Pemanfaatan Limbah Kayu Menjadi Produk Kreatif Asli Indonesia | Indri Ariadna

Top Social

Pemanfaatan Limbah Kayu Menjadi Produk Kreatif Asli Indonesia

12/28/2016
Proses pembuatan furniture 

Sejak bekerja di salah satu pabrik mebel di Jepara tahun 2000-an, sejak itu pula saya sangat menyukai tentang kayu. Berbagai produk furniture cantik yang bisa di produksi dan di hasilkan dari kayu. Terutama bau kayu saat di belah dan di proses, sangat harum dan alami.

Bahan baku yang kami gunakan saat itu adalah kayu jati. Dari beberapa kubik kayu jati yang di proses menjadi mebel dan furniture sesuai pesanan, masih banyak sekali sisa-sisa kayu kecil-kecil yang seringkali terbuang percuma. Saat itu biasanya hanya di jual saja per satu bak  L-300 yang nilainya tidak seberapa.


Baca juga : Voucher Belanja dari Blibli.com

Sempat juga saat itu pak bos mempunyai ide untuk mengolah lagi limbah kayu tersebut karena pasti akan lebih bernilai jual tinggi. Tapi karena kesibukan dan tidak ada bagian khusus untuk develop, ide pak bos saat itu hanya tinggal ide saja dan tidak pernah menjadi kenyataan.

Padahal, produk mebel dan kerajinan asal Jepara merupakan produk kreatif 100% asal Indonesia yang mendunia. Tapi karena saat itu belum ada e-commerce seperti Blibli, maka limbah-limbah kayu itu pun tak menghasilkan uang yang berarti.

Saat melihat koleksi galeri Toko Online Blibli.com yang mengangkat tema 100% Produk Kreatif Asli Indonesia, saya mengingat lagi limbah-limbah kayu yang dulu seakan tak bernilai.

Oiya, mau tahu bagaimana proses kita membuat produk mebel/furniture mulai dari bentuk kayu hingga menjadi produk ? Yuk, mari kita lihat bersama prosesnya :

pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi

Produk mebel yang akan kita buat, contohnya adalah reclining chair ini.

pemanfaatan limbah kayu menjadii produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi

Biasanya kita membeli kayu jati glondong, kemudian kita proses menjadi lembaran-lembaran papan seperti ini.

pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi

Dari lembaran papan, kemudian kita mal ukuran sesuai dengan bentuk komponen dari produk furniture yang akan kita buat. 1 lembar papan bisa menjadi beberapa komponen seperti komponen jari-jari kursi, tanganan kursi dll.

pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi

Contoh bentuk komponen yang sudah di potong sesuai mal/ukuran.

pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi


Selanjutnya, dari komponen-komponen kayu tersebut, di rangkai sehingga membentuk produk. Contoh di sini adalah kursi lipat atau reclining chair yang produk jadinya ada di atas.


pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi


Setelah melalui proses amplas serta finishing, produk siap untuk di packing.


pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
dokumen pribadi

Order siap di kirim menggunakan container.

Baca juga : Kegiatan Tanoto Foundation Mengubah Penebang Liar Menjadi Pengusaha

Nah, dari proses pembahanan dari papan menjadi komponen, pasti ada sisa-sisa kayu yang tidak bisa terpakai sebagai produk. Sisa-sisa kayu yang tidak bisa di pakai ini yang kita sebut limbah produksi.

Sejatinya, limbah kayu tersebut bisa di olah menjadi produk yang unik seperti frame atau rangka stool atau talenan atau nampan atau sendok garpu untuk hiasan seperti di bawah ini.

pemanfaatan limbah kayu menjadi produk kreatif asli indonesia
100% produk kreatif asli indonesia
#BlibliGaleriIndonesia

Dengan kreatifitas, dari limbah kayu yang tidak bernilai bisa bernilai puluhan bahkan ratusan ribu per satuan produk. Bisa di bayangkan kalau ada order atau pesanan untuk 1 container ? Berapa ratus juta rupiah yang bisa di hasilkan ? Silahkan hitung sendiri.

Limbah Kayu dan Toko Online Blibli.com

Tidak dapat di pungkiri, di era digital sekarang ini, lebih banyak orang (seperti saya) yang memilih berbelanja secara online dengan alasan :

  • hemat BBM
  • tidak repot (misal harus membawa bayi atau balita saat berbelanja)
  • hemat waktu karena tidak harus jalan keliling supermarket atau pertokoan
  • berbagai cara pembayaran transaksi yang mudah, bisa menggunakan kartu kredit maupun transfer via ATM dan internet banking
  • ada perlindungan konsumen (contoh : garansi uang kembali)
  • berbagai promo dan diskon yang menarik

Toko Online Blibli.com  secara cerdas memanfaatkan fitur toko online-nya dan bekerja sama dengan para trader dan manufacturer kreatif untuk mengenalkan dan mendongkrak penjualan 100% produk kreatif asli Indonesia. Tidak mau kan produk asli dan kreatif dari Indonesia di jual di luar negeri dengan brand/merek asing ?

Kalau kita bisa menjual berbagai produk kerajinan asli Indonesia dengan brand/merek kita sendiri, sudah pasti produk asal Indonesia akan mendunia. Pasti...

Masih ingat kontroversi tentang batik ? Atau alat musik angklung ? Sedikit dari banyak budaya asli Indonesia yang di klaim oleh negara tetangga. Siapa yang rugi ? Kita dong, bangsa Indonesia.

Makanya, sebagai anak muda, yuk ah kita kreatif memanfaatkan dan mengolah limbah menjadi produk kreatif yang tidak bisa di klaim oleh pihak atau negara manapun. Karena apa ? Karena semua produknya adalah 100% produk kreatif asli Indonesia.

So, jangan ragu berbelanja dan atau berjualan di toko online Blibli.com untuk mendapatkan produk kreatif asli Indonesia.



2 comments on "Pemanfaatan Limbah Kayu Menjadi Produk Kreatif Asli Indonesia"
  1. Bingkai foto kayunya lucu deh ituu.. masukin ke wishlist dulu :D

    ReplyDelete
  2. produk dari recycle emang unik dan keren mb, hanya di Indonesia loh hehe

    ReplyDelete

Please comment here :

Auto Post Signature