Top Social

5 Tips Merawat Blog ala Indri Ariadna

3/23/2017
Ibarat rumah, blog juga harus sering-sering di bersihkan loh.  Saya sih lebih seneng bersih-bersih blog daripada bersih-bersih rumah bhuahahahaha....gak capek.

Kalo rumah sungguhan harus di bersihkan setiap hari, blog juga sama, kita harus menyediakan waktu-waktu tertentu supaya blog kita tetap terawat.

Lalu kapan tepatnya kita harus bersih-bersih blog ? Memang sih saya tidak ada waktu khusus semisal harus seminggu sekali atau 3 hari sekali. Seingatnya aja, soalnya blog juga belum besar banget ya. Tapi akan lebih baik kalau kita membuat jadual waktu semacam alarm untuk bersih-bersih blog.

5 tips merawat blog
via pixabay edited by indriariadna.com


Nah ini beberapa hal yang masuk ke kategori "pembersihan" ala saya ada beberapa nih seperti di bawah ini :

1. Link keluar
Setiap kali saya mengikuti lomba blog, yang sering kalah dari pada menangnya hahah pasti kan ada ya syarat ketentuan bahwa kata kunci harus ngelink ke website-nya si penyelenggara lomba atau ke landing page tertentu.

Nah, setelah lomba usai, biasanya semua link-link keluar saya remove. Memang harus di remove ? Kalau saya sih iya, karena saya tidak mau ada terlalu banyak link keluar dari blog saya ini.

2. Banner di sidebar
Ada kalanya juga, di beberapa lomba yang saya ikuti, harus memasang banner di sidebar blog yang tentunya nge-link ke website ke penyelenggara. Ini juga saya bersihkan kalau waktu lombanya sudah usai. Selain biar blog kembali tampil rapi, toh juga sudah tidak berfungsi lagi ya toh ?

3. Penayangan Artikel 
Bingung gak ? Maksudnya begini, ada beberapa artikel yang sudah tayang di blog ini dan harus saya masukkan lagi ke draft karena satu dan beberapa sebab. Di bawah ini beberapa contoh mengapa artikel yang sudah tayang harus masuk kandang lagi.

Contoh :

  • Sponsored post atau content placement yang lamaaaa banget pembayarannya dan cenderung gajebo padahal artikel sudah tayang beberapa lama.
  • Content placement yang terlanjur tayang tapi di minta masukin ke draft lagi oleh klien karena titik titik. Pernah salah paham gara-gara di pikir dia blog ini DA-nya sudah 25 gitu wkwkwk
  • Artikel untuk lomba yang ternyata penyelenggaranya gajebo. yang ini beneran bikin males banget. Contoh nyata adalah lomba blog Beluna. Saya bikin artikel untuk lomba ini yang ternyata waktu lombanya di perpanjang beberapa bulan dan kemudian di infokan oleh adminnya bahwa tidak ada pemenang satupun. Nah daripada gak asyik, ya udah artikelnya masuk kandang lagi, beres.

4. Kategori/Label
Ada beberapa kategori yang memang saya buat khusus untuk lomba blog atau lomba SEO semacam lomba blog Staedtler, Glorimelamine dan Melaminemall. Pernah baca sih, kalau penempatan label atau kategori atau banner di sidebar akan lebih jozzz. Bener gak sih ?
Setelah jangka waktu lomba selesai, kategori-kategori dan label-label ini juga akan selesai ^^

5. Broken Link
Dulu saya gak tahu kalau pas komen di blog orang itu gak boleh pakai link hidup. Karena kalau pas artikel atau blog kita udah gak aktif, berpengaruh juga di tempat kita ninggalin link-link macam komentar pas blog walking.

Nah, meskipun sudah sering banget di informasikan dan di beritahu tapi kadang ada aja teman-teman yang ninggalin link hidup di kolom komentar. Makanya butuh beberapa waktu juga untuk cek broken link di blog kita, ada atau tidak.

Kalau ternyata ada broken link, ya harus di hapus satu-satu dan percayalah...kalau cuma 1 atau 2 sih masih enteng ya beibb. Tapi saya pernah menghapus puluhan broken link sampai juling. Waktu itu ikut lomba blog yang mensyaratkan harus ada 10 minimal komentar atau berapa ya lupa, jadi kami para blogger yang ikutan lomba, riwueh blogwalking kesana-kemari. Komentar di artikel saya banyak banget bleh, dan ujung-ujungnya banyak juga yang ninggalin link hidup di komentar.

Terus? Menang lombanya ? Enggak.....^^ Pun saya juga sudah mengundurkan diri sebagai anggota dari komunitas blog tersebut. Jangan tanya kenapa ya.

Well, secara garis besar, inginnya saya sih blog ini terlihat rapi dan bersih itu saja. Bersih luar dalam hahaha jadi sebisa mungkin saya bersihkan setiap waktu pokoknya. Biar jualan lapaknya juga makin ramai hehe.

Teman-teman, melakukan ini juga gak ? Atau ada tips yang lain yang saya belum tahu, share dong...yess ?

2 komentar on "5 Tips Merawat Blog ala Indri Ariadna"
  1. tips yang pertama selalu saya lakukan, hihi, kalau kalah semua link saya hapus, kalau menang ya saya biarkan, banner2 yang ada di post saya biarkan juga, tapi linknya saya mati kan.

    BalasHapus
  2. hahaha sama banget dong kaya saya ^^

    BalasHapus

Please comment here :

Auto Post Signature