5/24/2017

Stop Lakukan 7 Hal ini Jika Ingin Karirmu Cemerlang


Sukses dalam berkarier ? Ehmm siapa sih yang tidak mau menjadi sukses. Apapun pekerjaan dan bidang pekerjaannya, menjadi sukses adalah bonus yang menyenangkan, betul tidak ?

Tapi tahukah kamu bahwa sukses di bidang karir itu tidak bisa di dapatkan secara instan, karena memang sukses itu butuh perjuangan. Bayangin deh, kalau menjadi sukses itu mudah, pasti semua orang di dunia ini sudah sukses semua, iya kan ?


Baca juga : Sukses Semuda Mungkin

Kalau kamu sudah sering mendengar dan membaca berbagai hal dan cara yang harus kamu lakukan agar kamu sukses, simak juga yuk 7 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan supaya karirmu cemerlang.

tips karir
via pixabay

1. Prasangka

Menjadi yang terpandai dan paling cerdas di lingkungan kantor adalah anugerah. Tetapi akan menjadi satu kesalahan apabila kamu terlalu berbangga diri dan berprasangka bahwa kamulah yang terbaik di antara semua teman-temanmu. Prasangka ini bisa menjadi awal musibah loh karena kamu akan terlihat sangat sombong di mata semua teman sekantormu.

2. Gosip

Jaman digital millenial seperti saat ini, yuk ah kita berbenah diri menjadi muslim millenial yang lebih produktif dalam bekerja. Gosip, selain tidak di benarkan dalam agama, juga menjadikan kamu terlihat tidak cerdas dan orang lain akan memberikan penilaian yang buruk tentang kamu. So, mulai sekarang stop bergosip !

3. Berbusana Seadanya

Penting sekali membedakan antara busana kerja dan busana santai. Meskipun tidak ada aturan tertulis tentang bagaimana memakai pakaian kerja yang sesuai (kecuali seragam), sebagai orang dewasa tentunya kita bisa memilih busana terbaik saat bekerja.

Pilih busana kerja yang nyaman namun sopan dan berkesan elegan. Apalagi kalau setiap kali pekerjaan kita mengharuskan untuk bertemu dengan banyak customer.

Jangan sampai salah kostum ya....

4. Terlambat datang saat meeting

Terlambat hadir dalam hal atau kepentingan apapun yang melewati batas waktu menunjukkan kalau kamu bersikap tidak profesional. Seseorang yang profesional adalah seseorang yang menghargai waktu. Jadi, jangan pernah terlambat lagi ya dan persiapkan dirimu sebaik-baiknya sebelum hari H meeting tiba.

5. Tidak belajar dari kesalahan dan pengalaman

Pernah dengar pepatah bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik ? Yess itu kalau kamu bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kesalahan yang kamu buat. Tetapi apa jadinya kalau kamu selalu lupa dan tidak pernah belajar dari pengalaman ? Yaa, kamu akan selalu membuat dan mengulang kesalahan yang sama.

6. Tidak melihat nilai pekerjaan

Ingat tidak saat kamu bersaing dengan puluhan atau mungkin ratusan orang untuk mendapatkan pekerjaanmu sekarang ini ? Meskipun kamu bekerja sebagai front office sekalipun, lihat selalu nilai pekerjaan dan betapa banyak orang yang menginginkan posisimu di perusahaan.

7. Puas mengerjakan hal standar

Seseorang yang biasa-biasa saja akan mengerjakan hal yang biasa-biasa saja. Itulah perbedaan ordinary people dan entrepreneurship. Kalau kamu merasa cepat puas dengan hal yang kamu kerjakan, hati-hati terjebak comfort zone yang mungkin akan membuatmu stag dan tidak bisa meraih jenjang karir yang lebih tinggi.

Nah, sekarang sudah tau kan do and dont's supaya kamu bisa meraih sukses dalam karirmu?  Mana nih yang akan kamu stop terlebih dulu ?

Share yuk di kolom komen...

Read more

5/17/2017

Cita-Cita Anak Atau Cita-Citamu Sebagai Orang Tua ?

mendukung cita-cita anak
via pexels
Beberapa minggu yang lalu, kakak ipar serta keponakan kami di Semarang sering menelpon. Maklum, anak sulung kakak ipar sebut saja Ivy tahun ini lulus SMA dan sedang bingung mau memilih jurusan serta fakultas dan universitas apa.

Dari gurunya, Ivy mendapat saran untuk memilih jurusan Perikanan atau Peternakan. Tapi tetep saja, orang tua dan anak masih bingung menentukan pilihan. Yaahhh, memang tidak mudah menentukan pilihan, tidak sama seperti saat aku memilihmu....hahak.

Informasi yang kami terima, ternyata Ivy tidak lolos seleksi dan kemudian mereka bingung lagi harus mendaftar kemana hehehehhh..

Saya kemudian teringat masa-masa dulu kala saat saya seusia Ivy dan juga menghadapi tahun kelulusan SMA. Bedanya, saya sudah mengetahui ingin masuk ke jurusan apa. Karena sejak SMP saya sangat menyukai mata pelajaran bahasa inggris, cita-cita saya selepas SMA adalah ingin kuliah di akademi bahasa asing.

Saat penjurusan di kelas 2 SMA pun, saya ingin masuk ke kelas bahasa tapi karena nilai saya saat itu mencukupi untuk masuk ke kelas IPA, akhirnya saya masuk juga ke kelas IPA. Apalagi karena dorongan juga dari orangtua. Tapi kecintaan saya akan bahasa inggris tidak pernah padam.

Setelah lulus dan ternyata tidak bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, kepingin saya saat itu tetep masuk ke akademi bahasa asing swasta, saat itu namanya ABA (Akademi Bahasa Asing).

Apa daya, cita-cita saya untuk masuk ke akademi bahasa di tentang sedemikian keras oleh ibuk saya, wanita yang selama ini membiayai sekolah dan menghidupi saya. Beliau bertanya, nanti kalau kamu masuk di sana mau jadi apa ? Udah, mendingan masuk ke akademi perbankan saja, sama seperti pakdhe dan om-mu dulu. Nanti kalau kamu lulus, pakdhemu pasti bisa memberikan kamu pekerjaan wong beliau kepala cabang, mosok gak mau membantu keponakannya sendiri. Demikian ibuk saya bilang.

Wuihh keren ya punya pakdhe seorang kepala cabang di salah satu bank. Meskipun tidak terlalu sering bertemu dan tidak terlalu akrab, dalam hati ikutan bangga punya pakdhe yang sukses dalam berkarir.

Saya tidak kuasa menolak permintaan ibuk. Beliau satu-satunya orang tua yang menopang semua kebutuhan hidup saya. Ayah ? Masih ada tapi orang tua saya bercerai sejak saya belum genap berumur 1 tahun. Pun secara finansial, ayah saya tidak pernah menafkahi saya putrinya ini. Jadi yaa lupakan saja...

Akhirnya, demi mendamaikan hati ibuk, saya mengalah, masuk ke akademi perbankan dan mengambil diploma 3, kasihan ibu saya kalau saya mengambil strata S1, berarti saya harus kuliah lebih lama. Adik-adik saya juga masih butuh biaya untuk bersekolah. Saya mempunyai 3 adik perempuan.

Yang tidak ibuk saya ketahui, mungkin sampai hari ini, saya seringkali membolos kuliah, terutama saat-saat jam kuliah sore hari. Meskipun pada akhirnya saya lulus, tapi lulus dengan nilai rata-rata. Nilai A hanya beberapa dan salah satunya adalah nilai bahasa inggris. Hampir semua nilai saya banyak yang C hahahaha.....Maafkan ya buk :)

Setelah lulus kuliah, apakah cita-cita ibuk saya tercapai ? Apakah pakdhe saya membantu saya mencarikan pekerjaan ? Tidak, karena saya sama sekali tidak pernah meminta-minta pekerjaan dari pakdhe saya. Tidak pernah saya menelpon pakdhe karena memang tidak terlalu akrab, apalagi menelpon untuk meminta pekerjaan,,,fiuhhhh...
Dan ibuk juga tidak pernah menelpon pakdhe. Lalu saya berpikir, lha untuk apa saya membuang waktu 3 tahun di akademi perbankan, jurusan yang tidak saya sukai.

