Top Social

7 Tips Menulis Artikel ala Blogger Pemula

1/26/2017
Sebenarnya sih, saya juga gak jago-jago amat nulis artikel. Apalagi artikel buat lomba blog, baru cari tema yang cocok aja biasanya sampai deadline gak ketemu juga 😁

Tapi ga papa kan ya sharing pengalaman sebagai sesama blogger pemula, siapa tahu kita bisa berbagi pengalaman di sini.

Bagi para blogger dengan jam terbang tinggi atau penulis handal sih mungkin lebih mudah menentukan tema atau topik tanpa perlu membuat kerangka artikel. Mengalir lah begitu ya..

7 tips menulis artikel ala blogger pemula
via pexels


Kalau untuk blogger pemula seperti saya ? Baru nongkrong di depan laptop ehh udah males duluan. Seringnya malah nyasar ke toko online atau malah ngemil di depan laptop hahak.

Atau bingung, gak tau harus nulis apa. Atau kalimat pertama enaknya bagaimana ...

Nah, kalau ada yang seperti saya nih, tips ala saya ini mungkin bisa membantu.

Oke yuk langsung cuzz :

1. Niche blog
Nah, ini nih yang seringkali membuat saya bingung, karena terus terang aja blog saya ini gak punya niche atau kategori tertentu. Agak gado-gado meskipun lebih banyak ke kewirausahaan, kuliner dan traveling. Itu juga hasil di beritahu editor saya.

Jadi, setelah tema blog saya agak jelas, saya kemudian memperbanyak artikel di 3 tema/niche tersebut. Meskipun masih banyak juga artikel lain sih, tapi kita bisa mengutamakan artikel untuk beberapa kategori yang sesuai niche blog kita.

Emeng-emeng, saya dulu pinginnya sih punya blog tentang kecantikan atau ala-ala beauty blogger begitu. Kayaknya enak kalau dapet endorse atau undangan gitu. Pun, pikir saya kalo beauty blogger pastilah skincare juga gak sering beli, kan hemat ya? #emakirit

Tapi apa daya, dandan aja gak pernah kok mau jadi beauty blogger....kamu eh saya waras ? Masih waras sih karena saya tau diri dan akhirnya menolak menjadi beauty blogger.

Lha lipstick, bedak, pensil alis numpuk, kepakainya palingan ya pas nonton bioskop atau makan di luar ato pas di minta suami 😵

Jadi niatan saya jadi beauty blogger sirna sudah. itu sama seperti niche blog kalian tentang traveling tapi gak pernah kemana-mana dan juga gak suka jalan-jalan, kan absurd ?? Maaf ya kalo saya to the point.

2. Kategori blog
Pasti kan ya kalau kita ngeblog ada lah yang namanya artikel masuk ke kategori mana. Misal nih, blog saya ada beberapa banyak kategori seperti : Wirausaha, Freelancer Stories, Traveling dll.

Jadi setiap kali saya mau menulis artikel, sebisa mungkin saya tengok lagi kategori-kategori yang sudah ada di blog, supaya nanti artikel yang baru tidak melenceng jauh dari kategori yang sudah ada.

Kecuali artikel untuk lomba, biasanya saya buatkan kategori khusus sesuai keyword tapi setelah lomba usai kategorinya tidak saya tampilkan atau saya hapus. Gak papa ? Menurut saya gak papa sih, juga biar tampilan kategori di blog saya jadi rapi 👩

3. Writing prompt
Bergabung dengan komunitas content writer membuat saya jadi tau betapa pentingnya writing prompt. Sederhananya begini, selama minimal satu bulan ke depan, buatlah tema artikel apa yang akan kita tulis. Bagusnys sih mengacu ke nomor 1 dan nomor 2 di atas ya.

Saya buatnya seperti ini, per bulannya, kalo temen-temen ada yang mau formatnya, bisa kirim alamat email nanti saya email formnya. Ini bukan buatan saya karena saya juga download kok hehe.

monthly prompt
monthly prompt


Saya tidak berpikir untuk ngeprint karena saya berusaha mengurangi penggunaan kertas. Go green cieeeh...

Karena saat ini saya mempunyai 3 blog TLD, jadi dalam sebulan saya harus membuat jadual. Belum lagi jadual sebagai author atau pas ada job review atau sponsored post.

