Bulan-bulan terakhir di akhir tahun identik dengan hujan, orang Jawa biasa bilang :
Desember iku gede - gedene sumber [sumber air paling gede/banyak itu ada di bulan Desember]
Tapi eh tapi, jangan sampai menyurutkan langkah kita untuk tetep berusaha mendapatkan penghasilan yess. Jangan jualan es dulu di bulan Desember wkwkwk...
Saya agak kasihan dengan masyarakat Jakarta, sudah beberapa minggu ini mereka banyak yang kebanjiran. Bahkan di Pacitan dan Yogyakarta juga banjir besar.

Saya berasa agak aman kalau musim hujan seperti ini soalnya meskipun bertanah gambut (sebagian besar) tapi tempat saya tinggal di luar pulau Jawa ini tidak pernah banjir. Kalau hujan sih deres banget ya, apalagi angin kencang....langganan. Tapi beruntung tidak sampai banjir.

Nah kota Jakarta, membaca berita akhir- akhir ini, semoga tidak sampai banjir besar deh ya. Semoga semua terlindung karena adanya keberpihakan tsahhh....

Habisnya, sebagai penggemar novel Sherlock Holmes, antara rumah lapis, trotoar yang bisa di lewati pejalan kaki dan motor, air mancur untuk masyarakat Jakarta yang stres dan tambahan tenaga psikolog di tiap kecamatan pastinya bikin Sherlock Holmes dan Watson ngakak berlapis-lapis.

Bye politik dan back to topic, kali ini saya mau berbagi 15 ide kreasi usaha menggunakan mason jar. Biar apa ? Biar ada tambahan penghasilan dong ^^ Pun, mason jar mudah di temukan dan harganya juga sangat terjangkau.

Usaha ini bisa di lakukan kapan pun dan di manapun, tidak butuh modal uang yang terlalu besar karena pengerjaan order berdasarkan pesanan yang di terima. Jadi ada DP, bisa di belanjakan dulu, di putar dulu istilahnya. Tidak usah nyetok produk. Bikin beberapa buat showcase boleh juga sih.

Cocok banget buat hadiah natal, baby shower, wedding gift, bahkan acara ulang tahun. Buat hadiah di hari ibu ? Bisa banget....
Mau kasih kejutan untuk pacar tercinta..? Pilih aja bro....

Semua gambar di artikel ini saya ambil dari Etsy.

Apa saja sih yang bisa di bikin menggunakan mason jar ? Banyak.....banyak banget, ini hanya sebagian kecil ide saja.

1. Hot Choco Mason Jar
hot choco mason jar
sumber : Etsy
Ini cocok banget untuk goodie bag ultah, karena anak-anak biasanya suka yang manis-manis macam cokelat seperti ini.

Tips : 
  • Beli cokelat batangan dengan berbagai warna (putih, cokelat, pink, hijau)
  • Lelehkan sebagian cokelat. Masukkan cokelat leleh ke dalam mason jar, di selang seling dengan potongan-potongan cokelat yang lain.
  • Beri aksen pita di leher mason jar. Bisa juga di gantungkan hang tag.
  • Jangan lupa beri label makanan
Selain cokelat, mason jar ini juga bisa di modif sebagai tempat/packaging roti bolu yang berlapis-lapis, macam Ombre Cake.
Yang mau praktek bikin kue, bisa di intip resep dari Vemale.com ini : Resep Cake in Jar Ombre


2. Tempat untuk alat-alat dapur

alat dapur
sumber gambar : Etsy

Selain bisa untuk kita pakai sendiri, bisa juga untuk kita jual loh. Idenya, mason jar sebagai tempat untuk meletakkan alat-alat dapur macam whisk, parutan keju, sutil, dll.

Tips :
  • Pilih mason jar yang mempunyai mulut lebar agar alat-alat dapur bisa masuk dengan mudah.
  • Untuk kotak alasnya, memang bagus kalau memakai kayu seperti gambar di atas. Tapi bisa juga menggunakan keranjang rotan siap pakai, lebih memudahkan.
  • Apabila pembeli lebih menyukai kayu sebagai alas, harus pesan kepada pengrajin supaya bisa di buat lebih cepat dan bagus.
  • Gunakan cat warna rustic, jangan glossy. Warna rustic seperti cokelat muda atau cokelat tua lebih sesuai dengan alat-alat dapur. 

3. Center piece 

center piece meja
sumber gambar : Etsy

Center piece ini bisa di letakkan di meja ruang tamu atau meja makan sebagai aksen. Warna-warni bunga/daun dan mason jar bisa di sesuaikan dengan hari raya atau pesanan tertentu.

Tips :
  • Gunakan daun dan bunga plastik yang memiliki desain dan warna yang cantik. Bunga plastik akan lebih tahan lama di bandingkan bunga hidup.
  • Untuk hari raya natal, bisa di pilih warna-warna merah dan hijau yang kontras.
  • Gunakan 3 mason jar untuk center piece yang lebih kecil/sederhana.

4. Lilin aromaterapi

lilin aromaterapi
sumber gambar : Etsy
Sedang stress ? Atau mood sedang enggak bagus ? Pasti seneng banget ya kalau di beri hadiah lilin terapi seperti ini. Dengan bermacam-macam aroma, pastinya akan lebih di minati oleh customer, dan juga di sukai oleh penerima.

Lilin aromaterapi ini cocok di gunakan untuk pemberian natal, baby shower, wedding, bahkan ulang tahun loh.

