Top Social

10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

9/20/2016
bisnis ala ibu rumah tangga di lakukand dari rumah
ide bisnis untuk ibu rumah tangga


Saat sudah menjadi seorang wanita karir yang mapan, memutuskan untuk melepas pekerjaan dan menjadi ibu rumah tangga full time adalah pilihan yang agak-agak sulit.

Sudah terbiasa dengan kesibukan, bertemu banyak orang, kolaborasi tim antar teman sekerja, melepas penat pekerjaan dengan bareng ke kafe bersama teman-teman sekantor adalah hal-hal yang saya rindukan saat sudah tidak bekerja di luar.

Bukannya saya tidak bisa bersenang-senang dengan keluarga, tetapi rasanya beda aja gitu. Mungkin atmosfir pekerjaan dan kurangnya stress karena deadline juga berpengaruh. Aneh ya, harusnya tidak stress itu lebih bagus. Tapi stress terkadang memicu adrenalin, semacam tertantang dan menjadikan lebih bersemangat dan bergairah untuk bekerja.

usaha yang bisa di lakukan dari rumah
sumber : freepik


Salah satu alasan lain betapa sulit untuk melepaskan pekerjaan, berkaitan dengan keuangan. Ya, saat kita menjadi wanita karir, tentu saja kita akan mendapatkan uang gaji yang sebagian besar bisa kita pergunakan untuk keperluan personal atau keperluan pribadi seperti mengikuti seminar, nyalon di salon mahal {..ehhhh } dan membeli baju atau tas model kekinian tanpa harus nodong suami.

Tapi apa iya kita hanya bisa mendapatkan atau menghasilkan uang dengan bekerja sebagai wanita karir saja ?
Apakah ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan uang dari rumah ? Sambil menemani sang anak bermain atau sambil memasak di dapur ?
Tentu saja bisa ....apalagi di era digital seperti sekarang ini. Bekerja dari rumah adalah hal yang lumrah dan sangat mungkin untuk di lakukan.

Berikut ini 10 ide bisnis yang bisa di lakukan oleh ibu rumah tangga di rumah :

1. Bisnis makanan dan minuman

Bisnis makanan dan minuman adalah bisnis sepanjang masa alias tidak ada matinya. Asalkan kita bisa memilih produk yang tepat yang akan kita jual.
Apabila pandai memasak, kita bisa menerima pesanan katering. Mulai dari acara yang kecil dulu seperti arisan, aqiqah dan lain-lain.

Jika mempunyai keterampilan untuk membuat kue atau snack, berikan sample kepada tetangga, orangtua murid anak kita, guru di sekolah anak kita dan berikan pesan bahwa kita bisa menerima order.

Lalu, bagaimana kalau tidak bisa memasak atau tidak bisa membuat kue ? Jangan khawatir, ada banyak franchise yang memudahkan kita untuk langsung berjualan. Tergantung modal yang kita punya. Ada berbagai franchise yang mensyaratkan modal mulai dari 3 jutaan hingga ratusan juta.

 2. Agen Asuransi
Menjadi agen asuransi bisa di lakukan secara freelance, menyesuaikan waktu yang kita punya. Hanya saja, kita perlu sedikit waktu untuk melakukan training dari perusahaan asuransi untuk pengenalan produk dan manfaat serta harga dari masing-masing produk.

Agen asuransi mendapatkan komisi apabila ada closing order atau prospek yang memutuskan untuk menjadi nasabah melalui kita. Kita bisa menentukan sendiri ingin mendapatkan penghasilan berapa per bulan dan berapa banyak waktu yang akan kita habiskan untuk berjualan asuransi.

3. Agen properti
Bisnis di bidang properti bisa sangat menguntungkan apabila kita paham cara kerja di bidang ini. Memulai pekerjaan sebagai agen properti freelance bisa kita lakukan tanpa modal. Asalkan kita ulet dan pantang menyerah.