Jadi kemudian saya pikir, benar-benar gak ada gunanya kuliah sekian lama tapi kemudian harus mencari pekerjaan sendiri. Mendingan dulu saya kuliah di akademi bahasa deh. Meskipun sama-sama harus mencari pekerjaan sendiri, tapi kan ada nilai plus-nya karena saya suka pelajaran bahasa.

Saat saya bekerja di Jepara tahun 2001, 2 orang teman saya dua-duanya lulusan Undip Semarang. Jauhh banget deh dengan tempat kuliah saya dulu yang notabene perguruan tinggi swasta.

Di tempat kerja, mungkin karena saya kelihatan cakap dan pandai, mereka bertanya kepada saya, "Ind dulu kamu kuliah di Undip ya? IPK-mu berapa ?"

Saat saya jawab saya tidak kuliah di Undip kok, saya kuliah di perguruan tinggi swasta dan IPK saya cuma 2 koma sekian, mereka tertawa ngakak dan berkata, "oalah Ind tak pikir kamu lulus cumlaude. Lha kok IPK cuma sekian."

Well... saya sih tidak marah walaupun mereka istilahnya agak "ngenyek" saya gitu. Mereka toh tidak tahu apa yang saya jalani saat-saat jaman kuliah dulu dan segala tetek bengek alasan mengapa saya mendapat IPK cuman sekian.

Tapi saya bersyukur, sampai hari ini bahwa saya tidak pernah meminta-minta pekerjaan dari pakdhe saya. Meskipun saat itu beliau menjabat sebagai salah satu kepala cabang daerah di kota Semarang. Yang mungkin akan gampang memberikan saya sebuah pekerjaan tanpa melamar, mungkin...
Apakah saya kecewa ? Tidak karena saya tahu saya tidak menyukai bekerja di belakang meja seharian dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Terlalu statis.

Pada akhirnya saya memang harus mencari pekerjaan sendiri. Mendaftar dan melamar di berbagai lowongan pekerjaan sana-sini berbekal ijazah dan sedikit pengetahuan tentang ekspor impor. Ohya, saya sempat mengikuti training ekspor impor dengan harga lumayan saat itu, kalau tidak salah 200 ribu. Saya sampai harus menjual anting-anting demi bisa ikut training tersebut. Dan memang ada gunanya juga karena pada akhirnya saya di terima bekerja sebagai asisten marketing ekspor di perusahaan mebel di Jepara.

Tuhan memang keren, meskipun saya tidak kuliah di akademi bahasa, tapi kemampuan bahasa inggris saya semakin berkembang, terutama karena berkomunikasi via email dan bahkan via telepon dengan banyak buyer asing. Bahkan ketemuan saat mereka mengunjungi pabrik tempat saya bekerja. Memenuhi undangan sarapan di hotel, bahkan saya sempat menjadi agen/perwakilan dari salah satu buyer tersebut.

Apa yang dulu saya cita-citakan, apa yang sangat saya sukai yaitu bahwa inggris Tuhan berikan di pekerjaan saya sebagai marketing ekspor.

Sedari lulus kuliah hingga sekarang saya tidak bekerja lagi, tidak sekalipun saya bekerja sesuai dengan bidang akademis saya yaitu keuangan perbankan. Sama sekali tidak pernah, malah menikmati karir menjadi marketing yang tidak harus duduk di belakang meja.

Sekarang saat saya sekarang sudah menjadi orang tua, satu keinginan saya supaya anak saya mempunyai cita-citanya sendiri. Saya tidak akan membiarkan dia mengejar cita-cita milik orang lain, bahkan cita-cita orang tuanya.

Saat suami berkeinginan menyekolahkan dia sebagai entrepreneur atau wirausaha, anak saya sempat menolak dan bilang, aku nanti kuliahnya di jurusan komputer aja katanya. Dia bilang ingin bekerja di Google. Saya tersenyum kecil saat mendengar cita-citanya.

Kepada suami saya bilang, biarkan anak kita menapaki jalannya sendiri. Kalaupun nanti kita ingin mengajari dia tentang wirausaha atau belajar tentang investasi, itu bisa kita ajarkan sendiri, tidak perlu mengorbankan keinginan dan cita-cita anak demi kita, orang tuanya.

Salah satu warisan yang ingin kami berikan sebagai orang tua kepada anak kami, adalah pengetahuan tentang pengelolaan uang. Bukan besarnya gaji yang membuat seseorang bisa membeli rumah atau berinvestasi, tapi lebih kepada kemampuannya untuk mengelola keuangan. Dan menurut kami, kemampuan untuk mengelola keuangan merupakan salah satu kemampuan bertahan hidup yang penting.

Jadi, apa cita-cita kalian yang belum tercapai?

Read more

5/10/2017

Review Film The Accountant

Life is a series of choices, none of which are new. The oldest is choosing to be a victim. Or choosing not to. Second oldest, loyalty. Family first, good times or bad.

Saat film ini masuk di daftar coming soon cinema 21, sudah ingin banget nonton karena sinopsisnya mayan menarik. Apalagi yang main Bang Ben Affleck hehehe. Tapi apa daya belum sempat antri tiket, filmnya sudah selesai di putar. Yahh beginilah nasib tinggal di kota kecil hanya dengan hanya 1 bioskop.

review film the accountant
film the accountant


Saya mengira (suami juga) bahwa film ini adalah film full action dengan adegan full adu jotos atau film bergenre spionase begitu. Ternyata kami salah besar saudara-saudara......
Film ini bukan sekedar film action tapi juga family movie. Selain banyak adegan perkelahian dan tembak menembak, film ini juga berbicara tentang kebersamaan keluarga dan khususnya tentang autisme. Yeeappp, Bang Ben sebagai pemeran utama dan menyandang autisme berat.

Ben Affleck berperan sebagai Christian Wolf, seorang anak yang mengidap autis berat tetapi sangat jago menyusun puzzle bahkan dalam posisi terbalik, gambar puzzle menghadap ke bawah. Meski autis tapi dia seorang jenius matematika dan angka. Chris anak pertama dari 3 bersaudara, yaitu Braxton (cowok) dan Justine (cewek, autis juga). Braxton satu-satunya anak yang "normal" jika di bandingkan dengan kakak dan adiknya.

Seperti yang sudah sering saya baca dan juga dengar, setiap anak pasti mempunyai kemampuan yang unik, sehingga kita sebagai orang dewasa tidak seharusnya menggeneral atau menyamakan satu anak dengan anak-anak lain. Mereka masing-masing mempunyai kelemahan dan kekuatan yang berbeda. Pun anak dengan kebutuhan khusus seperti autisme. Di lihat dari luar, mereka mungkin sangat tidak menarik. Bahkan ibu christian wolf bilang, kalau orang lain yang mempunyai anak autis, itu ujian tapi kalau kita sendiri yang mempunyai anak autis, it's a problem. Di lihat dari kata-katanya, emaknya Chris sepertinya sudah pasrah menyerah mempunyai 2 orang anak autis.

Ayah Chris adalah seorang militer yang untungnya mempunyai pemikiran yang out of the box. Pemikiran sang ayah tentang anak-anaknya yang autis bahkan sangat berbeda dengan pemikiran si psikiater yang sengaja di undang ke rumah untuk melihat anak-anaknya. Apalagi dengan istrinya sendiri.

Sementara itu, si ibu semakin lama semakin tidak tahan menghadapi 2 orang anak autis di rumah dan memutuskan pergi dan keluar dari rumah meninggalkan suami dan anak-anaknya.

Tahu ibunya pergi, chris "kumat". Karena dia autis, dia tidak bisa mengkomunikasikan apa yang dia inginkan secara "normal". Inginnya dia, ibunya tidak pergi tapi dia hanya bisa berteriak-teriak, berlari kesana kesini, menendang dan membanting beberapa pernik-pernik rumah.

Braxton hanya bisa memandangi kakaknya dan kemudian memandang kepergian ibunya dengan mengacungkan jari tengah. jengkel banget dia sama si ibu karena lepas tanggung jawab begitu saja.

Di film ini, meskipun saya sama sekali enggak keluar air mata tapi tetep saja saya benar-benar takjub dan kagum dengan cara si ayah merawat ketiga anaknya yang notabene 2 anaknya menderita autis. Si ayah tidak membedakan anak-anaknya, baik dalam hal perhatian maupun skill (kemampuan). Bahkan Chris bisa masuk ke militer setelah dewasa.

