Top Social

Cara Mudah Membuat Label Nama Menggunakan Canva

7/15/2017
Tahun ajaran baru, buku-buku baru dan harus di tempel dengan label nama biar tidak tertukar dengan punya teman.

Dulu banget jaman Mikhael masih PG/TK, nama dll langsung di tulis di buku bagian depan karena memang sudah tersedia tempatnya. SD juga saat masih kelas 5.

Semenjak kelas 6 (3 tahun yang lalu), karena kita pindah ke Palangkaraya, buku-buku tidak lagi dapat/beli seperti di sekolah lama dulu. Kalau dulu semua buku tulisnya seragam dan sama semua, sekarang beli sendiri-sendiri di luar.
Jadilah, kegiatan mengeprint dan menempel label nama menjadi kegiatan tahunan ^^

Biasanya searching template yang bisa di edit di google, tapi entah kenapa kok tidak ada yang cocok. Ada yang cocok templatenya, ehh enggak gratis ternyata. Karena di buru-buru Mikhael, akhirnya bikin sendiri deh via Canva.

Baca juga : Membuat Media Kit via Canva

Jadinya seperti ini :

membuat label nama menggunakan aplikasi canva
membuat label nama


Meskipun untuk versi sederhana bisa menggunakan MS Word atau Excel, tapi membuat label dengan Canva sangat menyenangkan karena bisa ganti-ganti template atau font dengan mudah.

Untuk yang tertarik membuat juga, ini step by step caranya :

1. Buka aplikasi Canva, kemudian login.
2. Klik create a design kemudian pilih template Label

pilih label template
pilih template label


3. Klik template Label kemudian akan terbuka workspace untuk memilih layout template pilihan. Di bawah ini ada banyak sekali free template label yang bisa di pilih. Saya pilih warna biru karena anak saya laki-laki ^^
Pilih salah satu layout kemudian klik satu kali nanti otomatis layout akan bergeser ke kanan, ke area edit.

pilih layout
pilihan layout label

4. Layout label siap di edit, tidak susah, tinggal klik area yang ada tulisannya, kemudian langsung timpa dengan tulisan baru. Untuk pilihan font serta besar kecil font dan warna bisa kita atur, lihat di sebelah kiri atas workspace.

pilihan layout untuk di edit
pilihan layout

5. Setelah jadi, jangan lupa di simpan ya layoutnya supaya sewaktu-waktu kita butuh tinggal edit saja. Cara menyimpannya mudah, lihat ke pojok kanan atas workspace.
File-nya kita beri nama dulu, di sini contoh saya beri nama "Label Nama" kemudian klik save.

file label nama di simpan
file di simpan

6.  Setelah file di beri nama, baru kita download supaya nanti bisa di print. Ada beberapa pilihan download file yaitu PNG, JPG, PDF. Karena labelnya nanti akan di print, simpan dalam bentuk PDF saja ya.

download file label nama
file di download

7. Label nama yang kita buat pertama kali bisa langsung di copy di halaman bawah. Tinggal copy saja, nanti bentuk dan detailnya akan sama.

cara copy label
cara copy label

Di sebelah angka 1 itu adalah tanda copy, klik satu kali nanti bentuknya akan seperti contoh di atas.

Begitu cara membuat label nama menggunakan Canva, mudah sekali kan?

Nah, sekarang gak susah harus buat template sendiri, tinggal klak klik beres...^^ Kalau masih ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan via komen ya.

Oiya, sebelum ngeprint, di set up dulu ya file-nya karena 1 gambar label ukuran sebenarnya cukup besar, hampir setengah halaman kertas A4 karena kemarin sudah coba print.
Di set up dulu, per halaman menjadi 4 x 4 gambar supaya nanti tercetaknya sebesar kartu nama. Tinggal potong-potong kemudian tempel di buku.

Semoga bermanfaat ya...
4 comments on "Cara Mudah Membuat Label Nama Menggunakan Canva"
  1. Sering pakai canva, tapi untuk label nama belum pernah. Makasih idenya. Padahal anaknya sudah minta dibuatkan. Awal masuk sekolah sudah di depan mata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingannya telat nih Mb hehe, sama-sama mba silahkan di coba

      Delete
  2. Saved dulu.. Kalp anakku udh mulai sekolah nanti, aku mau bikin utk di tempel di bukunya :)

    ReplyDelete

Please comment here :

Auto Post Signature