Saat sudah menjadi seorang wanita karir yang mapan, memutuskan untuk melepas pekerjaan dan menjadi ibu rumah tangga full time adalah pilihan yang agak-agak sulit.

Apalagi kalau kita tidak mempunyai planning atau punya ide bisnis apa, mau ngapain setelah resign.

Sudah terbiasa dengan kesibukan, bertemu banyak orang, kolaborasi tim antar teman sekerja, melepas penat pekerjaan dengan bareng ke kafe bersama teman-teman sekantor adalah hal-hal yang saya rindukan saat sudah tidak bekerja di luar.

Bukannya saya tidak bisa bersenang-senang dengan keluarga, tetapi rasanya beda aja gitu. Mungkin atmosfir pekerjaan dan kurangnya stress karena deadline juga berpengaruh.

Aneh ya, harusnya tidak stress itu lebih bagus. Tapi stress terkadang memicu adrenalin, semacam tertantang dan menjadikan lebih bersemangat dan bergairah untuk bekerja.

Tapi apa iya kita hanya bisa mendapatkan atau menghasilkan uang dengan bekerja sebagai wanita karir saja ? Salah satu alasan lain betapa sulit untuk melepaskan pekerjaan, berkaitan dengan keuangan.

Ya, saat kita menjadi wanita karir, tentu saja kita akan mendapatkan uang gaji yang sebagian besar bisa kita pergunakan untuk keperluan personal atau keperluan pribadi seperti mengikuti seminar, nyalon di salon mahal (ehhhh) dan membeli baju atau tas model kekinian tanpa harus nodong suami.

Apakah ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan uang dari rumah? Sambil menemani sang anak bermain atau sambil memasak di dapur ?

Tentu saja bisa ….apalagi di era digital seperti sekarang ini. Bekerja dari rumah adalah hal yang lumrah dan sangat mungkin untuk di lakukan.

Memang awal-awal akan terasa berat, tapi percayalah, kalau kita ikhlas, nanti akan ada saja jalannya. Percaya deh 🙂

Soalnya, saya sudah mengalami sendiri. Beberapa job yang pernah saya coba kerjakan dari rumah adalah blogging, agen pemasar rumah, menerima job sponsor di blog, dropship dll.

Akhirnya, entah bagaimana asal muasalnya, lupa, saya tuh buka website Upwork, salah satu freelance service marketplace terbesar dan global. Buka akun sudah setahun tapi terus di tinggal.

Karena saat itu merasa, wahh kompetitornya dari seluruh dunia, padahal bahasa ibu bukan bahasa inggris, apa saya mampu? Pikir saya begitu.

Tapi setelah melihat nilai tukar dolar terhadap rupiah yang semakin naik dan meroket, saya cuma bisa berharap dan berdoa, enak banget yah kalo dapat job dari Upwork, penghasilan bukan lagi rupiah tapi dolar. Pada saat itu nilai tukar dolar ke rupiah adalah 10.000.

Saking inginnya pengan dapat dolar, tidak lelah usaha, propose job sana sini di Upwork. Akhirnya dapat 1 job, kemudian 2 job, sampai sekarang masih berlanjut dengan bertambahnya clients.

Buat kamu yang kurang pede bersaing secara global dengan banyak freelancer, masih banyak kok yang bisa kita lakukan dari rumah, untuk mendapatkan penghasilan sebagai ibu rumah tangga.

ide bisnis & pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang bisa banget menghasilkan Pendapatan

1. Bisnis makanan dan minuman

Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis sepanjang masa alias tidak ada matinya. Asalkan kita bisa memilih produk yang tepat yang akan kita jual.

Pengalaman nyata adik saya, dia awalnya membeli snack secara grosir, untuk di jual lagi. Baru beberapa bulan jalan, dia di tawari produk-produk dari Indomarco, dikasih kredit bermacam-macam snack dan kudapan. Ini salah satu contoh, usaha ibu rumah tangga tanpa modal.

Kamu handal dalam hal memasak, bisa loh menerima pesanan katering. Mulai dari acara yang kecil dulu seperti arisan, aqiqah dan lain-lain.

Kalau punya keterampilan untuk membuat kue atau snack, berikan sample kepada tetangga, orangtua murid anak kita, guru di sekolah anak kita dan berikan pesan bahwa kita bisa menerima order.

Lalu, bagaimana kalau tidak bisa memasak atau tidak bisa membuat kue ? Jangan khawatir, ada banyak franchise yang memudahkan kita untuk langsung berjualan. Tergantung modal yang kita punya. Ada berbagai franchise yang mensyaratkan modal mulai dari 3 jutaan hingga ratusan juta.

Franchise usaha seperti ini bis ajadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Karena modal dan risiko yang sudah kita pahami dan juga tidak harus mencari celah pangsa pasar (konsumen) dari nol.

Teman-teman saya ini, yang satu berjualan cokelat karakter dan satunya lagi berjualan aneka macam boneka dari kain flanel.

 2. Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi bisa di lakukan secara freelance, menyesuaikan waktu yang kita punya. Hanya saja, perlu sedikit waktu karena mungkin akan ada training dari perusahaan asuransi dalam hal pengenalan produk dan manfaat serta harga dari masing-masing produk.

