1/24/2017

Wirausaha Muda #2 : Berawal Dari Hobi Jadi Bisnis

Jangan memandang remeh hobi hanya karena hobi bukanlah merupakan pekerjaan tetap atau bahkan belum bisa menghasilkan pemasukan untuk kita saat itu.

Coba deh, baca berbagai media yang banyak mengulas tentang wirausaha. Bisa di pastikan, para wirausaha ini sebenarnya tidak berniat jualan pada awalnya. Tapi kalau rejeki ya, huum, semakin kreatif maka di pastikan akan semakin banyak peminat dan pelanggan deh.

Dari hobi saja awalnya, kemudian malah berkembang menjadi sebuah bisnis. Dan biasanya, itu tanpa ada bisnis plan segala lo, mengalir begitu saja.

Oke, kali ini saya ingin mengupas tentang hobi membuat kerajinan tangan crafting dengan bermacam produk boneka lucu imut menggemaskan.

Mari berkenalan dengan GSH aka Gemma Swastie Handmade yang di gawangi oleh wirausaha muda bernama Darum Santi.

gemma swasti handmade
Darum Santi ownernya GSH


Pertama kali mendengar namanya, terkesan unik banget jadi saya bertanya langsung dengan si empunya perihal pemberian nama ini.

Ternyata, Gemma Swastie Handmade memang mempunyai arti yang unik.

Gemma : di ambil dari nama baptis atau santa pelindung Darum yaitu Gemma Galgani

Swastie : di ambil dari penggalan kata om swastiastu, salam yang di ucapkan oleh pemeluk agama Hindu saat berjumpa dengan orang-orang.

Handmade : karena di kerjakan manual dengan tangan dan bukan mesin

Jadi, arti nama dari GSH adalah salam damai dari Gemma (Darum) begitu teman-teman. Unik banget kan ?

GSH bermula dari hobi dan mulai serius di kerjakan sekitaran bukan Juli 2011 dengan modal awal Rp. 250.000,--

Bayangkan. modalnya terjangkau banget kan ? Jadi kalau ada yang bilang tidak bisa memulai bisnis karena terkendala modal alias tidak punya modal, tanya deh sama Darum 😀

Meskipun Darum juga pernah bekerja kantoran dan juga pernah berprofesi sebagai guru, nyatanya kecintaan akan dunia crafting tidak bisa hilang begitu saja. Berusaha sendiri, itu sudah impian sejak lama katanya. Keinginan untuk berkarya dan menghasilkan sesuatu akhirnya melahirkan GSH.

Nah, mau tahu produk-produk unyu apa saja yang bisa di pesan di GSH ? Yuk mari kita lihat satu persatu :

gemma swastie handmade
souvenir natal

gemma swastie handmade
souvenir ultah


gemma swastie handmade
zip pouch - produk best seller



Lucu-lucu kan produknya, itu masih beberapa loh padahal masih ada banyak lagi produk-produk lucu lainny yang bosa di pesan di sini.

Rentang harga mulai dari Rp. 5000,-- up tergantung model dan tingkat kesulitan ya. Ohya, karena di buat handmade, teman-teman kalau mau pesen harus order dan antri dulu sesuai order yang masuk ya. Nanti akan di layani satu-satu. Lama proses pengerjaan bisa seminggu, 2 minggu bahkan dalam hitungan bulan menyesuaikan orderan yang sudah lebih dulu masuk.

Beberapa cara promosi yang di lakukan GSH adalah menjaga hubungan baik dengan para customer tentunya, supaya mereka repeat order terus dong 😊 , promosi dari mulut ke mulut, promosi di media sosial. dan juga mengikuti bazaar dan pameran.

Selain itu, GSH juga gak segan-segan untuk memberi bonus untuk para customer-nya, terutama di hari spesial mereka wahhh ......  asiikkk kannnn .

Saat saya bertanya, apakah sekarang ini GSH sudah seperti apa yang kamu harapkan, Darum menjawab : "sejujurnya belum sesuai harapan karena terkendala faktor modal (yang lebih gede) dan tempat serta kesibukan ownernya." Begitu katanya.

Hal itulah yang menjadikan promosi jadi kurang maksimal yang akhirnya berpengaruh ke omset serta pendapatan yang belum stabil.

Untuk sistem penjualan, GSH memang masih made to order (pesan dulu baru di buat) dan belum ada rencana untuk berjualan via reseller atau dropshipper. Jadi yang mau pesan ya harus cuzz langsung pesan ke empunya GSH.

Kabar baik nih, untuk teman-teman yang menyukai kerajinan atau crafting, GSH sudah menerbitkan buku loh, ini dia penampakannya :

buku kreasi souvenir pernikahan
buku GSH

Buku ini sudah rilis tahun 2014 silam, hebat kan GSH ? Buku ini bisa kita dapatkan di toko-toko buku. Saya pribadi berasa baper gimana gitu, temen saya sudah berhasil menerbitkan buku karyanya sendiri. Salut banget deh buat Darum..

Eh, ada info baru lagi nih. GSH juga sangat peduli akan pendidikan anak usia dini. Di buktikan dengan di buatnya berbagai produk boneka jari, boneka gigi, busy book dan juga boneka tangan.


produk boneka gigi
boneka gigi


Untuk acara-acara spesial atau untuk souvenir, produk yang banyak di pesan adalah asesoris berbentuk gigi, dompet resleting, tempelan kulkas berbentuk jawa couple, serta tempat pensil.

souvenir pernikahan adat jawa
souvenir pernikahan

Jadi, kalau boleh saya bilang, kalau kita menyukai hobi tertentu, seriuslah dan beranilah untuk bermimpi "besar".

Boleh saja kita ingin mecontoh suatu produk atau usaha orang lain tapi kalau kita tidak mempunyai skill, keunikan khusus dan hati di sana ya percuma saja. Sekali lagi, percayalah.

Namun, dari hobi yang di pandang remeh temeh, terkadang Tuhan menyelipkan rejeki kita di sana. Percaya gak? Udah..percaya aja hehe.

Jangan takut mencoba, jangan takut jatuh. Yuk, mari kita memulai berwirausaha terutama untuk adik-adik, keponakan yang masih muda belia 😉


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Please comment here :