GAMPANG! Cara Withdraw Saldo Upwork

Halo freelancer dan calon freelancer,

Kapan hari ada yang DM saya di Instagram dan ada juga yang mengirim email. Bertanya, bagaimana cara withdraw saldo Upwork.

Perlu di ingat, kita tidak bisa sembarangan menarik saldo di Upwork karena minimal jumlah saldo yang bisa di tarik adalah $100 (setting penarikan otomatis).

Btw, sudah ada yang dapat job dan sudah bisa menarik saldo dari Upwork?

Nah kalau kamu belum tau cara menarik saldo dari Upwork, artikel ini pas banget buat kamu!

Catatan, sekali lagi mengingatkan, untuk setting penarikan atau withdraw otomatis, kalau jumlah saldomu di bawah $100 ya gak bisa di tarik. Gak usah bingung kenapa gak bisa menarik saldo.

Mendingan, tambah job dulu supaya saldonya semakin bertambah.

Selain withdraw atau menarik saldo secara manual, kamu juga bisa menjadwalkan tarikan atau withdraw otomatis saat saldo sudah mencapai jumlah $$$ tertentu (misal $100 atau $1ooo) . Dengan pilihan jadwal tertentu.

Pilihan jadwal withdraw saldo Upwork yaitu :

4 bulan sekali

Setiap bulan sekali (hari rabu akhir bulan)

2 kali per bulan (rabu minggu pertama dan rabu minggu kedua)

1 minggu sekali (setiap hari rabu)

Jadi kalau kamu set pilihan payment secara otomatis, setiap kali saldo Upwork-mu terpenuhi dengan jumlah yang kamu set, otomatis dana akan masuk ke rekening tabungan lokal yang kamu daftarkan di Upwork.

Mau tarik manual? Bisa juga, misalnya jumlah saldomu ada $500 tapi kamu ingin menarik $100 saja, bisa.

Perlu kamu ketahui, setiap withdraw atau penarikan yang kamu lakukan, akan ada potongan $0.99 dari Upwork (setiap kali transaksi) dan juga biaya yang di bebankan oleh bank lokal penerima.

Saya pakai BCA, potongannya sekitar 25.000 setiap kali ada dana masuk dari Upwork.

Pernah juga withdraw pakai Paypal.

Untuk bank lain saya kurang tau, kalau kamu pakai bank lain selain BCA, tolong komen di bawah ya. Saya mau tahu, apakah biaya potongannya sama atau beda.

Nah, karena saldo dari Upwork di tariknya ke rekening lokal, bank akan langsung meng-kurs kan dana yang masuk.

Tergantung nilai kurs pada saat itu,  nilai tukar USD vs IDR berapa.

Jadi dana yang masuk ke rekening kamu sudah berbentuk rupiah ya. Karena di kurs kan langsung oleh bank penerima (bank lokal).

Kecuali kamu mempunyai rekening dolar, lain cerita. Apakah ada yang pakai rekening dolar? Pasti mahal deh biaya administrasi per bulannya ^^

Banyak juga teman-teman yang withdraw menggunakan Payoneer, Transferwise, Jenius, dll. Kata mereka sih, kursnya lebih tinggi daripada kalau di kurskan langsung oleh bank lokal.

Saya gak bisa sharing karena tidak memakai itu semua. Hanya pakai rekening bank lokal saja sementara ini.

Update per 24 Juli 2020 – saya membuat e-dard Jenius. Sudah aktif, tungu review-nya ya…

So, step by step atau langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menarik saldo dari Upwork adalah :

  1. Login ke akun Upwork kamu
  2. Masuk ke setting – get paid
  3. Payment details – payment method
  4. Payment schedule (isi kalau kamu ingin penarikan dana secara otomatis). Kalau tidak, biarkan kosong.
  5. Payment methods (metode pembayaran)
  6. Recommended for Indonesia : direct local bank (IDR)
  7. Set up
  8. Bank swift code, kalau kamu belum tahu swift code bank yang kamu pakai, bisa di lihat di sini : https://www.theswiftcodes.com/indonesia/
  9. Account number (nomor rekening bank lokal)
  10. Name on account (nama rekening)
  11. Address (alamat sesuai KTP)
  12. City & state/province (kota dan provinsi)
  13. Country (negara)
  14. Phone number (nomor telepon)
  15. Add this account (tambahkan akun ini)
  16. Finish setting 🙂

