2/17/2017

Yuk Mengenal 5 Masakan Khas Kalimantan Tengah

Sedang traveling di Kalimantan Tengah ? Pastikan saat sedang berada di sini, kamu harus mencoba berbagai kuliner anti mainstream khas Kalteng.


taman hijau yos soedarso
taman Yos Soedarso, dokpri


Mengapa anti mainstream ? Karena ada beberapa bahan yang mungkin tidak pernah terpikirkan akan dipakai sebagai bahan masakan apabila kita berada di pulau Jawa. Seperti batang rotan muda, buah sawit muda dan kelelawar.

Saya tidak akan menampilkan masakan kelelawar karena saya sendiri agak gimana gitu lihat makhluknya. Skip yang ini ya...setuju kan..?

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa, mungkin akan terasa aneh masakan-masakan khas ini. Tapi kuliner khas Kalimantan Tengah ini wajib banget di coba loh. Sensasi rasa dan bumbunya sangat berbeda sekali dengan masakan pada umumnya.


5 Masakan khas Kalimantan Tengah yang wajib di coba di antaranya :

1. Ayam Kandas Sereh





  • ayam kandas sereh
    via masakanspesial.com


  • Ayam Kandas Sereh hampir mirip dengan ayam suwir namun penggunaan bumbu masakan ayam kandas sereh ini menggunakan lebih banyak sereh/serai sehingga rasa yang di hasilkan cenderung pedas. Batang sereh muda juga ikut di potong-potong kecil dan di urap dalam masakan. Rasanya pedas menggugah selera.

    2. Ketupat Kandangan


    kandangan
    via bentara.id

    Menu ketupat kandangan hampir bisa di temui di sepanjang jalan di warung kaki lima di Kalimantan Tengah. Ikan Haruan atau ikan Gabus menjadi pendamping lauk ketupat berkuah ini.
    Sebelum di masak, ikan harus di asap terlebih dahulu. Mungkin biar ada aroma khas gitu ya. Uniknya, kita di haruskan makan tanpa sendok, huum..harus memakai tangan meskipun masakan ini berkuah. Unik kan ?


    3. Iwak Wadi


    iwak wadi
    dokumen pribadi, iwak wadi
     Masyarakat di Kalimantan Tengah menyebut ikan dengan iwak, hampir mirip bahasa Jawa ya ? Kalimantan Tengah sangat kaya akan hasil ikan air tawar. Salah satu di antaranya adalah ikan Bapuyu/Papuyu atau kalau di Jawa di sebut ikan sepat/sapat.

    Wadi sejatinya adalah cara mengawetkan ikan yaitu dengan cara di fermentasi menggunakan garam dan bumbu. Ikan yang akan di wadi di cuci bersih terlebih dahulu kemudian baru di beri bahan pengawet alami yaitu garam dan beras sangrai tumbuk. Ikan Wadi bisa bertahan hingga setahun loh.

    Cara memasak ikan wadi sederhana saja, di goreng hingga kering atau di pepes. Aroma beras sangrai tumbuk memberikan aroma khas yang sangat gurih. Kalau saya lebih suka di goreng kering, enak banget untuk teman makan nasi.


    4. Karuang


    karuang
    via kooliner.com

    Karuang atau Kalumpe adalah masakan khas Dayak yang terbuat dari daun singkong yang di tumbuk halus. Mirip sayur oblok-oblok kalau di Jawa. Cocok di sajikan dengan nasi panas, sambal terasi dan ikan lais goreng.

    5. Juhu Umbut Rotan

    juhu umbut rotan
    via perutgendut.com

    Salah satu kuliner unik dan ekstrim khas Kalimantan Tengah adalah masakan yang terbuat dari batang rotan muda. Rasa masakan ini khas banget,  agak sedikit pahit tapi gurih segar. Batang rotan muda di potong kecil-kecil kemudian di masak bersama dengan ikan baung  atau ikan haruan dan berbagai bumbu. Nikmat...


    ***

    Bulan Februari ini identik dengan musim hujan, benar tidak. Sudah beberapa hari ini hujan turun di kota Palangkaraya, jadi males kalau mau keluar rumah. Dingin banget soalnya.

    Tapi meskipun hujan, acara minum kopi bareng suami tetep jalan terus dong. Sehari kita bisa 3 kali ngopi plus di temani camilan ringan macam rempeyek kacang, roti kasur, atau wadai. Wadai itu istilah orang Kalimantan merujuk pada berbagai macam jajanan. Bisa lemper, bakpao, risol, macam-macam makanan kecil di sini di sebut wadai.

    Untuk teman-teman yang suka sekali makan kudapan atau cemilan, bisa banget loh beli online di Omiyago, toko online oleh-oleh. Di Omiyago, kita bisa berbelanja online semua cemilan enak dan khas seperti abon kepiting, pia Semarang, kopi Pontianak dan masih banyak lagi.
    Gak harus pergi ke kota tertentu untuk mendapatkan oleh-oleh khasnya. Hemat waktu dan irit uang
    kan ?..

    Nah, supaya lebih menambah pengetahuan tentang destinasi wisata di Indonesia, kuliner dan budaya khas Indonesia, kita bisa mengunjungi : telusuRI.org

    Mari kita lestarikan kuliner asli Indonesia :)

    Artikel ini saya ikutsertakan dalam lomba blog Omiyago Blog Competition
    Blogger
    Disqus
    Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

    2 komentar

    Makan ketupat yang pakai tangan ini yang cukup unik. Dan yang makanan terakhir ini, rotan muda.

    Balas

    huum, rasanya juga unik, di jawa gak ada..ya iyalah ^^

    Balas

    Please comment here :