5 Resep Perawatan Wajah Homemade (Bisa Jadi Ide Bisnis Lohh ) | Indri Ariadna

Top Social

5 Resep Perawatan Wajah Homemade (Bisa Jadi Ide Bisnis Lohh )

4/26/2017
Pernah mengalami masalah di wajah ? Jerawat, kerutan atau flek-flek hitam? Saya sih iya banget, apalagi usia sekarang sedang ranum-ranumnya menuju ke kepala 4 hehehe. Meskipun gak kelihatan sih kalo sudah umur 39 tahun, rasanya masih saja seperti umur 25 tahun hehehe....#dilemparbakwan.


Padahal sebagai wanita, inginnya saya sih bisa selalu tampil cantik. Koreksi, bukan cantik tapi tampil fresh dan seger gitu. Nah tapi kalau di wajah timbul banyak masalah seperti itu, jadi terganggu dan gak pede pastinya kan ya.

Meskipun sekarang banyak banget pilihan kosmetik wajah yang bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan, tapi saya kurang suka memakai kosmetik. Iya sih, bisa tampil cantik dengan kosmetik tapi kalau kosmetik di hapus.........kelihatan aslinya hahaha...wadohhhh....

Saya lebih suka memilih skincare atau perawatan daripada kosmetik. Istilah kerennya, investasi jangka panjang untuk kulit terutama kulit muka. Kalau bisa, jangan terlalu banyak di bebani terlalu banyak bahan-bahan kimia yang berlebihan.

Kulit muka saya tergolong muka badak. Di templokin apa aja gak gampang break out, semisal retinoid atau vitamin A dosis tinggi. Tapi ada kalanya memakai skincare yang saya pikir aman, eh lha kok malah jerawatan. Mungkin saya tidak cocok dengan bahan tertentu, tapi belum tahu juga sih gak cocok dengan bahan/kandungan yang mana. Jadi, begitu memakai skincare yang kemudian menimbulkan jerawat ya langsung setop deh. 
Lalu bagaimana cara menghilangkan berbagai masalah di kulit wajah kita ? Apalagi yang memiliki kulit wajah sensitif. Karena kulit sensitif memang harus memakai perawatan atau skincare yang benar-benar aman.

Nah, akhir-akhir ini tren kosmetik dan perawatan wajah yang berbahan dasar alami, natural dan organik sedang sangat populer. Salah satu sebabnya karena bahan-bahan yang di gunakan bersifat alami dan natural sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi pemakainya. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif.
Tapi di sisi lain, harga kosmetik alami dan berbahan natural tidak bisa di bilang murah. Tapi, seperti Naruto yang ingin jadi Hokage, jangan menyerah !!!

Tidak ada salahnya kalau kita mencoba membuat sendiri perawatan wajah dengan bahan-bahan alami dan tentunya bahan-bahannya mudah di dapat. Siapa tahu, bisa menjadi ide bisnis juga kan ? Tidak sulit kok membuatnya karena bahan-bahannya juga mudah di dapat.

1. Masker Jerawat


kayu manis untuk menghilangkan jerawat
via pinterest

Bahan:
2 sdm madu
1 sdt kayu manis bubuk
handuk yang sudah di basahi air hangat.
Campurkan madu dan kayu manis bubuk hingga merata dan berbentuk pasta. Bersihkan wajah terlebih dulu sebelum memakai masker jerawat ini ya.
Tunggu hingga 10 - 15 menit atau hingga masker mengering. Bersihkan dengan air hangat, kemudian usap dengan handuk karena pasta masker ini agak lengket.

2. Scrub Penghilang Komedo

madu untuk menghilangkan komedo
via pinterest

Jarang membersihkan muka sehingga komedo muncul di sana-sini ? Padahal kalau wajah kita penuh komedo, bedak tidak akan menempel di kulit wajah. Jadinya malahan kita seakan-akan memakai topeng.

Percaya deh, soalnya saya dulu juga sering banget komedo-an. Kalau pakai bedak, entah bedak tabur atau bedak padat, kelihatan cemong banget. Makanya, kalau komedo udah penuh banget, harus sempetin facial deh.

Gak punya waktu ke salon ? Manfaatkan saja resep mudah ini. Bahannya bisa kita dapatkan di dapur loh. Untuk resep praktis menghilangkan komedo, kita hanya perlu 3 bahan simpel ini.
Bahan:
1/2 sdt madu
2 sdt air perasan jeruk lemon
2 sdt Baking Soda
Campur ketiga bahan hingga rata. Bersihkan wajah terlebih dahulu ya. Setelah wajah bersih, totolkan scrub ke area komedo. Tunggu hingga 5 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk dan aplikasikan pelembab. Done....:)

3. Lip Balm

pelembab bibir homemade
via brit.co

Pelembab bibir ini penting juga loh. Apalagi buat saya yang tinggal di dekat garis khatulistiwa yang cenderung lebih panas dan kering di banding daerah lain.
Bibir bisa pecah-pecah kalau tidak sering-sering memakai pelembab bibir.

Memang sih, di pasaran banyak banget di jual berbagai merek pelembab bibir dari harga murah sampai mahal. Tapi kalau mau belajar membuat sendiri, ini nih resepnya.

Bahan :
3 sdt Beeswax butiran
2 sdt Shea Butter
4 sdt Minyak Kelapa/Minyak Almon/Minyak Zaitun/Minyak Biji Anggur (pilih salah satu)
10-20 tetes minyak esensial
Lelehkan beeswax, shea butter dan minyak kelapa menggunakan microwave selama 30 detik. Setelah meleleh, aduk rata kemudian masukkan minyak esensial.
Setelah tercampur, masukkan ke dalam wadah dengan hati-hati dan biarkan hingga dingin sebelum di gunakan.

Supaya terjaga kandungan alaminya, pilih wadah yang memiliki tutup rapat ya. Kalau perlu, masukkan pelembab bibir ke dalam kulkas supaya lebih tahan lama.

4. Body Butter Coconut Oil

santan kelapa bahan body butter coconut oil
via physiquefood.co.za

Nah, kelapa sangat mudah di temukan dan juga harganya sangat terjangkau. Minyak kelapa bisa di dapat dari memanaskan santan kental hingga mendidih dan mengeluarkan minyak.

Bahan:
1/3 cup Minyak kelapa organik
1/3 cup Cocoa Butter
1 sdt Madu
2 sdt Minyak zaitun
5-10 tetes citrus, Grapefruit, Peppermint atau minyak Lavender
Campur dan kocok semua bahan menggunakan mikser hingga lembut dan bertekstur creamy. Pindahkan ke dalam mason jar atau wadah dengan penutup. Body butter siap di gunakan. Simpan di kulkas setelah pemakaian.

5. Pelembab Wajah

santan kelapa bahan pelembab wajah alami
via vemale.com

Masih berbahan kelapa, tapi di ambil santan kentalnya sebagai bahan utama pelembab wajah.

Bahan :
1/2 cup santan kental
1/2 sdt. minyak Vitamin E
10-15 tetes minyak esensial favoritmu.
Campur dan kocok semua bahan menggunakan mixer hingga halus dan creamy.
Pindahkan ke dalam wadah bersih dan berpenutup atau tube. Gunakan 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Simpan di tempat kering atau bisa di simpan di kulkas.
Nah, bagaimana ? Mudah kan ? Semoga menginspirasi ya..
Post Comment
Post a Comment

Please comment here :

Auto Post Signature