Meskipun saya bukan blogger yang selalu memenangi kompetisi atau lomba blog, saya belum kapok juga setiap kali ada informasi lomba blog. Motivasi utama sih (jangan bilang-bilang)....yaaa hadiahnya to ya, juga biar blog tetep update tanpa bingung mikirin tema hehe.

Tapi akhir-akhir ini saya jarang ikutan lomba blog, lagi galau karena setiap kali lomba blog pemenangnya beliau-beliau saja. Bukan iri, bukan....saya tau kok batas kemampuan saya. So, sekarang saya lagi semedi mengumpulkan kekuatan hahahaha.......

Kalau teman-teman mau tahu artikel apa aja yang saya buat untuk kompetisi lomba blog, coba deh klik kategori event banyak banget di sana artikelnya, artikel yang gak menang hehe malu-maluin.


pilah pilih lomba blog
via pexels
Meskipun gak sering menang lomba, saya mau berbagi pengalaman pribadi, sebelum memutuskan untuk mengikuti lomba ada beberapa hal yang pastinya saya cermati dan perhatikan, di antaranya :

1. Deadline 
Jangka waktu lomba yang masih lama (sekiranya) bisa membuat saya santai berpikir untuk mengambil tema atau topik yang cocok. Sebisa mungkin topik yang akan saya ambil harus lain dari yang lain atau ootb (out of the box). Kalau artikel dan temanya biasa-biasa saja, gak bakal menang dong...

Tapi ini juga yang sering jadi kelemahan saya karena tidak setiap lomba bisa menemukan tema atau topik yang OOTB.


2. Tema
Pastinya saya harus tahu dan menguasai sedikit tentang tema yang di lombakan. Seringnya, tema lomba yang saya ambil adalah tentang wanita, keuangan dan keluarga. Kalau tentang teknologi, saya angkat tangan aja deh hehe...
Membahas sesuatu, entah itu produk atau ulasan, kalau kita sendiri benar-benar tahu dan paham tentang produk itu, tentu akan berbeda penulisannya dengan yang hanya "katanya begini" atau "katanya begitu".

Kalau mau "usaha" lebih dalam membuat kerangka artikel atau pengembangan tema, bisa coret-coret seperti mind map. Jadi ada beberapa fokus seperti apa, bagaimana, siapa, kapan, mengapa yang kemudian di perlebar dan di perjelas lagi.

3. Keyword atau kata kunci
Pengalaman dulu saya pernah ikut lomba Beluna, Staedtler dan Vegeblend, ternyata eh ternyata, ada banyak banget kata kuncinya, ada 10 kata kunci lebih deh. Bisa di pakai satu atau di pakai semua, begitu ketentuannya. Tapi ya sama aja, meskipun satu artikel memakai kata kunci 10 atau 15, sewaktu saya intip di SERP ternyata artikelnya masih di jajaran 300-an hahahhh..
Bingung juga kalau harus menggunakan kata kunci yang banyak karena tidak menjamin artikel kita nongol di halaman pertama google.

Oiya, kata kunci atau keyword yang di minta harus ada di artikel ini ada juga yang di link ke website atau sosial media si penyelenggara. Tidak apa-apa sih asal tidak lebih dari 2 link keluar.

4. Infografis
Saya bisa sih memakai corel draw sederhana karena dulu memang sempat belajar. Bisa banget kalau corel draw di pakai untuk membuat infografis yang cantik ciamik.
Sayangnya, file aplikasi corel draw ini besar banget, terlalu besar untuk di mainkan di laptop saya yang kemampuannya standar begini. Maka dari itu, kalau ada lomba blog yang mensyaratkan untuk ada berbagai infografis sebagai tambahan penilaian, saya angkat kaki hehehe...

Apa harus pakai corel ? Apa tidak bisa pakai aplikasi lain ? Bisa sih, pakai potoshop atau Canva, aplikasi online. Tapi ya itu, potoshop saya gak terlalu mampu cara memakainya. Canva sih oke banget untuk infografis sederhana tapi kalau harus membuat yang sesuai tema lomba ya agak susah juga.

5. Penyelenggara
Penyelenggara lomba yang baik akan membuat dan patuh kepada rules, syarat ketentuan dan juga mekanisme lomba yang di buat. Soalnya kemarin ada pengalaman nih, lomba blog Vegeblend yang ternyata pengiriman (transfer) hadiahnya aja lamaa banget hingga berbulan-bulan. Alasannya belum semua pemenang data dirinya masuk. Jadi katanya, harus nunggu semua data diri peserta masuk semua baru kemudian di transfer barengan (mungkin). Terus apa gunanya telepon dan nomer handphone ya ????

Lomba blog Beluna apalagi, malah gak ada pemenang lombanya. Semua artikel lomba yang masuk kalah semua dan tidak ada yang menang. Tragis gak sih ??
Jadi mikir 1000 kali kalau mau ikutan lomba dari penyelenggara yang sama.

Beda banget kasusnya saat ikutan lomba blog yang di selenggarakan oleh Blibli atau Blogdetik dan OJK. Mereka tepat waktu banget saat harus mengumumkan pemenang dan juga mengirimkan hadiahnya. Nah, kalau ikutan lomba blog yang penyelenggaranya bonafid seperti ini, gak usah kuatir deh.

6. Hadiah
Untuk lomba blog yang hadiahnya domain dan hosting gratis selama setahun memang saya batasi. karena saya sudah ada 3 blog yang pakai hosting dan domain berbayar. Mayan kan invoice per tahunnya kalau pas tagihan perpanjangan hosting masuk ?

Yang paling fleksibel untuk hadiah, menurut saya ya uang tunai. Meskipun gadget juga gak nolak sih hehehehe....

7. Microsite 
Nah, kalau penyelenggara lomba menyediakan microsite khusus untuk menayangkan artikel dari para blogger atau peserta, akan lebih bagus lagi.
Paling tidak, sebagai sesama peserta kita bisa benar-benar tahu ada berapakah yang mengikuti lomba tersebut.
Apalagi kalau ada tanggal submitnya, akan ketahuan langsung deh yang telat kirim artikel hehehe...

8. Banyak-banyakan share atau komen atau retweet
Well, kalau ada syarat seperti ini, saya juga bakalan mundur teratur. Kenapa ? Takut gak ada yang komen ? Enggak juga, kan kita bisa minta tolong sesama blogger untuk blog walking tapi...tapi....lebih seneng aja kalau mereka komen di artikel saya karena memang tertarik membaca, bukan sekedar bw-bw an.

9. Jumlah PV
PV atau pageview, yang lebih banyak PV-nya yang menang. Well, kalau saya pribadi, sebuah artikel itu berisi atau tidak belum tentu juga berdasarkan page view yang ada. Meskipun memang ada korelasinya yaa...kalau artikelnya bagus harusnya sih juga akan di baca banyak orang.

Tapi tentu saja, selain pihak penyelenggara, kita gak bakalan tahu masing-masing PV para peserta lomba berapa. Jadi, kalau saya sih NO, gak tau Mamas Anang hehehehe....


Hmmmm, apalagi ya....apa teman-teman ada yang mau nambahi ? Berdasarkan pengalaman sendiri atau orang lain mungkin ? Monggo silakan yaa...