2/23/2017

Freelancer, Lifestyle dan Jaminan Hari Tua


Bekerja sebagai freelancer artinya tidak ada penghasilan tetap.

Ya, saya sekian lama menekuni dunia freelancer sejak 8 tahun lalu. Menjadi sales dan marketing freelance di salah satu perusahaan furniture. 3 tahun terakhir  ini saya banting setir menekuni dunia blogger.


bahagia di hari tua
bahagia di hari tua sebagai freelancer

Tentu semua orang tahu, freelancer tidak mendapat jaminan penghasilan yang tetap setiap bulannya. Tidak seperti pegawai atau karyawan kantoran yang mendapatkan gaji setiap bulannya.

Bagaimana bisa menata hidup dengan jaminan pendapatan yang tidak pasti ? Apakah tidak takut ? Tidak, karena saya percaya setiap orang mempunyai rejekinya sendiri-sendiri.
Bila di hari tua dan di usia pensiun ada orang yang kesulitan hanya untuk sekedar hidup pasti di saat muda mereka melakukan sesuatu yang salah. Mungkin mereka boros dan tidak mempunyai simpanan uang saat pensiun, mungkin mereka tidak mempunyai asuransi dan masih banyak lagi.

Menata hidup dan bercita-cita bahagia di hari tua, haruslah di lakukan saat kita masih muda dan masih bisa memperoleh pendapatan. Dari pendapatan kita sedari muda, sekian persen harus kita sisihkan untuk dana pensiun kita nanti.


menyiapkan jaminan hari tua
bahagia di hari tua
Apakah tidak berat hati saat kita pensiun nanti kita malah merepotkan anak cucu ? Bukan contoh yang baik untuk di tiru dan seharusnya kita sebagai orang tua malahan yang harus membantu mereka sebisa mungkin untuk menjalani hidup.

Banyak sekali contoh orang-orang kaya semasa muda tapi mendadak menjadi miskin saat usia pensiun. Rumah di jual, mobil di jual, dari rumah gedong saat muda dan berubah menjadi rumah petak di hari tua.

Seharusnya usia pensiun tidaklah harus mengubah lifestyle kita semasa muda. Mungkin ada yang hobi traveling atau jalan-jalan ? Hobi nge-mall tiap minggu? Hobi nonton bioskop ?Atau hobi mendandani otomotif ?
Bagaimana kita bisa tetap memelihara hobi kalau kita tidak mempunyai jaminan keuangan di masa pensiun kita ?


cita-cita saat pensiun
salah satu cita-cita saat pensiun

Jadi harus bagaimana ?

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bukan hanya freelancer, semua kita harus bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk menghadapi masa pensiun. 

Ada beberapa alternatif cara menyimpan dana untuk persiapan pensiun antara lain :
1. Membuka Deposito
2. Membuka rekening tabungan dana pensiun di bank
3. Membeli emas batangan
4. Ikut asuransi jiwa dan kesehatan
5. Investasi reksadana
6. Mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah transformasi dari PT Jamsostek yang di percaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja dan penambahan program Jaminan Pensiun.



Produk layanan BPJS Ketenagakerjaan meliputi :
1. Program Jaminan Hari Tua
2. Program Jaminan Kecelakaan Kerja
3. Program Jaminan Kematian
4. Program Jaminan Pensiun
5. Jasa Konstruksi
6. Bukan Penerima Upah

Sebagai seorang freelancer, saya membutuhkan Jaminan Hari Tua. Mengapa ? Supaya saat saya pensiun nanti saya sudah terjamin dan tidak perlu susah payah memikirkan dana kebutuhan sehari-hari.

Apa yang akan saya dapatkan saat saya mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan dan mengambil program jaminan hari tua ?

Saya akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai yang besarnya merupakan akumulasi iuran di tambah dengan hasil pengembangannya dan saya akan menerima dana ini apabila :
1. Saya berusia 56 tahun
2. Saya meninggal dunia
3. Saya mengalami cacat total tetap

Saat berusia 56 tahun nantinya saya percaya bahwa saya dan suami masih sehat dan akan melakukan semua hal yang menjadi cita-cita kami saat pensiun.

Mau tahu cita-cita saya dan suami saat pensiun 20 tahun yang akan datang ?



Cita-cita kami saat pensiun nanti :
1. Traveling bersama keliling Indonesia dan keliling dunia
2. Hidup dengan berkecukupan sesuai lifestyle masa muda
3. Biaya kesehatan terjamin
4. Membantu anak-anak kami dalam hal keuangan apabila di perlukan
5. Membuka perpustakaan untuk anak-anak

Jadi, siapa bilang saat usia kita sudah tidak produktif lagi kita akan menikmati hidup tanpa tujuan ?
Jangan lupa bahwa kita semua memerlukan jaminan, terutama jaminan supaya hidup kita 10 tahun lagi atau 20 tahun lagi akan tetap terjamin setiap harinya, tanpa merepotkan anak-anak kita.
BPJS Ketenagakerjaan adalah pilihan paling pas karena program ini memang di rancang oleh pemerintah untuk semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Yuk, bahagia di hari tua :) 

Artikel ini di ikutsertakan untuk lomba blog BPJS Ketenagakerjaan #Lifestyle #Pensiun

Sumber gambar : pexels dan di edit oleh indriariadna.com

Disclaimer! Hasil karya adalah di luar tanggung jawab otoritas BPJS Ketenagakerjaan dan blogdetik




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Please comment here :