2 anak laki-lakinya yaitu si Chris dan Braxton, di ajari kemampuan untuk bertahan hidup, di ajari bela diri semenjak kecil. settingnya saya rasa di Jakarta deh karena Chris sempat ngomong pakai bahasa indonesia sedikit kepada pelatih bela dirinya. "tidak apa-apa, lanjutkan saja" begitu dia bilang. Itu setelah pelatihnya merasa kasihan melihat 2 anak tersebut babak belur dan hidungnya beler darah. Tapi sang ayah bilang kepada pelatih, kalau kamu bilang sudah cukup latihannya, itu berarti kamu yang harusnya berdarah, bukan mereka. Sang ayah ingin melihat sampai di mana batas kemampuan anak-anak lelakinya.

Cerita berlanjut saat Christian Wolf sudah dewasa dan menjadi seorang akuntan. Bukan akuntan biasa tapi dia menangani pembukuan bisnis para mafia dan gembong kejahatan. Dengan di bantu oleh Justine, adik perempuannya yang setelah dewasa tumbuh menjadi seorang jenius komputer, meskipun masih mengalami autis berat.

Perbedaan, dalam hal apapun pasti menyisakan tanya ataupun perkataan yang terkadang bisa sangat menyakitkan.

Salah satu perkataan sang ayah yang saya suka dari film ini :
Sooner or later, different scares people.
Karena si ayah tahu, anaknya yang penyandang autis pasti berbeda dengan anak-anak normal yang lain. Kemungkinan sebagai korban bully, bukan kemungkinan lagi tapi memang Chris sudah di bully teman-temannya. Chris di bully teman-temannya sampai kacamatanya remuk. Dia bilang ke ayahnya, gak papa kan cuman kacamata aja. Tapi tahu gak ayahnya bilang apa ? Memangnya kalau kamu diam lalu mereka berhenti membully kamu dan berhenti memanggilmu si aneh ?
Dengan latar belakang seorang militer, ayah Chris mengajari anak-anaknya agar tidak memilih menjadi korban. Fight back !

Well, sebagai orangtua, saya bisa membayangkan bagaimana susahnya membesarkan 3 orang anak sendirian, tanpa istri, tanpa pendamping. tapi ayah Chris memang luar biasa. Luar biasa karena dia pantang menyerah dalam hal mendidik dan memberikan bekal yang cukup untuk anak-anaknya. Apalagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Karena di bekali kemampuan bertahan hidup yang cukup, 3 bersaudara tersebut pada akhirnya bisa menghidupi diri mereka sendiri, bahkan membantu anak-anak autis yang membutuhkan pertolongan. Yess, si psikiater pada akhirnya membuka sebuah sekolah khusus untuk anak-anak autis karena terinspirasi dari Justine, adik Chris yang sudah dia anggap anaknya sendiri.

Karena film ini sudah beredar tahun 2016 lalu, tidak usah saya cantumkan link you tube-nya ya, hanya ingin sekedar berbagi saja hehehe.

Bagi saya pribadi, menonton film ini sekali tidak cukup, beneran. Hikmah menonton film ini banyak banget, antara lain :

1. Tentang bagaimana membekali anak-anak kita dengan skill dan kemampuan untuk hidup karena sebagai orangtua, kita tidak bisa mendampingi mereka selamanya.

2. Menerima apapun keadaan anak kita, di film ini, anak-anak yang menderita autis berat. Menerima, mensyukuri dan kemudian membantu mereka menapaki jalan hidup mereka sendiri.

3. Orangtua harus mengerti dan memahami anak-anaknya. Apa saja yang harus mereka pelajari, apa saja yang menarik minat mereka, karena setiap anak berbeda.

4. Warisan, selain harta yang tidak setiap orangtua punyai untuk di wariskan kepada anak-anaknya, ada hal yang lebih penting dari itu. Mewariskan cara hidup yang sesuai dan benar kepada anak-anak kita. Mewariskan pemahaman bahwa keluarga adalah hal terpenting. Bahwa sebagai orangtua, sebagai kakak, sebagai adik kita akan selalu mensupport anggota keluarga yang lain di saat susah maupun senang.

5. Bahwa kekurangan (autis) bukanlan aib dan bukanlan ketidaknormalan. Mereka, meskipun menderita autis namun dalam hal yang lain adalah jenius, bahkan bisa lebih jenius daripada orang-orang normal.

Sekian, semoga menginspirasi ^^


Read more

5/03/2017

Berbagai Paket Perayaan Menu Makan di Ta Wan

Sapi lada hitam, menu ini menjadi gunjingan para pecinta kuliner. Mereka banyak memburu menu ini ke berbagai restoran untuk menemukan sensasi rasa yang istimewa. Sampai pada akhirnya pemburuan ini berakhir di Ta Wan. Mereka menemukan sapi lada hitam paling enak di Jakarta hanya di Ta Wan.  Sajian menu ini memiliki sensasi yang khas yang tidak terdapat pada restoran-restoran lainnya.  

menu sapi lada hitam
sumber : Ta Wan

Ta Wan yang lebih di kenal sebagai spesialis bubur ini menambah daftar menu yang banyak digemari pelanggan yaitu sapi lada hitam. Menu ini menjadi menu special di Ta Wan karena merupakan sapi lada hitam paling enak di Jakarta. Menu sapi lada hitam ini berbahan baku daging sapi yang berkualitas tinggi dengan campuran lada hitam. Ditambah dengan bumbu rahasia menambah sensasi rasa yang khas dari Ta Wan.  Dengan demikian Ta Wan tidak terbatas pada menu bubur saja tapi aneka menu lainnya yang sangat enak dan lezat. 

menu bubur
sumber : Ta Wan
Menu restoran Ta Wan juga menyajikan aneka menu Chinese Food lainnya seperti Nasi Goreng, Mie Goreng, aneka menu sayur, aneka menu seafood, dan sebagainya. Yang banyak direkomendasikan dari menu ini selain bubur adalah nasi goreng dan bakmie. Sensasi rasa yang timbul dari nasi goreng ini minimalis namun memiliki rasa yang lezat.  

Dalam menikmati nasi goreng tak lengkap rasanya jika tidak dengan bakmie. Bakmie yang dilengkapi dengan seafood yang melimpah menambah kualitas makanan yang sarat dengan gizi. Untuk pilihan menu lainnya seperti jamur enoki goreng, udang telur asin, sapo tahu sea food, dan masih banyak lagi. 

Untuk menambah variasi pelayanan, Ta Wan menawarkan beberapa paket menu yaitu menu paket ulang tahun untuk 10 orang dengan harga perpaketnya mulai dari Rp. 385.000. Bisa juga untuk paket menu 8 orang dengan harga Rp. 315.000,-. Dan paket untuk 2 orang. Menu paket ini dapat dipilih sesuai dengan momen yang akan dirayakan dan disesuaikan dengan isi dompet Anda. Dengan menu paket ini  Anda pun dapat mengajak anggota keluarga untuk menikmati sensasi menu Ta Wan mulai dari yang kecil sampai dewasa. Di sini Anda dapat bercengkerama dengan keluarga di akhir pekan setelah sepekan penuh berkutat dengan pekerjaan. Apalagi menjelang imlek, restoran ini sangat tepat sebagai tempat perayaan imlek. 

Suasana Cina yang kental dengan interior yang ditata secara minimalis sangat cocok untuk perayaan. Selain itu penataan ruangan yang cukup baik dengan meja besar di ruangan khusus untuk makan  sekitar 10 orang. Jika Anda akan menggunakan paket ini lebih baik membooking terlebih dahulu karena restoran ini selalu dipenuhi pengunjung.

Ta Wan merupakan restaurant seafood murah di Jakarta yang paling tepat dengan sensasi rasa sapi lada hitam paling enak di Jakarta. Dengan berbagai variasi menu lainnya, restoran ini  sangat cocok untuk acara kumpul atau untuk merayakan hari special baik dengan keluarga maupun dengan teman.  Apalagi didukung dengan suasana yang nyaman dan penataan ruangan yang sesuai  dengan suasana perayaan.
Read more

5/02/2017

Tips Memilih Baju Renang Plus Size

Meskipun saya termasuk mempunyai tubuh skinny (baca : kurus) tapi gapapa kan ya kalau ingin menulis tentang plus size. Bukan mau membandingkan sih tapi lebih ingin berbagi tips untuk teman-teman yang mempunyai ukuran plus.

renang di ubud bali
via lookingstylish.co.uk

Tubuh berukuran kecil lebih mudah memakai dan memadupadankan berbagai macam model baju, termasuk baju renang. Butuh trik tertentu untuk teman-teman yang mempunyai ukuran plus dalam hal memilih busana, apalagi memilih baju renang. Pesan saya cuman satu, jangan minder !

