Top Social

Resep Bolkus Bintik

10/13/2011
cara membuat bolu kukus berbintik
rumah-yube.blogspot.co.id
Bolkus lagi nih ceritanya..soalnya lagi laku...hehe
Sebenarnya dulu banget pas jaman2 kuliah udah sering banget buat bolkus buat di jual soalnya waktu itu masih dalam rangka nunggu panggilan wawancara. Jadi bisa dapet duit sambil nunggu manis di rumah.



Baca juga : Cara Membuat Bolu Kukus Susu


Lama banget udah ga buat (15 thn yg lalu) sekarang agak grogi juga buat bolkus soalnya takut kalo gundul gitu...
Kemarin sempet2 buat bolkus susu based on rina rinso recipe, enak sih...tapi pengin banget yang original kayak dulu.
Akhirnya memberanikan diri juga dan pakai resep ini :

Bahan :
250 gr gula pasir
300 gr terigu (segitiga)
2 butir telor
1 sdt SP
1 sdt baking powder
essense vanili atau framboze buat menyamarkan bau amis
garam sedikit banget (tp sering lupa)
200 cc sprite/fanta/coca cola

Cara membuat :
Campur semua bahan dan di mixer kurleb 20 menit sampai kental
Setelah itu tinggal pilih toppingnya, kalo mau pake yg warna-warni ya tinggal ambil sedikit adonan dasarnya trus di tambahin pasta pandan untuk warna hijau, pasta mocca/kopi untuk warna coklat, pasta framboze untuk warna merah
kalo mau yang model bintik2 begini, setelah adonan jadi/kental, tinggal di tambah meises (hitam/warna) sekitar 30 gr aja
kalo terlalu banyak malah ga bagus buat di lihat...percaya deh soalnya udah pernah nyoba
nggak keliatan seperti bintik tapi kaya kena apa gitu...pokoknya meses sedikit aza

Oiya jangan lupa sambil nunggu adonan kental, siapkan dandang/kukusan yang udah di isi air, panaskan sampai mendidih

Siapkan juga cetakan bolu kukus, bisa pakai yang plastik atau yg aluminium
Khusus kali ini aku nyoba pake cetakan kue mangkok...tau kan yang modelnya buntet gitu ga ada lubang2 nya...
Eehh...bisa jadi juga ternyata..maksudnya jadi mekrok gitu..

Silahkan mencoba ya...

Silahkan share artikel ini bila bermanfaat ^^

Post Comment
Posting Komentar

Please comment here :

Auto Post Signature