Agen asuransi mendapatkan komisi apabila ada closing order atau prospek yang memutuskan untuk menjadi nasabah melalui kita. Kita bisa menentukan sendiri ingin mendapatkan penghasilan berapa per bulan dan berapa banyak waktu yang akan kita habiskan untuk berjualan asuransi.

Baca juga: Pentingnya Asuransi untuk Freelancer

3. Agen properti

Bisnis di bidang properti bisa sangat menguntungkan apabila kita paham cara kerja di bidang ini. Memulai pekerjaan sebagai agen properti freelance bisa kita lakukan tanpa modal. Asalkan kita ulet dan pantang menyerah.

Kita harus membuat listing atau daftar properti terlebih dahulu supaya bisa kita tawarkan atau promosikan kepada prospek klien. Mulailah mencari listing dari lingkungan sekitar tempat tinggal kita, pasti ada rumah yang di sewakan atau di jual. Hubungi pemilik dan utarakan niat kita untuk bisa bekerja sama.

Kalau di tolak bagaimana? Ya gak papa itu kan haknya pemilik properti, kalau di tolak, cari properti yang lain. Komisi yang di dapatkan agen bisa berkisar antara 2%-5% dari harga sewa atau harga jual tergantung kesepakatan dengan pemilik properti.

4. Membuka toko sembako

Meskipun franchise toko retail sudah menjamur dan banyak membuka cabang hingga di pelosok kampung, kesempatan untuk membuka toko sembako atau toko kelontong masih sangat luas.

Tentukan harga jual yang bisa bersaing dengan kompetitor dan catat secara teratur secara harian mengenai pemasukan dan pengeluaran. Hati-hati untuk tidak memberikan piutang yang terlalu besar kepada tetangga sekitar (pengalaman pribadi) yang bisa mengganggu perputaran modal kita.

Membuka toko sembako, cocok banget sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga, terutama di kota-kota kecil dan pedesaan.

5. Online shop

Sejak internet bukan lagi barang mahal, berbagai platform seperti Multiply (sudah gak ada ), Instagram, Facebook dan berbagai e-commerce digital seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli memberikan ruang yang sangat sangat luas untuk para seller atau penjual barang.

Lalu kalau tidak punya barang dagangan sendiri bagaimana ? Jadilah dropshipper.
Dropshipper tidak harus mempunyai produk atau menyetok barang dagangan karena setiap kali kita menerima order, barang akan di kirim langsung oleh penjual kepada pembeli kita dan pengirimnya pun atas nama kita.

Biasanya besaran komisi sudah di tentukan oleh penyedia barang. Kita tinggal mengupload produk tersebut di blog atau sosial media kita dan melakukan promosi. Semakin sering dan semakin banyak promosi yang kita lakukan, kesempatan untuk barang terjual akan semakin besar.


6. Menjadi Baby Sitter

Serius, saya tidak bercanda dan teman-teman tidak salah baca. Menjadi baby sitter adalah salah satu usaha yang cocok banget di jalankan oleh ibu rumah tangga yang mempunyai anak kecil.

Ada orang-orang yang sangat menyukai anak kecil, menjadi baby sitter di rumah sendiri bisa menjadi tambahan pemasukan yang lumayan. Selain kita menjaga anak orang kita juga bisa menjaga anak sendiri.

Coba teliti lingkungan sekitar tempat tinggal teman-teman sekalian.  Pasti banyak ibu bekerja yang membutuhkan jasa ini. Jangan lupa untuk menanyakan berbagai hal mengenai anak yang akan anda jaga.

Contohnya : Apakah mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, atau mempunyai kebiasaan tertentu. Semakin baik kita mengenal anak yang akan kita jaga akan semakin mudah untuk memulai pekerjaan ini.

7. Membuka Salon 

Saya sangat menyukai creambath dan berbagai perawatan di salon, wanita mana sih yang enggak suka?

Selain service (bagaimana mereka memperlakukan kita sebagai klien), pertimbangan berikutnya yang terpenting dari emak-emak seperti saya adalah harga.

Pastinya salon rumahan akan memberikan harga yang lebih bersaing daripada salon-salon besar meskipun mereka memakai bahan atau produk yang sama.

Apabila kita mempunyai keahlian di bidang ini, pekerjaan ini bisa di lakukan di rumah. Sulap ruang tamu menjadi ruang service, atau apabila mempunyai lahan yang lebih bisa membuat satu ruangan kecil di depan rumah.

Eksistensi salon sangat bergantung kepada referensi dari para kliennya. Apabila klien anda puas dengan hasil atau service yang mereka terima, pasti mereka akan merekomendasikan anda kepada orang lain.

8. Menjadi Penulis Lepas 

Suka menulis ? Jangan sia-siakan bakat kamu. Cobalah untuk membuat beberapa artikel dan beberapa tema. Upload di blog sebagai portofolio.

Banyak sekali lowongan pekerjaaan untuk para penulis lepas, beberapa referensi adalah situs Sribulancer dan Projects.co.id.