Dulu sewaktu masih bekerja kantoran, saya mempunyai seorang teman, namanya Upit. Dia mempunyai tubuh yang big size tapi tetep cantik karena pandai memakai make up dan menata rambut. Bahkan tak jarang Upit memakai dress pendek ke kantor. Gak ada tuh teman-teman yang menyindir atau mencemoh, karena kami semua menghargai dia. Juga dia mempunyai percaya diri yang tinggi dan tidak minder.

Di negara kita tercinta ini, di bandingkan dengan luar negeri, orang-orang yang mempunyai ukuran plus (apalagi wanita) seringkali menjadi bahan cemooh, sindiran dan tertawaan. Padahal di luar negeri, ukuran tubuh dan bahkan kecantikan/ketampanan seseorang itu sangat amat relatif dan mereka juga sangat menghormati perbedaan. Tidak serta merta men-judge atau menghakimi dengan perkataan menyakitkan seperti : "diet gih, gajih loe banyak bener " atau "gak muat nih mobil, ada gajahnya...."

Beberapa bulan terakhir, berbagai perbedaan yang bhinneka di Indonesia malah di akomodir menjadi alat politik semata. Tapi ya sudahlah, bukan area saya untuk berkomentar hehe....

Well, balik lagi ke topik, ada tips dan trik tertentu khusus untuk teman-teman yang mempunyai ukuran plus saat ingin membeli baju renang. Ini tipsnya :

1. Coba
Ingat, jangan hanya melihat modelnya lucu dan warnanya bagus juga bahannya melar. Tapi cobalah di kamar ganti. Apakah memang benar-benar pas di badan atau malah kekecilan. Beli yang benar-benar pas di badan ya...

2. Ambil foto
Kalau masih bingung pilih yang model A atau model B atau model C, saat mencoba di kamar ganti, ambil foto dari beberapa angle. Pilih model yang menurut kamu benar-benar cantik saat di pakai.

3. Bikini ? Why not...?
Bikini atau setelan 2 pieces bukan hanya untuk yang bertubuh mungil saja loh. Untuk ukuran plus pun bisa memakai bikini. Memakai outer semacam kaftan akan lebih cantik lagi.

4. Pilihan warna
Warna kalem, solid akan lebih bagus untuk ukuran plus, karena bisa menyamarkan bentuk badan. Meskipun boleh-boleh saja memilih warna cerah ceria, yang penting percaya diri ajah...

renang di ubud bali
via lookingstylish.co.uk

5. Aksesoris
Ke pantai butuh aksesoris ? Iyess, biar tambah cetar...Jangan lupa untuk membawa sunglasses, topi, outer, kain untuk lilitan, flat sandal atau flat shoes ya.

Nah, baju-baju renang yang cantik itu kapan di pakainya ? Yaa pastinya bisa di pakai saat di kolam renang atau saat berlibur ke pantai.

Ohya, sebentar lagi libur lebaran loh, sudah ada rencana mau liburan ke mana ? Ubud Bali bisa menjadi salah satu tujuan wisata dan sekalian ajang pamer (wkwkwk pamerr) baju renang terbaru. Baiknya sih mulai booking-booking mulai sekarang sebelum harga naik ya. Dan yang terpenting, ingat ya, percaya diri, titik.

Read more

5/01/2017

5 Manfaat Asuransi Perjalanan Untuk Traveler

manfaat asuransi perjalanan

via pexels


Siapa di sini yang hobi banget traveling ? Sering bepergian keliling-keliling tempat wisata baik di dalam atau juga sampai ke luar negeri ? Ihhhh, asik banget yah....

Melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang lama, bisa jadi merupakan hal yang membosankan (bagi beberapa orang seperti saya hehehe), terutama kalau di haruskan menunggu kedatangan pesawat selama berjam-jam. Seringnya saya sih begitu, jadi mati gaya kalau kelamaan duduk di bandara dan gak tahu harus ngapain. Makan sudah, selfie sudah, ke kamar kecil sudah, muter-muter juga sudah, lalu ngapain lagi yaa......

Sebel banget kalau ternyata pesawat yang rencananya sudah harus berangkat tapi mendadak tertunda. Apa yang bisa saya lakukan ? Gak bisa protes dan gak bisa ngapa-ngapain kan ? Palingan juga ngantri nasi kotak hehehe...Di modusin pakai nasi kotak ^^

Buat yang hobi traveling, sepertinya kalian harus mulai memikirkan untuk membeli asuransi perjalanan deh. Supaya kalau ada penerbangan yang delay, gak hanya dapat nasi kotak tok haha... Hah....emang bisa ? Bisaaa...

Apa sih manfaat asuransi perjalanan buat para traveler ? Hal-hal dan risiko apa saja yang di cover atau di tanggung oleh asuransi perjalanan ?

Beberapa risiko yang di tanggung oleh asuransi perjalanan di antaranya :

1. Manfaat terhadap Risiko Kecelakaan 

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Risiko kecelakaan pasti ada dan akan lebih baik kalau kita siap menghadapi risiko ini.

2. Manfaat Biaya Pengobatan Saat Traveling

Tentu tidak ingin dong sakit selama kita sedang traveling. Tapi kalau pas daya tahan tubuh kita sedang drop, kita mudah tertular virus flu. Gak asik kan traveling tapi sedang demam ? Asuransi perjalanan menanggung biaya pengobatan di manapun kamu sedang berada. Dan biasanya tidak perlu menggunakan uang tunai karena kamu hanya perlu menunjukkan kartu asuransimu. Cashless..

3. Manfaat Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi 

Pernah mengalami kehilangan benda-benda pribadi di bagasi pesawat ? Kakak ipar saya pernah kehilangan handphone. Memang dia teledor sih, handphone di masukkan ke bagasi. Walaupun seharusnya, seharusnya pencurian seperti ini memalukan dan mencoreng nama baik pihak maskapai itu sendiri.

Kalaupun tidak hilang, tapi sering kita membaca berita bagaimana para staf maskapai tidak memperlakukan barang bawaan kita dengan benar. Di lempar-lempar seenaknya, tidak menghargai sama sekali. Kalau ada barang yang rusak, mereka juga tidak mau tahu dan tidak mau mengganti.

Nah, beda perkara kalau kita menggunakan asuransi perjalanan, barang-barang atau bagasi kita yang rusak atau hilang akan di ganti oleh pihak asuransi.

4. Manfaat Perlindungan Terhadap Penundaan Perjalanan 

Pesawat delay atau tertunda membuat banyak penumpang pesawat seringkali marah. Bagaimana tidak ? Sudah ada jadual menunggu ehh malahan pesawat yang di tunggu-tunggu gak datang-datang. Paling kompensasi yang kita terima adalah beberapa snack atau sekotak nasi. Gak worth it sama sekali dengan waktu yang terbuang percuma. Beda kalau kita menggunakan asuransi perjalanan. Apabila kita mengalami delay atau penundaan perjalanan, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi.

5. Manfaat Risiko Cacat Tetap 

Apabila selama di perjalanan kamu mengalami kecelakaan hingga menyebabkan cacat tetap, hal ini sudah pasti akan di tanggung oleh pihak asuransi.


Bagaimana ? Apakah manfaat asuransi perjalanan ini sesuai dengan yang kita harapkan sebagai traveler ? Atau masih ada yang kurang ?

Yuk berbagi di kolom komen :)
Read more

4/26/2017

5 Resep Perawatan Wajah Homemade (Bisa Jadi Ide Bisnis Lohh )

Pernah mengalami masalah di wajah ? Jerawat, kerutan atau flek-flek hitam? Saya sih iya banget, apalagi usia sekarang sedang ranum-ranumnya menuju ke kepala 4 hehehe. Meskipun gak kelihatan sih kalo sudah umur 39 tahun, rasanya masih saja seperti umur 25 tahun hehehe....#dilemparbakwan.


Padahal sebagai wanita, inginnya saya sih bisa selalu tampil cantik. Koreksi, bukan cantik tapi tampil fresh dan seger gitu. Nah tapi kalau di wajah timbul banyak masalah seperti itu, jadi terganggu dan gak pede pastinya kan ya.

Meskipun sekarang banyak banget pilihan kosmetik wajah yang bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan, tapi saya kurang suka memakai kosmetik. Iya sih, bisa tampil cantik dengan kosmetik tapi kalau kosmetik di hapus.........kelihatan aslinya hahaha...wadohhhh....

Saya lebih suka memilih skincare atau perawatan daripada kosmetik. Istilah kerennya, investasi jangka panjang untuk kulit terutama kulit muka. Kalau bisa, jangan terlalu banyak di bebani terlalu banyak bahan-bahan kimia yang berlebihan.

Kulit muka saya tergolong muka badak. Di templokin apa aja gak gampang break out, semisal retinoid atau vitamin A dosis tinggi. Tapi ada kalanya memakai skincare yang saya pikir aman, eh lha kok malah jerawatan. Mungkin saya tidak cocok dengan bahan tertentu, tapi belum tahu juga sih gak cocok dengan bahan/kandungan yang mana. Jadi, begitu memakai skincare yang kemudian menimbulkan jerawat ya langsung setop deh. 
Lalu bagaimana cara menghilangkan berbagai masalah di kulit wajah kita ? Apalagi yang memiliki kulit wajah sensitif. Karena kulit sensitif memang harus memakai perawatan atau skincare yang benar-benar aman.

Nah, akhir-akhir ini tren kosmetik dan perawatan wajah yang berbahan dasar alami, natural dan organik sedang sangat populer. Salah satu sebabnya karena bahan-bahan yang di gunakan bersifat alami dan natural sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi pemakainya. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif.
Tapi di sisi lain, harga kosmetik alami dan berbahan natural tidak bisa di bilang murah. Tapi, seperti Naruto yang ingin jadi Hokage, jangan menyerah !!!

Tidak ada salahnya kalau kita mencoba membuat sendiri perawatan wajah dengan bahan-bahan alami dan tentunya bahan-bahannya mudah di dapat. Siapa tahu, bisa menjadi ide bisnis juga kan ? Tidak sulit kok membuatnya karena bahan-bahannya juga mudah di dapat.

1. Masker Jerawat


kayu manis untuk menghilangkan jerawat
via pinterest

Bahan:
2 sdm madu
1 sdt kayu manis bubuk
handuk yang sudah di basahi air hangat.
Campurkan madu dan kayu manis bubuk hingga merata dan berbentuk pasta. Bersihkan wajah terlebih dulu sebelum memakai masker jerawat ini ya.
Tunggu hingga 10 - 15 menit atau hingga masker mengering. Bersihkan dengan air hangat, kemudian usap dengan handuk karena pasta masker ini agak lengket.

2. Scrub Penghilang Komedo

madu untuk menghilangkan komedo
via pinterest

Jarang membersihkan muka sehingga komedo muncul di sana-sini ? Padahal kalau wajah kita penuh komedo, bedak tidak akan menempel di kulit wajah. Jadinya malahan kita seakan-akan memakai topeng.

Percaya deh, soalnya saya dulu juga sering banget komedo-an. Kalau pakai bedak, entah bedak tabur atau bedak padat, kelihatan cemong banget. Makanya, kalau komedo udah penuh banget, harus sempetin facial deh.

Gak punya waktu ke salon ? Manfaatkan saja resep mudah ini. Bahannya bisa kita dapatkan di dapur loh. Untuk resep praktis menghilangkan komedo, kita hanya perlu 3 bahan simpel ini.
Bahan:
1/2 sdt madu
2 sdt air perasan jeruk lemon
2 sdt Baking Soda
Campur ketiga bahan hingga rata. Bersihkan wajah terlebih dahulu ya. Setelah wajah bersih, totolkan scrub ke area komedo. Tunggu hingga 5 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk dan aplikasikan pelembab. Done....:)

3. Lip Balm

pelembab bibir homemade
via brit.co

Pelembab bibir ini penting juga loh. Apalagi buat saya yang tinggal di dekat garis khatulistiwa yang cenderung lebih panas dan kering di banding daerah lain.
Bibir bisa pecah-pecah kalau tidak sering-sering memakai pelembab bibir.

Memang sih, di pasaran banyak banget di jual berbagai merek pelembab bibir dari harga murah sampai mahal. Tapi kalau mau belajar membuat sendiri, ini nih resepnya.

Bahan :
3 sdt Beeswax butiran
2 sdt Shea Butter
4 sdt Minyak Kelapa/Minyak Almon/Minyak Zaitun/Minyak Biji Anggur (pilih salah satu)
10-20 tetes minyak esensial
Lelehkan beeswax, shea butter dan minyak kelapa menggunakan microwave selama 30 detik. Setelah meleleh, aduk rata kemudian masukkan minyak esensial.
Setelah tercampur, masukkan ke dalam wadah dengan hati-hati dan biarkan hingga dingin sebelum di gunakan.

Supaya terjaga kandungan alaminya, pilih wadah yang memiliki tutup rapat ya. Kalau perlu, masukkan pelembab bibir ke dalam kulkas supaya lebih tahan lama.

4. Body Butter Coconut Oil

santan kelapa bahan body butter coconut oil
via physiquefood.co.za

Nah, kelapa sangat mudah di temukan dan juga harganya sangat terjangkau. Minyak kelapa bisa di dapat dari memanaskan santan kental hingga mendidih dan mengeluarkan minyak.

Bahan:
1/3 cup Minyak kelapa organik
1/3 cup Cocoa Butter
1 sdt Madu
2 sdt Minyak zaitun
5-10 tetes citrus, Grapefruit, Peppermint atau minyak Lavender
Campur dan kocok semua bahan menggunakan mikser hingga lembut dan bertekstur creamy. Pindahkan ke dalam mason jar atau wadah dengan penutup. Body butter siap di gunakan. Simpan di kulkas setelah pemakaian.

5. Pelembab Wajah

santan kelapa bahan pelembab wajah alami
via vemale.com

Masih berbahan kelapa, tapi di ambil santan kentalnya sebagai bahan utama pelembab wajah.

Bahan :
1/2 cup santan kental
1/2 sdt. minyak Vitamin E
10-15 tetes minyak esensial favoritmu.
Campur dan kocok semua bahan menggunakan mixer hingga halus dan creamy.
Pindahkan ke dalam wadah bersih dan berpenutup atau tube. Gunakan 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Simpan di tempat kering atau bisa di simpan di kulkas.
Nah, bagaimana ? Mudah kan ? Semoga menginspirasi ya..
Read more

4/18/2017

Merancang Menu Masakan Untuk Keluarga

Sering banget saya bingung mau masak menu masakan hari iniKalau suami dan anak sih memang tidak pernah request harus masak ini atau harus masak itu. Terserah saya pokoknya.
Bingung bukan karena tidak ada bahan yang di masak tapi lebih kepada variasi menu masakan sih ya.


menu masakan hari ini
via pexels

Dulu saat masih tinggal di Jawa saya sering banget beli tabloid khusus memasak buat di baca-baca gitu. Emang gak di praktekkan ? Iyaa lebih sering enggaknya sih hahahah…banyak di baca tapi jarang praktek. Tapi berasa ayem kalau punya resep-resep dari tabloid gitu.

Saat masih bekerja dulu, repot sangat terasa karena selain harus menyiapkan masakan, terutama juga menyiapkan bekal sekolah untuk anak. Dari playgroup sampai TK besar memang di haruskan membawa bekal sendiri dan tidak boleh membawa uang jajan alias tidak boleh jajan. Emaknya yang jumpalitan pada akhirnya. Gapapa sih asalkan anak tetep sehat aja.

Kalau sekarang sih tidak terlalu repot karena saya punya lebih banyak waktu di rumah. Bisa searching dan download resep yang entah kapan di praktekkan dan juga menyusun menu (mencoba menyusun) menu masakan untuk sebulan. Biar gak bingung terus.

Di kota Palangkaraya ini harga sayuran lebih mahal beberapa kali lipat dari di Jawa. Mungkin karena kena biaya transportasi yang mahal ya. Kan harus naik kapal dulu tuh dari Jawa kesini.
Pun tidak semua sayur mayur yang mudah saya temukan di mbok blanjan di Jawa ada di sini. Beberapa sayur yang susah di dapat di Palangkaraya ini adalah kembang kol, pokchoy dan sawi asin.

Memang sih, tidak terlalu repot dan menghabiskan waktu memasak karena saya hanya memasak sekali sehari untuk keluarga yang hanya 3 orang. Saya, suami dan anak. Kalau masakan habis sebelum sore ya paling goreng telur dadar atau beli apalah.

Nah, untuk mengurangi rasa susah dan bingung saat harus memilih untuk masak apa, saya mencoba membuat tabel rancang menu seminggu seperti di bawah ini :


menu masak hari ini
rancang menu seminggu


Jadi, untuk rancang menu ini, lauknya terdiri dari pilihan ayam, daging, ikan, telur, tahu tempe. Sementara sayurnya ada pilihan sup, tumis atau kuah santan. Udah deh, tinggal di cocok-cocokin aja antara lauk dan sayurnya hehehe.

Omong-omong tentang ikan nih, di kota Palangkaraya sini tidak ada ikan mujahir, ikan belanak atau ikan bandeng ya teman-teman. Adanya ikan-ikanan sungai macam ikan lais, ikan haruan, ikan saluang, ikan patin begitu. Tapi kalau soal rasa.....beuhhhhh ikannya lebih sedep kalo menurut saya hehehe.


tips rancang menu
iwak wadi khas kalimantan, dokumen pribadi


Nah kan, kalau sudah ada rancangan menu masakan seperti di atas, dalam satu minggu saya aman dari rasa bingung harus memasak apa hehehe. 

Ohya, saya sudah pernah bercerita di artikel sebelumnya kalau masakan yang sudah saya buat dengan susah payah akhirnya harus saya buang. Hahhh?? Kenapa ? Silahkan intip di sini ya : 5 Ide Wirausaha Buat Si Hobi Masak. 

Memasak itu bagi saya bagaikan sebuah seni. Seni memotong, mencampur, terutama seni dalam hal meramu rasa. Masakan yang paling enak menurut saya adalah masakan ibu mertua saya. Entah itu sayur asem, sayur lodeh, cap cay, pasti selalu enak. Mungkin karena bumbunya pas ya..

Dalam memasak, saya tidak anti vetsin sih, tetap pakai,  hanya saja tidak menggunakan terlalu banyak, secukupnya. Selain vetsin, saya juga menggunakan royco untuk menambah citarasa masakan. Makin sedep, gurih dan pas nikmatnya.

Dan memasak itu merupakan satu keharusan dan kewajiban hehe....Mengapa saya bilang keharusan ? Karena 3 hal ini nih :

1. Kesehatan
Nomor 1 ini sudah pasti harus, karena kita tidak pernah tahu saat kita membeli masakan di luar rumah, apakah mereka menggunakan bahan-bahan yang segar ? mempunyai kualitas baik ? di cuci atau tidak ? terlalu banyak garam ? 

Kalau memasak sendiri, pasti kita akan menggunakan bahan-bahan yang baik dan segar, demi keluarga tercinta kan ya. Sayuran pasti saya cuci bersih, kalau perlu saya rendam dengan air garam supaya larva-larva dan ulat mati semua.

2. Hemat
Salah satu tetangga saat saya masih tinggal di kota Semarang, sebut saja pak A dan bu A. Mereka berdua dulunya sama-sama bekerja di kantor yang sama. Tapi karena bu A hamil anak kedua, kemudian beliau resign. Sebagai tetangga kami berpikir mereka baik-baik saja. Sudah jamak dan umum seorang calon ibu resign dari pekerjaan demi buah hatinya.

Baru tau kemudian hari bahwa mereka memiliki hutang menggunung. Bahkan untuk membayar uang pangkal sekolah anaknya saat masuk SMP pun harus pinjam sana-sini. Setelah beberapa lama, barulah tersibak tirai misteri dan ketahuan bahwa ternyata bu A ini tidak mau memasak. Bukan tidak bisa ya tapi tidak mau. Sedari beliau resign hingga sekarang ini.

Bayangkan deh, berapa duit yang harus di keluarkan sehari untuk membeli sarapan, masakan untuk makan siang dan masakan untuk makan malam, belum cemilan dan kudapan. Untuk 4 orang, bisa 150 ribu per hari hanya untuk beli masakan matang di luar.

Kalau 150 ribu buat beli bahan masakan dan di masak sendiri ? Bisa buat 3 hari makan kenyang sekeluarga kalau saya hehehe. Lebih hemat pastinya.

3. Kebanggaan
Saya senang dan bangga kalau suami, anak atau ayah mertua bilang masakan saya enak hahahaiiiiii….kepala saya langsung membesar 3 kali lipat. Jantung memompa darah dengan lebih cepat, lebaayyyy....
Seneng banget kalau mereka nambah nasi lagi dan makan dengan lahap. Benar-benar merasa sangat di hargai, dan bangga. 

Sekarang, sepertinya kadar bingung mau masak apa sudah berkurang banyak deh, karena sudah tau bagaimana cara menyusun menu masakan untuk keluarga.

Kalau teman-teman bagaimana ? Sering bingung juga gak saat harus memasak ? Share yuks :)

Read more

4/13/2017

9 Cara Promosi Usaha, Minim Biaya

Mau berbagi tentang dunia wirausaha dan sekitarnya kali ini, boleh ya...

Maklum saja, dunia di sekeliling saya tidak pernah terlalu jauh dari dunia wirausaha. Dulu waktu saya masih SD, ibu membuka warung kelontong di rumah. Sambil tetep kerja kantoran. Yang jaga warung siapa dong ? Saya, tentunya setelah pulang sekolah dan mbak ART.

Suami saya, mekipun punya gelar sarjana tapi sama sekali tidak pernah berniat bekerja kantoran sedari awal. Mungkin gelar sarjananya itu untuk keren-keren an aja supaya saya tertarik #uhukkk..
Pak suami lebih suka berwirausaha sedari muda hingga sekarang. Bidang usaha yang di tekuni juga cuma 1 yaitu usaha ban mobil.

Saya sendiri, pernah bekerja sebagai freelancer marketing di perusahaan mebel selama 8 tahun. Jadi, dunia wirausaha dan dagang rasa rasanya sudah tidak asing lagi.

Sebagai wirausaha, salah satu poin yang paling mendasar dan penting adalah penjualan. Bagaimana caranya kita bisa menjual produk dan seberapa banyak produk yang bisa kita jual. Karena, penjualan adalah ibarat nadi, bisa menghidupkan usaha dan juga bisa mematikan (bangkrut). Penjualan lancar maka usaha akan semakin besar. Penjualan minimal atau bahkan tidak terjadi penjualan maka bisa di pastikan usaha akan segera mengalami kebangkrutan.
Apapun produk yang kita jual, kelangsungan hidup dari usaha yang kita jalankan sangat bergantung kepada seberapa banyak produk yang terjual.

Ibarat kata kita punya produk yang bagus banget dengan harga terjangkau tapi kalau tidak ada orang yang tahu tentang produk kita, bagaimana bisa mereka tertarik untuk membeli ?

Itulah mengapa, promosi produk sangat di perlukan supaya masyarakat tahu dan mengerti tentang produk yang kita jual. Istilah kerennya, promosi penting untuk mengedukasi pasar alias para calon pelanggan tentang apa, bagaimana dan manfaat apa saja yang bisa di peroleh dari produk yang kita jual.
Lalu pertanyaannya, seberapa besar sih dana yang harus di keluarkan untuk melakukan promosi dan edukasi agar terjadi produk yang kita jual laku terbeli oleh masyarakat ?

Sebenarnya besar kecil biaya promosi tergantung kebijakan kita juga. Biaya promosi yang besar boleh juga asalkan sepadan dengan produk yang terjual.
Di era milenium sekarang ini, dengan adanya akses internet, tentu saja menguntungkan sekaligus memudahkan kita untuk berpromosi secara online. 

Dan tentu saja, kita bisa loh berpromosi meskipun dengan modal minimal sesuai budget yang kita punya. Beberapa cara promosi di bawah ini mungkin terdengar klasik dan mainstream, tapi tetap patut kita coba, apa salahnya, ya kan ?
via pexels
Nah ini dia 9 ide promosi dengan modal minimal yang bisa kita lakukan :

 1 . Kartu nama

Bawalah selalu kartu nama karena kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa dan di mana (kayak lagu hehehe). Banyak sekali peluang yang "mungkin" bisa saja hilang hanya karena kita tidak mempunyai atau lupa membawa kartu nama.
Buat design kartu nama yang menarik, sesuai dengan profesi atau produk yang kita jual. Tidak bisa membuat design sendiri ? Banyak sekali jasa desain profesional dengan harga terjangkau di Projects.
Belum pernah mencoba jasa atau service di Projects.co.id ? Cobalah, aman kok.
Desain kartu nama yang sesuai dengan profesi atau produk yang kita jual, pastinya akan bisa mengingatkan orang-orang yang pernah kita temui tentang siapa kita dan produk apa yang kita jual.

2. Blog atau website

Blog atau website ibarat kata adalah alamat toko kita di dunia maya. Di era milenial sekarang ini, lebih banyak orang yang menyukai berbelanja secara online, mencari informasi secara online, mencari tutorial dan masih banyak lagi hal yang mereka lakukan dengan cara online via internet.
Dengan mempunyai website, akan lebih banyak orang yang mengetahui tentang produk yang kita jual. Bukan hanya secara lokal tapi juga secara internasional. Tentu saja, dengan semakin banyak orang yang tahu tentang produk kita, kesempatan terjadinya penjualan akan semakin besar.
Saya pribadi mempunyai 2 blog dengan niche berbeda sebagai cara berpromosi online. 
Danumproperti.com untuk menampung dan berisi artikel serta iklan rumah, properti serta tanah di jual dan di sewakan khususnya area Palangkaraya Kalimantan Tengah.
Meubelmart.com  berisi berbagai macam produk mebel dan furniture berbahan kayu jati dan kayu mahoni asli Jepara, kualitas eksport. 

3. You tube

Tren promosi sekarang ini juga melibatkan bukan hanya artikel (seperti blog) tapi juga video blog via youtube. Dengan adanya video tentang produk dan bagaimana cara (how to) penggunaan produk, akan lebih membantu para pembeli untuk mengetahui manfaat dan keunggulan produk secara langsung.
Terlebih lagi apabila kita sudah mempunyai banyak subscriber di youtube, kita bisa melakukan promosi via youtube secara berkala dengan mengirimkan tautan video secara langsung kepada para follower atau subscriber.

4. Brosur/Katalog

Terdengar usang ? Ahhh tidak juga. Sebagai emak-emak, saya selalu suka katalog belanja berwarna-warni apalagi dengan harga diskon yang tertera jelas di sana. Diskon di bold karena menandakan bahwa kata tersebut penting hahahhh. Penting bagi saya, yeapppp !!
Brosur cetak atau katalog yang memuat berbagai produk yang kita jual akan sangat bermanfaat di gunakan saat kita mengikuti bazaar atau pameran loh. Soalnya dulu saya sering mengikuti pameran furniture di Jakarta, jadi sedikit banyak tahu berdasarkan pengalaman pribadi.
Tentu saja kita harus menyiapkan foto-foto produk terbaik sebelum mencetak katalog atau brosur. Pilihan layout dan warna juga sangat penting untuk menarik pandangan para calon pelanggan.
Brosur bisa kita bagikan kepada para pengunjung sekalian mengajak dan mempersilahkan mereka untuk mampir ke stan penjualan kita.

5. Sampel produk gratis

Siapa sih yang tidak ingin mencoba produk gratis ? Salah satu website yang sering memberikan produk gratis atau tester adalah HomeTester.
Saya sendiri sudah pernah beberapa kali menerima sampel gratis dari HomeTester.
Untuk lebih meningkatkan penjualan, tidak ada salahnya kita membagikan produk yang kita jual secara gratis kepada konsumen. Tentunya dengan kemasan kecil atau kemasan traveling ya.
Catat dengan baik apa yang mereka rasakan dan manfaat apa yang mereka peroleh saat mencoba produk yang kita jual.
Di luar negeri, sudah jamak perusahaan-perusahaan (terutama kosmetik) sering dan hampir pasti membagikan sample gratis kepada konsumen atau para calon konsumen. Di sini hampir tidak ada ya, irit banget hahahh..
Rugi ? Tidak, karena beban biaya untuk sampel gratis ini pasti sudah di hitung dan di masukkan ke beban promosi perusahaan.

6. Promosi via Facebook ads

Sudah pernah mencoba fitur FB Ads ? Saya sudah pernah mencoba. Yang pertama dulu saat saya mengiklankan rumah di jual via FB ads. Saat itu saya mengeluarkan uang 100 ribu rupiah untuk beberapa ratus klik.

Maksudnya, dengan biaya iklan 100 ribu tersebut, saya akan mendapatkan klik like sejumlah tertentu.

Yang kedua, lebih murah lagi, 1 hari hanya 13.000 rupiah untuk di tayangkan kepada 500 sampai dengan 1 juta orang yang berlokasi di Kalimantan Tengah. Masih iklan tentang penjualan tanah.

7. Promosi via Google Adwords

Sudah pernah juga mencoba beriklan di google, tapi sepertinya saya kurang pandai merangkai kata hahahh...maksudnya kata-kata iklan.

Enggak mahal sih, waktu itu hanya 100 ribu rupiah saja. Namanya juga mencoba kan ya. Apakah yang di iklankan laku via google ? 
Belum sih, mungkin karena nominal iklan saya terlalu kecil hehehe. Tapi paling tidak sudah ada pengalaman kan ya...

8. Sticker

Pernah melihat mobil dan di kaca belakangnya tertempel sticker tempat dia membeli mobil ? Atau nama kawasan wisata atau resto ? Kalau saya sering banget terutama dulu waktu masih di Jawa.

Sticker juga bisa menjadi andalan promosi secara murah loh. Juga, sticker bisa di tempel di berbagai tempat. Bagusnya sih memang mobil atau kendaraan ya, agar pas kalau lewat bisa terbaca oleh orang lain.

Selain mobil, sticker promosi juga banyak di gunakan bersama dengan produk promosi seperti mug, payung, topi atau kaos promosi.

9. Voucher

Ini mah favorit saya kalo pas belanja online. Yeaapp, voucher belanja. Seneng banget kalo ada email dan kemudian di kasih kode voucher untuk di belanjakan.
Seringnya sih dapat dari Blibli.

Meskipun tidak ada voucher pun, keinginan untuk belanja pasti ada ya. Apalagi buat emak-emak kayak saya yang seharian nongkrongin gadget.

Banyak portal belanja yang memberikan voucher sekian persen untuk minimum belanja sekian ratus ribu rupiah. Seperti Zalora, Berrybenka dan masih banyak lagi.

Di Lazada pas ada momen ultah atau apa ya (lupaaa) saya dapat potongan belanja 200 ribu rupiah, cepet-cepetan juga sih karena 1 hari hanya di bagi buat 85 orang. Waktu itu memang lagi butuh smartphone, jadi sekalian di belanjain, lumayan dapat potongan 200 ribu hehehe.

Buat saya pribadi, boleh-boleh aja kok beriklan. Tapi tetep harus di sesuaikan dengan budget yang kita punyai.

Jangan sampai kita mengeluarkan terlalu banyak biaya iklan tapi hasilnya nihil. Rugi kan ?

Oke, sekian dulu sharing saya tentang promosi ya, silahkan loh kalau ada yang mau menambahkan di kolom komentar.

Disclaimer : Artikel ini mengandung link afiliasi ^^

Read more

4/06/2017

Wirausaha : Hobi Masak ? 5 Ide Ini Bisa Jadi Peluang Usaha

Hai hai hai.....apakah ada yang hobi masak di sini ? Tentunya seneng banget ya kalau sebagai emak-emak kita bisa berkreasi lebih lewat masakan. Apalagi kalau keluarga kita menyukai masakan atau makanan yang kita buat.

Buat saya, tidak ada penghargaan yang lebih tinggi daripada saat suami dan anak mencicipi masakan saya dan kemudian mereka langsung nambah nasi lagi.

Kalau suami saya sih modelnya menyenangkan, entah asin, hambar atau pedes, tetep dia menghargai apa yang sudah saya masak buat dia.

