Top Social

Bahaya Obesitas Dalam Gaya Hidup Sedentary

6/25/2016
light house blog competition


Sedentary tidaklah sama dengan kurangnya aktivitas fisik atau bukannya tidak berolahraga tetapi sedentary adalah segala aktivitas fisik yang di lakukan di luar waktu tidur, di mana postur duduk dan berbaring adalah yang paling sering atau paling dominan dan energi yang di keluarkan sangatlah rendah atau sedikit.



contoh gaya hidup sedentary
ilustrasi : sedentary


Kita tidak sadar bahwa sedentary bukan saja merupakan kebiasaan tetapi sudah menjadi gaya hidup terutama bagi masyarakat urban di kota-kota besar.







Apa sajakah yang termasuk dalam kategori gaya hidup sedentary ? Mungkin salah satunya sudah sering kita lakukan tanpa kita sadari:
#1. di rumah : duduk, membaca, menonton televisi, chatting, main video games
menonton televisi selama beberapa jam termasuk sedentary
ilustrasi : menonton televisi

#2.  di kantor : duduk di belakang meja terus menerus, bekerja di depan komputer sepanjang hari.

#3. saat berkendara atau sedang dalam moda transportasi : di mobil, bus, angkutan umum karena kita cenderung duduk diam tak bergerak dalam jangka waktu beberapa lama.

Dalam bahasa inggris, gaya hidup sedentary sering di samakan dengan "couch potato" yang artinya "pemalas".
couch potato atau kantung kentang
couch potato

Kentang di atas sofa yang hanya bisa duduk diam atau berbaring tidak bergerak, kira-kira seperti itulah.....

Dampak dari perilaku sedentary adalah :
1. Duduk lama sepanjang hari terlepas dari kegiatan lainnya, memperburuk kesehatan.
2. Sedentary > 8 jam DAPAT berakibat buruk
3. Sedentary > 11 jam PASTI berakibat buruk

Perlu adanya aktivitas fisik dan olahraga kecil yang harus kita lakukan selama jeda waktu sedentary supaya kesehatan kita terjaga.

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga atau energi dan pembakaran energi.

Aktivitas fisik di kategorikan cukup apabila seseorang melakukan aktivitas fisik atau olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 - 5 hari dalam seminggu. [sumber : bakti husada]





Lalu apa yang terjadi apabila kita sudah terperangkap dalam gaya hidup sedentary karena tuntutan pekerjaan misalnya ?
Kita harus memanfaatkan jeda waktu sedentary setiap 1 atau 2 jam sekali untuk sekedar melakukan aktivitas fisik.

Mengapa?
Seperti yang sudah di uraikan di atas, sedentary berdampak buruk pada kesehatan dan bisa meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti :   


  •  obesitas : terjadi akibat asupan energi yang lebih tinggi daripada energi yang di keluarkan [sumber : bakti husada]
  •  penyakit kardiovaskular
  •  meningkatkan resiko diabetes melitus
  •  berkurangnya massa otot dan kekuatan tulang [osteoporosis]
  •  kegelisahan atau gangguan kecemasan 
  •  depresi
  •  tekanan darah tinggi
  •  scoliosis adalah kelainan pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang. 
  •  sakit punggung bagian bawah
  •  kanker kolon
  •  kelainan fungsi metabolisme

Sementara di lain pihak, obesitas sendiri pun bisa menyebabkan timbulnya beberapa komplikasi penyakit seperti :
  1.  Sleep anea : sindrom sleep anea adalah suatu penyakit saat pernapasan terhenti berkali-kali saat tidur. Orang-orang yang mengalami sleep anea mengalami penyempitan saluran pernapasan yang parah sehingga terbangun berkali-kali setiap malam. Kurang tidur menyebabkan sistem peredaran darah terbebani dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke hingga 3 - 4 kali lipat. Sebanyak 70% - 80% pasien yang menderita sleep anea adalah penderita obesitas. [sumber : The Miracle of Enzyme] 
  2. Penyakit paru-paru
  3. Penyakit liver
  4. Stroke
  5. Penyakit jantung
  6. Diabetes : suatu penyakit metabolik yang di tandai dengan tingginya kadar gula darah melebihi normal [sumber : bakti husada]
  7. Penyakit pankreas
  8. Radang sendi
  9. Gout 
  10. Kanker
  11. Infertilitas atau masalah kesuburan
  12. Penyakit batu empedu


Obesitas seringkali di sebabkan oleh terlalu banyaknya asupan makanan, kurangnya aktivitas fisik [termasuk di dalamnya sedentary] dan masalah hormon .
Sebagian kecil di sebabkan oleh gen, penyakit kelenjar endokrin [seperti hipotiroid], pengobatan serta adanya penyakit mental.

