12/22/2016

Harga dan Spesifikasi Kamera DSLR Nikon Serta Perawatannya


Kamera merupakan salah satu alat yang penting yang hampir dimiliki oleh setiap orang di era ini. Namun, jenis kamera yang dimiliki berbeda-beda. Ada yang lebih senang menggunakan kamera hape, kamera digital, dan lain-lain. Untuk orang yang senang dengan dunia fotografi, mereka kan lebih senang menggunakan kamera DSLR. Salah satu kamera DSLR yang bagus adalah kamera DSLR Nikon. Brand Nikon merupakan brand kamera yang sudah terkenal dari waktu ke waktu.

Baca juga : Ciptakan Website Barumu Dengan Domainesia

Ada banyak jenis kamera DSLR yang dapat Anda pilih. Macam-macam jenis kamera DSLR biasanya sangat diperhatikan oleh mereka yang berprofesi sebagai fotografer atau yang tertarik dalam dunia fotografi. Kamera DSLR yang sering digunakan oleh mereka yang sudah ahli dalam bidang fotografi pasti akan berbeda dengan kamera yang digunakan untuk pemula. Berikut beberapa kamera DSLR yang cocok untuk pemula.

cara merawat kamera dslr nikon
via pixabay


Anda dapat memilih kamera DSLR Nikon dengan tipe D3100, D3200 yang memiliki bentuk dan spesifikasi mirip dengan tipe D3000 sebagai pendahulunya. Nikon merupakan salah satu jenis brand kamera DSLR yang mempersiapkan tipe-tipe kamera yang cocok digunakan oleh fotografer pemula atau pun yang sudah handal. Jika Anda adalah seorang  pemula, maka pilihlah tipe D3100 atau D3200 yang mudah dalam penggunaannya.

Kualitas kamera Nikon DSLR dengan tipe D3100 tidak diragukan lagi karena memiliki hasil foto-foto terbaik dengan kualitas gambar yang memukau. Cara penggunaannya lebih mudah dibandingkan dengan tipe Nikon lainnya. Meskipun kamera ini memiliki bentuk yang kurang uptodate, namun dalam hal kualitas dijamin tidak akan ada keluhan. Jepretan dengan sensor 14 MP akan menghasilkan hasil foto yang maksimal. Bagi Anda yang masih ragu dalam memilih kamera DSLR Nikon, berikut spesifikasi kamera DSLR brand Nikon untuk Anda.

Harga dan Spesifikasi Kamera DSLR Nikon Untuk Pemula

Spesifikasi kamera DSLR Nikon D3100 yang cocok untuk pemula ini nyatanya memang terjamin. Brand Nikon sudah dikenal dengan kualitas kamera yang mumpuni dari masa ke masa. Produk yang dihasilkan selalu dikenal di mata masyarakat. Hal tersebut bukan hanya dilihat dari spesifikasinya saja yang bisa diandalkan, namun harga yang ditawarkan pun terbilang murah dan namun tetap bersaing. Itulah mengapa banyak orang yang menyukai kamera Nikon.

Kamera DSLR Nikon D3100 menjadi target bagi mereka yang masih pemula dalam bidang fotografi karena memiliki cara penggunaan yang tidak ribet. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Nikon D3100 memiliki resolusi kamera sebesar 14 MP yang dilengkapi dengan CMOS DX-format. Lensa yang dimilikinya sebesar 18 hingga 55 mm. Anda yang menyukai hobi merekam juga akan diuntungkan dengan adanya kualitas full HD pada DSLR ini.


Singkatnya, kamera DSLR Nikon merupakan kamera pemula yang dilengkapi dengan fitur yang canggih. Bentuk yang tersedia mungkin tidak terlalu update, namun Anda pasti akan senang menggunakan kamera yang cukup enteng dengan bobot 0.6 ini. Untuk masalah daya baterai, Anda tidak perlu khawatir karena Nikon D3100 dilengkapi dengan baterai tipe Li-on yang memiliki daya tahan yang lama. Jadi, Anda dapat mengambil gambar sampai ratusan tanpa takut baterai akan habis. Baterai memang menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan dalam membeli sebuah kamera. Jika baterai cepat habis, maka penggunaan kamera akan menjadi kurang efektif.

harga dan spesifikasi kamera dslr nikon dan cara merawatnya
via pixabay


Kamera DSLR Nikon juga dilengkapi dengan menggunakan USB sebagai input atau untuk melakukan pengisian baterai. Sedangkan untuk outputnya, kamera ini telah dilengkapi dengan menggunakan komponen video, HDMI, serta USB. Jadi, untuk masalah input baterai dapat dilakukan dengan mudah selama Anda membawa USB. Untuk memindahkan gambar ke media lain seperti laptop atau PC pun dapat dilakukan dengan mudah menggunakan USB.