Semua rencana tema/topik/judul akan saya tulis di sini. Yang merah itu berarti "tidak tercapai" alias meleset dari jadual. Saya memaafkan diri sendiri untuk hal ini 😓 tapi percayalah di bulan selanjutnya, jadual saya sudah rapi kok.



4. Gak punya ide ?
Saya sering banget nih seperti ini. Mau nulis ini tapi zonk, lalu harus bagaimana ? Ini nih contekan ala saya :

  • Blogwalking (BW) : sering saat BW ternyata menemukan cerita atau ide asik yang juga pernah saya alami. 
  • Lifehack.org : ini website penuh dengan segudang ide artikel. Asal jangan copas ya, rewrite sesuai dengan pengalaman atau bahasa kita.
  • Pinterest : saya juga suka jalan-jalan ke sini kalau pas lagi zonk gak ada ide. Rewrite juga ples di tambah pengalaman atau opini kita tentang tema tersebut.
  • Kejadian sehari-hari : gak ada salahnya loh kita menceritakan atau sharing artikel tentang apa yang kita alami hari ini. Terutama kalau berkaitan dengan informasi publik seperti kesehatan atau apalah.
5. Lomba Blog
Tema-tema lomba blog memang tidak bisa kita aplikasikan semua untuk artikel blog kita. Tapi saya pernah loh, dapat ide dari artikel lomba blog yang pernah saya buat. Artikel untuk lomba blognya berjudul : Minimalkan Risiko Perjalanan...

Ada beberapa lagi yang bertema investasi dan juga keuangan.

6. Pengalaman pribadi
Beberapa artikel yang saya buat berdasarkan pengalaman pribadi banyak juga loh. Ada yang tentang keuangan, investasi, perawatan kulit, BJPS dan LDR (kalau ini mah curcol ting!).

Ini artikel tentang pengalaman saya sewaktu ganti kacamata menggunanakan BPJS : Ganti Kacamata Memakai BPJS

Dan saya lihat, beberapa popular post di blog saya malah artikel pengalaman pribadi ini contohnya artikel tentang Martha Tilaar dan Natasha. Mungkin karena menjadi acuan atau mungkin banyak yang ingin mencoba tapi butuh review lebih dulu, saya juga kurang tahu.

7. Iklan 
Iklan apapun yang tayang baik di TV ataupun media sosial adalah hasil pemikiran kreatif yang bahkan terkadang tidak terpikir oleh kita. Kalo saya pas lihat iklan-iklan kreatif, yang keluar dari mulut adalah "Kok bisa ya?"

Bukannya mau copas, tapi ide kreatif dari iklan bisa menjadi tema atau topik yang bisa kita ambil. Misal, iklan rumah/properti/hunian yang seringkali muncul di TV. Kalau kita mempunyai blog dengan niche properti, bisa banget loh mengambil temanya. Asalkan penulisan dan penuturan di kembangkan sesuai dengan informasi dan gaya bahasa kita.

Begitulah tips ala saya. Mungkin ada yang punya tips lain? Monggo sharing di kolom komen ya 👌


4 komentar on "7 Tips Menulis Artikel ala Blogger Pemula "
  1. Menulis topik yang disukai dan dikuasai agar lebih sering update blog. Jika tidak memiliki pengetahuan tentang alutsista TNI ya nggak usah menulisnya. Nanti akan cenderung copas sana-sini.
    Terima kasih tipnya yang bermanfaat.
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur.

    BalasHapus
  2. betul banget pakde, sebisa mungkin hindari copas kalau tidak mau di banned. memang kalo menulis harus yang kita kuasai biar nyaman.

    BalasHapus
  3. Kalau saya pas lagi blank mending liburan dulu atau blogwalking, biasanya kalau habis libur menulis, otaknya cemerlang ada saja ide yang mau ditulis. menulis apa yang ingin ditulis saja kalau saya, biar tidak beban dan bisa menikmati ngeblog

    BalasHapus
  4. setuju banget mas agugus. memang pikiran harus plong dulu baru bisa nulis dengan ikhlas :)

    BalasHapus

Please comment here :

Auto Post Signature