Top Social

Tips Dapat Dollar Dari Upwork

9/11/2017
Beberapa kali saya share di timeline FB tentang job dari Upwork yang saya terima. Upwork adalah salah satu portal jasa terbesar yang memepertemukan freelancer dan para empunya job. Ruang lingkupnya internasional. Bukan lagi yang lokal macam Sribulancer dan Projects.

Baca juga : Hati-hati Scam di Freelancer.com

jadi freelancer di upwork

Kok bisa tersesat di sana ? Apalagi yang menjadi alasan selain membangun rumah itu butuh uang ? Hehehehe....

Sudah sejak tahun 2016 kemarin sih saya daftar sebagai freelancer di Upwork. Biasa....gara-gara kepepet butuh pendapatan lebih hahaha...
Di tambah juga, data internet yang berlimpah ruah sejak bulan Juli lalu. Sayang kalau tidak di manfaatkan untuk mencari rejeki tambahan.

Ngomong-ngomong soal pendapatan, sebagai blogger pemula yang enggak (belum) ngetop-ngetop amat, per bulan dapat job sponsor post atau content placement juga bisa di hitung dengan jari. Nominalnya juga yang biasa-biasa saja, maklum blogger pemula hehe.

Baca juga : 3 Hal Yang Bisa Kamu Kerjakan di Projects.co.id

Tahun 2016 kemarin pas daftar di Upwork yaa sekedar daftar biasa aja, meskipun sambil ngarep juga dapat job dari sana. Tapi apa daya, setelah screening job-job yang ada di sana, bikin nyali runtuh dan gak berani propose job. Kayaknya susah-susah semua pekerjaannya, gak ada yang sesuai dengan keahlian saya, rasanya saat itu.
Maka, setelah daftar, propose beberapa job dan gak ada tanggapan dari calon client, kemudian Upwork saya tinggalkan. Back to reality, mungkin saya belum cocok pegang uang dollar ^^

Tahun 2017 ini sekitaran bulan Mei-Juni, saya kembali melongok ke akun Upwork yang tahun lalu saya buat. Dengan lebih teliti saya scroll pelan-pelan job-job yang di tawarkan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang saya punya. Dan yesss, akhirnya ada 1-2 job yang saya bisa kerjakan. Mengerjakan apa ? Mencari kontak email, bahasa kerennya data mining.

Baca juga : 5 Kesalahan Yang Di Lakukan Freelancer Pemula

Kontrak pertama yang di tawarkan ke saya adalah mencari 1000 kontak email kemudian di lanjutkan dengan mengirim ke - 1000 email tersebut penawaran. Harganya ? Fixed rate $ 5 untuk semua pekerjaan tersebut. Kok murah banget ? Iya, saya juga gak kepikiran, yang saya pikirkan saat itu cuma, gimana caranya dapat job pertama di Upwork.
Hal-hal gak masuk akal kayak gini saya embat juga hahahah...

Pada akhirnya, setelah dapat 100 kontak email dan saya juga sudah mengirim email ke -100 database tersebut, saya menolak kontrak tersebut. Capek bokkkk, biarlah gak dapat bayaran gapapa...buat pelajaran, jangan sembarangan ambil job.

Kontrak yang kedua, saya masih juga oon bin bloon. Waktu itu ada yang butuh jasa untuk mengecek PPC (pay per click) keywords dan advertising landing page dia. Dengan pede saya kasih harga $ 7 fixed rate, karena dia bilang hanya sekitar 20 offer aja. Ahh, palingan sehari dua hari juga selesai kalau cuma 20 data, pikir saya begitu.