✍✍✍   Perbedaan Kontrak Fixed Rate vs Hourly Rate Upwork

Selain bisa kamu tarik ke rekening bank lokal, saldo Upwork juga bisa kamu tarik ke rekening:

  • Paypal
  • Payoneer
  • Wire transfer (USD)
  • Direct to US bank (USD)

Supaya saldo Upwork mu semakin gendut, jangan lupa untuk selalu propose atau melamar job ya. Semakin banyak semakin bagus, asal sesuai dengan skill.

Nah setiap kali sudah dapat klien, kerja yang bener, jangan malas-malasan apalagi kerja gak bener.

✍✍✍  Freelancer Harus Punya 6 Sikap Ini

Pengalaman saya, banyak klien saya yang kontraknya sudah selesai, di kemudian hari mengontak saya lagi, menawarkan job yang baru. Istilahnya, jadi langgananan hahaha….

Keuntungannya bagi saya : tidak harus memulai semua dari awal, nego rate, detail pekerjaan, dll. Karena sudah pernah kerja bareng klien ini sebelumnya.

Semakin banyak klien yang “kembali” untuk menawarkan job, semakin profile dan portfolio kita bagus. Artinya, kita bisa di percaya klien karena nyanya dia balik lagi balik lagi ke kita.

Tetap semangat!!!

77 thoughts on “GAMPANG! Cara Withdraw Saldo Upwork”

  1. Kak, mau tanya. Kan saya pakai BNI di Semarang, pilihannya ada 3 kode. Gunanya Swift Code itu apa ya kak? Terima kasih.

    Reply
    • Gunanya SWIFT code, untuk mem verifikasi identitas bank atau badan keuangan saat terjadi transaksi luar negeri, untuk menjamin bahwa transfer dana menuju ke bank/institusi yang tepat.

      Reply
  2. Mbak ini saya mau withdraw ke bank BCA tapi tulisannya Inactive terus apa ada yang salah…??
    Padahal nomor rekening & code cabangnya sudah benar …?? apa perlu kirim email ke BCA supaya mastikan kode cabangnya …

    Reply
    • Dulu saya pernah berkirim email ke BCA minta info yang valid. Kode cabang biasanya 4 angka di depan nomor rekening. Cek nama di rekening bank dan ID (KTP) siapa tahu ada yang beda. Bisa jadi itu sebabnya.

      Reply
  3. kak numpang tanya, kemarin saya get paid di upwork total blm 100$. misal nanti ditolak apa ada notificationsnya?
    misal klo ditolak apa nanti saldo kembali upwork atau giman ya kak? terima kasih atas jawabannya

    Reply
  4. kak izin bertanya, sebelum lebaran saya uda coba tarik saldo tapi dibawah $100 dan saya sudah dapat email kalau request saya sudah di proses. namun sampai hari ini belum masuk ker rek saya, apakah saya harus ke bank ya atau tunggu terlebih dahulu? terimakasih

    Reply
  5. Kak izin bertanya apakah di upwork bisa pakai akun bank atas nama orang lain, misalnya akun bank orang tua?

    Reply
  6. Pengguna UpWork baru mau bertanya, untuk pembayaran/withdraw ada tulisan harus mengisi W8-BEN.

    Sebelumnya saya baca komentar di sini jika Indonesia tidak perlu mengisinya ya? Bagaimana dengan statement ini: ‘Before withdrawing funds, all non-U.S. persons must provide their W-8BEN tax information.’ ?

    Terimakasih!

