8/31/2016

Resep : Cara Membuat Nugget Mi Stick

Sebenarnya resep ini saya buat untuk mengikuti lomba masak Dapur Umami di FB. Tetapi apa daya  karena kurang teliti membaca syarat dan ketentuannya, kalah deh.
Tapi nugget ini beneran gampang buatnya, simple, gak neko-neko plus enak di buat cemilan/kudapan ataupun buat bekal anak sekolah.

kudapan dan cemilan enak buat teman ngopi
nugget mie stick siap santap



Langsung yuk kita lihat resep dan cara buatnya.
Bahan :
  • 200 gr mie telur, rebus, potong-potong
  • 4 butir telur [2 butir untuk adonan, 2 butir untuk memanir]
  • daun bawang, iris tipis
  • 1 wortel, potong dadu kecil
  • 150 gr fillet daging ayam, potong kotak kecil atau haluskan
  • 100 gr keju, parut
  • 100 ml susu cair
  • 150 gr – 200 gr tepung serba guna [sasa, sajiku, kobe]
  • bawang putih + sedikit merica, di haluskan
  • sedikit garam
  • sedikit kaldu bubuk bila suka
  • minyak untuk menggoreng
  • saus tomat botolan
  • mayones






resep cara membuat camilan enak buat anak
bahan untuk membuat nugget mie stick


# Baca juga : Cara membuat pempek "Dos" #


Cara membuat :
  1. Campur mie telur yang sudah di rebus dan di potong-potong, campurkan wortel, susu, keju, ayam, bumbu [bawang putih + merica+garam+kaldu bubuk], 2 butir telur, tepung serbaguna, keju dan susu cair. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Sementara itu siapkan dandang atau kukusan yang sudah di beri air dan sudah di panaskan.
  3. Setelah adonan nugget tercampur rata, masukkan ke dalam loyang [saya memakai loyang silicone]. Kalau tidak ada loyang, bisa di masukkan ke plastik es kemudian ikat kencang.
  4. Kukus adonan nugget selama kurang lebih 45 menit sampai matang sempurna.
  5. Setelah matang, angkat adonan nugget dari kukusan kemudian pindahkan ke luar supaya lebih cepat dingin.
  6. Setelah dingin, adonan nugget bisa kita potong sesuai selera. Memakai cutter beraneka bentuk juga bisa. Kalau saya cuman saya potong kecil-kecil panjang.
  7. Sisa 2 telur yang ada masukkan ke dalam mangkuk, kocok rata. Siapkan juga kurang lebih 10 sendok makan tepung serbaguna dalam wadah yang berbeda.
  8. Masukkan nugget ke dalam adonan telur kemudian gulingkan ke dalam tepung serbaguna hingga semua nugget terbalur tepung.
  9. Goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan.
  10. Nugget bisa di sajikan dengan saus botolan atau mayones.
persiapan bahan
persiapan bahan

semua bahan di campur dan di aduk menjadi satu
semua bahan siap di campur

adonan di kukus
adonan di kukus

nugget mie stick siap di sajikan
siap di sajikan

Yuk, di coba….mudah dan murah bahannya.
Untuk memastikan adonan nugget sudah matang sempurna, ada tips nih Bun.
Gunakan lidi yang bersih atau garpu juga bisa, cocolkan ke dalam adonan. Apabila masih ada adonan yang menempel di garpu atau lidi, berarti adonan belum matang.
Ingat untuk mengecek air di dandang kukusan, jangan sampai dandang hangus karena airnya habis. Bisa gosong semua nanti..
Selain resep di atas, resep ini juga mudah membuatnya : Kroket Nasi
Apabila ada nasi sisa, jangan di buang, di buat kudapan enak seperti kroket nasi saja bun, lebih bermanfaat buat anak-anak kita.
Silahkan share apabila artikel ini bermanfaat, terima kasih.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

8 komentar

izin saya save resepnya ya mba, saya tertarik utk mencobanya di rumah. makasih sharing-nya :)

Balas

monggo mbak, gampang banget kok buatnya ^^

Balas

reseep baruuu :D
ijin save ya mbaak ^^

Balas

iyaa, silahkan mba ^^ rugi kalo gak nyoba [maksa] hehe

Balas

Asyiiik, biar bisa buat lauk kalo pagi-pagi bangunnya telat :))

Balas

bener banget Mb Winda, bisa buat stock, 1 resep ini jadinya lumayan banyak..^^
oiya kalo di stock mendingan di panir sekalian baru masuk kulkas mb, tinggal sreng deh..

Balas

Aku suka bikinin anak nugget juga. Nugget ayam sama tahu. yang ini belum pernaah. mayan nih buat variasi hihi

Balas

kayaknya enak ya nugget ayam tahu boleh di coba nih :)

Balas

Please comment here :