Si client ini juga sempat bertanya loh, ini $7 per jam atau bagaimana rate kamu ? Saya bilang $ 7 itu fixed rate sampai pekerjaan selesai.
Pada akhirnya, saya butuh hingga 2 minggu untuk menyelesaikan job ini. Lha gimana enggak ? Memang sih hanya 20 offer, tapi tiap offer terdiri dari ratusan hingga ribuan halaman yang harus saya copas satu-satu. Rasanya mau jedotin muka ke tembok abis itu ngopi item wkwkwk...
Beruntung, saat itu saya juga menerima job yang lain, yang lebih masuk akal ^^ jadi tidak terlalu stress amat.

Setelah kejedot di 2 job itu, saya sudah bisa berpikir lebih jernih dalam melamar atau memilih job. Harusnya saya menghindari job yang model fixed rate begini kalau enggak tahu benar detail dan jumlah (berapa banyak) pekerjaannya. Maka dari itu, saya kemudian pilah pilih lagi job yang rate-nya per jam.

Sampai sekarang ini saya sudah mendapat 3 kontrak job yang rate-nya per jam. Yang 1 job sudah mau selesai, tinggal finishing (istilahnya haha), yang 1 job masih on going dan 1 job lagi baru akan mulai. Dari Thailand, Australia dan Amerika.

Pendapatan sudah berapa ? Pendapatan bersih setelah di potong fee Upwork, bayar membership, dari bulan Agustus kerja sampai bulan September (pertengahan) ini sudah dapat $350-an
Mayan sih buat ibu rumah tangga kayak saya ^^

Ada teman yang tertarik untuk daftar juga, tapi ternyata enggak di approved dari Upwork. Saya juga baru tau kalau pakai approvement segala, tahun kemarin pas saya daftar kayaknya enggak ada deh. Akhirnya akun dia enggak bisa di approve karena satu dan lain hal.

Kalau verifikasi via video call memang iya ada, karena beberapa waktu lalu, akun saya di Upwork sempat di suspend 3 hari gara-gara harus di verifikasi. 

Nah, buat teman-teman yang juga mau dan ingin mendapat job dan dapat dollar dari Upwork, saya ada sedikit tips yang mungkin bisa membantu :

1. Bahasa
untuk bisa submit dan mendapat job di Upwork, syarat yang harus di penuhi adalah bisa dan mengerti ber-bahasa inggris. Tidak keren-keren banget bahasa inggris-nya tidak apa-apa, saya juga conversational aja kok. Yang penting apa yang di minta di kontrak kita tahu dan juga saat client chit chat kita bisa menanggapi dengan benar. Itu sudah cukup kok. Kalau bahasa inggrisnya lebih jago, lebih bagus lagi.

Tapi Indri, aku gak bisa bahasa inggris...gimana dong ? Yaaa,,, bagaimana yaaa.....harus belajar dulu, mau bagaimana lagi ? Senjata utama enggak ada, enggak bisa menyerang dong... No pain no gain.

2. Pitching
Sejak pertama kali melamar job, ada kali saya kirim 200 lamaran. Yang sayangnya, dari 200 tersebut, tidak ada yang tertarik untuk meng-interview saya. padahal interview merupakan 90% job sudah akan kita terima.

Bayangkan, betapa susahnya hanya untuk mendapat 1 job saja dari 200 lamaran. Tapi kemudian saya melihat-lihat lagi pitching/lamaran yang sudah saya kirim dan yang ternyata, kalau saya ada di posisi client juga tidak akan tertarik untuk meng-hire freelancer macam saya saat itu.
Kok .... ?
Iya, pitching saya sama sekali tidak menarik. tidak ada contoh atau sample pekerjaan yang saya sertakan, tidak ada ajakan supaya mereka mau menginterview saya. Pokoknya flat....datar.....tidak menarik...tidak profesional. Tidak heran kalau 2 bulan saya tidak mendapat job sama sekali.

So, kita harus membuat pitching yang menarik hati client. tidak bombastis tapi tetap realistis di tambah dengan portfolio pekerjaan yang pernah kita lakukan, kalau bisa berikan sedikit sample sesuai dengan job yang dia ada.