    Reply
  7. Hi Kak.. untuk branch code itu apakah 4 nomor pertama dari no rekening kita ya? Udah coba searching di google dan coba di upwork tapi transaksi gagal reasonnya invalid account number. Kalau di google branch code untuk BCA KCU SOLO 0140015 4 nomor di depannya apakah memasukkan 0140?atau 4 digit pertama dari nomor rekening? Saya sudah tanya ke bank BCA nya tapi mereka juga tidak yakin dan disuruh coba untuk branch codenya 0015. Mohon infonya yang benar yang mana karena kalau coba coba nanti kepotong biaya admin… thanks in advance kak

    Reply
  8. mo tanya, kalo data alamat di bank dan ktp berbeda karena udh pindah yang jadi acuan nanti buat wd ngikut alamat yg mana ya?terimakasih

    Reply
  9. Mbak,saya wd manual saldo Upwork saya yang besarnya belom sampai $100. Saya sudah diemail sama Upwork infoin kalo payment request saya sudah diproses ke rekening bca saya dan diperkirakan masuk antara tanggal 31-5 Januari 2021 ini. Nah, yang bikin saya was-was, kok saya baca-baca di internet, fee BCA untuk menerima transferan dari luar negeri sampai $30! Tapi di atas kakak cuman kena potongan 25ribu aja, apa bener kak? Tolong dijawab ya kak. Thanks.

    Reply
  10. kalo verifikasi, middle name nya di first name atau last name ?, sama format provinsi misal bandung/jawa barat atau bandung, west java.
    terima kasih kak.

    Reply
    • Kayaknya pernah di bahas ini di grup upworker indonesia.
      Nam saya sebenarnya 4 kata, tapi cuman saya pakai 2 kata paling depan yaitu Indriyas (first name) dan Wahyuni (last name)
      atau Indriyas (first name) Wahyuni (middle) Eko (last)

      Reply
  11. Mba mau nanya donk, saya waktu itu masukin nomer rekening saya (endingnya 5214), udah verifikasi dan berhasil. Terus saya dapet kerjaan dan udah selesai, sekarang dana ingin ditarik, saya dapet notifikasi email bila upwork transfer ke direct local bank dengan account number yang belakangnya 4750. Ini memang seperti ini (saya berpikirnya apakah dari internasional ke bank bca indonesia lewat rekening perantara dulu yang belakangnya 4750) atau ada kesalahan dan saya harus cepat-cepat kirim tiket ke upwork?

    Reply
    • Wah kok jadi beda norek gitu ya. Kemungkinan sistem upwork ada yg fail. Saran saya sih mending langsung email cs atau ticket support. Karena pengalaman saya, norek yang di masukkan ya itu yg nanti menerima dana dari upwork.

      Reply
  12. permisi kak, mau tanya. saya udah tekan get paid dari upwork, tapi dana saya kurang dari dana minimal tersebut. berarti nanti dana saya cair setelah ada dana masuk lagi ya biar mencapai dana minimal atau bagaimana? thankss

    Reply
    • Hai Myta, kalau setting get paid kamu di setting otomatis, maka dana hanya bisa ditarik sesuai dengan minimal jumlah otomatis. Kecuali kalau setting manual, dana bisa ditarik berapapun.

      Reply
  13. Ka, 30 September ini jadwalnya cair ke BCA, apakah ada notifikasi atau bacaan apa gitu yang menunjukkan bahwa uang kita sedang diproses?

    Reply
  14. Saya mau tanya, 30 September ini jadwalnya cair ke BCA, apakah ada notifikasi atau bacaan apa gitu yang menunjukkan bahwa uang kita sedang diproses?

    Reply
  15. Hi Indriyas, saya juga freelancer di upwork bagusnya saran nya gimana ya untuk withdrawal money dari upwork ke local bank kita? aku cek direct local transfer ke IDR exch rate nya beda 6-8% sama harga biasa. Kalau di PayPal gimana ya?
    dengan 6-8% jumlah besar kerasa kali potongan yang di ambil bank

    Kalau kita buka bank local BCA dengan USD Account, bisa ndak ya pake opsi “Direct to Local Bank” dan dapat USD tanpa konversi? Mohon pencerahannya

    Reply
  16. Mba connect saya tinggal 5 hampir mau habis gmn cara belinya lgi ya? sya newbie sudah taro 10an proposal mencoba peruntungan

    Reply
  17. kak, ijin tanya sistem potongan upwork emang selalu 12$ ya dari job yg kita selesaikan? dan utk meminimalisir dolar kita kepotong saat transfer ke rekening apakah beda antara lewat bank lokal, tranferwise, & paypal?

