Hemat Belanja Online Beragam Kebutuhan dengan Trik Berikut Ini!


Sejak banyaknya teknologi berkembang, dapat terlihat jika banyak sekali perubahan yang terjadi di kehidupan. Salah satu aktivitas yang amat sangat terpengaruh adalah dalam sistem pembelanjaan masa kini. 

Memang tak dapat dipungkiri jika sistem belanja online masa kini menawarkan banyak sekali kemudahan bagi para konsumen sehingga masyarakat mulai beralih dari belanja secara konvensional kepada belanja online. Belanja online beragam kebutuhan pun kini bisa dilakukan karena situs belanja online sudah menawarkan banyak sekali produk sehingga lengkap untuk belanja.
Meski begitu kadang belanja online terlalu asyik dilakukan sehingga menjadikan pembelanjaan terlalu boros dalam menggunakan uangnya. 

Bagi kamu yang berusaha berhemat ketika belanja ragam kebutuhan, maka berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Buat daftar belanja

Daftar belanja adalah sebuah daftar yang penting. Namun entah mengapa hampir semua orang kerapkali melupakan daftar penting yang satu ini. Daftar belanja berisi segala keperluan dan kebutuhan belanja sehingga pembelanjaan bisa lebih teratur dan terkontrol. Kadang rasa malas menjadikan kita kerapkali terjebak dengan pembelanjaan sehingga justru membeli barang pertama kali yang tidak begitu dibutuhkan.

2. Buat anggaran belanja


Setelah daftar belanja dibuat, selanjutnya kita bisa membuat anggaran belanja. Anggaran belanja ini dibuat dari kisaran harga barang yang akan kita beli dan sudah dibuat di daftar tersebut. Anggaran belanja ini jangan terlalu minim atau pas, namun jangan juga terlalu dilebihkan karena akan menjebak sehingga terjadi pemborosan. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat anggaran belanja dari harga riil semua barang tersebut.

3. Cermat belanja

Belanja online beragam kebutuhan memang tidak sedikit. Tak heran kadang hal ini menjadikan banyak pembelanja kurang teliti ketika belanja di dunia maya. Akibatnya tentu saja adalah dengan minimnya kualitas barang yang didapatkannya. Oleh karena itu meski berencana membeli banyak barang, tetaplah waspada dan jangan terburu-buru. Kadang buru-buru dalam belanja ini juga bisa terjadi karena adanya promo atau diskon. Jadi, selalu pastikan jika barang tersebut memang asli dan dalam kondisi terbaiknya.

4. Mencari voucher diskon


Untuk bisa mendapatkan harga terbaik, jangan lupa banyak-banyak browsing dan cari informasi tentang harga produk yang termurah. Namun selain itu jangan lupa juga jika kita bisa berkesempatan untuk mencari voucher diskon yang tersebar di dunia maya dari situs belanja online. Dengan voucher diskon, maka kita akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga aslinya.

5. Hindari pemakaian kartu kredit

Kartu kredit juga sebagai salah satu alasan mengapa banyak orang yang terjebak di gaya hidup yang konsumtif. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengurangi pemakaian atau tidak menggunakannya sama sekali. Kartu kredit kerapkali menggoda untuk bisa menggesek kartu lebih dari angka yang sudah dianggarkan sebelumnya. Meski begitu bukan berarti kartu kredit selalu buruk karena pada akhirnya semua hal tersebut kembali lagi pada kontrol diri kita dalam berbelanja.

Itulah beberapa tips untuk bisa belanja online beragam kebutuhan namun tetap hemat. Pada dasarnya belanja hemat adalah tentang memisahkan antara kebutuhan dengan keinginan. Jika kita sudah punya pemikiran tentang hal ini secara sadar, maka terjebak dalam keborosan merupakan hal yang tidak mungkin lagi. 


Jadi, pastikan sadari jika kebutuhan adalah prioritas serta pastikan juga jika kita bisa disiplin pada daftar dan anggaran belanja yang sudah dibuat sebelumnya.

Comments

Paling Populer