Bawa bekal ? Ahh seperti anak kecil saja. Ehh jangan salah ya, membawa bekal mempunyai segudang manfaat buat kita.

Selain karena kebersihan makanan yang terjamin karena kita memilih bahan dan memasak sendiri, pastinya dengan membawa bekal kita pun juga bisa menghemat pengeluaran.😎

Dulu saat saya bekerja kantoran, saya sering sekali membawa bekal. Mungkin karena terbawa lingkungan sebab banyak teman sekantor (terutama perempuan) yang membawa bekal juga.

Maklum, cuaca dan udara panas di daerah tempat kantor saya berada dulu sangat tidak bersahabat. Males aja kalau untuk sekedar makan harus berpanas-panasan karena harus keluar kantor.

Emang gak ada warung ? Ada sih, tapi males banget sama penjualnya, sadis bin galaknya ajib banget, udah gitu suka ngemplang harga.

Kebanyakan dari kami memilih membawa bekal karena setelah makan bisa langsung molor alias tidur siang 😁

Mungkin ada yang berpikir membawa bekal itu merepotkan dan enggak banget. Hayo siapa ??

Please jangan berpikir seperti itu. Mending repot dikit tapi kesehatan terjaga, iya gak ? Mau tertular hepatitis ? Atau alergi ? Enggak kan ya. Maka dari itu salah satu cara proteksi ya kita harus memasak makanan sendiri.

Banyak banget loh menu-menu bekal yang mudah dan praktis banget di buat asalkan kita mau sedikit bereksperimen.

5 Ide bekal ini bisa banget di contek dan pastinya yummy banget 😃:

1. Onigiri

onigiri
via japan center

Onigiri ini adalah menu bekal favorit orang Jepang. Mudah banget di buat karena onigiri ini terbuat dari nasi yang di kepal dan bisa di bentuk segitiga atau bulat.

Meskipun onigiri berasal dari Jepang tapi kita boleh kok membuat dan mencontek resepnya. Pastinya yang sesuai dengan lidah kita masing-masing.

Onigiri bisa di isi bermacam-macam sesuai keinginan dan selera. Contoh isian misalnya : abon, suwir ayam atau tuna kalengan.

2. Bento

bento
vi Pinterest


Bento ini lebih bervariasi isiannya, empat sehat 5 sempurna deh. Cocok banget untuk bekal makan siang.

Contoh bento di atas terdiri dari : salad ayam, kacang polong kukus, kentang rebus, crackers, buah pear, strawberry dan cherry celup cokelat.

Meskipun agak sedikit repot, tapi membawa bento ini worth it banget.

3. Tempe BBQ

tempe BBQ
via thechiclife.com

Ternyata tempe sudah sangat terkenal di mancanegara loh, kita patut bangga. Mereka menyebutnya "Tempeh".

Mengapa tempe sangat favorit ? Karena tempe mengandung protein yang cukup dan mudah banget di padupadankan dengan berbagai bahan masakan.

Menu di atas ini terbuat dari tempe loh, di masak dengan bumbu barbeque. Atau bisa juga di masak ungkep manis lalu di goreng. Pas banget untuk menu bekal makan siang bersandingkan nasi dan sayur.

4. Salad Alpukat

salad alpukat
via Pinterest


Sedang musim buah alpukat ? Yuk jangan ragu berkreasi dengan buah alpukat untuk bekal makan siang.

Pilih buah alpukat yang sudah matang, belah 2 dan keruk isinya. Untuk isian, kita bisa campurkan tuna kalengan, air perasan jeruk nipis, irisan bawang merah, seledri cincang, sedikit lada dan garam.

Aduk kemudian letakkan isian di atas buah alpukat seperti foto di atas. Pasti yummy...

5. Sandwich

sandwich
via Pinterest


Nah, ini nih menu bekal sejuta umat karena mudah banget di buat dan di padu padankan.

Supaya bekal sandwichmu lebih nikmat dan sehat, gunakan roti gandum utuh dan hindari roti tawar putih. Mengapa ? Karena roti gandum mengandung lebih banyak serat daripada roti tawar putih. Lebih banyak serat berarti lebih bagus untuk pencernaan kita tentunya.

Roti gandum utuh mengandung lebih banyak serat yang bagus untuk pencernaanmu loh.

Kita bisa mengisi lapisan sandwich dengan irisan mentimun, tuna kaleng atau irisan ayam bakar, selada, bawang bombay, mayonaise dan saus.

Gimana ? Mudah kan ?

Yuk jangan ragu untuk mulai membawa bekal  💓