3. Skill
Di Upwork, banyak sekali job yang membutuhkan bermacam-macam skill macam data entry, virtual assistant, translator, research, grafis dan masih banyak lagi.
Lihat dan perhatikan skill yang kita punya. jangan hanya melihat harga yang tinggi tapi tidak ada skill, itu sama aja suicide ^^

Memang ada sih client yang menyediakan training, tapi pastinya, client juga akan lebih memilih freelancer yang sudah mempunyai basic skill di bidang pekerjaan tersebut.

4. Profile

freelance job at upwork


Overview profile ibarat pintu masuk. Sebagai freelancer, kita perlu membuat pintu masuk yang bersih, lapang dan menyenangkan supaya tamu mau masuk ke rumah kita.
Profile bisa kita isi dengan latar belakang pekerjaan dan skill apa saja yang kita punya. Juga portfolio pekerjaan-pekerjaan yang lalu bisa di masukkan ke profile juga. Supaya lebih meyakinkan calon client untuk meng-hire kita.


5. Rate
Hati-hati dalam "memasang harga" rate kita di profile. Saya juga awalnya tidak tahu sih, skill saya ini di hargai berapa per jam. Cara supaya tahu rata-rata harga freelancer bagaimana ? Kita bisa masuk ke "search" box, explore semua freelancer yang mempunyai skill yang mirip/hampir sama/sama dan bandingkan dengan skill kita.

Normalnya sih, freelancer yang sudah mempunyai jam terbang tinggi, pasti akan memasang harga/rate yang lebih mahal daripada freelancer pemula. Itu wajar dan normal banget.
Jangan sampai, kita yang masih pemula, malah memasang harga yang sama dengan mereka. Tau diri dikit lah ya ^^
Bukannya enggak boleh, boleh-boleh aja kalau di dukung portfolio dan pengalaman kerja yang memadai.
Yang menyedihkan, seringkali, banyak freelancer yang langsung ingin mendapat bayaran besar dan kemudian pasang harga atau rate setinggi-tingginya. Percayalah, you will get nothing.

6. Connects
Saat kita terdaftar sebagai freelancer di Upwork, kita mendapat "token" atau istilah di Upwork "connects".
Connects ini berjumlah 60 pcs untuk free member dan 70 pcs untuk paid member. Setiap kali kita melamar job, membutuhkan sedikitnya 2 connects. Jadi rata-rata dalam sebulan kita bisa melamar 30 job. So, pergunakan connects ini dengan baik-baik dalam melamar job.

7. Screening Job

job screening


Kalau saya melamar job, seringnya memilih job yang pelamarnya masih sedikit, sekitar 10-15 pelamar maksimal. Karena menurut saya, kalau pelamarnya sudah mencapai 50 orang bahkan lebih, susah bagi kita untuk mendapat kesempatan karena terlalu banyak saingan. Masuk akal kan ?
Meskipun, job yang pelamarnya lebih sedikit, tanggungan job-nya lebih sulit/susah tapi asalkan sesuai dengan rate yang di sepakati, tidak masalah kan ??

Semoga sharing saya kali ini bermanfaat yaa....kalau ada yang mau di tanyakan, silahkan tulis saja di kolom komen. Terima kasih ^^ 

31 comments on "Tips Dapat Dollar Dari Upwork"
  1. Tfs mbak.. aku mau coba juga nih daftar dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama koh, semoga berhasil dan sukses ^^

      Delete
  2. informatif sekali mbak.. wuih itu udah dapet segitu mbak? hebat ya? berasa jadi kayak dapet gaji aja hehehe. Jadi kangen jaman freelance.
    AKu pengen mbak tapi bahasa inggrisnya masih belepotan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa inggris gak harus fluent, conversational aja sudah cukup kok ^^

      Delete
  3. Thanks infonya mbak
    Pengalaman kayak gini nih kalau gak dishare bakalan dialami juga oleh banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Astri, smoga bermanfaat ^^