Tips :
  • Pilih beberapa aroma yang mempunyai efek relaksasi tertentu.
  • Beri label, supaya kita bisa membedakan aroma berdasarkan label. Sertakan juga di label, manfaat menghirup aroma terapi ini.

5. Set kamar mandi
bathroom set
sumber gambar : Etsy

Mason jar juga bisa di gunakan sebagai alat di kamar mandi. Macam dispenser sabun cair, tempat sikat gigi, tempat kapas dll.

Tips :
  • Gunakan beberapa macam bentuk mason jar dalam satu set.
  • Beri aksen pemanis pita di leher mason jar
  • Label bisa di tempel di badan mason jar untuk membedakan isi dari masing-masing mason jar.
6. Hanging flowers

hiasan bunga gantung
sumber gambar : Etsy
Hiasan gantung seperti ini, cocok di tempel di sebelah kanan dan kiri pintu rumah. Atau bisa juga di letakkan di dinding foyer atau ruang tamu.

Tips:
  • Gunakan bunga hidup yang memiliki aroma wangi seperti bunga mawar atau melati.
  • Berikan spons basah di dalam mason jar supaya bunga tidak mudah layu.
  • Apabila di gunakan untuk pemesanan dalam jumlah banyak, akan lebih baik menggunakan bunga plastik.

7. Snow globe
snow globe
sumber gambar : Etsy
Snow globe semacam ini cocok untuk hadiah atau goodie bag di hari natal. Hanya hari natal ? Enggak dong, bisa di kreasikan sesuai tema dan hari rayanya.


8. Hanging candle = tempat lilin gantung

hiasan tempat lilin gantung
sumber gambar : Etsy
Dari gambar di atas, bahan yang di perlukan tidak terlalu banyak ya. Mason jar, tanah pasir, lilin, rantai gantung dan kayu. Yang agak susah mungkin membuat kayu sandarannya.
Apa harus memakai kayu ? Menurut saya sih enggak harus, yang penting ada hook/kaitan/cantolan untuk menggantung mason jar-nya.
Bakalan berguna banget kalo PLN ngadat ^^

9. Home spa

home spa
sumber : Etsy
Home spa ini akan cocok banget untuk wedding gift atau baby shower. Pasti terpakai karena ibu-ibu kan suka yang wangi-wangi gitu dan membuat rileks. Cocok banget untuk me-time di rumah.

Paket home spa ini bisa terdiri dari : spons, lilin aromaterapi, garam untuk eksfoliasi, handuk kecil dan sabun aromaterapi.

Di jamin laris ^^


10. Sukulen dan kaktus


sukulen dan kaktus
sumber gambar : Etsy
Capek bekerja di depan komputer ? Butuh tanaman hijau untuk penyegaran mata ? Ahhh...enggak ada tempatnya, biasanya kan butuh pot besar. Ehh, jangan salah, kaktus dan sukulen yang mungil ini cocok banget untuk di taruh di meja kerja loh...

Tidak butuh terlalu banyak air dan tidak butuh terlalu banyak matahari. Juga, tidak makan tempat karena memakai mason jar sebagai wadahnya.

Mau di pakai untuk wedding gift ? Bisa banget. Atau untuk di berikan sebagai kenang-kenangan untuk teman yang pindah kerja.


11. Tempat pensil

tempat pensil
sumber gambar : Etsy
Bukan tempat pensil saja, bisa juga di gunakan untuk tempat gunting, notes, bolpoin, bahkan bunga supaya meja terlihat rapi dan menarik.

Cocok untuk hadiah wisuda atau ucapan selamat karena di terima bekerja di perusahaan baru.

12. Tempat tisu

tempat tisu
sumber gambar : Etsy
Saya salah satu penggemar tisu. Karena tiap kali butuh tisu untuk mengelap gelas yang mau di pakai, ngelap air mata pas nonton drama korea, atau buang ingus pas lagi flu.

Meskipun terlihat remeh, tisu pasti di butuhkan di setiap rumah. Tidak ada salahnya, membuat tempat tisu dar mason jar kan ?

Selain unik, pastinya tempat tisu ini akan tahan lama karena terbuat dari kaca.


13. Terarium

terarium
sumber gambar : Etsy
Terarium ini semacam taman buatan di dalam mason jar. Bisa di isi dengan pasir berwarna, kerikil, bibit sukulen dan lumut, bahkan jamur.

Pilih tanaman yang tidak memerlukan perawatan lebih dan tidak membutuhkan terlalu banyak air dan matahari. Contohnya, kaktus, sukulen dan lumut.

Cocok sekali untuk wedding gift.


14. Cake in a jar
cake in a jar
sumber gambar : Etsy
Cake in a jar ini hampir sama dengan hot chocolate di atas. Selain ombre cake, mason jar juga bisa di isi dengan lemon cake dan juga tiramisu.


15. Sewing kit = peralatan jahit

sewing kit alat menjahit
sumber gambar ; Etsy
Untuk teman atau sahabat yang suka jahit-menjahit, pasti akan sukak banget di beri kado seperti ini. Mason jari bisa di hias dan di isi dengan jarum, benang beberapa warna, kancing, gunting kecil dll.

Di bawah ini beberapa contoh label yang bisa di print dan di tempel di mason jar.

contoh label 1


contoh label 2


contoh label 3

Semoga bermanfaat ^^