Top Social

5 Tips - Cara Mudah Memulai Bisnis Rumah Kontrakan

8/31/2017

5 tips cara mudah memulai bisnis rumah kontrakan

Seperti yang umum kita ketahui bahwa bisnis properti, salah satu jenisnya adalah bisnis kontrakan, merupakan bisnis yang menggiurkan. Bagaimana tidak ? Jika kita sudah memiliki sedikitnya satu jenis bisnis properti - dalam hal ini bisnis rumah kontrakan- maka kita akan memiliki pasif income yang kita peroleh tiap jangka waktu tertentu. Misalnya setiap tahun sekali atau dua tahun sekali tergantung pada jangka waktu sewa atau kontrak rumah.

Baca juga : Rumah Minimalis Modern Disewakan Palangkaraya

Sebagian orang memandang bisnis properti adalah bisnis yang selalu dimiliki oleh kalangan menengah keatas, dikarenakan harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mempersiapkan modal.

Nah kali ini, mari kita bongkar satu rahasia bisnis properti, yaitu cara mudah memulai bisnis rumah kontrakan.

#Berikut ini 5 tips yang bisa kita pelajari untuk memulai bisnis rumah kontrakan#


Menjadi seorang makelar
Menjadi seorang makelar merupakan “life hack” bagi seseorang yang ingin memulai bisnis properti
tanpa modal. Dengan berbekal sebuah informasi yang akurat dan komunikasi yang bagus dengan pemilik properti, kita bisa langsung bekerja.

Caranya ? Cari properti atau  rumah disewakan di area perumahan (biasanya ada banner yang di pasang) dan kita bisa langsung berkomunikasi dengan pemilik rumah untuk menawarkan diri sebagai perantara.

Menjadi agen properti
Sebenarnya menjadi agen properti adalah pekerjaan tetap bagi yang bekerja di perusahaan properti. Tetapi bisa juga menjadi pekerjaan freelance, tergantung dari kebijakan perusahaan.
Keuntungan menjadi agen properti adalah informasi yang kita dapatkan pastinya up to date, entah itu list properti atau juga harga terbaru. Kita juga akan mendapatkan beberapa pelatihan, yang biasanya meliputi pelatihan komunikasi dan bagaimana cara menjual properti.

Pinjaman
Untuk mendapatkan modal ada bebeapa alternatif yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah pinjaman dari bank. Ya, dengan mendapatkan pinjaman dari bank kita bisa mendapatkan modal untuk pengajuan kredit rumah yang disebut KPR. Di sarankan untuk memilih rumah yang harganya terjangkau dan murah (misal rumah subsidi) sehingga angsuran KPR per bulan tidak terlalu besar.

Rumah tersebut bisa kita sewakan dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari angsuran KPR per bulan. Ibarat kata, orang lain yang membelikan rumah untuk kita hehe...

Baca juga : Rumah Luas Megah Dijual Palangkaraya

Investor
Mencari investor perorangan adalah salah satu langkah alternatif yang bisa di ambil untuk memulai bisnis kontrakan. Perlu ketahui bahwa seorang investor tidaklah harus orang lain, tapi bisa dari keluarga sendiri. Bukankah kita akan lebih di percaya oleh keluarga sendiri ? Mungkin om, paman atau tante.

Proposal adalah salah satu cara presentasi untuk meyakinkan investor, jadi usahakan membuat proposal dengan rincian yang detail,  terutama dalam hal pembagian hasil usaha, besaran modal di setor dan proyeksi keuntungan.

Kartu kredit 
Kelebihan menggunakan kartu kredit ialah lebih mudah mendapatkan pinjaman, tinggal gesek istilahnya. Juga bisa kita mendapat fasilitas angsuran tetap per bulan dari bank-bank penerbit kartu kredit tertentu. Dengan menggunakan kartu kredit, kita bisa mendapatkan dana segar dalam hitungan menit.

Maka tidak jarang banyak orang yang menggunakan strategi dengan menggunakan beberapa bahkan belasan kartu kredit untuk menjalankan bisnis kontrakan.
Meskipun penggunaan kartu kredit tidak jarang juga bisa menimbulkan masalah karena statistik menunjukkan bahwa sebagian besar permasalahan ekonomi rumah tangga bisa timbul dari penyalahgunaan penggunaan kartu kredit.

Baca juga : Tanah Dijual Tengah Kota Palangkaraya


So, kita harus bersiap diri sebbelum menggunakan kartu kredit. Ingat, kartu kredit bukanlah harta atau uang anda tetapi uang yang di pinjamkan oleh bank. Segala bentuk pinjaman pastinya harus bisa di kembalikan.

Menjadi seorang pebisnis, apalagi pebisnis pemula haruslah cerdik memanfaatkan semua peluang yang ada. Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat, akan lebih memudahkan bagi para calon pebisnis untuk mencari prospek dan pembeli. Bisnis akan semakin lancar bukan ?

Semoga beberapa tips di atas bisa memberikan inspirasi buat anda terutama yang mau memulai bisnis kontrakan sendiri.
8 komentar on "5 Tips - Cara Mudah Memulai Bisnis Rumah Kontrakan"
  1. Wahh tips nya oke juga secara memiliki bisnis rumah kontrakan pastinya akan menghasilkan dan membantu tambahan di rumah tangga sebagai sumber keuangan yg baru ya. Btw kartu kreditnya yang aku belum berani ambil huhuhu,tapi kalo makelaran boleh lah dipértimbangkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga makelaran mb Febri, enggak keluar modal banyak, cuman pulsa sama data aja hehe

      Hapus
  2. Mertua saya itu juragan kontrakan, mbak. Lokasinya ngga cuma di perumahan kayak tipsnya, tapi juga nyasar ke yang deket kampus. Luamayn banget ya penghasilannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih masukannya mb Putu, kontrakan area kampus pasti lebih ramai ya, karena banyak mahasiswa ;)

      Hapus
  3. memang peluang bsinis kontrakan ini menggirukan muali dr yang murahs ampai yg mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mb Tira, tinggal menyesuaikan modal aja :)

      Hapus
  4. Sangat cocok banget sepertinya bisnis kontrakan ini... cuma ya gitu masih mikir2....
    Alhasil aku skrng jadi agen properti aja deh yang lebih nyaman dan gak terlalu ribet!...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai aja sebagai agen independen alias makelar, aku juga makelaran kok, mayan hasilnya hehe

      Hapus

Please comment here :

Auto Post Signature