Industri Kabel Listrik, Aneka Ragam Bentuk dengan Banyak Kegunaan


Hampir di setiap momen kita akan menemukan penggunaan dari kabel. Benda berbentuk silinder panjang yang satu ini memiliki konduktor di bagian dalamnya yang berguna mengalirkan listrik hingga daerah yang jauh sekalipun. 


Photo by Filipe Paulo on Unsplash

Untuk bagian luar, terdapat isolator listrik berupa bahan plasti dengan beragam tingkat kelenturan. Aneka ragam bentuk kabel pun juga mempengaruhi penggunaannya. Seperti kabel listrik untuk elektronik seperti tv, akan berbeda bentuknya dengan kabel untuk antena. Kini ada beberapa kabel yang juga berbentuk unik seperti pada charger ponsel. Dahulu, kabel charger hanya berbahan luar plastic biasa. Bahan luar seperti ini cenderung mudah rusak karena robek hingga menjadikan terbakarnya konduktor bagian dalam karena bagian yang terbuka itu sendiri. 

Namun, kini terdapat bagian luar kabel dengan bahan kain pula yang menyerupai tali sepatu atau berbentuk seperti tali tambang. Aneka bentuk unik seperti ini berguna untuk meningkatkan kenyamanan dari pengguna karena umumnya bentuk tersebut lebih sulit rusak ketimbang model biasa dan juga memiliki tampilan yang lebih baik tentunya.

Penggunaan kabel yang tidak pernah mengalami kemunduran ini, menjadikan banyak perusahaan mulai memperhatikan secara detail setiap bagian produksi mereka. Selalu dipastikan tidak adanya kecacatan barang produksi di bagian akhir dari pembuatan kabel. 

Untuk mencegah kecacatan, bahkan ada perusahaan yang melakukan Quality Checking hingga dua atau tiga kali. Selain karena bisa mengakibatkan dampak buruk yang fatal seperti konsleting, kerusaka gadget, dan kebakaran, kecacatan produk juga bisa mengurangi kredibilitas dari perusahaan kelak. 

Untuk memastikan produk yang mereka hasilkan selalu dalam keadaan prima, perusahaan akan melakukan pengawasan yang ketat pula untuk bagian operasional sumber daya listrik dari produksi. 

Salah satu upaya untuk menjamin daya listrik pabrik terpenuhi adalah dengan melakukan rental di Sewatama yang dapat memberikan kemudahan dalam pengawasan. Selain rental genset, perusahaan tersebut juga menyediakan jasa sewa alternatif daya sebagai cadangan daya listrik saat terjadi pemadaman atau daya listrik belum tercukupi.

No comments

Please comment here :