Obesitas bisa di ukur dengan menghitung Indeks Massa Tubuh seseorang {IMT= indeks massa tubuh atau BMI = body mass index }
Obesitas di kategorikan berlebih apabila IMT lebih besar atau sama dengan 25 kg/m2 [berat badan {kg} di bagi tinggi badan {cm} 


rumah-yube.blogspot.co.id
rumus Indeks Massa Tubuh




Baca juga : Melilea Soya Bean

Beberapa cara untuk menekan timbulnya obesitas :
1. Mengutip dari Dr. Hiromi Shinya dalam bukunya "The Miracle of Enzyme"
Kita harus mengunyah setiap suap makanan sebanyak 30 - 50 kali sehingga makanan menjadi sangat lembek dan bisa melewati kerongkongan dengan mudah.
Tetapi untuk makanan yang lebih keras atau tidak dapat di cerna dengan baik, perlu mengunyah setiap suap 70-75 kali.

Tubuh manusia di bangun sehingga kelenjar saliva mengeluarkan lebih banyak air liur seiring semakin banyaknya seseorang mengunyah. Karena air liur dapat bercampur baik dengan asam lambung dan air empedu, proses pencernaan pun dapat berjalan dengan lancar.
Belakangan ini terjadi peningkatan jumlah orang yang berat badannya meningkat akibat asupan kalori yang berlebihan tetapi masih kekurangan nutrisi esensial.

Hal ini biasanya di sebabkan oleh menu makan sehari-hari yang tidak seimbang di tambah dengan kesulitan mencerna dan ketidakmampuan melakukan penyerapan yang di sebabkan oleh pengunyahan yang tidak baik.

Mengunyah denga baik sebenarnya lebih bagus bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan karena menyantap makanan memerlukan waktu yang jauh lebih lama.
Selama makan, tingkat gula darah meningkat dan menahan nafsu makan sehingga mencegah anda makan terlalu banyak.

Dengan mengunyah secara baik, anda lebih cepat merasa kenyang. Oleh karena itu anda tidak perlu mengumpulkan banyak keteguhan hati [disiplin] dan memaksa diri untuk mengurangi jumlah makanan yang anda santap karena secara alami anda ingin makan lebih sedikit apabila anda mengunyah makanan dengan baik.

2. Pilih dan makanlah dengan menu makanan yang baik :


  •  85% - 90% makanan nabati :

- 50% biji-bijian utuh, sereal, beras cokelat, lentil, kacang merah, kacang hitam, roti dari ganduum utuh, pasta dari gandum utuh
- 30% sayuran hijau dan kuning serta umbi-umbian [kentang, wortel, ubi jalar, bit, sayuran laut]
-5%-10% buah-buahan, biji dan kacang



  •  10%-15% protein hewani [tidak lebih dari 85-115 gram per hari]

- ikan jenis apapun tetapi sebaiknya ikan yang berukuran kecil
- unggas [ ayam/bebek/kalkun] sedikit saja
- telur
- susu kedelai, keju kedelai, susu beras, susu almond


memasak makanan sendiri daripada beli makanan di luar
pilih dan masak makanan sehat

3. Minum air putih yang cukup

4. Kurangi stress

5. Olahraga secara rutin
olahraga bisa mengurangi risiko obesitas
olahraga

6. Hindari menu makanan junk food dan fast food serta berbagai makanan olahan karena mengandung tinggi natrium tetapi tidak mengandung serat.

7. Mengikuti program penurunan berat badan di lightHouse yang sudah berpengalaman dan sudah teruji lebih dari 11 tahun.



Klinik lightHOUSE Indonesia merupakan satu-satunya weight control center di Indonesia yang menyediakan layanan program penurunan berat badan komprehensif dan di bawah pengawasan medis. Program komprehensif lightHOUSE dilengkapi dengan pola makan yang mudah diikuti, terapi dan obat yang efektif, serta program simulasi membuat pasien lebih mudah menerapkan pengetahuan baru yang diterimanya.

