1/06/2017

5 Tips Supaya Janin Sehat

Salah satu tujuan menikah adalah mendapatkan keturunan. Meskipun tidak semua pernikahan harus mendapat keturunan agar bahagia.

Tapi harus selalu kita ingat bahwa kehamilan perlu di rencanakan karena akan ada banyak biaya di saat kehamilan dan setelah kehamilan itu sendiri. Yang terpenting adalah, sebagai calon ibu, kita para wanita harus terlebih dahulu sehat lahir batin.


Baca juga : Please, Jangan Tanya Hal Yang Tak Bisa Kujawab


5 tips supaya janin sehat
via pixabay

Salah satu nasihat dari orang tua adalah perbanyak makan taoge (kecambah). Mengapa ? Karena taoge mengandung banyak vitamin E yang bagus untuk kesuburan wanita.

Apabila kita sudah mengandung, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan agar janin yang kita kandung juga sehat.

Ada 5 tips supaya janin selalu sehat :

1. Makan lebih banyak buah dan sayur


salad
via pixabay
Sebelum hamil dan saat hami, usahakan selalu untuk menjaga pola makan sehat. Hindari junk food dan alkohol. Lupakan keripik kentang untuk cemilan dan ganti dengan salad sayur atau salad buah.

2. Asupan asam folat yang cukup

susu
via pixabay

Susu terutama susu khusus untuk ibu hamil mengandung kandungan asam folat. Asam folat sangat penting untuk pertumbuhan janin karena asam folat di perlukan untuk pembentukan sel. Asam folat juga berfungsi untuk perkembangan otak janin dan agar janin tidak lahir cacat.

3. Olah raga ringan


yoga
Add caption

Meskipun sedang hamil tidak berarti ibu harus selalu malas-malasan ya. Aktifitas fisik sangat penting meskipun ibu sedang hamil. Bukan aktifitas fisik yang berat melainkan aktifitas fisik ringan. Cobalah untuk berjalan kaki di pagi hari atau melakukan yoga. Olah pernapasan juga penting untuk membantu ibu tetap relaks dan tenang saat melahirkan.

4. No  stress


jangan stress
via pixabay
Hindari stress saat hamil karena stress pada ibu pastinya akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin.
Saatnya melakukan me time dengan cara yang paling anda sukai ^^

5. Bicaralah dengan janin


komunikasi dengan janin bayi
via pixabay
Janin sudah bisa mendengar dan merasa saat ibunya mengelus dan berkomunikasi dengannya. Lakukan komunikasi dengan janin secara teratur agar ikatan batin antara janin dan ibu tumbuh dengan kuat.

Untuk selalu diingat, tumbuh kembang janin sangat bergantung dengan makanan asupan ibunya dan juga kondisi psikis sang ibu. Selama 9 bulan ibu mengandung, sangat penting untuk memperhatikan tahapan dan perkembangan janin.

Perkembangan janin trimester pertama di hitung dari mulai pembuahan hingga 3 bulan pertama kandungan.
Pada akhir trimester pertama, janin sudah berukuran kurang lebih 28 gram dan sudah dapat membuka mulut dan mengepalkan tangan.

Namun, di masa trimester pertama ini pula, banyak ibu-ibu hamil yang mengalami morning sickness atau mual muntah di pagi hari. Bahayanya, seringkali ibu hamil menjadi kekurangan gizi, padahal kecukukan zat gizi sangat di perlukan di saat hamil untuk menghindari bayi lahir prematur ataupun berat badan rendah.

Yuk, jaga kesehatan kita dengan asupan gizi yang cukup. Apalagi kalau kita sedang mempersiapkan kehamilan ya :)



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

iyap setuju banget, jangan stress ya buat bumil, nanti kebawa sama janinnya, makan yang sehat dan asam folat itu penting banget

Balas

Please comment here :