Ini nih Kelebihan Jadi Member Berbayar di Upwork, Salah Satunya Bikin Saldo Dollarmu Bertambah Lohh

Teman-teman yang sudah sering blogwalking dan berkunjung ke blog ini, pasti tahu ya pekerjaan saya sebagai freelancer di Upwork.

Ohya, sudah ada yang registrasi di Upwork juga kah?

Berhasilatau di tolak ? Buat yang berhasil di accept jadi freelancer di Upwork, selamat, anda telah menjadi 1 dari sekian ribu freelancer di dunia digital tanpa batas. Buat yang belum di accept, jangan patah semangat ya, masih banyak kok marketplace yang bisa di coba selain Upwork. Baca disini ya : 5 Perusahaan Marketplace Outsource.


Ilustrasi freelancer. Sumber : https://pixabay.com/id/kantor-pekerja-lepas-komputer-620823/

Sudah tahu belum sih kalau jadi member di Upwork itu free alias gratis ? Gak ada istilahnya uang registrasi atau bayar apapun saat kita mendaftar bahkan saat kita sudah di terima di Upwork. Dengan catatan selama kita belum dapat job ya.

Kita di tagih fee dari Upwork kalau kita sudah dapat job alias contract alias pekerjaan alias sudah menghasilkan.

Berapa sih fee yang di ambil atau di tagih Upwork dari kita ? Besarnya 20% dari total jumlah kontrak yang kita terima. Jadi misalnya, saya dapat job senilai $100. Nanti pas job-nya sudah selesai, uang yang bisa saya tarik bukan lagi $100 tapi $80. Fee $20 buat Upwork.

Artikel menarik : Tips Dapat Dollar dari Upwork

Gak eman tah kena potongan? Enggak sama sekali.
Mengapa ? Lah karena saya dapat kerja juga dari Upwork. Pun fee sebesar 20% itu masih masuk akal dan tidak memberatkan di banding saya harus menyewa kantor dan peralatannya untuk menjaring klien.

Sistem fee di Upwork itu berjenjang. Misal, saya dapat job dari klien A, job yang saya terima per jamnya $5. Saya sudah bekerja buat klien A ini 100 jam dan jobnya masih on going alias masih jalan.

Nah, begitu total jumlah tagihan saya ke klien A mencapai $500 atau lebih besar, fee dari Upwork bukan lagi 20% tapi berkurang loh jadi 10%.

Artikel menarik : Analisa Proposal Job di Upwork


Ilustrasi freelancer. Sumber : https://pixabay.com/id/kantor-pekerja-lepas-komputer-625892/

Kenapa sih Upwork kok pakai potong fee segala ?

Emmm begini ya, untuk platform sebesar Upwork yang menyediakan space buat freelancer dan pemberi job, Upwork bakalan butuh sumber daya manusia yang tidak sedikit. Entah itu IT, customer service, accounting dll layaknya perusahaan normal lainnya.

Tau gak sih, gaji karyawan Upwork ada yang $35-$55 per jam loh. Sepadan dengan kualitasnya kali ya.

Selain itu, Upwork juga menyediakan virtual office khusus buat perusahaan yang enggak mau repot menyeleksi pegawai atau karyawan secara virtual. Jadi langsung sewa kantor dan karyawan secara virtual gitu. Yang menyediakan semuanya ya si Upwork.

Juga, perlindungan Upwork terhadap hak-hak freelancer sangat boleh di acungi jempol.

Soale saya pernah dapat kontrak, per jam $10 dan sudah berjalan 10 jam atau berapa jam saya lupa.

Tapi si klien ini kayaknya masih bego bin amatir gitu, gak tau alur kerja dan prosesnya gimana, langsung main tuduh saya kok gak dapat backlink. Lalu dia gak mau bayar tagihan saya. Lahh.... saya kerja bakti dong ?

Beruntungnya, karena di Upwork ada sistem desktop tracking, pekerjaan saya per menit-nya terekam dan itu menjadi bukti cukup kalau saya berhak untuk di bayar. Gak jadi kerja bakti, thanks to Upwork.


Sumber : https://pixabay.com/id/sukses-motivasi-strategi-panah-3227625/

Nah, dengan semua fasilitas dan kemudahan yang di dapat oleh freelancer dan pemberi job, wajar sih ya kalau Upwork juga berhak mendapatkan fee demi kelangsungan dan hajat hidup orang banyak ^^

Kalau saya sih gak masalah sama sekali yang penting fee-nya jangan lebih besar dari 30% titik.

