Top Social

Event : 1 Juta Rupiah Per Bulan Demi Liburan Impian

9/25/2016
liburan impian ke amsterdam www.indriariadna.com
www.indriariadna.com


Di bandingkan dengan keluarga kakak ipar, kami adalah keluarga yang lebih suka mencoba kuliner baru daripada travelling.
Mungkin karena saya yang lebih tidak suka capek gara-gara perjalanan jauh. Jadi seringkali, ada tawaran dari kakak ipar untuk ikut travelling ke sana atau ke mari tapi kami jarang ikut {terutama saya}.

Tapi sepertinya sudah tiba saatnya untuk berubah {berubahhhh….Sailor Moon }…..
Melihat beberapa teman yang memposting perjalanan mereka ke suatu tempat dan dokumentasi yang bagus, akhir-akhir ini membuat saya seringkali menelan ludah {cleguk}, sepertinya saya memang benar-benar kurang piknik.

Saya pernah membaca satu quote :

travel quote by Rumi, www.indriariadna.com
quote by RUMI, www.indriariadna.com

  
Dan itu dalam…..dalam sekali artinya bagi saya saat itu dan akhirnya saya memutuskan bahwa kami harus meluangkan waktu dan dana untuk mengambil liburan, paling tidak satu kali dalam setahun. Liburan lokal di berbagai tempat wisata di Indonesia dan juga ingin sesekali merasakan liburan di luar negeri.

Ini impian-ku, bagaimana dengan impianmu ?

Sebenarnya saya selalu mengimpikan tentang winter, salju, dan bagaimana rasa dingin yang menyengat sampai ke sumsum tulang. Maklum, kita tinggal di daerah tropis yang hanya mengenal musim kemarau dan musim hujan. Apalagi di kota Palangkaraya yang memang dekat dengan garis khatulistiwa. Cuacanya ekstrim sekali antara panas yang menyengat dan dingin berkabut yang aduhai….

Saat melihat film atau drama luar negeri terutama saat musim salju…..it’s look so nice and romantic you know. Apalagi di drama Korea atau Jepang, saat salju turun dan di kombinasikan dengan gugurnya bunga-bunga sakura. Itu seperti keajaiban bagi saya.
Biasanya hanya melihat daun-daun pohon jambu dan daun mangga yang rontok terkena angin dan itu sama sekali tidak bagus dan tidak indah hehehe

Jadi saya memutuskan untuk bermimpi dan bercita-cita untuk bisa berlibur di Korea, Jepang dan Netherland. Satu saja yang terwujud ohhh itu adalah anugerah terindah. Yang terpenting saya sangat ingin melihat salju…ya salju….bukan bunga es…{itu di kulkas mah}

Bagaimana dengan dana? Seperti semua cita-cita dan tujuan serta rencana dalam rumah tangga, dana untuk liburan haruslah kita lihat dengan serius, sama seriusnya seperti saat kita memikirkan dana pendidikan sekolah dan dana untuk renovasi rumah.

Dari ketiga liburan impian tersebut, saya ingin, ingin sekali untuk ke Netherland khususnya Amsterdam terlebih dahulu. Mengapa ? Saya ingin melihat perpustakaan terbesar di Leiden yang banyak menyimpan arsip tentang sebagian sejarah Indonesia.

Leiden Library, www.indriariadna.com
Leiden Library, sumber : www.library.leiden.edu

Saya ingin melihat kebun bunga tulip yang bermekaran seperti gambar-gambar di desktop komputer ituhhh.....yang tentunya sudah sangat populer keindahannya.
www,indriariadna.com
Kebun Tulip di Keukenhof, sumber : explorerguidebook.blogspot.com


Saya ingin melihat juga kebun raya di Netherland yang yang pastinya asri alami. Pastinya sangat romantis berjalan-jalan di kebun raya ini.

kebun raya di Belanda, www.indriariadna.com
Vondelpark, sumber : explorerguidebook.blogspot.com


