8/16/2011

Info : Soda Kue khusus

soda kue khusus untuk martabak manis
sumber : bintang.com

Setelah beberapa kali praktek dan lulus membuat kue bandung mini, baru ngeh deh kalo ternyata soda kue yang di pake juga harus khusus, bukan soda kue biasa.

Taunya juga pas kebetulan. Waktu itu lagi belanja bahan di toko roti dan ada orang di sebelahku yang juga penjual kue bandung mini. Dia biasa beli bahan baku di Magelang.....padahal dia jualan di Semarang...gilee (niat banget).


Baca juga : Resep Bolu Kukus Bintik


Dia bawa sample udah oplosan [teringat Caesar joget oplosan ] ... gitu tapi ga ada namanya...katanya sih campuran bahan kue bandung mini biar hasilnya bagus gitu.

Oleh mbaknya yang jaga di liat2 itu bungkusan dan ternyata isinya susu, soda kue ma BP alias baking powder.

Nahhhh baru ketauan deh setelah si mbak bilang kalo ada soda kue yang emang khusus untuk bikin kue bandung, bika dan sejenisnya yg pokoknya berserat gitu deh...
Ga ada namanya sih (rahasia kali) tapi kodenya SS...

Buat persiapan, aku beli deh si soda kue ini, murmer juga kok harganya. Cuman 2500 per 1/4 kg. Kebetulan hari ini aku bikin kue bandung mini..skalian nyoba juga soalnya pengin tau bedanya apa gitu loh...

Eeeehhh...ternyata emang bener top markotop si soda ini....biasanya kalo pakai soda kue biasa, walopun api udah paling kecil sampe kelip2 bagian bawah kue sampe gosong, yang atas bubble nya blom meletus juga...ini yang kadang2 bikin bete.

Kalo adonan udah di masukin teflon (aku pake teflon buat nyetak) dan udah mulai reaksi.....bagian atas nya biasanya ada banyak gelembung atau semacam bubble gitu yang kalo meletus nanti jadinya seperti bolong berserat...

Nah....pake soda kue khusus ini, hasil nya lebih soft dan si bubble juga cepet meletus jadi kue bandung nya ga cepet gosong dan tambah cantik deh wajahnya.

Update poto per 18.08.2011

kue bandung mini
masih panassss

Kue bandung atau martabak manis mini ini bisa untuk menambah penghasilan loh. Terutama untuk ibu rumah tangga, mayan kan dapet tambahan uang belanja.

Beberapa tips untuk pemasaran :
  • titipkan di warung-warung dekat rumah
  • titipkan di kantin sekolah-sekolah [beberapa sekolah]
  • titipkan juga di toko-toko
  • terima pesanan
Untuk topping, bisa di variasi misalnya dengan meises coklat, meises warna-warni, kacang, keju, kismis dll. Lihat juga feedback dari pelanggan, mereka lebih menyukai topping apa.
Profit atau laba ? Lumayan, bisa lebih dari 30%


Selamat mencoba ^^ dan silahkan share artikel ini ya :)





Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Please comment here :