BPJS bisa di manfaatkan untuk ganti kacamata
ilustrasi kacamata


Teman2, saya baru tahu kalau BPJS ternyata sangat bermanfaat sekali, bisa untuk berobat jalan dan tidak harus rawat ianp, bisa untuk urusan gigi dan bisa juga untuk urusan mata.

Khusus di artikel ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan BPJS untuk periksa mata dan ganti kacamata minus saya.

Sebenarnya yang butuh kacamata adalah suami saya, karena di usia yang hampir 40 tahun, suami saya saat  membaca tulisan itu harus jauh sejauh rentangan tangan.

Kalau membaca dari jarak dekat malahan kabur semua dan tidak bisa terbaca katanya. 

Saya pikir loh kok kebalikan dengan saya, kalau saya membaca dekat bisa banget tapi kalau melihat jauh atau membaca jauh jadinya kabur banget. Saya sudah memakai kacamata minus sejak SMA.

Nah waktu mengantar anak saya ke sekolah, di salah satu optik ada tulisan atau banner- nya “menerima BPJS ” 

Jadilah, setelah nganter anak ke sekolah saya menyempatkan mampir ke optik tadi untu bertanya bagaimana cara menggunakan BPJS.

Dan inilah tahapan yang harus saya lalui untuk periksa mata gratis dan ganti kacamata gratis menggunakan BPJS :


Minta surat rujukan dari faskes yang tercatat di kartu BPJS kita, kalau saya dan suami ikut di Kimia Farma di jalan Rajawali Palangkaraya.

Setelah mendapat surat rujukan dari dokter/faskes, saya di beritahu bahwa periksa matanya harus di RSUD karena faskes tidak mempunyai alat periksa mata. Maka jadilah kami di rujuk di RSUD Doris Palangkaraya. Surat rujukan berlaku 3 hari, walaupun yang tercetak di surat nya 1 bulan, maklum lah ya...

Kita (saya dan suami) ke RSUD Doris hari Sabtu siang, heran saja kok rumah sakit sepi dan ternyata baru tahu kalau sabtu siang semua layanan dan loket sudah tutup. 

Setelah bertanya ke salah satu loket yang masih buka, mereka menyarankan kalau mau ke Doris sebaiknya hari Senin. Oke jelas

Senin pagi kita ke Doris, sampai di sana sekitar jam 9 pagi, tidak tahu harus bagaimana dengan surat rujukan ini, lalu saya kembali bertanya ke loket yang pernah saya datangi hari sabtu kemaren. 

Ternyata harus pakai tiket antri, ya bagaimana tahu, tidak ada orang yang jaga di tiketnya. Saat kita mau ambil, sudah ada ibu2 yang duduk manis di situ kemudian di tanya, mau umum/lansia/bpjs..... ternyata loketnya juga laen2 ya. Soalnya belum pernah ke RSUD ini sebelumnya, harap maklum ^^

Setelah ambil antrian tiket, kita duduk menunggu, hampir 2 jam,,,,,, dan tempat duduk semua penuh nuh nuh,,,, banyak sekali yang antre seperti kami. 

Karena mepet waktunya dengan anak saya yang harus berangkat sekolah (masuk siang), akhirnya saya pulang duluan. Saya ke Doris lagi sekitar kurleb 1 jam kemudian.

Ternyata suami saya sudah clear dengan antrean dan kami langsung naik ke lantai 2 ke klinik mata.

Di klinik mata ini sama sekali tidak antre alias lengang, mungkin karena sudah siang (jam 1 sang). Kami langsung masuk dan di periksa, ternyata suami plus 1 dan minus saya nambah lagi   -__-

Di beritahu oleh dokter, kalau memakai BPJS ada bantuan dana untuk pembelian kacamata (frame + lensa).

BPJS kelas 1 RP.300.000 ;; kelas 2 RP 200.000 ;; kelas 3 RP. 150.000

Dan  setelah selesai periksa, dapat surat keterangan dari dokter kemudian kami turun ke lantai 1 untuk verifikasi data di counter BPJS dan ternyata oh ternyata,  komputernya sedang bermasalah dan tidak ada jaringan katanya hahahahh dan harus kembali lagi besok. Nasib...

Hari selasa siang, saya ke Doris dan mengambil surat rujukan untuk ke optik. Surat rujukan hanya berlaku 1 minggu.

Jadi kami masing-masing mendapat dana untuk pembelian kaca mata masing-masing 150.000

Selasa malam, kami ke optik Trenjaya Cilik Riwut untuk melihat-lihat kacamata, terutama untuk suami dulu. 

Karena kali ikut BPJS kelas 3, masing2 dari kami mendapat santunan 150.000. Akhirnya suami sudah cocok dengan kacamata yang di pilihnya, harganya 300.000 jadi hanya tambah uang 150.000 lagi sudah bisa langsung di pakai. 

Oiya, kita bisa ganti kacamata, atau periksa mata lagi  setelah 2 tahun, jadi harus di jaga baek-baek mata dan kacamata nya hehe

Sekian sharing saya, thanks for reading ya....