Selain membuat portofolio, penting untuk kita agar mudah di hubungi oleh klien maupun calon klien. Caranya ?  Di blog atau website kita, cantumkan alamat email dan nomor telepon yang aktif.  Tulis informasi bahwa kita menerima jasa untuk pembuatan artikel.

Setting email untuk membuat signature, kita bisa menambahkan nama, alamat website, email serta no hp di bagian signature. Jadi setiap kali kita mengirim atau membalas email, sang penerima email akan langsung mengetahui website dan kontak kita secara otomatis.

9. Membuka Les Privat

Pengalaman pribadi, dulu saat baru lulus kuliah saya tidak bisa langsung kerja. Begitulah nasib fresh graduate, belum ada pengalaman dan kemampuan.

Karena jauh dari orangtua dan tidak ada kiriman uang, sedangkan saya masih butuh makan maka saya prospek para tetangga saya supaya anak-anaknya di perbolehkan les di tempat saya.

Materinya? Pelajaran sekolah untuk anak SD.

Tentukan waktu dan susun jadwal untuk pemberian les. Berapa kali dalam seminggu dan berapa jam setiap pertemuan kita bisa bekerja.

Semakin banyak anak yang les di tempat kita, semakin banyak pendapatan. Tentu saja…

10.  Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing? Oh itu salah satu karunia terindah hehehe.
Beneran deh. Tidak semua orang mau dan mampu mempelajari bahasa asing. Sedangkan di era globalisasi ini mana ada sih yang tidak memperlukan jasa penerjemah ? Meskipun sudah ada google translate, tapi tau sendiri kan bagaimana google menerjemahkan kata per kata dan bukan per kalimat ?

Selain one time project, kita bisa mengirimkan portofolio dan resume kepada para penerbit {kalau sudah ahli ya}.

Buat media kit yang rapi dan cantik untuk memudahkan calon klien mengetahui tentang kita dan jasa yang kita tawarkan.

11. Photography

12. Travel Agent

13. Secret Shopper

14. Jasa Kurir

15. Instruktur senam atau yoga

16. Desain T-Shirt

17. Buka kelas memasak

18. Make-up artist

19. Desain Grafis

20. Menulis novel fiksi

21. Membuat berbagai aksesoris dan perhiasan

22. Virtual Assistant

Peluang bisnis virtual assistant bisa di baca di Freelance Virtual Assistant, Langkah Baru Untuk Sukses Lewat Internet

Online course virtual assistant klik link ini Become a Pro VA

23. Akuntan freelance

24. Laundry

25. Pet care

26. Dekorasi kue pengantin/ultah/custom

27. Wedding planner

28. Merangkai bunga

29. Etsy printable store

30. Web design development

31. Bisnis tanaman

32. Menjahit

33. Digital Marketing

34. Email marketing VA

35.  YouTuber

36. Menjual e-Book

Contoh ebook yang bisa dijual seperti di bawah ini.

ebook Guide to Upwork

37. Bisnis sewa (rumah, perkakas, gedung, genset, mobil)

38. Buka toko roti

39. Menjual katering

40. Menjual produk hijab fashion

41. Handycraft

42. Home renovation

43. Printing service

44. Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah kita akan mendapat komisi saat terjadi penjualan produk atau jasa yang kita rekomendasikan.

Jasa atau produk ini bukan produk kita sendiri melainkan produk orang atau perusahaan lain.

Contohnya, saya mengikuti beberapa program afiliasi, satu diantaranya adalah Canva.

Jika pembaca mengklik image tautan atau melakukan pembelian Canva Pro, saya akan mendapatkan sedikit komisi.

45. Influencer & Buzzer

46. Online consultation

47. Transkrip

48. Logo desain

49. Blog template desain

Setup dan install website

50. SEO spesialist

Ada banyak banget kan? Mungkin ada yang mau menambahkan?

Yuk ayo di coba, yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki atau kalau kita mau mempelajari hal-hal baru, akan lebih bagus lagi.

Semoga bermanfaat ya..

Silahkan di sharing, siapa tahu ada teman yang sedang membutuhkan ide-ide ini.

8 Comments

  1. Terima kasih informasi ini sangat bermanfaat sekali. Sukses terus untuk blog-nya yah ka. Amin

  2. Milda Ini says:

    niceSalam kenal yaBlognya sdh saya folow

    1. Indri ariadna says:

      Hai Mb Milda, oke nanti say folbek, makasih ya..:)

  3. Christanty Putriarty says:

    Wuih banyak juga idenya ya mbaa…sip banget :)Twitter + IG (@cputriarty) ^_^

    1. Indri ariadna says:

      hehe daripada di simpan sendiri, sapa tau bermanfaat buat orang lainoke, ntar aku folbek ya, makasih dah berkunjung

  4. Baiq Rosmala says:

    No.9 done hehe..pernah aktif ngelakuin olshop tapi keteteran karena nggk bisa pantengin medsos terus menerus, dan pernah sesekali jadi translator :DThanks for sharing mba, list nya lengkap banget 🙂

    1. Indri ariadna says:

      wuihh keren mba..sekarang fokus kemana bisnisnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *