Top Social

Go Green, 7 Hal Ini Bisa Kita Lakukan

8/16/2017
Sebagai orang awam mungkin kita tidak tahu bagaimana cara menghentikan mencairnya permukaan es di Antartika. Tapi paling tidak, kita bisa ikut menjaga keberlangsungan bumi supaya tetap nyaman untuk kita tinggali bersama anak cucu. Sok bijak banget euuyyy....

7 hal yang bisa menyelamatkan bumi
cintai bumi kita

Pastinya, tidak mau kan, kita hidup di bumi yang tidak mempunyai air bersih, hanya mempunyai sedikit oksigen karena tidak adanya pepohonan sebagai paru-paru dunia ? Kasihan generasi kita selanjutnya.

Lalu apa dong yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi tetap hijau dan layak sebagai tempat tinggal ? Tidak susah kok, cara sederhana ini bisa kita lakukan setiap hari.

1. Bahan makanan
Pilih bahan makanan segar daripada bahan makanan kalengan. Kaleng seperti juga plastik, membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa terurai.

Bahan makanan yang segar, selain lebih sehat, vitaminnya lebih terjaga karena tidak melalui proses pengawetan apapun.

Baca juga : Cara Membuat Nugget Mie Stick

Juga pilihlah untuk menggunakan tempat bekal yang bisa di pakai ulang setiap hari dan hindari penggunaan styrofom atau plastik.

2. Recycled
Gunakan kembali produk-produk atau barang yang bisa di pakai untuk tujuan lain. Ingat untuk selalu melakukan repurpose dan recycled. Lebih sedikit produk atau barang yang di buang maka akan lebih baik.

Baca juga : Pemanfaatan Limbah Kayu

Bahkan, dulu saat masih bekerja di perusahaan furniture, kita banyak menggunakan kayu-kayu recycled atau kayu bekas. Kayu bekas dari bongkaran rumah terutama karena mempunyai ukuran kayu yang lebih besar dan mempunyai tekstur kayu yang cantik.

Di Eropa terutama negara Belanda, furniture dari kayu bekas atau kayu recycled banyak di gemari loh. Jadi, tidak melulu harus menebang kayu baru untuk membuat mebel dan furniture tapi juga menggunakan kayu bekas pakai.

3. Tanaman
Mulailah menanam tanaman yang membutuhkan sedikit penyubur tanaman atau sedikit pestisida seperti sayuran dan herbs (tanaman untuk bumbu) di rumah.
Selain lebih sehat, kita bisa memanfaatkan lahan sendiri untuk penghijauan.

4. Transportasi
Untuk mencegah polusi, sebaiknya gunakan sepeda daripada kendaraan bermotor. Lebih sehat juga kan ? Kalau kita menggunakan kendaraan bermotor gantilah saringan udara secara teratur. Paling tidak kita bisa mencegah polusi dari kendaraan yang kita pakai.

5. Belanja
Saat berbelanja, pilihlah pembungkus kertas daripada kantung plastik untuk belanjaanmu. Akan lebih baik kalau kamu membawa kantung tas dari bahan kain karena bisa di pakai berulang kali.

Baju, belanja pakaian bekas layak pakai di toko secondhand akan lebih baik terutama pakaian untuk anak-anak karena mereka cepat sekali tumbuh. Jangan lupa untuk di cuci terlebih dahulu supaya bersih dan bebas bakteri.

6. Keuangan
Gunakan transaksi keuangan secara online untuk mengurangi penggunaan kertas. Bayar semua tagihan secara online. Apalagi sekarang, bank-bank di Indonesia sudah menyediakan fasilitas SMS banking dan juga e-banking.

Baca juga : Only Saving Is Not Enough

7. Paperless
Bacalah berita dan majalah secara online. Mau mengirim undangan ? Kirim via email saja daripada menggunakan surat undangan.

Bagaimana, mudah kan cara-cara go green di atas ? Yuk mulai menjaga keberlangsungan bumi kita.

Share apabila bermanfaat ^^
Post Comment
Posting Komentar

Please comment here :

Auto Post Signature