Selain dari fee, darimana lagi Upwork mendapat dana untuk kelangsungan perusahaan ?

Dari para member berbayar. Gak mahal sih jadi member berbayar di Upwork, hanya $10 per bulan yang kalau di kurskan rupiah untuk sekarang ini sekitar idr 140K-145K per bulan. Berdasarkan tagihan kartu kredit saya bulan ini ^^

Dan jelas lah ya, ada perbedaan antara member gratisan dan member yang berbayar.
Mau tau, apa saja kelebihan dan manfaat menjadi member berbayar di Upwork yang pastinya saldo dolarmu makin bertambah dan makin gemuk ?
Ini dia nih perbedaannya :

Free member
  • 60 Connects/bulan
  • Proteksi pembayaran untuk kontrak hourly rate dan di pastikan freelancer mendapat jaminan pembayaran untuk setiap waktu yang di gunakannya untuk mengerjakan kontrak.
  • Pembayaran untuk fixed rate atau fixed kontrak di pastikan aman karena menggunakan milestone.
Infografis Free Member Upwork

Paid member atau member berbayar :
  • 70 Connects/bulan
  • Proteksi pembayaran untuk kontrak hourly rate dan di pastikan freelancer mendapat jaminan pembayaran untuk setiap waktu yang di gunakannya untuk mengerjakan kontrak.
  • Pembayaran untuk fixed rate atau fixed kontrak di pastikan aman karena menggunakan milestone.
  • Profil Upwork akan tetap aktif meskipun tidak ada aktifitas.
  • Membeli connects hanya $1 per Connect
  • Connects yang tidak di gunakan bisa di simpan (roll over) sampai dengan bulan berikutnya sampai dengan 140 connects.
  • Pengaturan jumlah pendapatan bisa di atur supaya tidak terlihat
  • Bisa melihat bidding dari freelancer lain saat bid job
  • Profil URL yang bisa di kustom

Infografis Paid Member Upwork

Mungkin ada yang bertanya atau belum tahu bagaimana cara membayar iuran member per bulannya.

Mudah banget kok, bisa pakai paypal, kartu kredit atau potong saldo kita di Upwork.

Kalau salah satu gagal bayar, Upwork langsung otomatis menagihkan ke metode pembayaran lainnya. Misal gagal bayar pakai paypal otomatis Upwork melongok saldo kita di Upwork, kalau masih gagal juga, terpotong otomatis dari kartu kredit. Begitu. Mudah kan?
Kalau menurut saya pribadi, manfaat paid member di Upwork itu utamanya karena saya bisa melihat berapa sih rata-rata bidding yang di ajukan oleh freelancer-freelancer lainnya pada sebuah open job.

Jadi misalnya, saya tertarik dengan lowongan A. Dari segi rate kayaknya oke bagi saya. Dari segi review juga oke. Lalu karena saya member berbayar, sebelum nge-bid saya cek dulu, rata-rata yang sudah bid job ini ada berapa orang dan rata-rata bid nya di angka berapa. Jadi saya bisa bid seoptimal mungkin biar gak melenceng jauh banget dari bid yang tertinggi. Juga bid saya tidak terlalu rendah. Biasanya sih strategi ini berhasil^^

Sebagai member berbayar, saya juga lebih sering mendapat invitation atau undangan untuk bidding job. Member yang free pun juga dapat invitation ya, tapi gak sebanyak yang di dapat member berbayar. Ini menurut saya.

Terus kalau di pikir-pikir lagi, dengan modal $10 kita bisa mengantongi $500-$1000 per bulan rasanya worth it banget gak sih? Banget ^^

Ada yang mau sharing pengalaman juga ?

Atau mungkin ada yang mau bertanya, silakan berkomentar di kolom komen ya. Sebisa mungkin usahakan jangan menggunakan link hidup saat berkomentar dan jangan menggunakan anonim atau unknown.

Silahkan berbagi kalau menurut kalian artikel ini bermanfaat dan bisa membantu orang lain ya....

Thank you!

Tidak ada komentar

Harap tidak meninggalkan link hidup atau link artikel ya, setengah mati mberesin broken link :) juga, komentar tanpa nama atau unknown akan di tandai sebagai spam. Komentar dengan beberapa suka kata macam "nice info, thanks for sharing, terimakasih sudah berbagi" juga akan di tandai sebagai spam.
Thanks !