Kita harus membuat listing atau daftar properti terlebih dahulu supaya bisa kita tawarkan atau promosikan kepada prospek klien. Mulailah mencari listing dari lingkungan sekitar tempat tinggal kita, pasti ada rumah yang di sewakan atau di jual. Hubungi pemilik dan utarakan niat kita untuk bisa bekerja sama.

Kalau di tolak bagaimana? Ya gak papa itu kan haknya pemilik properti, kalau di tolak, cari properti yang lain. Komisi yang di dapatkan agen bisa berkisar antara 2%-5% dari harga sewa atau harga jual tergantung kesepakatan dengan pemilik properti.





4. Membuka toko sembako

Meskipun franchise toko retail sudah menjamur dan banyak membuka cabang hingga di pelosok kampung, kesempatan untuk membuka toko sembako atau toko kelontong masih sangat luas.

Tentukan harga jual yang bisa bersaing dengan kompetitor dan catat secara teratur secara harian mengenai pemasukan dan pengeluaran. Hati-hati untuk tidak memberikan piutang yang terlalu besar kepada tetangga sekitar (pengalaman pribadi) yang bisa mengganggu perputaran modal kita.

membuka toko sembako
sumber : freepik


5. Membuka online shop

Sejak internet merajalela,berbagai platform seperti Multiply (sudah gak ada ), Instagram, Facebook dan berbagai e-commerce digital seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli memberikan ruang yang sangat sangat luas untuk para seller atau penjual barang.

Lalu kalau tidak punya barang dagangan sendiri bagaimana ? Jadilah dropshipper.
Dropshipper tidak harus mempunyai produk atau menyetok barang dagangan karena setiap kali kita menerima order, barang akan di kirim langsung oleh penjual kepada pembeli kita dan pengirimnya pun atas nama kita.
Biasanya besaran komisi sudah di tentukan oleh penyedia barang. Kita tinggal mengupload produk tersebut di blog atau sosial media kita dan melakukan promosi. Semakin sering dan semakin banyak promosi yang kita lakukan, kesempatan untuk barang terjual akan semakin besar.

membuka online shop
sumber : freepik

Baca juga : Jasa Saya Di Hargai 10 Ribu Rupiah


6. Menjadi Baby Sitter

Serius, saya tidak bercanda dan teman-teman tidak salah baca.

Apabila anda menyukai anak kecil, menjadi baby sitter di rumah sendiri bisa menjadi tambahan pemasukan yang lumayan. Selain kita menjaga anak orang kita juga bisa menjaga anak sendiri.

Coba teliti lingkungan sekitar tempat tinggal teman-teman sekalian.  Pasti banyak ibu bekerja yang membutuhkan jasa ini. Jangan lupa untuk menanyakan berbagai hal mengenai anak yang akan anda jaga.
Contohnya : Apakah mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, atau mempunyai kebiasaan tertentu. Semakin baik kita mengenal anak yang akan kita jaga akan semakin mudah untuk memulai pekerjaan ini.

7. Membuka Salon 

Saya sangat menyukai creambath dan berbagai perawatan di salon (wanita mana sih yang enggak suka?).
Selain service (bagaimana mereka memperlakukan kita sebagai klien), pertimbangan berikutnya yang terpenting dari emak-emak seperti saya adalah harga.

Pastinya salon rumahan akan memberikan harga yang lebih bersaing daripada salon-salon besar meskipun mereka memakai bahan atau produk yang sama.

Apabila kita mempunyai keahlian di bidang ini, pekerjaan ini bisa di lakukan di rumah. Sulap ruang tamu menjadi ruang service, atau apabila mempunyai lahan yang lebih bisa membuat satu ruangan kecil di depan rumah.

Eksistensi salon sangat bergantung kepada referensi dari para kliennya. Apabila klien anda puas dengan hasil atau service yang mereka terima, pasti mereka akan merekomendasikan anda kepada orang lain.