Dana yang saya butuhkan {perkiraan } untuk liburan impian ke Netherland {cieeeehhhhh} selama 5 hari 3 malam sejumlah Rp. 89 jutaan dengan rincian sebagai berikut :

1.     Biaya tiket perjalanan berangkat dari Palangkaraya – Amsterdam : Rp. 8 juta/orang = Rp 24 juta/3 orang
2.     Biaya tiket perjalanan pulang dari Amsterdam – Palangkaraya : Rp. 8juta/orang = Rp. 24 juta/3 orang
3.     Biaya bagasi {siapa tahu ada tambahan biaya bagasi} : Rp. 5juta, 3 orang
4.     Penginapan/hotel untuk 5 hari 3 malam : Rp. 10 juta/kamar
5.     Biaya makan : Rp 5juta/3 orang
6.     Biaya tiket masuk area tertentu : Rp 2 juta/3 orang
7.     Biaya transportasi selama di Netherland {taksi/KRL/sepeda} : Rp. 4 juta/3 orang
8.     Biaya untuk souvenir : Rp 5 juta
9.     Biaya tak terduga : Rp 5 juta
10.Biaya Paspor dan Visa : Rp 5 juta/3 orang


Setelah menemukan total jumlah biaya untuk liburan impian ke Netherland tersebut {keluarga kecil saya terdiri dari 3 orang} lalu saya breakdown lagi, berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk memperoleh dana yang saya butuhkan tersebut.

Tentunya harus pandai-pandai membandingkan di mana kita bisa mendapatkan tiket pesawat termurah atau tiket promo, demikian juga untuk harga hotel termurah.
Dari kedua biaya ini kita bisa menekan biaya pengeluaran sekitar 10 %.
Lumayan yess ?

Apabila saya menabung, akan membutuhkan waktu 7 tahun dengan menabung dana sejumlah Rp 1 juta rupiah per bulan.
Deposito akan membutuhkan waktu 6 tahun 5 bulan apabila saya menempatkan dana sejumlah Rp 1 juta rupiah.
Reksadana saham akan membutuhkan waktu 5 tahun 1 bulan apabila dalam sebulan saya berinvestasi sejumlah Rp 1 juta rupiah.

Tabel di bawah ini akan mempermudah komparasi dan perbandingan antara ketiga instrument keuangan tersebut.
Dengan asumsi, bunga bank 2% per tahun, deposito 5% per tahun dan reksadana saham 15% per tahun.

tabel dana liburan impian www.indriariadna.com
tabel perhitungan dana liburan menggunakan tabungan, dokpri




 
tabel dana deposito liburan impian www.indriariadna.com
table perhitungan dana liburan impian dengan deposito, dokpri



tabel perhitungan dana liburan impian dengan reksadana saham, www,indriariadna,com
tabel perhitungan dana liburan impian menggunakan reksadana saham, dokpri


Jangan lupa apabila kita menyimpan dana di tabungan, setiap bulan kita akan di potong biaya administrasi yang besarannya berkisar antara 5000 sampai dengan 20,000 per bulan. Belum termasuk bunga pajak apabila jumlah dana di tabungan kita lebih dari 5 juta rupiah.

Deposito meskipun tidak ada administrasi bulanan tetapi ada pajak yang harus kita bayarkan apabila tiba saatnya pencairan dana.

Reksadana adalah yang paling irit biaya apabila dibandingkan dengan kedua instrument sebelumnya karena tidak ada biaya bulanan yang harus di bayarkan dan juga bebas pajak. Memang ada biaya saat kita menjual unit untuk komisi manajer investasi, tetapi besarannya sedikit hanya berkisar 2% saja.  

Untuk harga tiket dan harga hotel termurah, bisa mencari dan menggunakan Tixton.

Caranya, masuk ke Travel Wish Tixton dan masukkan rencana perjalanan kita, juga rencana biaya penginapan yang kita cari. Nanti Tixton akan mengirim kita email untuk harga hotel termurah.
Tixton Travel Wish to Netherland, www.indriariadna.com
Tixton Travel Wish

Tinggal kita akan memilih yang mana, tentunya yang paling terjangkau dan sesuai dengan budget kita.

