3/12/2017

Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Harus Berhati-hati Dengan Asap Rokok

Seperti yang sudah banyak kita ketahui, calon ibu dan ibu hamil harus benar-benar menjaga kesehatan dan terutama kesehatan janin agar buah hati bisa lahir dengan selamat tak kurang suatu apapun.

Saat ibu sedang hamil, bukan hanya ibu saja yang membutuhkan berbagai nutrisi tetapi calon bayinya juga. Apapun yang di konsumsi atau di makan si ibu, calon bayi juga bisa merasakannya loh. Apalagi kalau ibu hamil sedang mengalami stress, calon bayi juga akan ikutan stress.

lactamil
via pexels


Itulah mengapa banyak sekali saran untuk ibu hamil supaya jangan stress, jangan makan ini jangan makan itu karena apapun yang masuk ke tubuhnya juga akan masuk ke tubuh calon anaknya.

Ibu sedang hamil dan aktif merokok ? Hati-hati dengan fakta tentang ketuban pecah secara dini ya. Bukannya ingin menakuti-nakuti tetapi memang denikianlah fakta yang sebenarnya.

Saat belum cukup bulan untuk melahirkan namun terjadi pecah ketuban dini, ada beberapa risiko yang di hadapi oleh ibu hamil di antaranya :

  • Bayi lahir prematur
  • Tali pusat janin putus
  • Meningkatnya risiko terjadinya plasenta tertinggal sebagian atau seluruhnya di rahim.
  • Kuman dapat berpindah masuk ke dalam kantung ketuban sehingga dapat menyebabkan infeksi dalam rahim
  • Risiko bayi mengalami cacat dan atau kematian
Risiko-risiko yang mungkin terjadi ini bisa di hindari apabila kita tahu apa yang baik dan apa yang tidak baik yang harus di hindari. Ya,, contohnya menghindari rokok dan asap rokok sebisa mungkin.

Perokok, baik perokok aktif dan perokok pasif sama-sama berbahaya. Beberapa waktu lalu, saya sempat BBM-an bertukar kabar dengan teman masa kuliah dulu. Dia bilang sedang bela sungkawa karena keponakannya yang baru berusia 3 bulan meninggal dunia. 

Sempat kaget, saya tanya sakit apa ? Teman saya bilang sebenarnya keponakannya tidak sakit tapi kata dokter yang memeriksa, karena terlalu banyak menghirup asap rokok dari bapaknya yang perokok aktif dan paru-paru si bayi tidak kuat. Untuk di ketahui, asap rokok bisa menempel di baju, jok kursi, seprai, bantal dan juga saat kita menggendong atau menimang bayi.



risiko ketuban pecah dini
via pixabay


Secara tidak sadar dan tidak sengaja, orangtuanya sudah mencelakai anak sendiri. Tapi bisa apa ? Sudah terlanjur terjadi dan yang tinggal hanya penyesalan.

Jadi, sebenarnya bukan hanya ibu atau calon ibu saja yang harus menghindari rokok. Semua anggota keluarga juga harus memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi ibu hamil dan calon bayi.

Pengalaman saat saya hamil dulu (suami saya juga merokok) , kalau suami ingin merokok saya suruh keluar dulu dari rumah karena hamil atau tidak hamil saya tidak tahan dengan bau asap rokok. Membuat saya pening dan mual. Untungnya suami saya bukan orang yang kecanduan rokok banget karena sehari paling dia merokok sebatang 2 batang. Walaupun inginnya saya sih dia stop merokok.

Di negara-negara maju, harga sebungkus rokok di bandrol sangat mahal supaya hanya orang-orang tertentu (orang dewasa) yang bisa membeli rokok. Dan memang, penjualan rokok di luar negeri tidak sembarangan, ada aturan anak di bawah umur bahkan tidak boleh membeli. Apalagi mengkonsumsi.

Mengingat risiko yang tinggi seperti ini, untuk calon ibu, yuk berikan pengertian kepada semua anggota keluarga di rumah akan pentingnya hidup sehat ya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

4 komentar

Asap rokok memang gak baik buat kesehatan mbak hihihi...

Balas

DUh jauh2 deh dari asap rokok, mba :(. Apalagi buat ibu hamil

Balas

iya mb Alida, bahaya banget buat ibu hamil dan bayi

Balas

Please comment here :