10 Plugin SEO Terbaik di WordPress yang Wajib Kamu Punya!


SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan semua pemilik website dan blog saat ini. SEO memiliki peranan penting dalam meningkatkan traffic website anda. IDwebhost pun juga sangat menaruh perhatian besar pada hal ini. Kamu setidaknya harus memiliki plugin SEO terbaik di WordPress yang kami rekomendasikan.

Photo by Anete Lūsiņa on Unsplash

Memiliki website yang menempati page rank di halaman terdepan pada setiap search engine merupakan idaman semua pemilik website. Agar dapat menjajaki page rank nomor satu di search engine, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satu hal yang tak boleh ketinggalan, tentu saja adalah SEO.

Dan WordPress yang merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling populer saat ini cukup memperhatikan hal ini. Ya, hal tersebut dibuktikan dengan adanya berbagai plugin SEO yang semakin memudahkan peran kita dalam mengurus website

Oleh karena itu, di artikel ini akan di bahas 10 Plugin SEO Terbaik di WordPress yang akan memudahkan hidup kita ^^.

1. Yoast SEO

Plugin SEO Terbaik di WordPress yang pertama adalah Yoast SEO. Ya, plugin ini merupakan salah satu plugin SEO WordPress terbaik, hal ini terbukti dengan banyaknya penguna yang dimiliki oleh plugin ini.

Photo by Fancycrave on Unsplash

Untuk kamu yang ingin menambahkan SEO title, meta description dan meta keyword ke setiap postingan ataupun halaman, dengan Yoast SEO hal tersebut bisa dilakukan.

Yang spesial dari Yoast SEO yaitu adanya fitur yang dapat memberikan saran terbaik untuk mengimplementasikan keyword, url, tag deskripsi dan lainnya. Sehingga artikel yang kita buat akan lebih SEO friendly.

Dengan adanya fitur tersebut, website dapat dioptimasi dengan baik. Selain optimasi pada postingan, plugin ini juga dapat digunakan untuk optimasi pada kategori, breadcrumbs dan masih banyak fitur lain yang dapat membantu meningkatkan SEO pada website.


2. SEO Ultimate


SEO Ultimate merupakan plugin yang memiliki fitur – fitur yang sangat lengkap disampaikannya. Plugin yang dirilis dari situs resmi wordpress yaitu di wordpress.org ini memang penggunanya masih tergolong sedikit yaitu berkisar di angka ratusan ribu.

Namun, tidak ada salahnya  untuk mencoba menggunakan plugin SEO Ultimate ini. Plugin SEO wordpress satu ini menawarkan beberapa fitur menarik, yang dikemas dalam bentuk modules. Modules tersebut diataranya adalah Rich Snippet Generator, 404 Monitor, Slug Optimizer, Link Mask creator, Permalink Tweaker dan Canonicalizer.


3. All in One SEO Pack

All in One SEO Pack adalah plugin SEO WordPress terbaik selanjutnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya yang menggunakan plugin ini, yaitu lebih dari 3 juta pengguna aktif. Terdapat fitur yang dapat membuat website lebih SEO friendly.

Fitur tersebut berupa dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi pada judul, meta tag dan masih banyak lagi fitur yang dapat meningkatkan peringkat di search engine.

Plugin SEO WordPress satu ini, juga dapat memungkinkan website kita untuk terintegrasi dengan Google Analytics juga, lho. Sehingga, kita dapat memantau traffic website kapanpun.

5. Google XML Sitemaps

Plugin SEO terbaik di WordPress selanjutnya adalah Google XML Sitemaps yang dapat digunakan untuk membuat sitemap XML, yaitu dapat membantu search engine seperti Google dan Bing lebih baik lagi dalam mengindex website kita. Sitemap berguna untuk memudahkan perayap search engine ketika mengecek struktur website. Selain itu, plugin ini juga dapat memberitahu search engine setiap ada postingan baru yang dibuat.

Plugin rilisan Google ini tersedia secara gratis, sehingga kita dapat menggunakannya tanpa dikenakan biaya baik itu untuk blog pribadi atau pun blog komersil.

Tidak hanya itu, Google XML Sitemap juga akan memberikan info setiap kita membuat postingan baru pada search engine.