      Delete
  4. Akhirnya terjawab slama ini kerjaan proyekmu seperti apa mba :D. Sering penasaran baca status2 di FB ttg job yg kamu dapet sebenernya :D. Akunya aja yg ga enak bertanya hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wohohohooooo....ternyata penasaran juga yakkk...hehehehe

      Delete
  5. pekerjaan suami kebykn dr sini ini mba sejak memutuskan resign, alhamdulilah tercukupi..saya aja yang blm nyoba upwork..hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. puji syukur ya mbak...malah enak sih gak usah ngantor hehe

      Delete
  6. Wah, mesti bahasa inggris ya, hehe..inilah kendalanya. Aku suka nyerah deh kalau sudah begini. Nice Info ntar aku share ke temen deh

    ReplyDelete
  7. Saya pernah coba researcher di Upwork Kak..pas dapat klien yang asik, rate nya pun waktu itu nekat eh ternyata di terima hahaha..senang dech...tahun ini belum pernah coba lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh padahal kalau serius bisa mayan banget loh total fee-nya per bulan hehe

      Delete
  8. Saya agak trauma tapi bener kayak suicide aja jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba submit lagi tapi pakai email baru mbak, kayaknya bisa di coba deh ^^

      Delete
  9. Iya mbak, upwork memang keren, tapi pajaknya 20% yg sekarang bikin gak kuku mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di bawah $500 emang kena fee 20% tapi di atas $500 kenanya 10%. dan juga bagian prosentase freelancer lebih besar kan ya,kalo aku sih fine2 aja. karena upwork juga butuh dana untuk maintenance website, bayar cs, IT dan entah apa lagi yang pastinya modalnya juga gede di banding modal kita ^^

      Delete
  10. wuaa, terima kasih infonya. Bisa di coba nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan di coba, semoga sukses ^^

      Delete
  11. udh bikin akunnya tapi profilnya blum di approve juga dari sana. ada saran biar profil kita di approve ngga mba? mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa alasan profil tidak di approve Upwork, coba baca link ini :
      https://support.upwork.com/hc/en-us/articles/214180797-Why-was-my-Upwork-registration-not-accepted-

      http://www.fulltimenomad.com/upwork-profile-not-approved/

      kalau tahun kemarin sih begitu daftar udah langsung terdaftar jadi freelancer tapi memang harus melalui proses verifikasi via video call.

      Delete
    2. oke saya cek dulu, makasih mba udh respon komen saya. :)

      Delete
  12. makasih mba, saya benerin posisi fotonya langsung keterima hehe. makasih banget :). waktunya berburu dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp, sama-sama. good luck ya Yudha ^^

      Delete
  13. iya mba, alhamdulillah hari ini dapet job pertama buat desain baju $40 hehe. semangat berburu dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh keren, baru aja daftar kemarin udah dapat job. tetep semangat...!!

      Delete
  14. Saya belum pernah dapet job di upwork, karena buat ngelamar jobnya aj udah menciut nyalinya melihat yang ngelamar udah bagus2 portofolionya jadi sampai sekarang baru main di fiverr, meski yang beli gigs baru sedikit banyakan jumlah jari tangan saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama dulu saya juga gitu, enggak berani nglamar. tapi apa daya, $$$ lebih kuat daripada nyali saya ^^
      pede aja boz, terus harus sabar juga sih, karena enggak bisa hari ini nglamar besok dapat job ^^

      Delete
  15. Lagi cari2 referensi freelancer an, eh ketemu blognya mbak... Pengen nyoba daftar dulu, moga keterima. Kalau bahasa asing, masih dibantu kamus sih. Tapi lama2 bisa lancar juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa asing, kalau setiap hari di pakai semakin bagus dan lancar, jangan khawatir. siapkan amunisi dulu ^^ semangat !!

      Delete

Please comment here :

Auto Post Signature