Kiat Menyiapkan Barang Bawaan Sebelum Berangkat Mudik

Mudik lebaran, kiat menyiapkan barang bawaan sebelum berangkat mudik.

Senang sekali rasanya bila punya kesempatan mudik menjelang hari lebaran. Kita pasti tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga besar dan kerabat lainnya di hari istimewa. Tidak mengherankan bila persiapan mudik sudah dilakukan sejak jauh hari. Seperti kami juga loh..Karena sudah 2 tahun tidak mudik lebaran ke Jawa, niat kami tahun ini bisa pulang mudik menjenguk orang tua dan keluarga. Kangen.

Bukan hanya persiapan budget yang harus di perhatikan sebelum mudik. Kita juga mesti menyiapkan barang bawaan lainnya dengan teliti. Supaya tidak ada barang-barang penting yang tertinggal di rumah. Nah kalau yang sering lupa nih pak suami nih. Pegang kunci kendaraan atau kunci toko lalu di taruh di mana, lupa, di cari seharian ^^

 Nah, biar mudik jadi asyik, ikuti kiat ini ketika menyiapkan barang bawaan sebelum berangkat mudik. Percayalah, tidak akan ada barang-barang yang luput dari perhatian kita kalau di persiapkan dengan cermat dan teliti.

Apa saja ya persiapannya :

Menyiapkan Salam Tempel

Salam tempel memang menjadi oleh-oleh yang paling dinantikan oleh para keponakan dan sepupu yang masih kecil. Jangankan keluarga, anak-anak para tetangga juga biasanya siap ngantri lohh demi dapat amplop ^^

Itulah sebabnya kita tidak boleh lupa menyiapkan salam tempel sebelum mudik. Kita bisa menukar uang dengan pecahan uang baru yang nilainya lebih kecil. Jangan lupa pula menyiapkan amplop khusus salam tempel yang desainnya menarik dan berwarna cerah agar keponakan dan sepupu pun merasa semakin senang saat menerima salam tempel dari kita. Apalagi kalau kita membuat amplop sendiri, pasti lebih unik dan menarik.

Oleh-Oleh Khas dari Tempat Tinggal Kita

Setiap daerah pasti memiliki oleh-oleh khas yang menarik. Seperti tempat saya tinggal di Kalimantan Tengah, ada banyak buah-buahan unik yang tidak bisa di jumpai di Jawa, karena memang hanya tumbuh di wilayah Kalimantan saja. Seperti buah mata kucing, kapul, dan cempedak. Hanya saja, buat saya pribadi, buah-buahan agak riskan kalau di bawa sebagai buah tangan karena cenderung mudah rusak. Mudiknya jauh sih dari Kalimantan ke Jawa, kecuali kalau teman-teman mudiknya bisa di jangkau memakai kendaraan atau mobil.


Sebegitu pentingnya buah tangan atau oleh-oleh dalam tradisi kita, jangan sampai kita lupa menyiapkan oleh-oleh khas ketika akan berangkat mudik. Oleh-oleh berupa makanan yang tahan lama, kaos, atau benda-benda lainnya akan menjadi buah tangan istimewa untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman. Kita wajib mengemas oleh-oleh tersebut dengan teliti supaya tidak mudah hancur atau tercecer ketika dibawa. 

Menggunakan Koper dengan Kapasitas Maksimal

Sebaiknya kita menggunakan koper dengan kapasitas maksimal supaya bisa memuat seluruh barang bawaan dengan mudah. Pilihlah koper yang anti air dan tak mudah pecah untuk mendukung perjalanan mudik. Penggunaan koper yang bobotnya ringan juga penting agar kita tidak direpotkan dengan barang-barang bawaan yang ekstra berat. 

Kiat yang satu ini sangat penting bila kita akan mudik naik pesawat terbang. Jangan sampai koper dan barang-barang yang terlalu berat malah menyebabkan kelebihan bagasi. Karena biasanya biaya bagasi lumayan juga sih sekitar ratusan ribu rupiah.

Jangan Lupa dengan Persiapan Pakaian

Persiapan pakaian juga harus menjadi perhatian utama kita ketika akan mudik. Salah satu jenis pakaian yang harus ada di koper adalah baju koko pria. Suami atau anak laki-laki kita bisa menggunakan baju koko ketika merayakan lebaran bersama keluarga besar. 

baju koko. sumber : mataharimall.com

Baju koko pria yang bergaya kekinian akan membuat penampilan kita semakin menarik. Setidaknya kita harus menyediakan baju koko pria yang bahannya nyaman, tidak mudah kusut, dan mudah menyerap keringat. Baju koko pria yang berkualitas akan membuat suami dan anak-anak percaya diri. Kita pun tak akan kesulitan merawatnya karena mudah dibersihkan dan daya tahannya tergolong lama.

Jangan Lupa dengan Gadget dan Charger-nya

Siapa sih yang bisa "berpisah" dengan gadget meski hanya sehari ? Sepertinya mustahil yaa.
Meskipun bukan kebutuhan primer tapi tetap saja, kita tak boleh lupa membawa gadget dan charger selama mudik. Simpan gadget dan charger di tempat yang aman tetapi mudah dijangkau. Paling aman, masukkan ke dalam tas yang selalu kita bawa. Sehingga kita bisa menggunakannya dengan mudah selama berada di perjalanan. Jangan sampai gadget mudah terjatuh karena kita menyimpannya sembarangan. 

Jangan juga di simpan di koper yang kemudian masuk bagasi pesawat. Pernah pengalaman sih, hape kakak ipar hilang karena di masukkan ke koper bagasi. Apa sih yang tidak bisa terjadi dengan barang-barang bawaan di bagasi. Maka dari itu, demi keamanan dan kenyamanan kita sendiri, gadget harus kita simpan dengan baik.

Usahakan untuk melakukan proses charging sampai penuh supaya tidak kerepotan dengan gadget yang baterainya tinggal seperempat di tengah perjalanan. Membawa gadget akan membuat aktivitas mobile kita tetap lancar selama mudik. Kita pun tetap bisa bersilaturahmi dengan sahabat dan kerabat yang tinggal berjauhan dari kita.

Sekarang, tinggal menentukan dan memperkirakan waktu yang tepat untuk mudik. Tak ada salahnya loh bila kita memutuskan cuti sejak jauh hari. Manfaatkan waktu cuti semaksimal mungkin agar bisa berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. 

Kalau saya dan suami mah, karena tidak kerja kantoran, kapan berangkat hayuk saja gak perlu cuti ^^

Nah teman-teman yang sekiranya mau mudik seperti saya, yuk ah, jangan lupa semua persiapan sebelum mudik ya.

Persiapan yang cermat akan membuat momen lebaran tahun ini pun akan terasa sempurna. 

No comments

Please comment here :