piknik keluarga www.indriariadna.com
family picnic

Liburan meskipun sederhana menurut saya tetap harus di rencanakan, apalagi kalau yang di ajak adalah anak-anak.
Kalau anak sudah gede mah gampang aja di atur dan malahan bisa ikut membantu rempongnya si emak packing saat akan berangkat liburan.
Lain cerita kalau anak-anak masih kecil, katakan usia 7 tahun ke bawah, wahhahhh rempong kuadrat.




Tempat liburan favorit anak saya adalah kolam renang. Meskipun sebenarnya gak ada yang favorit banget sih karena dia kan nurut aja di ajak kemana sama orangtuanya hehehe.
Tapi kalau di ajak berenang dan main air, sudah pasti deh senengnya bukan main.

Tentang liburan bersama anak, kalau pas jadual kita dan anak barengan liburnya sudah pasti seneng banget ya. Tapi kalau kita tidak libur kerja tetapi anak libur sekolah, biasanya hal ini yang bikin repot.
Repot dan sedih karena kita bekerja sementara anak ada di rumah.
Sebisa mungkin, sebagai orangtua kita harus mengisi liburan anak dengan kegiatan yang menyenangkan di rumah seperti membuat prakarya, menggambar dan mewarnai, mendongeng untuk anak atau bernyanyi bersama (saat kita pulang kerja). Biar tidak bosan anaknya.

Anak saya sudah pernah pergi liburan ke beberapa tempat ini. Mungkin, siapa tahu ada teman-teman yang tertarik untuk pergi liburan kesini ?

Beberapa rekomendasi tempat liburan anak ini sudah pasti seru habis deh  :



#1. Gua Pindul, Yogyakarta
liburan ceria bersama anak di gua pindul
pose dulu sebelum susur sungai di Pindul



#2. Pantai Banyu Tibo (= air jatuh), Pacitan


liburan ceria bersama anak di pantai banyu tibo pacitan
kungkum di tepi pantai

#3. Surya Yudha Park, Banjarnegara


liburan ceria bersama anak di surya yudha water park
surya yudha water park 


#4. Jatim Park, Surabaya



#5. Water Blaster, Semarang


liburan ceria bersama anak di water blaster semarang
water blaster, semarang


#6. Yang ini saya beneran lupa piknik ke mana...maaf jangan di timpuk ^^

liburan ceria bersama anak
liburan ceria bersama anak





Salah satu persiapan yang paling utama tentunya adalah kesehatan. Gak mungkin dong liburan dan bersenang-senang kalau badan sedang tidak fit. Apalagi kalau anak sampai demam. Kalau sedang sakit mah pinginnya istirahat aja di rumah, tidur hehehe.

Untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan anak, istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi dan seimbang itu sangat penting. Konsumsi sayur dan buah yang cukup setiap hari bisa menjaga imun tubuh, terutama konsumsi buah yang tinggi Vitamin C.

vitamin C sangat penting untuk kesehatan anak
cukupi kebutuhan vitamin


Lalu, bagaimana kalau kita sudah merencanakan liburan dengan rapi, itinerary sudah centrang semua alias tinggal berangkat tapi anak demam, apa yang harus kita lakukan ? Menunda liburan ?
Tenang.....ada solusinya kok :)

Demam adalah reaksi alami tubuh untuk melawan kuman dan virus yang berusaha masuk ke dalam tubuh.
Sebagai ibu, saya sering tidak tega apabila anak saya terserang demam. Bingung rasanya.
Setiap kali anak saya terserang demam dan atau pilek, pasti langsung saya bawa ke dokter langganan dekat rumah. Langganan karena sejak anak saya berusia beberapa bulan sudah sering periksa ke dokter tersebut.
Sang dokter selalu meresepkan Tempra, tapi tetap di tanyai terlebih dahulu apakah masih mempunyai persediaan Tempra di rumah ? Bu dokter mah tahu saja kalau saya selalu siap sedia Tempra di rumah.
Meskipun banyak jenis obat turun panas untuk anak, Tempra selalu menjadi obat yang selalu dipercaya dan di rekomendasikan secara turun temurun.

Seringnya, saya menyediakan beberapa obat-obatan atau P3K terutama untuk kebutuhan pertolongan pertama anak saya seperti Tempra yang saya simpan di kulkas.

Mengapa Tempra ?
Karena Tempra mengandung paracetamol dan bekerja tepat di pusat panas sehingga Tempra cepat menurunkan demam. Paracetamol yaitu jenis obat yang termasuk kelompok analgesik atau pereda rasa sakit. Paracetamol di gunakan untuk meredakan rasa sakit ringan hingga menengah. ( di kutip dari alodokter.com)
Tempra merupakan obat penurun panas dan demam anak yang bagus dan aman apabila di konsumsi sesuai dengan dosis atau petunjuk dokter.

demam pada anak tidak berbahaya asalkan di beri pertolongan yang tepat
demam pada anak


Ada 3 jenis obat penurun panas Tempra yang tersedia di pasaran yaitu :
#1. Tempra Drops Rasa Anggur
Obat penurun panas bayi usia 0 - 1 tahun
Komposisi : setiap 0,8 ml Tempra mengandung 80 mg paracetamol.
Dosis penggunaan :
Usia di bawah 3 bulan : sesuai anjuran dokter
Usia 3 - 9 bulan : 0.8 ml
Usia 10 - 24 bulan : 1,2 ml
Cara menggunakan pipet drop :
Isi pipet sampai garis yang di anjurkan. Jumlah akan diperoleh dengan menekan karet pipet satu kali dengan kuat. Teteskan langsung di lidah atau bisa di campurkan dengan sari buah.

#2. Tempra Syrup Rasa Anggur
Untuk anak usia 1 - 6 tahun
Komposisi : setiap 5 ml Tempra mengandung 160 mg paracetamol.
Indikasi : untuk meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit kepala dan sakit gigi, demam setelah imunisasi atau atas petunjuk dokter.
Dosis sesuai umur :
Usia di bawah umur 2 tahun : sesuai petunjuk dokter atau gunakan Tempra Drops
Usia 2 - 3 tahun : 5 ml
Usia 4 - 5 tahun : 7.5 ml
Usia 6 - 8 tahun : 10 ml atau gunakan Tempra Forte
Gelas takar tersedia dalam kemasan.

#3. Tempra Forte Rasa Jeruk
Untuk anak usia 6 tahun ke atas
Komposisi : setiap 5 ml Tempra Forte mengandung 250 mg paracetamol.
Indikasi : untuk menurunkan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit kepala dan sakit gigi, demam setelah imunisasi atau atas petunjuk dokter.
Dosis sesuai umur : gunakan 3 - 4 kali sehari
Usia 6 - 12 tahun : 5 ml - 10 ml
Usia di atas 12 tahun : 10 ml - 12.5 ml
Tersedia gelas takar dalam kemasan.
 

Dari semua jenis varian Tempra di atas, sesuaikan jumlah takaran atau dosis dan juga pilih varian yang sesuai dengan umur anak kita. Akan lebih baik lagi apabila kita memeriksakan anak kita ke dokter sebelum memberikan obat turun panas.

Liburan ceria bersama anak tetap bisa kita lakukan tanpa kuatir asal selalu sedia Tempra baik di rumah maupun di perjalanan liburan.

Ada yang mau menambah daftar rekomendasi tempat liburan favorit ?
Yuuk  langsung corat coret di komen ya :)



 "Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."