6. FV Simpler SEO Pack

Selanjutnya ada FV Simple SEO Pack. Plugin SEO WordPress yang satu ini memang tak banyak dipakai seperti Yoast SEO ataupun Google XML Sitemaps. Dilansir, dari situs resmi Wordress.org, sampai artikel ini dirilis, website pengguna aktif plugin SEO WordPress besutan Foliovision ini hanya berkisar di angka ribuan saja. Namun, tak usah peduli dengan angka penggunanya. 

Pasalnya, seperti gambaran interfacenya, FV Simpler SEO Pack ini menawarkan interface yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Sangat pas dan cocok, buat yang masih pemula dan baru ingin belajar tentang SEO!

7. WP Super Cache


WP Super Cache merupakan sebuah plugin yang berguna untuk membuat file html statis untuk website WordPress Anda. Setelah plugin ini membuat file html pada server, kecepatan loading website akan lebih cepat dari sebelumnya.

Semakin meningkatnya kecepatan sebuah website, maka kesempatan untuk pengunjung lebih lama berada di websitekita akan lebih besar. Hal ini berarti akan disukai oleh search engine dan pada akhirnya akan meningkatkan peringkat website.

Untuk penggunanya saat ini sudah mencapai lebih dari 1 juta pengguna aktif, sehingga terbukti plugin ini sangat membantu dalam hal meningkatkan performa dari website WordPress.

8. Scribe


Berbicara mengenai plugin SEO WordPress, rasanya tak lengkap jika tak menyebutkan Scribe. Ya, plugin SEO WordPress satu ini tak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, tak hanya menyuguhkan fitur optimasi, Scribe juga menyediakan fitur riset yang dapat membantu optimasi SEO lho. Scribe juga dapat membantu kita untuk memilih keyword apa yang banyak dicari orang. Sangat menarik, bukan?

9. Broken Link Checker

Plugin SEO terbaik di WordPress selanjutnya adalah Broken Link Checker. Plugin ini memiliki kemampuan untuk dapat melakukan pemantauan link yang ada di website, jika terdapat link yang rusak, maka kita dapat mengetahuinya dengan segera. Seperti link yang ada pada postingan, halaman dan komentar.

Jika terdapat link yang rusak, kita dapat memperbaikinya melalui menu yang ada pada plugin ini, sehingga tidak perlu melakukan perbaikan pada postingan secara manual. Kita dapat memilih pemberitahuan link yang rusak untuk dikirimkan melalui dashboard WordPress atau melalui email.

10. SEO Friendly Images


Photo by Ben Kolde on Unsplash

Apakah kamu senang menulis artikel dengan menggunakan banyak gambar?Kemudian, apakah kamu merupakan salah seorang yang masih suka lupa untuk menambahkan Alt Image dan Title pada setiap gambar yang kamu upload?

Jika iya, plugin SEO WordPress satu ini perlu kamu pertimbangkan. Karena, plugin SEO Friendly Images ini dapat membantu kita untuk mengoptimasi gambar yang kita upload pada website / blog kita, lho. Sesuai deskripsi yang yang tertera pada situs resmi WordPress.org, plugin satu ini dapat secara otomatis menambahkan ALT Image dan Title pada setiap gambar di website / blog, sesuai yang sudah kita tetapkan.

Nah itu dia 10 Plugin SEO terbaik di WordPress yang wajib kita miliki! 

Ingat SEO memiliki peran penting bagi traffic website sehingga harus dimaksimalkan dengan baik.

4 comments

  1. Selama ini wordspress dan aku jarang memperhatikan SEO plugin. Harus bnayak otak atik nih. bener banget, siapapun pingin tiap klai search ada di noer satu di mah google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeappp, untuk jadi di halaman 1 google memang butuh perjuangan, tapi worth it. makasih sudah berkunjung ^^

      Delete
  2. Aku selama ini pakai Blogspot dan setelah baca artikel ini ternyata wordpress kasih banyak SEO plugin. Harus banyak banyak baca ya.... belum kepikiran untuk pindah sih, cuman dari beberapa bacaan termasuk punyanya mbak, Wordpress kasih lebih banyak keuntungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb, wordpress lebih banyak plugin-nya jadi kita gak usah otak-atik template macam di blogspot kalau mau mengubah ini itu. tinggal pasang plugin, beres.

      Delete

Please comment here :