Pulau Dewata Bali, selain terkenal akan keindahan alam dan terutama pantai-pantainya, juga menyimpan banyak kuliner khas yang harus dan wajib di coba saat kita traveling ke sana.

Meskipun tidak semua masakan atau kuliner tersebut bisa di konsumsi karena ada beberapa kuliner khas yang non-halal tapi kita bisa pilah pilih kuliner yang sesuai dengan selera tentunya.


sate lilit
via anandatour
Banyak sekali kuliner khas Bali yang sangat terkenal, namun mari kita lihat 5 saja ya. Apa saja sih ? Ini nih menu-menu kulinernya :

1. Sate Lilit
Sate lilit khas Bali terbuat dari daging giling, bisa daging sapi, daging ayam, daging babi dan di campur dengan berbagai bumbu. Bumbu khas sate lilit biasanya terdiri dari : kelapa parut, santan kental, jeruk nipis dan merica. Untuk menambah rasa dan aroma, tusuk sate tidak terbuat dari lidi melainkan dari batang sereh/serai. Sate lilit ini cocok banget di sajikan dengan nasi panas.

2. Nasi Tepeng
Nasi Tepeng adalah menu sarapan khas masyarakat Gianyar, Bali. Rasanya pedas dan mengandung banyak rempah-rempah. Nasi Tepeng di sajikan dengan berbagai macam sayur-sayuran seperti nangka muda, kacang panjang, terong, daun kelor dan kelapa parut.

3. Nasi Jinggo
Nasi Jinggo mirip dengan nasi kucing Semarangan. Nasi putih di sajikan dalam bungkus daun pisang dengan lauk pauk dan sambal. Lauk pauknya terdiri dari sambal goreng, serundeng dan ayam suwir.

4. Bebek Betutu
Sajian khas bebek ini dahulu adalah sajian khusus untuk para raja-raja. Bebek yang sudah di bumbui kemudian di bungkus daun pisang dan di bakar dalam sekam. Butuh beberapa jam supaya bebek betutu siap di santap. Pengolahan yang masih tradisional dan juga pembakaran khas memakai sekam membuat rasa dan aroma bebek betutu sangat gurih dan laziz. Siapkan nasi putih yang banyak ya ^^

5. Bubur Mengguh
Sajian bubur bisa jadi agak berbeda di setiap wilayah. Misal bubur ayam bandung, bubur ketan hitam dll. Bubur Mengguh khas Bali merupakan kuliner khas dari Buleleng. Berbeda dengan sajian bubur pada umumnya, sajian Bubur Meguh selain di lengkapi dengan ayam suwir dan santan kental, juga di lengkapi dengan urap sayur yang di sajikan terpisah. Unik ya ^^


Nah, bagaimana ? Laziz kan kuliner khas Bali ini ? 

Pastinya, bukan hanya Pantai Kuta Bali yang menarik wisatawan, kuliner-kuliner khas Bali juga layak banget di coba. Di jamin kalian bakalan ketagihan deh ^^


Sumber :
Wikipedis.org
Klikhotel.com