Program ini juga telah terbukti secara klinis 3,5 kali lebih efektif dibandingkan dengan konsultasi dan terapi reguler lain
Terdapat banyak program untuk membantu anda menyeimbangkan berat badan hingga mencapai berat badan yang normal.

Apa saja programnya ?


  • lightWEIGHT

Program ini berlangsung sekitar 12 kali pertemuan selama 12 minggu. Materi yang diajarkan dalam setiap pertemuan dirancang khusus oleh dr. Grace Judio-Kahl, Msc, MH, CHt.
Termasuk semua bentuk terapi dan inovasi yang digunakan, semua merupakan hasil penelitian dr. Grace selama belasan tahun berkecimpung dalam masalah obesitas
Kini lightWEIGHT hadir dalam paket Ultimate yang menawarkan layanan paling lengkap, seperti:

1. Tes DNA
Layanan tes DNA berfungsi untuk mengecek adakah mutasi gen dalam tubuh seseorang yang membuatnya cepat gemuk atau sulit langsing. Tes ini dapat mengecek: 1) Diet yang cocok apakah yang rendah karbo, rendah lemak atau rendah kalori; 2) Respons tubuh terhadap makanan tergolong normal atau susah kenyang; 3) Sistem penyimpanan lemak tubuh termasuk normal atau lebih gampang menimbun lemak; 4) Penyerapan lemak tubuh terhitung normal atau lebih gampang menyerap lemak; serta 5) Bagaimana tendensi kenaikan berat badan, apakah normal atau lebih gampang naik berat.

2. Meta Booster
Injex dan mesoterapi merupakan terapi penunjang yang telah lama digunakan dan menjadi andalan di klinik lightHOUSE Indonesia. Terapi penunjang terbaru kami, Meta Booster, dapat membuat terapi injex dan mesoterapi lebih efektif membakar lemak. Meta Booster itu adalah suntikan dengan Vitamin B12 dan ATP. Bila kedua zat ini disuntikkan langsung atau lewat injex bisa sangat-sangat nyeri. Maka lightHOUSE menggunakan pain hacker untuk mengacaukan sinyal syaraf sehingga syaraf itu jadi bingung akhirnya tidak merasakan nyeri.

3. Lympathic Drainage
Pembuluh limfatik ternyata memiliki peran penting dalam proses metabolisme lemak. Pembuluh limfatik yang tersumbat membuat lemak tersumbat, tidak bisa mengalir ke atas untuk kemudian dibakar. Salah satu cara menjaga kelancaran pembuluh limfatik adalah dengan terapi Lympathic Drainage. Terapi ini berfungsi membebaskan aliran lemak dalam pembuluh limfatik sehingga lemak bisa ditrasfer dan proses pembakarannya jadi lebih cepat.

4. lightMEAL Induksi
Selain Tes DNA dan terapi, lightWEIGHT Ultimate juga sudah termasuk three days meal strarter yaitu lightMEAL Induksi. Paket dapat membantu penurunan berat badan Sahabat lightHOUSE hingga 3-5 Kg selama proses Induksi. Dengan catatan, semua anjuran ahli gizi dipatuhi. Paket ini terdiri dari empat kali meals, satu kali pudding, dan satu kali fruits yang akan diantar tiap hari oleh tim kami ke tempat Anda.



  •  lightMEAL

Produk makanan ini cocok untuk anak kost atau profesional muda yang super sibuk. Dibandingkan dengan catering diet yang sedang populer, lightMEAL menjadi pilihan yang lebih menguntungkan


  • Corporate Program

Ada dua jenis paket yang bisa di pilih:

Corporate Fight Fat yang terdiri atas:
4 kali Mesoterapi.
2 kali Injex,
2 kali Meta booster,
2 kali Lymphatic Drainage,
4 kali Konsultasi Dokter,
4 kali Konsultasi Ahli Gizi, dan
1 kali Konsultasi Psikologi.

Corporate Slim Right yang terdiri atas 8 kali Mesoterapi, 4 kali Konsultasi Dokter dan 4 kali Konsultasi Ahli Gizi.

- Other Program 
Silakan berkonsultasi langsung ke Klinik lightHOUSE Indonesia.

Last but not least ....



kutipan



   
Artikel ini di ikutsertakan dalam lightHOUSE Writing Competition yang di selenggarakan oleh lightHOUSE Indonesia



Post Comment
Posting Komentar

Please comment here :

Auto Post Signature