8. Menjadi Penulis Lepas 

Suka menulis ? Jangan sia-siakan bakat anda. Cobalah untuk membuat beberapa artikel dan beberapa tema. Upload di blog anda sebagai portofolio.

Banyak sekali lowongan pekerjaaan untuk para penulis lepas, beberapa referensi adalah situs Sribulancer dan Projects.co.id.

Selain membuat portofolio, penting untuk kita agar mudah di hubungi oleh klien maupun calon klien. Caranya ?  Di blog atau website kita, cantumkan alamat email dan nomor telepon yang aktif.  Tulis informasi bahwa kita menerima jasa untuk pembuatan artikel.

Setting email untuk membuat signature, kita bisa menambahkan nama, alamat website, email serta no hp di bagian signature. Jadi setiap kali kita mengirim atau membalas email, sang penerima email akan langsung mengetahui website dan kontak kita secara otomatis.

9. Membuka Les Privat
Pengalaman pribadi, dulu saat baru lulus kuliah saya tidak bisa langsung kerja. Begitulah nasib freshgraduate, belum ada pengalaman dan kemampuan. Karena jauh dari orangtua dan tidak ada kiriman uang, sedangkan saya masih butuh makan maka saya prospek para tetangga saya supaya anak-anaknya di perbolehkan les di tempat saya.

Materinya? Pelajaran sekolah untuk anak SD.

Tentukan waktu dan susun jadual untuk pemberian les. Berapa kali dalam seminggu dan berapa jam setiap pertemuan kita bisa bekerja.

Semakin banyak anak yang les di tempat kita, semakin banyak pendapatan. Tentu saja...

10.  Jasa Penerjemah
Memiliki kemampuan berbahasa asing? Oh itu salah satu karunia terindah hehehe.
Beneran deh. Tidak semua orang mau dan mampu mempelajari bahasa asing. Sedangkan di era globalisasi ini mana ada sih yang tidak memperlukan jasa penerjemah ? Meskipun sudah ada google translate, tapi tau sendiri kan bagaimana mbah google menerjemahkan ?

Selain one shot project, kita bisa mengirimkan portofolio dan resume kepada para penerbit {kalau sudah ahli ya}. Untuk permulaan, upload hasil terjemahan kita di blog pribadi dan share ke semua teman melalui sosmed.

Buat media kit yang rapi dan cantik untuk memudahkan calon klien mengetahui tentang kita dan jasa yang kita tawarkan.
    Sebenarnya masih ada banyak ide selain 10 di atas tapi nanti terlalu panjang dan membosankan.
    Mungkin akan saya buatkan 1 atau 2 artikel lagi nanti untuk lanjutannya.

    Atau mungkin ada teman-teman yang mempunyai ide tentang pembahasan selanjutnya enaknya tentang apa ? coba deh info aja di komen.

    Oke teman-teman, selamat membaca dan semoga bermanfaat ya....Silahkan di sharing apabila bermanfaat.


    6 komentar on "10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga"
    1. No.9 done hehe..
      pernah aktif ngelakuin olshop tapi keteteran karena nggk bisa pantengin medsos terus menerus, dan pernah sesekali jadi translator :D
      Thanks for sharing mba, list nya lengkap banget :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. wuihh keren mba..sekarang fokus kemana bisnisnya ?

        Hapus
    2. Wuih banyak juga idenya ya mbaa...sip banget :)
      Twitter + IG (@cputriarty) ^_^

      BalasHapus
      Balasan
      1. hehe daripada di simpan sendiri, sapa tau bermanfaat buat orang lain
        oke, ntar aku folbek ya, makasih dah berkunjung

        Hapus
    3. nice
      Salam kenal ya
      Blognya sdh saya folow

      BalasHapus
      Balasan
      1. Hai Mb Milda, oke nanti say folbek, makasih ya..:)

        Hapus

    Please comment here :

    Auto Post Signature