Cuman satu hal yang membuat dia gak doyan, saat hasil masakan saya pahit. Loh kok bisa ? Iya... saya juga gak tau kenapa tapi sudah pernah 2 kali kejadian hasil masakan saya pahit, benar-benar rasanya pahit banget.

Yang pertama, saya memasak sup oyong bihun sepanci besar. Isinya sudah pasti macam-macam lah ya seperti ayam, oyong, bihun dan bumbu-bumbunya.

Setelah matang, saya mempersilahkan pak suami makan, lalu dia bertanya kepada saya, " ini tadi pakai bahan apa aja sih ?" sambil berhenti makan. Saya bilang, " yo bahan biasa, sayur ples bumbu-bumbu."
Suami :" kok pahit ? nih, coba deh kalo gak percaya.."

Sebenarnya sebelum masakan matang sudah saya cicip sih, memang sekilas di lidah ada rasa pahit samar, tapi saya pikir mungkin lidah saya lagi pahit aja  karena habis ngopi, jadinya gak berpikir apa-apa sih.

Setelah mencicipi kuahnya sekali lagi, emang pahit. gak ada yang doyan, saya saja gak doyan apalagi suami dan anak saya. Ya udah, di buang. Ngenes dan nyesek, sudah kebuang waktu, tenaga dan uang, akhirnya di buang 😔

Yang kedua, saya memasak lodeh rebung. teringat dulu saat saya masih kecil, pernah makan sayur lodeh rebung dan rasanya enak banget, jadinya pingin buat sendiri.

Rebungnya sudah di kupas dan di iris tipis-tipis sewaktu saya beli. sudah di bungkus plastik malah. Setelah sampai rumah, saya cuci dengan air bersih beberapa kali. Tidak saya rebus dulu memang karena kelihatannya sudah bersih dan gak bau pesing.

Mungkin kalau teman-teman ada yang sudah tahu, rebung terutama yang masih mentah biasanya beraroma pesing terutama yang di pasar-pasar gitu. Pengalaman dulu saat masih tinggal di Semarang dan sering jalan-jalan di pasar gang baru di pecinan.

Singkat kata singkat cerita, setelah acara potong memotong sayur dan membuat bumbu, tadaa.....lodeh rebung pun siap di sajikan.

Ohya, saya juga pakai santan kental dengan harapan, rasa lodehnya akan semakin gurih.

Jadilah saya memanggil suami untuk sarapan. Pak suami udah ambil nasi sepiring dan lauk kemudian lodeh rebung di siram di atas nasi.

Baru sekali suap dia tanya, "tadi sudah di cuci belum sih rebungnya?"
Saya : " ya sudah to yo, tak cuci beberapa kali kok, lha kenapa ?"
Suami : "pahit, apa tadi gak di rasain dulu po ?" tanyanya sambil memandang piringnya yang masih penuh.
Seperti biasa, lidah saya sudah berbicara kebenaran tapi saya membohongi diri sendiri ciehhh 😓

Akhirnya nasibnya pun sama dengan sup oyong bihun, di buang...

Loh kok malah curhat ya ?

Hehehe biasalah curcol dikit,  padahal mau berbagi ide peluang usaha untuk kita para emak-emak yang suka masak.

Emang apa bisa hobi masak menghasilkan uang ? Bisa dong, selama kita mau berusaha, pasti ada jalannya kok, percaya deh.

Baca juga : Berawal Dari Hobi

Yuk kita intip apa saja sih ide-ide kekinian yang berhubungan dengan hobi masak memasak untuk menambah penghasilan kita :

1. Katering Diet

katering diet
via pexels

Di jaman milenial sekarang ini, banyak banget orang-orang yang sibuk bekerja dari pagi hingga malam dan tidak sempat memasak untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga.

Salah satu jalan supaya tetap hemat, yaa, menggunakan jasa katering masakan. Tapi tidak hanya sekedar makan dan kenyang, pastinya tetep makan enak dan juga sehat.

Ini adalah kesempatan dan peluang yang bagus yang bisa kita manfaatkan.

Katering makanan dengan menu-menu biasa sudah terlalu umum dan tidak punya bargaining power untuk di jual dengan harga bagus. Tapi kalau katering khusus untuk diet ? Pasti bakalan laku deh, meskipun tidak semua orang akan menjadi pelanggan.

Siapa sih yang tidak ingin badan langsing bak Kate Moss tapi bisa tetep makan enak ? Nahhhh itu dia....

Artikel tentang katering diet bisa teman-teman baca di : 3 Persiapan Sebelum Mengikuti Program Diet

2. Sistem Waralaba


franchise sistem waralaba
via etsy

Kalau kita membeli franchise atau waralaba makanan itu sudah biasa ya. Bagaimana kalau kita yang berjualan franchise-nya ?

Tentu saja, kita harus mempunyai resep yang unik, lezat dan mudah di buat. Meskipun membuat sistem waralaba tidak mudah, tapi kemungkinan pendapatannya juga besar.

Tengok KFC, Kebab Turki, Edam Burger dll. Bisa di bilang, sistem waralaba yang nantinya kita jual bisa kita pilih berdasarkan harga dan juga sistem penjualannya.

Banyak loh paket waralaba makanan atau minuman yang terjangkau seharga 3 sampai 5 jutaan.

Selain waralaba ada satu sistem unik yang lain yaitu menjadi reseller. Tidak harus modal gede kok, contohnya berjualan cokelat karakter.

3. Katering Bento


bent kawaii
via pinterest
Sebenarnya, membuat dan menjual bento adalah obsesi pribadi. Ya karena saya lihat di kota kecil tempat saya tinggal ini belum ada yang membuatnya.

Tapi apa daya, karena satu dan lain hal, sementara ini belum bisa terpegang. Lebih karena pak suami kurang setuju sih haha..Bikin capek katanya. Ehh,, lha namanya kerja emang gak capek ya ?? Ah tapi ya sudahlah, mungkin kalau saya capek, dia capeknya dobel hehehe.

Buat teman-teman yang ingin mencoba katering bento, bisa membuat contohnya dulu kemudian ambil foto cekrek, share ke medsos dan grup. Terutama grup emak-emak arisan atau yang anak-anaknya satu sekolah dengan anak kita.

Siapa sih yang bisa menolak bento selucu ini ??


4. Buka kursus memasak khusus untuk pria


kursus memasak khusus pria
via pinterest
Mungkin di negara kita tercinta ini, belum lumrah dan jamak seorang pria memasak di dapur kecuali seorang chef.

Bisa jadi karena sistem patriarki yang sedemikian kuat di negara kita ya, just my own opinion hahaha.

Kalau kita melihat film asing, tidak ada denominasi gender tentang keharusan memasak haruslah sang istri atau perempuan. Di negara barat, seorang pria memasak khususnya sebagai penghargaan terhadap istri, khususnya. Pun mereka juga tidak terbebani karena memasak memang bukanlah status quo seorang perempuan (di sana).

Siapa tahu di era milenial ini, kesetaraan gender semakin nyata dan menembus pintu dapur kita ? Who knows ?

Saya sih ingin juga di masakin suami, terus sarapan bareng romantis gitu. Yang ternyata hanya angan-angan karena pak suami bisanya hanya goreng telur mata sapi saja ^^

Mungkin tidak banyak yang mendaftar untuk sementara ini tapi tetep saja, kita bisa menjadi yang pertama dan menjadi pioneer bukan ?

5. Food Truck


food truck
via pinterest

Kita bisa juga loh mengadopsi ide dari negara maju seperti food truck ini. Masakan yang di jual sih bisa beragam ya tergantung resep andalan kita.

Enaknya menggunakan food truck adalah kita bisa mobile atau bergerak bebas menjangkau pelanggan dan bukan pelanggan yang mendatangi kita.

Memang investasi pembuatan food truck sendiri tidak murah, bisa ratusan juta, tapi kalau ada modal dan hitungan balik modal tidak tunggu waktu lama, why not ?

***

Bagaimana ? Masih bilang tidak ada ide untuk emak-emak kayak kita ? Meskipun emak-emak kita harus kreatif dan bisa menangkap peluang yang ada, terutama dari hobi yang kita sukai.

Mana ada sih yang lebih menyenangkan selain mengerjakan hobi yang sekaligus bisa menambah penghasilan ?

Yuk ah, ada ide apa lagi nih, share di kolom komen ya ^^

Read more