Merawat Kacamata Kesayangan Tidak Sesulit yang Kita Bayangkan

Kacamata merupakan perlengkapan penting yang kini dibutuhkan banyak orang. Apalagi saya, yang sudah menggunakan kacamata minus sejak masih duduk dibangku SMA. 

Ketika kita mengalami penurunan fungsi penglihatan, tentu harus menggunakan kacamata sebagai alat bantu. Gak mau kan otot mata tegang terus menerus karena susah fokus melihat ?

Banyak orang memilih kacamata yang harganya mahal dengan alasan kualitas. 
Saya juga termasuk hehe. Kualitas bagus pastinya akan lebih tahan lama. Jatuhnya lebih hemat. Menurut saya ^^

Padahal, kacamata mahal tetap rentan rusak kalau kita tidak merawatnya dengan benar loh.

via unsplash - nick hillier

Ingin memiliki kacamata wanita terbaru dengan harga terjangkau ? Kamu bisa membelinya di MatahariMall. Karena MatahariMall menyediakan berbagai pilihan kacamata wanita terbaru yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan budget. Kacamata wanita terbaru di MatahariMall akan membuat penampilan kita jadi lebih menarik. 

Namun, kita tetap harus merawat kacamata secara teratur agar kacamata tersebut 
tidak mudah rusak. 

Panduan perawatan kacamata berikut ini akan membuat
kacamata lebih awet. Percayalah. Sehingga tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli kacamata baru:

Membersihkan Kacamata secara Teratur
Kacamata harus dibersihkan secara teratur agar kualitas bingkai dan kacanya tidak berubah. Kita bisa menggunakan produk pembersih khusus untuk
membersihkan kaca dan bingkai kacamata. Jangan lupa pula untuk menggunakan lap bertekstur lembut. Supaya kacamata tidak rentan tergores saat dibersihkan. Pastikan bahwa kacamata sudah benar-benar kering dan bersih sebelum digunakan kembali.

Jangan Membersihkan Kacamata dalam Keadaan Kering
Sebaiknya kita tidak membersihkan kacamata dalam keadaan kering. Mengapa ?Karena lensa kacamata rentan tergores oleh kain lap. Apalagi kalau kita menggunakan tisu. Kalau tak ada lap, basahi saja kapas bersih dengan air hangat. Lalu, gunakan untuk membersihkan seluruh permukaan lensa kacamata dan bersihkan lagi dengan kapas kering yang bersih. 

Melepas Kacamata dengan Dua Tangan
Faktanya, tak sedikit orang yang melepas kacamata dengan satu tangan ketika merasa lelah. Sebenarnya hal sepele ini justru membuat kacamata rentan rusak. 

Karena bagian gagang kacamata bisa mudah patah kalau kita  melepasnya hanya dengan satu tangan. Mulai sekarang, sebaiknya kita membiasakan diri untuk melepas kacamata dengan dua tangan. Lakukan secara perlahan-lahan agar bentuk kacamata tidak mudah berubah.

via unsplash-stil

Jangan Meletakkan Kacamata di Atas Kepala
Meletakkan kacamata di atas kepala adalah hal yang sering dilakukan orang ketika merasa pegal dengan kacamatanya. Sayangnya, kebiasaan tersebut kurang baik untuk kacamata. Karena minyak alami pada rambut bisa membuat kacamata menjadi kusam. Selain itu, kacamata  juga rentan terjatuh bila diletakkan di atas kepala. Lebih baik jika kita melepasnya sejenak ketika mata terasa lelah.

Pakai Selalu Kotak Kacamata
Jangan mengabaikan manfaat kotak kacamata untuk menjaga keamanan kacamata. Sebaiknya selalu gunakan kotak kacamata ketika menyimpan
kacamata di tas atau laci. 

Kotak kacamata akan melindungi kacamata dari goresan dan debu. Kacamata  pun tak akan rentan rusak karena terjepit atau terinjak. Membawa kacamata dalam kotak pasti jauh lebih aman. Jangan lupa bawa selalu lap kacamata dalam kotak agar lebih mudah digunakan saat ingin membersihkan kacamata.

Jauhkan Kacamata dari Sinar Matahari
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa paparan sinar matahari rentan merusak kacamata. Lensa kacamata jadi mudah kusam bila sering terkena paparan sinar matahari. 

Jadi, sebaiknya kita cepat membersihkan kacamata saat beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Kita juga wajib menjauhkan kacamata dari tempat-tempat yang terkena sinar matahari, seperti dashboard mobil dan jendela.

Sekarang, pasti sudah tahu dan paham kan cara merawat kacamata dengan benar agar kacamata lebih awet. Kacamata yang selalu terawat dengan baik pasti selalu nyaman digunakan ketika beraktivitas.

No comments

Please comment here :