Top Social

Sukses Semuda Mungkin

10/28/2016
bisnis quote tentang usaha
bisnis quote


Wirausaha muda

Cerita sedikit tentang suami saya boleh ya ? Suami saya berasal dari keluarga wirausaha. Ayahnya mempunyai toko ban di Semarang (yang kemudian di kembangkan oleh anak-anaknya) dan ibunya juga seorang wanita ulet yang berjualan aneka snack dan cemilan di rumah. Mulai dari es mambo, kroket, keripik pisang dan masih banyak lagi. Masakan ibu mertua saya juga sangat enak loh ^^

Meskipun suami saya adalah sarjana elektronika, semenjak dia lulus kuliah tidak ada sedikit pun niat dan  keinginan dia untuk bekerja kantoran.
Saat saya bertanya "Mengapa ?" Suami saya hanya menjawab "Tidak enak kerja ikut orang, enak usaha sendiri, gak ada yang nyuruh-nyuruh."  Tentu saja jawabnya dengan muka lempeng hahaha..

Dan demikianlah, karena sedari SMP suami saya sudah menghasilkankan uang karena dia selalu membantu ayahnya di toko sepulang sekolah, mimpinya untuk menjadi seorang wirausaha pun semakin hari semakin semakin bertambah kuat. Bahkan dulu dia sempat berpikir untuk tidak kuliah karena ingin segera membuka usaha sendiri.

Baca juga : Hati-hati Scam

Get out from your comfort zone !

Saya dan suami sudah sekian lama tinggal di Semarang, Jawa Tengah. Mulai dari sebelum menikah hingga kami mempunyai anak.

Semakin hari kami semakin menyadari bahwa kami sudah sangat nyaman tinggal di Semarang. Suami membuka usaha sendiri sedangkan saya juga bekerja di salah satu perusahaan furniture. Anak kami juga sudah mulai bersekolah di salah satu sekolah swasta di Semarang.

Tapi kenyamanan itu harus berakhir saat suami saya memutuskan untuk membuka usaha di Kalimantan. Pangsa pasar di kota Semarang sudah mencapai titik jenuh dan stagnan, saya pun melihatnya demikian. Bila kami terus bertahan di posisi ini, usaha kami tidak akan bisa lebih berkembang.

Dan pilihan untuk membuka usaha baru adalah  di salah satu kota di pulau Kalimantan. Pulau yang begitu jauh dari pulau Jawa dan sedari kecil saya hanya melihatnya melalui peta. Tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa kami akan menetap di pulau Borneo ini. 

Kakak ipar saya sebelumnya sudah survey tempat dan lokasi di Kalimantan Tengah tepatnya di kota Palangkaraya. Modal tidak menjadi masalah tetapi masalahnya adalah kami -  suami, anak dan saya sendiri -  akan LDR-an untuk waktu yang bahkan saya tidak tahu.

Saat itu kami sekeluarga benar-benar keluar dari comfort zone, area nyaman kami dan memasuki babak baru dalam hidup berumah tangga serta beralihnya lokasi usaha.

Toko Aneka Ban

Setelah LDR-an selama 3 tahun, saya memutuskan untuk pindah mengikuti suami saya. Resign dari tempat kerja, meminta dan mengurus surat pindah sekolah untuk anak saya. Walaupun rasanya berat sekali meninggalkan keluarga besar tetapi saya yakin, akan lebih baik apabila satu keluarga berkumpul di satu tempat dan tidak LDR-an. Banyak hal yang mungkin terjadi kan ? Who knows ?

Dan...ini adalah toko kami, Toko Aneka Ban yang terletak di Jalan Rusia atau Jalan Tjilik Riwut Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Bisnis Ban Toko Aneka Ban
Toko Aneka Ban



saat kiriman ban datang ke toko aneka ban
saat barang kiriman datang


Belum besar memang tapi toko ini adalah bukti bahwa memulai bisnis di usia muda itu BISA dan MUNGKIN.


Berkenalan dengan Ralali.com

ralali.com B2B marketplace
ralali.com

Ralali.com adalah online B2B Marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu Seller dan Buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, dan transparan.  Ralali menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan supplier ternama dan terpercaya.

Apa itu B2B ?

B2B merupakan singkatan dari Business to Business yang merupakan sebuah transaksi jual beli online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pemilik usaha lainnya. 



Produk yang di per jualbelikan melalui marketplace Ralali bermacam-macam dengan kategori sebagai berikut :

kategori produk di ralali B2B marketplace
kategori produk di Ralali


Bahkan saya menemukan juga penjual ban mobil di Ralali loh.....hebat kan ? Tinggal pilih deh, mau punya usaha apa, tinggal pilih produknya di Ralali. Tidak usah pusing dan susah mencari supplier karena semua supplier dan semua produk ada di Ralali B2B Marketplace.

Pemanfaatan teknologi digital

Lain jaman dahulu lain jaman sekarang. Di jaman digital yang serba canggih sekarang ini, marketplace seperti Ralali B2B Marketplace memudahkan seseorang yang berkeinginan untuk membuka usaha. Kok bisa ?
Sudah lihat kan kategori produk di Ralali ? Kita bisa loh registrasi di Ralali sebagai Seller atau sebagai Buyer.

Sebagai seller, kita bisa memajang dan menjual produk kita melalui Ralali. Sedangkan sebagai buyer, kita bisa membeli produk secara eceran ataupun grosir melalui Ralali.

Gak usah repot membuat website, membeli domain dan menyewa hosting karena Ralali sudah menyediakan semua hal ini untuk semua anggotanya.

See ? Mudah kan memulai usaha di jaman digital ?



***


Tahukah kalian bahwa pertumbuhan dan perkembangan wirausaha di Indonesia masih kalah jauh apabila di bandingkan dengan negara tetangga yaitu Malaysia. Apalagi di bandingkan dengan negara Amerika atau Eropa.

Di Singapura, jumlah pengusaha adalah 7% dari jumlah penduduk, Malaysia 5%, Thailand 3% dan Indonesia 1,65% data yang disampaikan Menteri Koperasi dan UKM tahun 2014.


Itulah mengapa negara kita terlihat masih sangat tertinggal di bandingkan dengan negara tetangga karena jumlah pengusahanya yang masih sangat sedikit.

Kabar baiknya bagi kita, karena masih sedikitnya jumlah pengusaha di Indonesia, tentunya peluang sebagai pengusaha dan wiraswasta masih terbuka sangat luas. Tinggal kita bertanya kepada diri kita sendiri, berani tidak memulai bisnis di usia muda ? 
Salah satu keuntungan apabila kita memulai bisnis di usia muda adalah, apabila kita merugi atau gagal, kita masih mempunyai tenaga dan waktu. 2 hal yang sedikit dan bahkan tidak di punyai oleh orang-orang yang sudah berusia matang sekitar 50 tahun ke atas.

So, yuk mantapkan hati untuk berani memulai bisnis di usia muda, selagi kita masih muda dan raih kesuksesan semuda mungkin..:)) 


Artikel ini saya ikutsertakan dalam lomba blog yang di selenggarakan oleh Ralali.com dan ngeblog.me dengan tema Memulai Bisnis di Usia Muda Bersama Ralali.com

Post Comment
Posting Komentar

Please comment here :

Auto Post Signature