upwork, minimal traffic yang bisa lolos di tawari guest post adalah blog yang mempunyai traffic minimal 5K per bulan
  • Blog atau website mempunyai navigasi yang baik, menggunakan premium theme dan mempunyai domain sendiri
  • Lebih bagus lagi kalau setelan blognya https di banding http
  • Tidak terlalu banyak advertisement/iklan/pop up yang tampil di blog tersebut
  • Responsive blog
  • Fast loading
  • Tidak banyak broken link

Buat di ingat, kalau kita sembarangan menulis artikel guest post (tidak pilih-pilih blog yang bagus), bisa-bisa kita di anggap spammy loh oleh Google. Karena banyak link masuk ke blog kita tapi link-nya dari blog-blog atau website yang tidak bagus alias kualitas rendah.

Kalau sudah begitu, bisa kena penalty dari Google kan bahaya…

jangan lakukan hal ini untuk guest post

Hal yang harus dihindari saat menulis guest post :

  • No – promosi

Memang kita berhak untuk memberitakan tentang blog kita, tapi bukan berarti harus promosi di blog milik orang lain. Gak sopan!

Tulis artikel sebaik-baiknya, kalau perlu tambahkan link rujukan ke berbagai authorative website seperti Wikipedia, Forbes,  dll. Tambahkan visual dan gambar-gambar pendukung seperti infografis serta image blog yang sesuai.

  • No – konten yang pasaran

Setiap artikel guest post yang kamu buat, harus unik dan harus lolos copyscape alias lulus duplikasi. Buat artikel dan konten dengan sebaik-baiknya.

Hubungan antara guest posting dan SEO

Apakah guest posting bagus untuk SEO ? Jawabannya adalah YES.

Salah satu cara untuk mendapatkan peringkat di Google adalah melalui backlinks.

Untuk kepentingan SEO, hal yang paling penting yang bisa kita lakukan adalah membuat konten yang berguna dan bermanfaat yang bisa menyelesaikan masalah dan bisa menjadi rujukan buat orang lain. Jika kamu bisa menulis konten yang bisa menyelesaikan masalah buat orang lain danbanyak di cari di mesin pencari, kontenmu akan di share oleh banyak orang (mungkin viral) dan mendapat peringkat yang baik di Google.

Guest posting yang sesuai dengan ketentuan Google, masih bagus efeknya untuk SEO.

Menayangkan artikel dan konten yang berkualitas, di blog orang lain yang relevant dengan blog kita, mempunyai manfaat yang besar buat blogmu di mesin pencari.

Semakin banyak artikelmu di cari orang, semakin banyak traffic kan?

Kesimpulan :

Menulis guest post atau guest blogging sama-sama menguntungkan 2 belah pihak. Yang membuat artikel dan yang menayangkan artikel (pemilik blog).

Buat yang haus traffic (apa sih), guest post bisa menjadi salah satu alat yang ampuh untuk meningkatkan traffic blogmu.

Jangan lupa, cari blog yang berkualitas untuk artikel guest post-mu, jangan asal kirim artikel ya.

Bagaimana? Sudah siap-siap untuk guest posting?

xoxo

Share Me!

6 Comments

  1. Mei 9, 2019 / 4:20 pm

    such a helpful information given by you these are some important things that we have to do regularly

    • indriariadna
      Penulis
      Mei 9, 2019 / 7:37 pm

      Hi Ramesh, thanks for comment. Sure do, it is our effort to growing our blog

  2. Mei 16, 2019 / 9:12 pm

    aku sudah lama sih di dunia blog. tapi dari dulu cuma untuk meneruskan hobby tanpa minat mendalami tentang SEO. tapi akhir-akhir ini aku jadi pengen banget belajar lagi tentang blog. dan artikel ini salah satu yg bermanfaat. makasih ilmunya mba. aku print buat di baca ya…karena gk biasa baca tanpa menyentuh kertas…hahahaha

    • indriariadna
      Penulis
      Mei 17, 2019 / 11:59 am

      sama2 mbak Putri, mungkin harus di buat pdf ya biar bisa di print hehe

  3. Mei 20, 2019 / 10:12 am

    Duh saya cuma blogger bola je. Kira2 kalau blogger bola ada yg mau nawarin bwt jd guest blogger ga ya, sis?

    • indriariadna
      Penulis
      Mei 20, 2019 / 1:27 pm

      kalo guest post, kita yang menawarkan diri pakde, nulis di blog orang ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *