Top Social

Resep Roti Goreng a.k.a Donat

9/23/2011
cara membuat roti goreng
ilustrasi roti


Baru aja mau posting, baru ketak ketik sedikit ehhhh mati lampu, blom di simpen lagi...hedeh....

Ya udah berhubung ini penting cie...di buat lagi posting nya tentang donut.
Tadi sampai mana sih...oiya pengalaman beberapa kali buat donut tapi blom berhasil.
Bbaru sore ini..bersejarah nih ini hari...percobaan donut berhasil dengan muluzzz...rasa enak plus tekstur lembut.


Baca juga : Resep Roti Kentang Kornet

Sebenarnya sih bukan resep donut asli tapi variasi dari roti goreng.
Tapi kalo aku bandingkan dengan resep donut yang aku pernah bikin sih hampir sama, cuman di resep ini ngga pake baking powder en ga pake bread improver.
Oke deh langsung cap cuz aja ya resep nya, aku ambil dari tabloid aura (booklet) :

bahan :
500 gr terigu protein tinggi (aku pakai cakra)
100 gr gula pasir
1 bungkus ragi instan (aku pake ragi mauripan sachet @ 12 gr aku pake separoh nya aja) ...dari segi harga lebih murah dari fermipan hehe
2 sdm susu bubuk
1 butir telur
75 gr margarin (aku pakai menara)
250 cc air es

bahan isian : bisa di isi bisa juga di cetak

cincin
kalo aku pake isi sosis trus sebagian pake meises
mungkin kalo pake dcc rasanya lebih mantapss...pastinya...hehe

cara membuat :
campur terigu,gula pasir,ragi instant,susu bubuk, telur sambil di tuangi air dikit2
uleni sampai adonan tercampur rata
masukkan margarin, uleni lagi sampai kalis = adonan tidak nempel di wadah
jadi adonan bisa di angkat dari wadah dan ga ada yg nempel
setelah kalis, diamkan adonan selam kurleb 30 menit, tutup pakai kain supaya tidak kering
nah....setelah 30 menit, adonan akan mengembang jadi 2 sampai 3x lipat adonan pertama..
jadi jangan kaget ya
kempiskan dengan cara di tinju (lumayan melatih otot biseph)
abis itu bagi adonan kurleb @ 25 gram atau sesuai selera, bulatkan atau cetak dan isi lalu goreng deh....
gampang kan...


Yuk praktek-in di rumah, pasti anak-anak seneng deh ^^
Post Comment
Posting Komentar

Please comment here :

Auto Post Signature