Ada beberapa orang yang mempermasalahkan warna kamera yang akan dibelinya. Sebagai kamera masa kini yang memiliki desain yang modern, maka kamera DSLR Nikon tersedia dalam warna hitam yang elegan. Warna hitam pada kamera membuat kamera ini terlihat canggih dan modern. Hampir setiap orang lebih suka untuk memilih kamera DSLR warna hitam. Itulah mengapa Nikon memberikan warna elegan yang sesuai dengan pilihan hati masyarakat luas.

Itulah beberapa spesifikasi yang dapat menjadi referensi Anda ketika ingin membeli kamera jenis ini. Untuk harga dari kamera DSLR Nikon D3100 terbilang lebih murah dibandingkan dengan kamera jenis lainnya. Harga terupdate dari kamera ini tidak lebih dari 6 juta. Namun, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Tetapi harga standar yang dipasang adalah sekitar 5,5 juta. Jadi, jangan tergiur dengan harga yang sangat murah karena bisa jadi produk yang Anda beli bukan merupakan produk yang asli.

Harga kamera DSLR Nikon D3100 memang terbilang murah dibandingkan tipe lainnya. Namun, Anda juga harus berhati-hati untuk merawat kamera ini agar memiliki masa pakai yang lama. Setidaknya, Anda bisa belajar dalam waktu yang lama untuk mengetahui berbagai macam trik dalam dunia fotografi dengan kamera Nikon yang cocok untuk pemula ini. Lalu, bagaimanakah cara merawat kamera DSLR yang baik dan benar?

Cara Merawat Kamera DSLR

Perawatan kamera DSLR Nikon cukup mudah untuk dilakukan. Anda harus menjauhkan kamera DSLR dari kapur barus. Kabur barus akan menjadi penyebab utama yang dapat merusak kamera. Uap kapur barus dapat membuat flek atau memberikan noda pada lensa. Maka, simpanlah kamera Anda pada tempat yang sejuk dan kering jika sedang tidak dipakai. Jika perlu, buatlah lemari khusus penyimpanan kamera untuk membuat masa pakai kamera bertahan lama atau tidak cepat rusak.

Buatlah lemari yang memiliki sirkulasi udara yang cukup dan berikan lampu pada jarak yang tidak terlalu dekat dengan kamera. Simpanlah dengan menggunakan bungkus kamera agar terhindar dari debu. Hal kedua yang dapat dilakukan dalam merawat kamera DSLR Nikon adalah menghindarkannya dari sengatan cahaya matahari secara langsung. Cahaya matahari yang langsung mengenai kamera dapat membuat bagian-bagian kamera menjadi rusak. Terlebih lagi pada bagian yang terbuat dari karet dan plastik.

Selanjutnya, bersihkan kamera DSLR Nikon dan lensa secara berkala, misalnya saja satu kali dalam seminggu. Setelah selesai menggunakan, gunakan lap yang bersih dan lembut untuk membersihkannya. Untuk membersihkan bagian-bagian kecil dapat menggunakan blower kamera yang dapat dibeli di online shop dan toko kamera. Kemudian, Anda dapat menjaga kamera DSLR dengan cara menghindarkan dari goncangan yang berlebihan. Sebisa mungkin jangan sampai kamera jatuh atau berbenturan dengan benda keras.

Taruhlah di tempat yang aman agar terhindar dari hal tersebut. Terakhir, lakukan servis kamera di tempat yang resmi dan terpercaya. Lebih baik lakukan servis secara berkala daripada menunggu kamera rusak baru diservis. Jika menunggu rusak, otomatis biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih banyak. Itulah beberapa informasi mengenai spesifikasi, harga, dan perawatan kamera DSLR Nikon. Semoga bermanfaat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Please comment here :