    Reply
    • sistem potongannya 20% kalo pendapatan dibawah $500.oo per klien
      iya beda tarikan beda biaya admin.
      tarikan ke bank lokal kena $0.99 per penarikan
      tarikan ke paypal kena $2.oo per tarikan
      transferwise belum pernah pakai

      Reply
  18. mau tanya, kemarin2 saya baru wd saldo upwork saya ke BCA, estimasinya dari tanggal 11-15 juni sampainya.
    tapi hari ini 12 juni gagal penarikannya harus di re-pay. jadi saya re-pay.
    apakah selalu begitu ? tolong penjelasannya kak thanks

    Reply
    • gagal penarikan karena apa ya ? selama saldo min $100 biasanya gak ada masalah tuh, saya juga pakai bca.
      re-pay itu maksudnya apakah melakukan withdrawal lagi?

      Reply
      • tidak tau kak pas saya cek gagal di suruh repay. wd nya ada sekitar 153$ terus saya repay lagi.
        iya harus get paid lagi kak. kenapa ya ?

        Reply
  19. kenapa ya saya sudah isi phone number dengan format yang di kasih upwork yaitu (###) #############
    Saya sudah isi (+62) 08577628**** tetap ga bisa
    saya coba (+62) 8577628**** tetap tidak bisa juga, jadi gimana ya ?

    Reply
  20. kak saya mau tanya, uangnya sudah saya tarik ke paypal tapi udah mau sebulan masih processing terus itu biasanya kenapa ya kak? mohon pencerahannya…makasih kak

    Reply
        • biasanya hitungan menit sudah masuk. mungkin bisa di cek lagi akun paypal atau balance Upwork-nya. balance Upwork min $100 baru bisa di tarik. akun paypal (email address) harus sama dengan email yang di pakai di Upwork.

          Reply
  21. halo kak, saya baru pecah telor di Upwork jadi maish buta soal withdraw.. misal udah finish project, itu langsung bisa ditarik gak? contoh nunggu 14 hari kyk fiverr :- ? lalu kalau di convert ke paypal, itu prosesnya brp lama?

    Reply
    • Bisa di tarik setelah ada balance minimal $100.
      Proses ke paypal maksudnya di tarik dari Upwork ke Paypal hanya hitungan detik tergantung kecepatan internet kamu.

      Reply
  22. Kak pernah ngga pas melakukan direct withdraw ke bank locak nunggu nya lama ? kemarin aku udah withdraw tapi sampai sekarang belum cair. padahal biasanya cmn 2-3 jam.

    Reply

Leave a comment

Happy STUDENTS

Students testimonials

Amalia Prameswari

Peserta workshop

Saya suka cara mengajar Mba Indri. Selalu mau mendengarkan setiap pertanyaan dari partisipan, dan selalu memberikan jawaban yang terbaik berdasarkan pengalaman beliau selama ini.

Gusti Ayu Putu

Peserta workshop

Workshop yang luar biasa, banyak hal baru yang saya pelajari dan sangat membantu saya dalam mencari side hustle terutama melalui Upwork, terimakasih banyak!

Fitriani Neti

Peserta workshop

Bu Indri sangat baik dalam menyampaikan materi, sangat baik dan tepat dalam menjawab semua pertanyaan.

Cooperation

Be our partners

Kami membuka kesempatan dan kerjasama bagi para brand atau perusahaan yang ingin bekerja sama dengan Indri Ariadna.

Learn how to be a virtual assistant

Download eBook 150+ Virtual Assistant's Offering Services.

Pelajari tentang skills yang sudah ada dan kembangkan.