Selain itu, keunggulan dari Tixton adalah, kita bisa “menjual” kembali kamar yang kita booking/pesan apabila kita meng-cancel perjalanan kita. Jadi uang booking kita untuk kamar atau hotel tidak akan hangus atau hilang.

Tixton juga sedang mengadakan promo loh….bagi teman-teman yang belum tahu ini informasinya.

Promo Wisata Tixton yang berlangsung dari tanggal 15 Agustus 2016 – 14 November 2016

Bagaimana cara mengikutinya ? 
Buat travel wish di website Tixton dan dapatkan harga hotel terbaik. 
Selain itu, Tixton juga memberikan diskon sampai dengan 20% dari harga terbaik yang kita temukan.
Ada juga kesempatan untuk memenangkan tiket pesawat untuk 2 orang plus uang saku senilai 5 juta rupiah. Setiap bulannya akan di undi 1 orang pemenang.
Travel periode untuk para pemenang di mulai dari 1 Desember 2016 – 28 Februari 2017.

Cara mudah dapatkan hotel TERMURAH di hotel idaman ya dengan Tixton apalagi banyak keunggulan dan nilai plus buat kita para traveller apalagi traveller pemula seperti saya.

Mulai mengumpulkan dana dari sekarang ah….untuk liburan impian keluarga ini, juga semangat untuk mengikuti Promo Wisata Tixton, siapa tahu menang mak,,,dapat tiket gratis dan uang saku dari Tixton. Amin

Silahkan share apabila artikel ini bermanfaat. Artikel ini saya buat untuk mengikuti lomba blog atau blog competition yang di selenggarakan oleh Tixton yang bekerja sama dengan Dunia Biza.

Untuk semua teman-teman yang komen, akan saya folbek sosmed-nya ya….terima kasih.  



16 komentar on "Event : 1 Juta Rupiah Per Bulan Demi Liburan Impian"
  1. Weleh.. ke Netherland mbak? Tpi klo aku pingin liburan impian ke Palangkaraya ga papa kan mbak. Hhee

    Semoga bisa tercapain impian liburannyaa ya mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, kalo impian kan bagusnya yang tinggi sekalian, biar adrenalinnya terpacu terus hehe....mari sini kalo di palangkaraya langsung cuzz ke rumahku :))

      Hapus
  2. buseet 89juta ya buat ke netherland XD
    lumayaan juga ya huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mb mayan buat kita hehehe beda sama artis-artis ntu..:)

      Hapus
  3. Wah..Belanda ya, kalo luar negeri saya pengen banget bisa ke Norway. Ada beberapa sahabat yang tinggal di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa enaknya punya sahabat di luar negeri, bisa irit biaya hotel yah Mb :))

      Hapus
  4. Wah belanda trnyta harganya lumayan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Dian, masih hitungan kasar, terutama biaya makan dan souvenir :)

      Hapus
  5. Wah mbak indri liburan impiannya keren... Sampe Netherland. Semangat mbak mari kita menabung hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayukk mari bang bing bung Mba Yeni hehe

      Hapus
  6. Sukses ya mbak.
    Semangat mengejar liburan impian. Semoga terwujud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Mb Nur, semoga terwujud juga liburannya bersama anak-anak :)

      Hapus
  7. nanti kalau liburan impiannya sudah terwujud jangan lupa dipost ya mbak... bayangin netherland dari foto-foto di post ini aja udah mupeng banget... gimana kalo bener kesampaian hehehe. all the best for you, amin amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Agi, terimakasih sudah ikut mendoakan....pasti pasti pasti akan di post jika terwujud. makasih ya :))

      Hapus
  8. Belanda juga masuk daftar negara impian ku mbak.
    Impian bisa liburan kesana gratisan pun selalu di dalam pikiran.
    Semoga nyampe kesana kita ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ririn, asik ada teman nih. semoga ya kesampaian niat dan impian kita, amin amin amin

      Hapus

Please comment here :

Auto Post Signature